kamini.id

12 Ciri-Ciri Mantan Membenci Kita, Yakin Masih Mau Balikan?

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 22 Januari 2021

Menjalin hubungan baik dengan mantan memang bukan hal yang mustahil, tapi juga bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Apalagi bila kamu dan dia sempat bertengkar hebat sebelum memutuskan berpisah, pasti sulit sekali untuk kembali berteman dengannya.

Tak hanya itu, berhubungan baik dengan mantan juga akan semakin mustahil kalau dia sudah terlanjur membencimu. Jadi, sebelum mencoba menjalin komunikasi lagi dengan mantan, coba perhatikan sikapnya. Bila ia menunjukkan ciri-ciri seperti di bawah ini, tandanya ia benar-benar sudah muak denganmu.

1. Membuang Semua Barang Pemberianmu

ciri-ciri mantan membenci kita_Membuang Semua Barang Pemberianmu

* sumber: www.rd.com

Membuang barang memang bukan berarti membenci, tapi seorang mantan yang benci padamu sudah pasti akan membuang semua barang yang pernah kamu berikan untuknya. Tak peduli apapun jenis barang atau berapapun harganya, dia akan membuang semua barang-barang tersebut.

Apalagi kalau dia sampai membakar atau menghancurkannya terlebih dahulu sebelum dibuang, itu adalah tanda kalau dia tak hanya ingin membuang kenangan tentang dirimu, tapi benar-benar benci sampai tak sudi melihat barang itu lagi.

2. Tidak Menyapa Saat Bertemu

ciri-ciri mantan membenci kita_Tidak Menyapa Saat Bertemu

* sumber: www.today.com

Tak sengaja bertemu mantan di jalan bisa menciptakan suasana yang canggung. Tapi jika sekadar tersenyum atau menyapa dan mengucap 'hai', tentu bukanlah hal yang terlalu sulit dilakukan.

Namun bila sang mantan tidak mau menyapa meskipun sudah melihatmu, itu bisa jadi tanda kalau dia memendam rasa benci. Apalagi bila dia jelas-jelas membuang muka atau melengos dengan raut wajah ketus saat berpapasan denganmu, tak diragukan lagi kalau dia memang membencimu.

3. Dia Menghindarimu

ciri-ciri mantan membenci kita_Dia Menghindarimu

*

Dia selalu punya seribu alasan untuk menghindar, seolah-olah dia sudah tidak mau lagi berurusan denganmu. Misalnya ketika kamu dan dia berada dalam satu acara yang sama, dia pasti akan pergi menjauh dan menghindari melakukan kontak apapun meskipun berada dalam satu ruangan.

Bahkan ketika kamu membutuhkan bantuan dan memintanya untuk bertemu, dia pasti akan menolak dengan segudang alasan. Hal ini menunjukkan kalau dia benar-benar sudah tak peduli lagi dan berusaha menjauh.

4. Dia Menghapus atau Memblokir Semua Nomor Kontakmu

ciri-ciri mantan membenci kita_Dia Menghapus atau Memblokir Semua Nomor Kontakmu

* sumber: experiencelife.com

Ketika sudah merasa benci, seseorang cenderung memutus tali silaturahmi, begitu pun dengan mantan yang menyimpan rasa benci. Dia akan menghapus atau memblokir nomormu agar kamu tidak bisa menghubunginya lagi.

Hal ini juga berlaku untuk media sosial. Tanpa kompromi, dia akan meng-unfollow semua akun sosmed-mu atau memblokirnya secara total. Hal ini dia lakukan bukan hanya karena dia malas melihat update-an darimu, tapi juga menutup akses silaturahmi sehingga kamu pun tidak bisa leluasa menghubunginya.

5. Tidak Mempercayaimu Lagi

ciri-ciri mantan membenci kita_Tidak Mempercayaimu Lagi

* sumber: jeffersonstreetcounseling.com

Kepercayaan adalah kunci hubungan yang harmonis. Tidak hanya dalam hal asmara atau percintaan, tapi juga pertemanan dan keluarga. Jadi bila si mantan sudah tidak percaya lagi padamu, itu artinya hubunganmu dengannya sudah tidak bisa diselamatkan lagi, bahkan untuk sekedar berteman pun tidak akan bisa.

Lalu bagaimana cara mengetahui kalau mantan sudah tidak mempercayaimu? Ada banyak cara, misalnya ketika kamu memberitahunya tentang sebuah informasi, dia lebih memilih menanyakan info tersebut ke orang lain ketimbang bertanya lebih jauh padamu.

Contoh lainnya ketika dia sedang mengalami kesulitan dan kamu menawarkan bantuan, dia pasti akan langsung menolaknya. Dia tidak percaya kalau kamu tulus ingin membantunya, atau dia memang sudah tidak percaya lagi kalau kamu mampu memberikan bantuan dan bisa diandalkan.

6. Dia Bersikap Cuek dan Dingin Padamu

ciri-ciri mantan membenci kita_Dia Bersikap Cuek dan Dingin Padamu

* sumber: digest.bps.org.uk

Tidak semua mantan akan menghindar atau menjauh, tapi mantan yang membencimu sudah pasti akan bersikap cuek dan dingin terhadapmu. Misalnya ketika kamu mengajaknya bicara, dia lebih memilih diam tanpa mau melakukan kontak mata denganmu.

Ketika kamu menanyakan sesuatu padanya, dia pura-pura tidak mendengar dan tak memberikan jawaban. Kalaupun harus menjawab, mungkin dia akan berbicara seperlunya dengan kalimat sesingkat mungkin.

7. Cara Bicaranya Ketus dan Kasar

ciri-ciri mantan membenci kita_Cara Bicaranya Ketus dan Kasar

* sumber: mikeandsusandawson.com

Cara bicara seseorang bukan hanya menunjukkan karakter atau kepribadiannya, tapi bisa juga merupakan ungkapan perasaannya yang sebenarnya. Bila cara bicara mantan berubah total dan bertolak belakang dibanding dengan saat masih berpacaran dulu, itu bisa jadi tanda bahwa ia malas berbicara denganmu.

Apalagi jika cara bicaranya yang seperti itu hanya ditujukan kepadamu. Sedangkan saat bicara dengan orang lain, dia malah bersikap normal. Jadi, bila kamu mendapati mantanmu bicara ketus, dingin, atau kasar hanya terhadapmu saja, sebaiknya kamu menahan diri dan tidak mengajaknya mengobrol agar kebenciannya padamu tidak semakin besar.

8. Dia Bersikap Tidak Sopan dan Merendahkanmu

ciri-ciri mantan membenci kita_Dia Bersikap Tidak Sopan dan Merendahkanmu

* sumber: www.pcworld.com

Seseorang yang berani bertindak tak sopan, melecehkan, atau merendahkanmu, sudah bisa dipastikan kalau ia tidak punya rasa respek lagi terhadapmu. Bahkan meskipun dulu kalian pernah berpacaran dan saling sayang, saat kebencian jadi dasar alasan untuk berpisah, maka semuanya bisa berubah, termasuk perilaku sang mantan.

Cara merendahkanmu juga bisa dalam bentuk apa saja, salah satunya dengan memanggilmu dengan sebutan yang tidak pantas, mulai dari 'si bodoh', 'idiot', 'bego', hingga yang paling kasar. Bila sudah benci, dia seolah malas untuk sekadar menyebut namamu. Bila kamu memiliki mantan seperti ini, sebaiknya kamu segera menjauh dan tak perlu berurusan lagi dengannya.

9. Senang Melihatmu Kesusahan

ciri-ciri mantan membenci kita_Senang Melihatmu Kesusahan

* sumber: xenzone.com

Seorang mantan yang membencimu pasti akan bahagia ketika melihatmu mengalami kesulitan. Bisa jadi dia masih memiliki rasa marah dan dendam terhadapmu, sehingga ketika kamu susah, dia merasa senang sekaligus puas karena dendamnya seolah terbalaskan.

Ia bahkan tidak akan mau membantumu dan menikmati  kesengsaraanmu. Dia akan berpikir kalau kesulitanmu adalah sebuah karma yang pantas kamu dapatkan. Sebaliknya, dia akan marah dan semakin benci ketika melihatmu bahagia.

10. Selalu Bicara Buruk Tentangmu pada Orang Lain

ciri-ciri mantan membenci kita_Selalu Bicara Buruk Tentangmu pada Orang Lain

* sumber: nevadasmallbusiness.com

Salah satu tanda kebencian yang paling jelas adalah ketika mantan membuka aib-aibmu kepada orang lain. Dia tidak mau repot-repot lagi menjaga rahasia atau melindungi nama baikmu. Rasa benci membuatnya berpikir bahwa seluruh orang juga harus tahu tentang keburukanmu.

Baik itu hal kecil maupun besar, segala sesuatu yang tidak ia sukai darimu pasti akan ia ungkap ke orang lain, walau keburukan yang dia maksud belum tentu sebuah kesalahan.

Misalnya cara berpakaianmu yang kurang feminin, cara makanmu, atau kebiasaanmu yang lain. Kalau sudah benci, mantan akan menganggap segala sesuatu tentangmu adalah sebuah keburukan yang harus ia sebar.

11. Memprovokasi Orang Lain agar Ikut Membencimu

ciri-ciri mantan membenci kita_Memprovokasi Orang Lain agar Ikut Membencimu

* sumber: timesofindia.indiatimes.com

Tindakan yang satu ini pasti akan membuatmu jengkel, tapi hal ini sangat mungkin dilakukan ketika si mantan menyimpan rasa benci dan dendam. Kebencian membuatnya berpikir bahwa kamu tidak pantas disukai oleh orang lain, bahkan dia menganggap kamu tidak berhak mendapatkan cinta lagi alias memiliki kekasih baru.

Dia akan memprovokasi semua orang untuk ikut membencimu, atau minimal berpandangan negatif tentangmu. Caranya tentu saja dengan menjatuhkan image-mu di depan orang lain dan membicarakan kejelekanmu, lalu dia akan mengatakan kalau berteman denganmu hanya akan menimbulkan kerugian.

12. Menyebar Rumor Buruk Tentang Dirimu

ciri-ciri mantan membenci kita_Menyebar Rumor Buruk Tentang Dirimu

* sumber: www.jasoncortel.com

Ciri yang terakhir ini termasuk berbahaya dan perlu kamu waspadai karena bisa sangat merugikan. Saat kebencian sudah terlalu besar, seseorang bisa berbuat di luar batas kewajaran, salah satunya adalah dengan menyebar fitnah atau rumor buruk tentangmu.

Dia bisa saja mengatakan pada semua orang kalau kamu termasuk orang yang matre dan suka meminta uang saat masih pacaran. Bisa juga fitnah yang lebih kejam seperti menudingmu sebagai tukang selingkuh. Padahal, semua tuduhan itu sama sekali tidak benar, tapi si mantan akan terus melakukannya demi membuatmu semakin menderita.

Itulah ciri-ciri mantan membenci kita yang patut untuk diwaspadai. Menjalin hubungan baik dengan mantan bisa jadi sebuah keharusan. Tapi bila dia sudah benci dan melakukan hal yang sangat merugikan kita, menjauh adalah pilihan yang paling tepat.

Dan yang paling penting, jangan merasa dendam apalagi sampai ikut melakukan keburukan yang sama seperti si mantan. Tetaplah berbuat baik, segera move on, dan temukan kebahagianmu sendiri. Atau bila kamu ingin memperbaiki hubungan baik dengan mantan, sebaiknya kamu ikuti tips cara memperbaiki hubungan dengan mantan yang membenci kita ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram