Kamini.id / Rambut Smoothing / 10 Cara Keramas Setelah Smoothing yang Benar agar Tetap Awet

10 Cara Keramas Setelah Smoothing yang Benar agar Tetap Awet

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Ketika rambut Anda keriting, kering, susah diatur, dan kusam, solusi untuk mendapatkan rambut lurus yang super halus, ya dengan di-smoothing. Tapi, tahukah Anda kalau setelah rambut di-smooothing harus ada perawatan lanjutan supaya smoothing-annya tetap awet? Salah satunya adalah dengan keramas.

Rambut smoothing-an tidak bisa sembarangan dikeramas, apalagi kalau smoothing-nya baru diaplikasikan beberapa hari yang lalu. Anda pasti diperingatkan oleh pihak salon untuk tidak mengeramas rambut selama beberapa hari setelah di-smoothing.

Sebenarnya tidak ada masalah yang berarti, maksud dari larangan ini adalah untuk menjaga smoothing-an agar lebih awet. Akan tetapi, Anda tetap harus tahu cara keramas setelah smoothing yang benar dan juga perawatan lanjutannya supaya smoothing-an Anda tetap bagus. Begini cara-caranya yang sudah Kamini rangkum buat Anda.

10 Cara Keramas Setelah Smoothing

1. Tunggu

Tunggu cara keramas setelah smoothing

Baru pulang dari salon setelah smoothing rambut? Ya buat apa Anda keramas? Tunggulah 3 – 4 hari setelahnya, baru Anda keramas. Kenapa harus menunggu terlebih dahulu? Smoothing merupakan proses styling dan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia keras.

Obat tersebut rata-rata membutuhkan waktu 3 – 4 hari untuk meresap secara sempurna dan bekerja pada rambut Anda. Itulah alasan kenapa Anda tidak boleh keramas setidaknya selama tiga hari setelah di-smoothing. Soalnya, nanti obat smoothing-nya malah hilang terbuang bersama dengan busa sampo.

Sayang banget, dong, sudah mahal-mahal dan buang waktu berjam-jam di salon hilang begitu saja karena Anda tidak sabar ingin keramas. Parahnya, ada yang rambutnya jadi keriting dan jadi tidak beraturan kalau proses smoothing-nya gagal. Makanya, bersabar dulu selama beberapa hari, ya.

2. Jangan Basahi Rambut

Jangan Basahi Rambut

Selama menunggu waktu buat keramas, usahakan juga agar rambut Anda tidak terkena air. Jika Anda hanya wudhu saja, sih, tidak masalah. Tapi, kalau Anda kehujanan, berenang, atau sengaja membasahi rambut saat mandi, efeknya sama saja jika Anda keramas. Yup, obat smoothing bakal hilang kalau rambut Anda kebasahan. Minimalisir juga kegiatan yang membuat Anda berkeringat, ya.

3. Jangan Tekuk Rambut

Jangan Tekuk Rambut

Sebelum masuk ke pembahasan cara keramas setelah smoothing, Anda harus menjaga rambut Anda tetap lurus. Jangan diikat, dijepit, dikaitkan ke belakang telinga, dicepol, dikepang, di-styling, apalagi disasak dan dikonde. Pokoknya biarkan rambut Anda tergerai lurus tanpa hambatan. Saat tidur juga, jangan biarkan rambut Anda tertindih. Angkat rambut Anda ke atas melewati bantal dan biarkan terurai secara natural.

Tak hanya itu, Anda juga jangan menyentuh rambut terlalu sering. Kan, ada orang yang suka memainkan rambutnya tanpa disadari. Nah, usahakan untuk tidak melakukan itu. Soalnya, semua lipatan dan sentuhan pada rambut bisa saja membekas dan rambut Anda jadi terkunci pada posisi tersebut setelah obat smoothing-nya bekerja sempurna.

4. Saatnya Keramas

keramas cara membuat rambut keriting gantung

Sekarang kita sudah masuk ke pembahasan cara keramas setelah smoothing. Setelah 3 – 4 hari terlewati, obat smoothing biasanya sudah terkunci di rambut Anda. Rata-rata smoothing-an bisa bertahan mulai dari 2 – 8 bulan (tergantung kualitas obat smoothing dan tergantung perlakuan Anda selanjutnya pada rambut). Semakin Anda acuh tak acuh untuk merawat rambut smoothing Anda, semakin cepat hilang pula efek smoothing itu.

Setiap orang pasti butuh dan harus keramas. Rambut smoothing juga harus dikeramas, dong. Setelah 3 – 4 hari sehabis smoothing, Anda sudah boleh melakukan keramas pertama. Tapi, harus perlahan-lahan, ya. Jangan menggosok rambut dan kulit kepala terlalu keras.

Begitu pula dengan keramas-keramas selanjutnya. Jika biasanya Anda “metal banget” setiap keramas, maunya yang cepat dan kencang supaya kotoran dan gatal hilang, sekarang waktunya Anda jadi lemah lembut seperti princess ketika keramas. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan conditioner setelah keramas.

5. Pilih Sampo yang Tepat

Sampo

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Dalam cara keramas setelah smoothing yang benar, Anda harus pintar-pintar memilih produk sampo. Terdengar sepele, tapi cukup berpengaruh. Gunakanlah sampo yang ringan. Maksud ringan di sini, samponya tidak mengandung sodium sulfat yang dapat menghilangkan keratin rambut. Kamini pernah membahas di artikel ini tentang sampo yang bagus untuk rambut smoothing.

Setelah keramas, jangan ketinggalan menggunakan kondisioner. Ini wajib supaya rambut Anda tetap lembut. Jika biasanya Anda mendiamkan kondisioner selama 3 menit sebelum dibilas, maka sekarang diamkan kondisioner dalam waktu yang lebih lama lagi. Dan, jangan menggunakan air panas ketika keramas, gunakanlah air dingin agar kelembaban rambut tidak terkikis.

6. Keringkan Rambut secara Tradisional

mengeringkan rambut dengan handuk

Ya, tadi itu adalah cara keramas setelah smoothing yang benar. Sekarang mari kita bahas perawatan lanjutan setelah keramas. Biasanya orang suka mengeringkan rambut pakai hair dryer supaya lebih cepat dan supaya rambutnya jadi terlihat lebih bervolume.

Karena rambut Anda di-smoothing, janganlah Anda pakai hair dryer, catokan, apalagi pengeriting rambut. Pokoknya jangan sampai rambut Anda menyentuh alat styling yang panas itu. Soalnya, panas dari alat styling dapat merusak kelembaban alami rambut dan membuat rambut jadi kering.

Jadi, cara mengeringkan rambutnya cukup dengan handuk saja. Tepuk-tepuk rambut Anda menggunakan handuk yang seratnya lembut. Kalau Anda sedang buru-buru, boleh gunakan kipas angin. Berdirilah di depan kipas angin sambil menepuk-nepuk rambut pakai handuk.

7. Vitamin Rambut

ellips vitamin rambut

* sumber: www.facebook.com

Ketika rambut setengah kering, gunakan lah vitamin rambut. Wajib hukumnya buat rambut yang di-style untuk terus diberi asupan vitamin. Walaupun maksud dari smoothing adalah untuk melemaskan dan melembutkan rambut, tetap saja prosesnya menggunakan bahan kimia yang keras.

Untuk itu, rambut Anda akan membutuhkan asupan vitamin yang lebih banyak daripada ketika rambut Anda sebelum di-smoothing. Baca daftar merk vitamin rambut di-smoothing yang terbaik di sini.

8. Hair Mask

Kulit Kepala

Rambut yang tidak diapa-apakan saja harus dirawat, apalagi rambut yang di-smoothing, jadi rutin-rutinlah maskeran rambut. Jika Anda tak ada waktu ke salon, Anda bisa maskeran rambut sendiri di rumah, kok. Tidak tahu caranya? Baca cara maskeran rambut sendiri di artikel ini. Tidak disarankan untuk Anda melakukan creambath karena prosesnya mencangkup tarik-menarik rambut.

9. Leave-In Conditioner

* sumber: www.adorebeauty.com.au

Setelah rambut Anda kering, gunakan lah leave-in conditioner. Banyak banget perawatan untuk rambut smoothing, ya? Tapi, mau bagaimana lagi, supaya rambut Anda tetap sehat ya harus begini caranya. Leave-in conditioner adalah produk conditioner tanpa bilas yang bisa Anda pakai kapan saja, baik sehabis keramas atau ketika tengah hari sekalipun.

Fungsi leave-in conditioner adalah untuk melembabkan rambut secara instan dan menjaga rambut dari kerusakan serta polusi. Kamini pernah membahas merk leave-in conditioner terbaik yang bisa Anda baca di sini sebagai referensi.

10. Potong Rambut secara Rutin

Potong Rambut secara Rutin

* sumber: fustany.com

Langkah perawatan rambut setelah smoothing yang terakhir adalah dengan trimming rambut secara rutin. Percuma Anda keramas dan merawat rambut dengan benar tapi tidak pernah memotong ujung rambut sering-sering. Soalnya, kerusakan rambut dimulai dari ujungnya.

Ketika rambut mulai terlihat kering, bercabang, patah-patah, berarti sudah waktunya Anda trimming. Anda bisa melakukannya sendiri atau pun ke salon dengan memotong rambut sekitar 2 – 3 cm saja. Dengan rutin memotong ujung rambut, maka kondisi rambut Anda bisa tetap sehat. Lakukan trimming setidaknya 2 atau tiga bulan sekali.

Nah, itulah 10 cara keramas setelah smoothing dengan benar. Tak cuma keramasnya saja, perawatan lanjutannya juga penting buat menjaga rambut yang di-smoothing tetap sehat dan halus. Semoga informasi ini berguna buat merawat rambut Anda, ya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar