Kamini.id / Rambut Smoothing / Cara Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Lurusnya Awet

Cara Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Lurusnya Awet

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Mei 2019

Dewasa ini, tren meluruskan rambut dengan teknik smoothing memang sangat digandrungi. Smoothing bisa memberikan tampilan rambut yang lurus secara alami. Dengan melakukan smoothing, kamu jadi nggak perlu lagi mencatok rambutmu berjam-jam agar bisa terlihat sempurna.

Mengingat smoothing merupakan teknik pelurusan rambut dengan menggunakan obat berbahan kimia, tentu saja kamu juga harus memperhatikan kesehatan rambutmu. Jangan biarkan rambutmu jadi kering dan kusam lantaran sering smoothing.

Untuk menjaga kesehatan dan keawetan rambut lurus pasca smoothing, Kamini akan memberikan sejumlah petunjuk perawatan yang bisa kamu lakukan. Yuk, langsung simak ulasan selengkapnya di sini.

Petunjuk Perawatan Pasca Smoothing

Smoothing adalah metode pelurusan rambut yang mengandalkan obat dan alat catok. Namun, ada sejumlah perawatan yang wajib kamu taati untuk menjaga kelurusan rambutmu. Setelah smoothing, lakukan beberapa tips perawatan berikut ini, ya!

  • Jangan Keramas Selama 3 Hari

Peminat

Sampai dengan saat ini belum ada metode pelurusan rambut yang memperbolehkan kita mencuci rambut langsung di hari yang sama setelah melakukan pelurusan rambut. Kamu harus “puasa” keramas selama 3 hari agar obat smoothing-nya makin meresap ke dalam rambut.

Selain tidak keramas selama 3 hari, kamu pun harus menghindari rambutmu dari air. Jadi, gunakanlah shower cap saat mandi untuk melindungi rambutmu dari air.

  • Hindari Penggunaan Penutup Kepala

Hindari Penggunaan Penutup Kepala

Selama masa “puasa” keramas, kamu juga harus menghindari penggunaan penutup kepala, seperti topi atau helm. Penutup kepala hanya akan membuat smoothing rambutmu gagal.

  • Tidak Mengikat atau Mengepang Rambut

Tidak Mengikat atau Mengepang Rambut

Masih dalam masa 3 hari tanpa keramas, kamu juga tidak diperkenankan untuk mengikat atau mengepang rambut. Biarkan rambutmu terurai alami agar smoothing-mu berhasil.

  • Tidak Mencatok atau Mengeringkan Rambut

Tidak Mencatok atau Mengeringkan Rambut

Pasca smoothing, rambutmu harus benar-benar istirahat dari yang namanya hair dryer atau alat catok. Kamu dilarang mencatok dan mengeringkan rambut sebelum keramas. Setelah keramas, kamu sudah boleh menggunakan catokan dan hair dryer lagi

Rambutmu pasti lepek dan berbau obat ketika “puasa” keramas selama 3 hari. Namun, itulah perawatan yang wajib dijalani pasca smoothing agar rambut lurusmu lebih awet.

Produk Perawatan Rambut Smoothing

Produk Perawatan Rambut Smoothing

3 hari setelah smoothing, kamu wajib mencuci rambutmu sampai bersih. Mungkin butuh 2-3 kali pencucian agar aroma obat smoothing-nya benar-benar hilang. Kamu bisa mengetahui cara membersihkan rambut pasca smoothing dengan membaca artikel cara keramas setelah smoothing.

Setelah kamu mencuci rambutmu, seterusnya kamu harus merawat rambutmu dengan sejumlah produk perawatan rambut. Adapun produk perawatan rambut yang bisa dipakai untuk merawat rambut smoothing adalah:

  • Shampo

Selanjutnya, kamu boleh keramas seperti biasa. Namun, untuk menutrisi rambut sekaligus mencegah rambut jadi kering, gunakan shampo khusus. Temukan shamponya dalam artikel shampo untuk rambut smoothing.

  • Conditioner

Sesudah menjalani proses smoothing, rawat rambutmu sehari-hari dengan menggunakan conditioner setiap habis keramas. Kamu bisa menemukan produk yang tepat dalam artikel conditioner yang bagus.

  • Vitamin

Kebutuhan vitamin rambut juga harus terpenuhi agar rambut smoothingmu tidak kering dan rusak. Rawatlah rambut pasca smoothing dengan rutin menggunakan vitamin rambut. Baca artikel vitamin untuk rambut smoothing agar kamu dapat memilih produk yang berkualitas.

  • Masker

Sesekali manjakan rambutmu pasca smoothing dengan melakukan hair treatment memakai masker terbaik. Masker akan mengembalikan kilau alami rambutmu dan membuat rambut smoothing jadi terlihat lebih natural. Untuk menemukan masker terbaik, silakan cek artikel masker untuk rambut smoothing ini.

Berbagai produk perawatan untuk rambut smoothing diciptakan bukan hanya sekadar untuk menjaga kelurusan rambutmu saja, tetapi juga untuk memelihara kesehatan rambut yang lebih berisiko mengalami kerusakan akibat paparan obat smoothing dan suhu panas.

Bahan Alami untuk Merawat Rambut Smoothing

Opsi lain untuk merawat rambut smoothing adalah dengan menggunakan bahan alami. Selain mengandalkan produk hair treatment, perawatan dengan bahan alami juga sangat baik untuk menjaga kelurusan dan kesehatan rambut.

Inilah bahan alami yang bisa diandalkan untuk merawat rambut smoothing:

  • Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Salah satu minyak terbaik untuk perawatan rambut ini merupakan bahan alami yang cocok bagi rambut yang diluruskan dengan teknik smoothing. Kelembaban ekstra yang ditawarkan minyak zaitun akan menjaga rambut smoothing-mu tetap lembab dan terhindar dari kekeringan.

Oleskan minyak zaitun secukupnya di seluruh bagian rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan rambut dengan shampo. Lakukan treatment sederhana ini setidaknya seminggu sekali agar rambut tetap halus.

  • Yogurt

Yogurt

Kalau tidak ingin menggunakan bahan yang lengket, kamu bisa menggunakan yogurt, lho. Yogurt juga bisa menutrisi dan melembabkan rambut pasca smoothing.

Cara pemakaiannya sama dengan minyak zaitun, yakni diaplikasikan ke seluruh bagian rambut dan didiamkan selama 30 menit. Bilas rambut dengan air bersih dan bila perlu cucilah dengan shampo.

  • Susu

Susu Murni

Masker dari susu murni, mengapa tidak? Susu yang dipakai adalah susu sapi murni yang tidak ditambahkan dengan gula. Susu akan memelihara kesehatan rambutmu dari akar sampai ujungnya.

Gunakan susu untuk memasker rambut smoothing-mu. Diamkan selama 15 menit, setelah itu sisir rambutmu. Selanjutnya, bilas sisa susu yang menempel di rambut dengan air bersih.

Bahan alami bersifat menenangkan rambut yang dismoothing. Rambut akan terasa lebih lembut saat disentuh dan terhindar dari kerusakan akibat paparan obat smoothing.

Tips Perawatan Rambut Smoothing Sehari-hari

Saat kamu memutuskan untuk smoothing, maka kamu juga harus siap dengan perawatan rambutmu. Ada berbagai do’s dan don’t’s yang harus kamu perhatikan dalam merawat rambut smoothing. Kamini akan memberikan sejumlah tips perawatan rambut smoothing sehari-hari:

  • Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

Pasca smoothing kamu memang dilarang mengikat rambut. Namun, setelah kamu mencuci rambutmu pasca smoothing, sebaiknya kamu juga tidak terlalu sering mengikat rambut karena ikatan tersebut bisa meninggalkan bekas di rambutmu sehingga rambut tidak selurus awalnya.

  • Hindari Penggunaan Sisir Plastik

Hindari Penggunaan Sisir Plastik

Sebagian besar sisir memang menggunakan material plastik. Akan tetapi, setelah smoothing sebaiknya kamu menyisir dengan sisir kayu. Pasalnya, sisir plastik bergigi rapat bisa menimbulkan arus listrik statis yuang akan membuat rambut smoothing jadi bergelombang.

  • Tidak Mewarnai Rambut dalam Waktu Dekat

Tidak Mewarnai Rambut dalam Waktu Dekat

Kalau kamu ingin mewarnai rambut lurusmu setelah smoothing, sebaiknya urungkan niat tersebut terlebih dahulu. Pewarnaan rambut juga menggunakan bahan kimia. Rambutmu akan terpapar bahan kimia dari obat smoothing dan semir rambut. Kalau tidak kuat, rambutmu bisa mengalami kerusakan. Beri jeda setidaknya satu bulan setelah smoothing kalau ingin mewarnai rambut.

  • Batasi Waktu Keramas

Keramas dengan Shampo Pelurus Rambut

Pemilik rambut smoothing tidak dianjurkan untuk terlalu sering keramas. Keseringan keramas dapat membuat kelurusan rambutnya hilang. Keramaslah setidaknya dua hari sekali.

Sudah siap untuk menjalani berbagai perawatan untuk rambut smoothing? Jika sudah, kamu bisa langsung memutuskan untuk smoothing. Kunjungi artikel cara smoothing rambut sendiri jika kamu ingin berhemat dengan melakukan metode smoothing sendiri tanpa perlu ke salon.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar