kamini.id

Review Air Mawar dari Viva yang Sangat Legendaris!

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Air mawar adalah produk legendaris yang eksistensinya tidak pernah padam walau tergantikan dengan produk-produk lain yang lebih ‘canggih’. Buktinya saja kalau kamu pergi ke supermarket, produk-produk air mawar masih terpampang rapi berderet pada rak produk kecantikan berbarengan dengan produk toner lainnya.

Saya sendiri rutin membeli produk air mawar terutama menjadikannya campuran dari masker bubuk. Selain ekonomis, formulasi air mawar yang harum, higienis, dan nyaman menjadikan saya lebih percaya untuk menggunakan produk ini sebagai campuran masker dibandingkan air biasa.

Bukan hanya untuk campuran masker, saya juga sering menggunakan air mawar sebagai emergency toner kala toner harian saya habis. Bahkan ketika wajah butuh kesegaran instan, saya juga tak akan ragu untuk mengusapkan air mawar pada wajah.

Nah, kali ini saya akan mengulas produk air mawar yang sangat legendaris di Indonesia. Selain legendaris, produk ini juga dibanderol dengan harga yang super affordable. Bisa menebak produk apa yang saya maksud? Benar sekali, Viva Air Mawar.

Tentang Produk

Entah sejak kapan produk ini diperkenalkan ke publik Indonesia, yang pasti Viva Cosmetic sendiri sudah berdiri sejak tahun 1962. Lama sekali, kan? Bahkan umur brand kecantikan ini hampir seusia dengan umur ibu saya.

Meski merupakan produk lawas, Viva Air Mawar tetap digandrungi masyarakat Indonesia. Karenanya, Viva tidak berhenti memproduksi Air Mawar bahkan tetap memberikan perhatian khusus pada produk ini. Salah satunya adalah dengan meng-upgrade kemasan produk menjadi lebih menarik dan modern.

Begitu pula dari segi formulasi, meski secara keseluruhan bahan utama produk ini tidak banyak berubah, namun ada sedikit tambahan bahan-bahan anyar pada Viva Air Mawar versi terbaru. Tambahan bahan ini tentu menyempurnakan kualitas produk versi sebelumnya.

Klaim dan Benefit

Viva menyebutkan bahwa Air Mawar merupakan penyegar (toner) yang mengandung ekstrak buah mawar. Produk ini menawarkan manfaat menyejukkan dan menyegarkan kulit sekaligus memberikan sensasi kelembutan aroma dari mawar yang menjadi kandungan utama produk.

Cara Pemakaian

Viva air mawar tak hanya dapat berfungsi sebagai toner, namun juga dapat diandalkan sebagai pelarut untuk campuran masker ataupun lulur. Bila ingin digunakan sebagai toner, cara pemakaiannya adalah sebagai berikut.

  1. Tuangkan produk secukupnya pada kapas yang bersih
  2. Usapkan kapas pada seluruh area wajah
  3. Diamkan hingga mengering

Sementara sebagai campuran masker dan lulur, Viva Air Mawar dapat digunakan sebagai berikut.

  1. Tuangkan masker atau lulur bubuk pada wadah yang bersih
  2. Tuangkan air mawar secukupnya hingga masker atau lulur mencapai kekentalan yang diinginkan
  3. Oleskan masker atau lulur secara merata dan tunggu hingga mengering

Fun Fact!

Percaya atau tidak, katanya air mawar memiliki sifat antidepresan dan anti anxiety, lho. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, menemukan fakta bahwa ekstrak dari kelopak mawar dapat menenangkan sistem saraf netral pada kelinci percobaan. Penemuaan ini tentu memiliki kemungkinan yang serupa bila diterapkan pada manusia.

Kemasan

Review Air Mawar Viva kemasan

Sebelumnya sudah saya sebutkan bahwa Viva Air Mawar mengalami upgrade baik deri segi kemasan maupun formulasinya. Seingat saya, Viva Air Mawar versi lama dikemas dalam botol tabung dengan bagian cap yang menonjol. Sementara bentuk kemasan Viva Air Mawar teranyar dikemas dalam botol tabung semi oval yang lebih modern.

Material yang digunakan pada kemasan Viva Air Mawar adalah plastik yang cukup kokoh, spill-proof dan semi transparan pada bagian body-nya, sehingga saya bisa melihat dengan jelas tekstur air mawar yang terdapat di dalam tabung.

Bila bagian body dibuat transparan, bagian cap flip-top malah dibuat dengan warna putih yang lebih nyata. Ketika bagian flip-top dibuka, akan tampak mulut botol dengan diameter sedang, alias tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Sehingga menjadikan intensitas produk yang keluar ada dalam jumlah yang cukup.

Uniknya, pada bagian atas cap terdapat ukiran logo Viva yang dibuat transparan. Bila tidak jeli, mungkin kamu akan melewatkan detail ini. Padahal detail ini cukup menarik dan menjadi signature dari produk original.

Selain itu, Viva Air Mawar ini dikemas per-ukuran 100 mL dalam botol yang langsing sehingga produk ini cukup handy dan tidak akan terlalu memakan banyak tempat bila dibawa kemana-mana.

Ingredients

Review Air Mawar Viva ingredients

Full Ingredients

Aqua, Ethanol, Methylparaben, Rose Extract, Propylene Glycol, Perfume, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil.

Key Ingredients

  • Rose Extract

Salah satu bahan utamanya dari produk ini tentu saja ekstrak mawar. Selain berfungsi sebagai parfum yang menawarkan aroma lembut, bahan ini juga memiliki beberapa senyawa yang bersifat antioksidan dan antimikroba.

  • Propylene Glycol

Mencari bahan yang berfungsi memberikan kelembaban dan hidrasi dari produk ini? Jawabannya adalah propylene glycol. Selain menghidrasi, bahan ini juga dapat berperan sebagai texture enhancer dalam produk kosmetik.

Impresi

Setelah mengenal produk ini dari informasi yang tertera pada kemasan, saatnya mengenal produk lebih jauh dengan mengujinya secara langsung.

Tekstur

Review Air Mawar Viva tekstur

Sesuai dengan namanya yaitu Air mawar, produk ini memiliki tekstur seperti air yang mudah sekali runny bila langsung diletakkan pada telapak tangan. Oleh karena itu, sebaiknya ketika menggunakan produk ini sebagai toner, aplikasikan menggunakan perantara kapas.

Aroma

Tentu saja produk ini menawarkan aroma semerbak kelopak bunga mawar. Aroma mawar yang dilepaskan dari produk ini terasa sangat alami tanpa sentuhan powdery ataupun sintetis. Aroma ini dapat semakin menenangkan pikiran ketika diaplikasikan pada wajah.

Aplikasi

Review Air Mawar Viva aplikasi

Kebetulan saya menggunakan produk ini baik sebagai toner maupun sebagai pelarut masker. Secara keseluruhan Air Mawar ini bekerja baik dengan dua fungsi tersebut pada kulit saya.

Sebagai toner, produk ini dapat menyegarkan dan membuat wajah lembab setelahnya. Tak lupa juga adanya sensasi dingin ketika produk diusapkan pada wajah. Membuat wajah yang semulanya lelah menjadi segar kembali. Produk juga tidak terasa perih ketika diusapkan pada area mata serta tidak membuat wajah menjadi terlalu ketat setelahnya.

Sedangkan sebagai bahan campuran masker, Viva Air Mawar sangat baik dalam melarutkan tanpa membuat masker menjadi mudah menggumpal. Bukan itu saja, produk ini juga cenderung mudah mengering bila dicampurkan dengan masker.

Performa

Review Air Mawar Viva aplikasi 2

Selama digunakan saya merasakan kulit menjadi lebih terhidrasi setelah menggunakan produk ini. Meski kelembaban yang ditawarkan tidak long lasting, namun Viva Air Mawar selalu berhasil membuat wajah kembali segar dan terasa lembab seketika. Wajah saya juga terasa halus acapkali menggunakan produk ini.

Oh iya, karena sudah lama menggunakan produk ini saya tidak pernah merasa bahwa Viva Air Mawar dapat menyumbat pori. Dari formulasinya saja terlihat bahwa produk ini memang non-comedogenic karena tidak menyertakan bahan-bahan yang berpotensi tinggi menyumbat pori.

Tips dan Trik

Bila tidak ada waktu untuk menuangkan produk ini pada kapas namun ingin sekali menggunakannya sebagai penyegar, kamu bisa menuangkannya pada botol spray untuk dijadikan face mist. Selain praktis, langkah ini juga dapat membantumu menyegarkan wajah secara instan kala sedang suntuk.

Oh iya, selain digunakan untuk melembabkan dan menyegarkan, konon air mawar juga dapat meredakan mata yang kelelahan. Cara menggunakannya adalah dengan mengompres mata selama beberapa menit menggunakan kapas yang telah direndam air mawar. Cara ini akan membuat matamu yang semulanya kelelahan menjadi segar kembali.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Air Mawar Viva 1

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kamu tidak perlu khawatir kesulitan untuk menemukan produk ini karena this product is everywhere. Kamu dapat menemukannya di supermarket, toko-toko kelontong, konter kecantikan dan tentu saja dengan membeli secara online. Pokoknya, mudah banget. Dari segi harga pun produk ini tidak akan menguras kantong karena hanya dibanderol seharga Rp5000an saja.

Kesimpulan

Review Air Mawar Viva 4

Viva Air Mawar adalah produk air mawar andalan saya sejak lama. Selain formulasinya yang lembut dan bersahabat dengan kulit saya, produk ini juga sangat ramah kantong. It has a great value for me!

Pros

  • Menyegarkan dan memberikan temporary moisture
  • Tidak menyebabkan wajah terasa ketat
  • Tidak perih dan non-comedogenic pada wajah saya
  • Super affordable
  • Mudah digunakan dan higienis
  • Cukup multifungsi
  • Aroma mawarnya sangat lembut dan menenangkan

Cons

  • Kelembaban yang ditawarkan tidak long lasting, but it is not a thing for me

Bagi saya produk ini merupakan penyelamat ketika saya kehabisan toner namun ingin menyegarkan wajah. Produk ini juga selalu menemai saya kala melarutkan masker bubuk. Pokoknya, saya akan selalu repurchase produk ini sebelum menemukan produk dengan kualitas yang lebih baik.

Selain itu, Viva Air Mawar ini ternyata memiliki segudang manfaat lho untuk kecantikan, disamping manfaat utamanya sebagai campuran masker. Ingin tahu apa saja manfaat yang dimaksud? Silahkan baca artikel ini.

Seru bukan pengalaman saya menggunakan Viva Air Mawar ini? Punya pengalaman dengan produk ini juga? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram