10 Cara Smoothing Rambut Menggunakan Produk Matrix

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 16 Agustus 2021

Bagi sebagian orang yang terlahir dengan rambut ikal atau keriting, mungkin pernah ada keinginan untuk memiliki rambut lurus karena rambut lurus cenderung lebih mudah untuk ditata, betul begitu?

Kalau hanya menggunakan catokan rambut, memang rambut keriting pun dapat jadi lurus, tapi lurusnya itu hanya bertahan sesaat saja. Untuk mendapatkan rambut lurus yang lebih lama (semi-permanen), kamu bisa melakukan rebonding atau smoothing. Pasalnya, hasil smoothing dan rebonding bisa bertahan sekitar 6-12 bulan.

Masa waktunya bisa berbeda tergantung kecepatan pertumbuhan rambut masing-masing dan juga perawatan lanjutan setelah treatment. Smoothing dan rebonding biasanya dilakukan di salon. Para ahli penata rambut bisa menyulap rambut kamu yang keriting menjadi lurus, lembut, dan lebih mudah diatur.

Sebelum tindakan, para stylist akan mengecek kondisi rambutmu dan menentukan treatment smoothing seperti apa yang tepat. Tapi buat kamu yang tidak sempat ke salon, kamu bisa, kok, smoothing sendiri dirumah. Mau tahu caranya? ikuti saja urutan tata cara smoothing rambut dengan Matrix dari Kamini.

1. Cuci Rambut

10 Cara Smoothing Rambut Menggunakan Produk Matrix 1

Pertama-tama, kamu harus mencuci bersih rambutmu dengan produk Matrix Opti.Long Shampoo. Sampo ini dapat membersihkan dan mengangkat minyak serta kotoran dari kulit kepala dan rambut.

Tak hanya itu, sampo ini juga akan memberikan nutrisi dan melindungi rambut panjangmu agar tidak kering. Sebaiknya, setelah keramas, bilas rambutmu menggunakan suhu air normal (jangan air panas). Dan, jangan mengaplikasikan kondisioner dulu, karena itu dilakukan nanti setelah smoothing.

2. Keringkan Rambut

Setelah selesai keramas, keringkan rambutmu menggunakan handuk lembut. Jangan mengeringkan rambut dengan menggosok kuat handuk ke rambut, karena kutikula rambut bisa rusak.

Sebaiknya, tekan-tekan handuk ke rambut saja. Buat kamu yang punya rambut tebal, bisa juga menggunakan hair dryer. Tapi jangan sampai rambut menjadi kering total, cukup sampai setengah kering saja.

3. Aplikasikan Produk Leave-In Cream

10 Cara Smoothing Rambut Menggunakan Produk Matrix 5

Setelah rambutmu dalam kondisi setengah kering, tuangkan produk Opti.Long Leave-in Cream secukupnya ke telapak tangan. Kemudian, aplikasikan ke seluruh bagian rambut dengan seksama. Produk ini merupakan salah satu rangkaian Opti.Long untuk menguatkan rambut panjang, sehingga tidak mudah patah dan bercabang pada ujungnya.

4. Partisi (Bagi) Rambut

Setelah menggunakan produk Opti.Long Leave-in Cream, sisirlah rambutmu sampai ujung dengan rapi. Lalu, bagi menjadi 2-6 bagian, tergantung ketebalan rambutmu. Gunakan jepit rambut untuk menahan bagian rambut yang sudah dibagi-bagi tadi. Selanjutnya, jangan lupa memasang handuk kering di pundak, supaya bajumu tidak basah dan kotor selama proses smoothing.

5. Pilih & Aplikasikan Produk Smoothing

10 Cara Smoothing Rambut Menggunakan Produk Matrix 9

Teknologi Auto-Control di dalam produk Opti.Straight dapat mempertahankan struktur rambut selama proses pelurusan, sehingga rambut bisa lurus, lembut, dan tampak alami. Teknologi ini juga mencegah terjadinya over process yang bisa merusak rambut.

Setelah proses tadi, langsung aplikasikan produk smoothing Opti.Straight. Pilihlah produk yang sesuai dengan tekstur rambut, karena Matrix mengeluarkan beberapa varian.

Ada varian Extra-Resistant untuk jenis rambut sangat tebal dan kasar, Resistant untuk jenis rambut tebal, Normal untuk jenis rambut normal atau sedang dan belum pernah mengalami proses kimia. Terakhir, varian Sensitized untuk rambut sensitif dan yang sebelumnya sudah mengalami proses kimia seperti pewarnaan, pelurusan, atau pengeritingan.

Jika sudah memilih produk yang tepat, pilih rambut yang sudah dibagi tadi dari yang paling bawah. Lepas jepit rambut, lalu sisir rambut sampai tidak ada bagian rambut yang kusut. Jika rambut sudah rapi, aplikasikan produk smoothing Opti.Straight menggunakan sisir untuk cat rambut.

Oleskan produk smoothing sekitar 0,5-1 cm dari akar rambut sampai ujung dengan merata. Lanjutkan langkah ini sampai semua bagian rambut teroles obat smoothing secara sempurna.

Tapi, ada yang harus kamu perhatikan juga, nih. Usahakan krim smoothing tidak menempel di kulit kepala. Soalnya, bisa menyebabkan rasa gatal dan perih. Makanya dianjurkan mengoles krim sekitar 1 cm dari akar rambut.

6. Diamkan Rambut

10 Cara Smoothing Rambut Menggunakan Produk Matrix 11

Setelah seluruh rambut diolesi krim smoothing Opti.Straight, diamkan selama 10-40 menit. Selama proses pendiaman ini, sebaiknya lakukan tes simpul setelah 10 menit pertama diikuti 5 menit selanjutnya, dan kelipatannya. Jika simpul rambutmu masih terbuka, maka tambahkan lagi waktu pendiamannya agar hasil smoothing lebih maksimal.

7. Bilas dengan Air Hangat

10 Cara Smoothing Rambut Menggunakan Produk Matrix 13

Setelah dirasa berhasil, cucilah rambut sampai bersih. Disarankan untuk menggunakan air hangat supaya rambutmu lebih mudah dan cepat bersih dari sisa-sisa krim smoothing. Kalau kamu mau menggunakan air dingin pun sebenarnya bisa, hanya saja prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

8. Keringkan dan Catok Rambut

10 Cara Smoothing Rambut Menggunakan Produk Matrix 15

Setelah rambut dibilas sampai bersih, keringkan rambut sampai kira-kira 80% kering. Boleh menggunakan hair dryer untuk proses pengeringan yang lebih cepat atau pakai kipas angin juga tidak apa. Lalu, catok seluruh rambut dari pangkal hingga ke ujung rambut.

9. Aplikasikan Opti Conditioning Cream Neutralizer

10 Cara Smoothing Rambut Menggunakan Produk Matrix 17

Selesai dicatok, aplikasikan Opti.Conditioning Cream Neutralizer secara merata, lalu diamkan selama 15 menit. Biarkan rambut diurai tanpa jepit rambut, supaya krim bekerja maksimal dan rambut tidak menekuk atau menggulung.

Opti.Conditioning Cream Neutralizer ini untuk menetralisir senyawa-senyawa kimia yang tersisa pada rambut setelah pembilasan pertama, karena senyawa-senyawa kimia yang masih tersisa di rambut akan mengakibatkan rambut cepat mengembang kembali.

Setelah itu, bilas rambut dengan menggunakan air hangat supaya lebih cepat prosesnya dan maksimal bersihnya. Jika sudah, keringkan dengan handuk, dan Jika terkena mata, segera bilas dengan air.

10. Aplikasikan Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum

10 Cara Smoothing Rambut Menggunakan Produk Matrix 19

Meski di awal proses smoothing sudah menggunakan Opti.Long Leave-in Cream, diakhir proses pun kamu harus menggunakannya kembali. Hal ini dilakukan untuk menguatkan rambut setelah proses smoothing. Caranya sama, tuangkan Opti.Long Leave-in Cream ke telapak tangan dan aplikasikan ke rambut yang setengah kering.

Lalu, tuangkan beberapa tetes Matrix Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum pada tangan dan oleskan secara merata pada rambut. Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum ini dapat membuat rambut lebih mudah diatur, tampak berkilau, serta melembutkan dan melindungi rambut dari alat-alat penataan rambut yang panas. Formulanya juga bebas Paraben, sehingga cocok juga untuk rambut yang diwarnai.

Setelah itu, keringkan rambut sampai 80% kering. Kemudian, bagi rambut menjadi 2-6 bagian, tergantung ketebalan rambut. Lalu, catok per bagiannya cukup 1-2 kali catok saja, tidak perlu berulang-ulang. Hal ini dimaksudkan untuk membuat smoothing rambutmu lebih awet. Selesai!

Itulah 10 cara smoothing rambut dengan menggunakan produk Matrix. Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk perawatan rambut khusus smoothing selanjutnya, ya. Untuk menjaga keawetan dan juga menjaga rambut untuk tidak rusak dan bercabang, kamu bisa menggunakan rangkaian produk Opti.Care untuk memaksimalkan smoothing rambutmu.

Seperti Opti.Care Smooth Straight, yang dapat membersihkan rambut sekaligus merawat rambut setelah proses pelurusan. Kondisioner Opti.Care Smooth Straight yang memberikan kelembaban serta membuat rambut tidak mudah kusut, juga melindungi rambut dari kerusakan dan mencegah ujung rambut bercabang.

Serum Opti.Care Smooth Straight yang memperbaiki ujung rambut dan mencegah rambut bercabang. Formulanya ringan dan tidak berminyak, menghaluskan dan melembutkan rambut serta tampak berkilau.

Dan, Masker Opti.Care Smooth Straight yang secara intens merawat dan memenuhi kebutuhan rambutmu yang kering, kasar atau pun setelah proses smoothing. Semua rangkain produk ini bisa melembutkan tekstur rambut dan membuat rambutmu lebih mudah diatur. Mudah juga bukan, melakukan smoothing sendiri di rumah? Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram