kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation, Bagus Kah?

Review Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation, Bagus Kah?

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 13 April 2021

Para makeup enthusiast, khususnya pecinta brand lokal, pasti sudah kenal dengan Dear Me Beauty. Semua produk Dear Me dilengkapi dengan zat antioksidan, sehingga tidak cuma bekerja sebagai makeup, tapi ada manfaat skincare-nya juga.

Merk kosmetik ini telah memproduksi banyak produk seperti 2-in-1 Velvet Veil, Lip Coat, Gloss Lip Liquid, 3-in-1 MultiStick Crayon, Eyeshadow Palette, Liquid Eyeshadow, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, tim Kamini mau mengulas alas bedaknya yaitu Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation yang baru rilis Mei 2020 lalu.

Setelah meluncur di pasaran, foundation Dear Me ini langsung melejit. Banyak beauty blogger dan vlogger yang mengetes, dan cukup banyak juga yang merekomendasikannya. Ingin tahu kelebihan dan kekurangan Airy Poreless Fluid Foundation? Yuk, intip review-nya dari tim Kamini di bawah ini.

Tentang Produk

Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation akan meningkatkan tampilan kulit kamu secara instan dan juga untuk jangka panjang. Karena, foundation ini telah diinfus dengan kandungan perawatan kulit juga!

Alas bedak cair non-komedogenik ini ringan untuk digunakan sehari-hari. Terus, produk ini juga digadang-gadang mampu menutupi ketidaksempurnaan dengan cakupan sedang hingga penuh.

Foundation ini juga mampu meratakan warna kulit yang tidak rata. Untuk tampilan kulit yang halus dan hasil akhir layaknya second skin (kulit kedua) yang tahan lama, yuk, gunakan Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation.

Fun Fact!

Airy Poreless Fluid Foundation hadir dalam 9 shade cantik yang beragam, ideal untuk mayoritas skintone kulit orang Indonesia. Ya, masing-masing shade dibuat agar sesuai dengan warna dasar kulit orang lokal, mulai dari skintone warm, neutral, dan cool. Sejauh ini, baru Dear Me saja brand asal Indonesia yang berani merilis banyak shade sekaligus untuk alas bedaknya.

Lalu, dari segi kandungannya, foundation ini berjenis hybrid karena ini bukan cuma makeup tapi bisa juga dianggap sebagai skincare. Soalnya, di dalam produk ini terdapat kandungan seperti antioksidan (kafein) dan pelembab (allantoin). Keren banget!

Klaim & Benefit

Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation adalah alas bedak cair yang seringan udara, namun mampu menutupi ketidaksempurnaan kulit dengan cakupan yang buildable. Foundation ini juga akan meratakan warna kulit yang tidak sama.

Diformulasikan dengan campuran bahan yang melembabkan dan ramah di kulit, foundation ini akan mempertahankan kelembaban kulitmu. Dan, dengan perawatan tambahan dari pelindung matahari SPF 18, produk ini mampu melindungi kulit dari sinar UVA/B juga.

Lebih baik lagi, formula mattifying-namun-nyaman dari produk ini akan meningkatkan tampilan tekstur kulit dan membantu menyerap minyak berlebih. Formula revolusioner Dear Me bakal menghilangkan kilau berlebih yang tidak diinginkan.

Semua klaim itu menjadikan Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation sebuah cover yang sempurna untuk kita yang tinggal di iklim panas hingga lembab. Tanpa rasa 'berat' di wajah maupun alas bedak yang cakey seiring waktu pemakaian, tentunya produk ini sangat menarik untuk dicoba.

Kemasan

Ini dia kemasan Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation. Minimalis, ringan, travel friendly, saya rasa itu semua sudah bisa mewakilkan packaging dari foundation-nya Dear Me.

Untuk tube foundation-nya terbuat dari plastik, jadi tidak perlu khawatir bakal pecah, deh. Yang saya kaget itu pas mengeluarkan foundation dari kotaknya. Soalnya kotaknya lumayan besar. Eh, foundation-nya ternyata slim, dan isinya pun cuma 30 gram.

Kalau ini penampakan tombol pump-nya. Waktu awal dibuka memang isinya agak susah keluar. Wajar, kok, namanya juga produk baru. Tinggal tekan beberapa kali saja pump-nya, sudah bakal keluar kok isinya. Jika sudah begitu, pasti isinya bakal keluar setiap ditekan, hanya waktu pertama kali dibuka saja kita kesusahan mengeluarkan isinya.

Ingredient List

  • Full Ingredients

Water, Cyclopentasiloxane, Titanium Dioxide, Synthetic fluorphlogopite, Ethylhexyl methoxycinnamate, C30-45 Alkyl Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, PEG-10 Dimethicone, Methyl methacrylate crosspolymer, Triethylhexanoin, Pentylene Glycol, Iron Oxides, Disteardimonium Hectorite, Magnesium sulfate, Cetyl PEG/PPG-10/1 dimethicone, Sorbitan sesquioleate, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Betaine, Aluminum hydroxide, Silica, Parfum, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, 1,2-Hexanediol, BHT, Allantoin, Caffeine.

  • Key ingredients
  1. Cyclopentasiloxane

Cyclopentasiloxane adalah silikon yang biasa digunakan dalam produk kosmetik. Zat ini tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berminyak. Ini juga tidak akan terserap ke dalam kulit. Sebaliknya, Cyclopentasiloxane menguap dengan cepat.

Kandungan ini berguna dalam produk kosmetik yang perlu cepat kering, seperti antiperspiran, semprotan rambut, dan foundation tentu saja! Cyclopentasiloxane juga memiliki sifat pelumas. Jadi, akan memberikan rasa licin dan halus saat diaplikasikan pada kulit dan memungkinkan produk menyebar lebih mudah.

2. Titanium Dioxide

Titanium dioksida merupakan bahan aktif yang efektif dalam tabir surya, berperan utama sebagai filter UV. Zat tersebut sering digunakan dalam kosmetik bedak tabur dan bedak padat, terutama kosmetik yang mengandung 'bubuk mineral'.

Sebagai bahan penyaringan UV, Titanium dioxide akan membantu melindungi kulit dengan menghalangi penyerapan sinar ultraviolet matahari yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan juga kanker kulit. Keren, ya, foundie ini sudah ada sunscreen-nya. Tapi, kamu tetap harus pakai tabir surya lagi secara terpisah, loh.

3. Ethylhexyl methoxycinnamate

Sama seperti kandungan sebelumnya, Ethylhexyl methoxycinnamate digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi sebagai agen tabir surya untuk melindungi kulit. Zat ini bekerja sebagai penyerap sinar ultraviolet.

Impresi

Setelah membaca klaim, benefit, dan ingredient, apakah harapanmu pada foundation ini jadi lebih tinggi? Lalu, bagaimana performa nyatanya? Mari langsung saja tes pada kulit saya yang kering, punya big pores, dan ada pigmentasi di sana sini.

Tekstur

Kata kuncinya ada pada 'Airy' dan 'Fluid', foundation ini tentu berbentuk liquid alias cair. Tapi, tidak yang encer banget juga. Lebih kepada cream yang liquidy. Dan, sangat-sangat ringan layaknya udara! Saja setuju dengan klaimnya Dear Me. Jadi, foundie ini gampang banget di-blend dan tidak bikin kulit wajah terasa tetutup sama lapisan makeup.

Wangi

Jika dilihat di ingredient-nya, foundation ini mengandung parfum. Tapi, saya sendiri tidak mencium aroma tertentu dari produk ini. Saya simpulkan Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation ini tidak memiliki wangi apapun yang mengganggu.

Shade

Produk ini hadir dalam 9 shade, yaitu C01 Creme Ivory, C02 Creme Beige, C03 Creme Sand, N01 Nude Ivory, N02 Nude Beige, N03 Nude Sand, W01 Warm Ivory, W02 Warm Beige, dan W03 Warm Sand. Nah, shade yang saya pakai ini N01 Nude Ivory.

[Edit] Terhitung sejak Januari 2021, Dear Me Beauty menambahkan 6 warna baru untuk koleksi shade foundation-nya demi memeriahkan keberagaman skintone di Indonesia dan juga mancanegara! Jadi, sekarang total shade produk ini ada 15.

Warna tambahannya antara lain: C00 Creme Porcelain, C04 Creme Caramel, N00 Nude Porcelain, N04 Nude Caramel, W00 Golden Porcelain, dan W04 Golden Caramel. Sedangkan untuk shade W01 Golden Ivory, W02 Golden Beige, dan W03 Golden Sand berganti nama saja dengan kode yang masih sama.

Swatch

Ketika dipakai di punggung tangan, warnanya sangat sama dengan skintone alami saya sehingga tidak terlalu terlihat perbedaannya. Sedangkan ketika diaplikasikan di wajah, shade ini agak sedikit lebih putih dari warna kulit saya.

Tapi, tidak membuat kulit saya terlihat sangat belang, kok. Karena, katanya foundation ini bakal oxidize setelah beberapa waktu pemakaian, jadi memang lebih tepat kalau kita memilih shade yang satu tingkat lebih cerah dari warna kulit alami kita.

Buka tutup foundation lalu tekan pump-nya untuk mengeluarkan produk. Untuk sekali pemakaian cukup tekan 2x saja pump-nya, tapi kalau kamu membutuhkan extra coverage mau pakai berapa banyak pun bebas! Lalu, ratakan foundation menggunakan spons atau brush favorit kamu. Lanjutkan dandananmu dengan bedak, blush on, dan lainnya.

Daya Tahan dan Performa 

Bare face to foundation-ed! Sebelumnya saya sudah pakai pelembab, sunscreen, dan primer, ya. Soalnya, waktu pertama mencoba Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation saja tanpa skincare apapun, hasilnya kurang bagus di kulit saya yang kering.

Saya pakai shade Nude Ivory yang ternyata agak sedikit putih dengan hint kuning di wajah saya. Tapi masih masuk, kok, warnanya. Dalam artian tidak membuat kulit saya jadi abu-abu. Saat baru diaplikasikan, foundie ini hasilnya matte, tapi setelah berjam-jam melebur jadi kayak dewy. Jadi ini finish-nya apa, ya? Semi-matte?

Ini adalah penampilan makeup saya setelah baru diaplikasikan Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation (beserta kawan-kawannya seperti concealer, bedak, dll). Tadinya saya mau pakai foto waktu saya mencoba foundation-nya saja tanpa tektek bengek lainnya. Tapi, hasilnya kurang memuaskan, jadi saya pakai pernak pernik komplit sebagaimana biasanya ketika berdandan.

Mungkin bisa dilihat oleh kamu, kalau flek coklat di area pipi saya masih ada beberapa yang muncul. Padahal saya sudah pakai concealer dan two way cake, loh. Pori-pori besar di area hidung dan pipi saya juga masih lumayan kelihatan. Apalagi waktu saya pakai foundation-nya doang tanpa skincare dan bedak, lebih parah lagi penampilan pores-nya.

Untuk area mata panda dan bagian dalam sudut hidung saya kan gelap, nah foundation ini kurang baik menutupinya, sih.. Masih kelihatan jelas gitu, padahal saya sudah bantu tutup pakai concealer.

Positifnya, foundation ini ringan banget, mau saya timpa berapa lapis juga tetap ringan dan mudah di-blend. Terus, di kulit saya yang kering, produk ini kerasa hydrating-nya dan tidak menimbulkan dry patch sama sekali. Good job (untuk sisi yang ini).

Kesimpulan

Ini adalah makeup saya setelah dipakai setengah harian. Foundation ini memang jadi lebih tipis daripada waktu awal diaplikasikan, tapi saya masih merasa 'diselimuti' oleh sesuatu sehingga wajah saya tidak bare banget.

Saya suka sisi ini dari produknya, karena makeup saya tetap ada walaupun sudah beraktivitas, berkeringat, dan terkena air wudhu. Kalau mau makeup-nya on lagi, tinggal touch up pakai bedak juga bisa sepertinya.

Untuk pigmentasinya sangat berkurang dari waktu pertama dioleskan, ya. Terlihat dari noda-noda di area pipi saya yang kelihatan lagi sekarang. Lalu, area bawah mata juga mulai crease tapi masih bisa diselamatkan sama bedak.

Jadi, buat ketahanan foundation ini saya beri nilai 7.5/10, karena tidak setahan itu, tapi masih 'meninggalkan' sedikit makeup di wajah walau sudah dipakai berjam-jam. Sehingga wajah jatuhnya terlihat sehat natural.

Hal yang membuat saya kecewa adalah blurring pores-nya yang sama sekali tidak bekerja pada kulit saya. Sebelum ini, saya sudah mencoba menggunakan Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation tanpa primer, concealer, maupun bedak-bedakan karena saya ingin tahu hasil akhir dan ketahanan foundation-nya.

Dan, hasilnya pori-pori saya kelihatan banget, jelas terpampang nyata! Foundation ini tidak bikin kita jadi manusia tanpa pori kalau tidak digabung dengan primer, concealer, dan bedak.

Saya juga membaca review jujur dari beberapa orang dan mereka mengeluhkan coverage foundation ini yang tidak bisa menyamarkan kemerahan, bekas jerawat, dan juga jerawatnya, mau dipakai berapa layer-pun foundationnya. Untuk yang kulitnya super kering pun harus dipastikan hidrasinya.

Jangan skip toner, serum, pelembab, dan hydrating product lainnya. Pokoknya wajib banget kalau mau finish foundation ini lebih mulus di kulit kering. Lalu, walaupun ada kandungan sunscreen-nya, itu hanya SPF 18, jadi kita tetap harus pakai tabir surya tambahan lagi.

Pros (+)

  • Packaging tidak berat, tidak akan pecah, slim juga, pokoknya travel friendly banget. Poin plus untuk tutup pump-nya!
  • Foundation yang sangat teramat ringan, benar-benar cocok dipakai setiap hari tanpa merasa dempulan
  • Saat pertama diaplikasikan memang hasilnya matte, tapi setelah berjam-jam berubah jadi dewy. Bingung deh ini finish-nya apa, walau saya pribadi tidak komplen
  • Ada kandungan skincare dan SPF (walaupun tidak terlalu tinggi)
  • Untuk oily skin katanya bagus banget, sayang kulit saya kering jadi tidak bisa membuktikan. Tapi, untuk di kulit kering juga bagus, kok, hydrating
  • Foundie ini hasilnya natural dan benar-benar seperti second skin. Semakin lama digunakan semakin bagus. (Waktu pertama diaplikasikan sih kelihatan 'pakai makeup', tapi lama-lama nge-blend gitu sama kulit asli, cantik)
  • Untuk produk lokal ini sudah bagus banget!

Cons (-)

  • Isi produk sedikit (hanya 30 gram)
  • Bentuk packaging memang unik, tapi warnanya kurang menarik (saya tahu Dear Me ingin menyesuaikan dengan semua produk standar mereka, but well, tanpa kotaknya, foundation ini tidak akan eye catching)
  • Tidak blurring pori-pori jika dipakai tanpa primer (berarti tidak sesuai namanya dan klaimnya yang 'Advanced Pore Refining')
  • Coverage-nya katanya buildable dari medium ke high, tapi saya rasa produk ini mentok di medium saja. Karena, jika tidak didempul oleh bedak tabur dan bedak padat, foundie ini jatuhnya natural banget seperti BB cream mau sebanyak apapun saya layer
  • Shade ada banyak, tapi variasinya kurang luas. Tidak seperti klaimnya yang mengatakan cocok untuk semua skintone cool, warm, dan neutral. Karena, semua shade yang tersedia lebih cocok buat yang shade-nya netral saja [Edit] Sekarang Dear Me sudah menambahkan 6 warna baru untuk fair dan warm skin!
  • Menurut review yang saya baca, untuk yang kulitnya mulus tidak masalah. Tapi, buat yang kulitnya bertekstur, foundie ini katanya tidak bisa menyamarkan kulit dengan baik

Harga & Tempat Membeli

Kalau menurut kamu, foundation dari Dear Me ini worth the hype, tidak? Kalau saya setuju, karena hasilnya memang bagus, walaupun tidak terbaik. Untuk kisaran harga di atas 150 ribu, saya sejujurnya berharap lebih dari produk ini, terutama dalam sisi blurring pores-nya. Apa kamu pernah mencoba produk ini juga? Bagikan pengalaman kamu di bawah, yuk.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram