Review Implora Luminous Brightening Serum untuk Bekas Jerawat

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 11 Oktober 2021

Serum merupakan salah satu produk skincare yang harganya cukup tinggi, mengingat serum memiliki kandungan bahan aktif lebih banyak dibandingkan produk skincare lainnya. Namun, saat ini ada beberapa brand yang berani memproduksi serum dengan harga cukup miring, dan salah satu yang cukup fenomenal di Indonesia adalah Implora.

Tahun 2021 ini, Implora berhasil mengejutkan para skincare enthusiast dengan memperkenalkan empat produk serum terbarunya. Uniknya, keempat serum tersebut dibanderol dengan harga yang sangat bersahabat yakni hanya 35 ribuan saja.

Nah, di review kali ini Kamini akan menguji performa salah satu varian Implora Serum yakni Luminous Brightening. Dari namanya, mungkin kamu sudah bisa menebak apa saja manfaat utama dari varian ini. Tapi, dengan harga yang ekonomis tersebut, mampukah serum ini membuktikan semua klaimnya? Yuk, buktikan!

Tentang Produk

Review Implora Luminous Brightening Serum._

Implora Serum merupakan produk serum pertama yang diperkenalkan Implora di pertengahan tahun 2021. Bahkan, serum-serum ini adalah produk skincare pertama dari Implora. Sebab sebelumnya, brand lokal asal Sidoarjo ini hanya memproduksi berbagai produk makeup, parfum dan pewarna rambut saja.

Implora memang populer dengan produk-produknya yang dibanderol cukup ekonomis. Tak heran, brand yang berdiri sejak tahun 2004 ini punya tempat khusus di hati para penggemar. Apalagi setelah produk lip cream-nya sempat menjadi salah satu produk ekonomis dengan kualitas yang diacungi jempol.

Nah, tahun 2021 ini, Implora sepertinya ingin menghirup angin baru dengan menjajakan produk perawatan kulit. Meski cukup berani karena langsung melompat dengan memproduksi serum, nyatanya produk ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, hingga saat ini Implora Serum masih sering diperbincangkan, lho, di media sosial.

Klaim dan Benefit

Review Implora Luminous Brightening Serum_klaim_

Luminous Brightening Serum dari Implora diklaim dapat mencerahkan, menyamarkan noda hitam serta menutrisi kulit. Semua manfaat tersebut didapat karena kandungan Kakadu plum yang kaya akan vitamin C dan niacinamide presentase 10%. Nggak cuma itu, ada juga kandungan black pearl dan caviar collagen yang menunjang fungsi mencerahkan juga melembabkan kulit.

Formulasi serum juga bebas alkohol, bebas pewangi dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit, terutama bagi pengguna yang memiliki masalah pigmentasi. Kamu akan memiliki tampilan kulit yang sehat dan bersinar bila menggunakan produk ini secara rutin.

Cara Pakai

Sama seperti kebanyakan produk sejenis, Implora Luminous Brightening Serum bisa langsung kamu gunakan secara merata pada wajah dan leher setelah selesai membersihkan wajah. Untuk, lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan kamu sudah membersihkan wajah
  2. Buka tutup botol, dan teteskan 2-3 tetes serum langsung pada wajah ataupun pada jari yang bersih
  3. Ratakan serum pada seluruh area wajah dan leher
  4. Tepuk-tepuk pelan wajah agar serum bisa meresap dengan baik
  5. Gunakan serum ini pada pagi dan malam hari

Nah, bila penasaran dengan cara yang tepat dalam memakai serum wajah, kunjungi artikel cara memakai serum wajah ini untuk tahu jawabannya.

Kemasan

Review Implora Luminous Brightening Serum_kemasan_

Sejak awal memegang langsung Implora Serum saya masih nggak percaya kalau kemasannya berbahan fosted glass. Soalnya yang saya tahu, kebanyakan produk serum yang dibanderol ekonomis mengorbankan material pada kemasannya demi menekan harga, tanpa harus mengurangi konsentrasi bahan aktif dalam formulasi.

Review Implora Luminous Brightening Serum_aplikator_

Namun serum ini nyatanya punya kemasan layaknya serum-serum dengan harga tinggi, lengkap dengan pipet round tip yang mungil dan box luar yang tersegel hologram pada bagian tutupnya. Produk bervolume 20 ml ini juga tertutup dengan rapat, sehingga tetap higienis dan nggak mudah terkontaminasi.

Di botol ini juga sudah tertera informasi cara pakai, nomor BPOM, nama pabrikan, label Green Dot, label 18 M PAO dan label Bangga Buatan Indonesia. Untuk keterangan ingredients, kamu dapat menemukannya di box luar produk. Sayangnya, dengan semua label dan informasi seputar produk, Implora Luminous Brightening Serum belum mengantongi sertifikasi halal.

Meski secara keseluruhan sederhana dengan hanya mengadaptasi warna dasar putih dan strip berwarna ungu yang menjadi ciri khas varian Luminous Brightening, kemasan produk ini nggak terasa murahan sama sekali. Saya sampai nggak percaya kalau harganya sangat affordable.

Ingredients List

Review Implora Luminous Brightening Serum_ingredients_

Kalau Implora nggak mengorbankan kemasan untuk menekan budget produksi serum, apakah mungkin brand ini merelakan formulasi dari produknya? Supaya bisa menjawab, yuk kita tinjau langsung ingredients dari Implora Luminouse Brightening Serum!

Full Ingredients

Aqua, Niacinamide, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Glycerine, Ethoxydiglycol, Terminalia Ferdinandiana Fruit Extract, Sodium Lactate, Sodium PCA, DMDM Hydantoin, Acrylates/​C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hydroxypropyl Methylcellulose, Soluble Collagen, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxide, Sodium Benzoate, Triethanolamine, Citric Acid, Potassium Sorbate, Fructose, Glycine, Inositol, Lactic Acid, Urea, Iodopropynyl Butylcarbamate, Terry-Dry Freeze Fried Or Spray Fried Alovera Powder, Hydrolyzed Caviar Extract, Hydrolyzed Pearl, Sodium Chloride, Benzoic Acid

Key Ingredients

Ternyata Implora tetap menggunakan banyak ingredients dalam Brightening Luminous Serum ini. Dan dari list yang cukup panjang tersebut, saya menemukan beberapa bahan aktif yang mungkin bisa bermanfaat untuk kulit:

  • Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk dari vitamin B3 yang dapat mengatasi masalah pigmentasi terutama dalam konsentrasi 5% dan lebih. Bahan ini juga sangat baik dalam melawan dehirasi pada sel-sel kulit karena bekerja membantu kulit memproduksi ceramide.

Nggak berhenti sampai disitu, bila ada bahan-bahan pelembab lainnya seperti gliserin dan sodium PCA, niacinamide juga bisa jadi agen pendorong hidrasi yang sangat baik. Dan kabar baiknya, dua bahan tersebut ada juga, lho, dalam serum ini.

  • Glycerine

Kalau bahan yang satu ini sudah umum dikenal sebagai agen hidrasi. Sifatnya sebagai humektan juga dapat meredakan kemerahan sekaligus menyegarkan permukaan kulit kembali.

  • Terminalia Ferdinandiana Fruit Extract

Terminalia Ferdinandiana atau Kakadu Plum sudah lama dipercaya sebagai salah satu agen pencerah alami. Buah ini konon merupakan buah dengan kandungan vitamin C tertinggi di dunia. Kekuatannya bahkan sering disejajarkan dengan vitamin C murni. Selain mencerahkan wajah dan mengatasi hyperpigmentation, kandungan antioksidan dalam buah ini juga dapat membantu kulit melawan agresor-agresor berbahaya dari lingkungan.

  • Sodium PCA

Sama halnya dengan gliserin, sodium PCA juga bekerja sebagai humektan yang dapat meningkatkan kandungan air pada permukaan kulit. Bahan ini juga bersifat non-irritating dan dapat menormalkan kembali kondisi skin barrier.

  • Glycine

Glisin sebenarnya dihasilkan alami oleh tubuh. Namun, seiring pertambahan usia, produksi glisin alami akan mengalami penurunan. Bila aplikasikan secara topikal, glisin dapat bekerja sebagai bahan pelembab.

  • Lactic Acid

Salah satu alpha hydroxy acid ini nggak cuma bekerja sebagai agen eksfoliasi, lactic acid juga dapat membunuh bakteri dan mengurangi jerawat pada kulit. Bahkan, ia juga mungkin dapat membantu kulit menjaga kelembabannya.

  • Urea

Kemungkinan besar konsentrasi urea dalam Imlpora Luminous Brightening Serum kurang dari 10%, maka bahan ini berfungsi sebagai pelembab.

  • Terry-Dry Freeze Fried Or Spray Fried Alovera Powder

Sebenarnya dalam bentuk powder, ekstrak aloe vera nggak bekerja sebaik bentuk gel maupun liquid, terutama dalam melembabkan dan menenangkan. Meski begitu, ekstrak aloe vera bubuk tetap bisa bekerja sebagai agen antioksidan dan skin-conditioning.

  • Hydrolyzed Caviar Extract

Kamu mungkin terbiasa menemukan caviar pada hidangan mewah. Namun, siapa sangka ternyata ekstrak dari caviar juga bisa bermanfaat, lho, untuk kulit.

Bahan aktif satu ini bekerja sebagai emolien yang mana dapat bantu mendorong kelembaban, mengurangi inflamasi dan menjaga kulit dari stres oksidatif lingkungan. Bahkan, ada penelitian yang membuktikan potensi ekstrak caviar sebagai pendorong produksi kolagen.

  • Hydrolyzed Pearl

Selain berpotensi mengurangi masalah pigmentasi karena dapat menghambat pembentukan enzim yang bertanggung jawab dalam produksi melanin, hydrolized pearl juga dapat bersifat anti inflamasi.

Impresi

Sampai juga dipembahasan impresi yang mana bisa menentukan apakah karakter serum ini sama layaknya produk serupa pada umumnya. Kalau penasaran, baca terus pengalaman saya berkenalan langsung dengan Implora Luminous Brightening Serum!

Tekstur dan Warna

Review Implora Luminous Brightening Serum_tekstur_

Ketika produk diambil dari botol, ternyata serum ini bening layaknya air. Awalnya saya mengira teksturnya pun bakal cenderung kayak air, karena saya berasumsi mungkin Implora mengurangi konsentrasi bahan-bahan aktif dalam formulasi produk ini. Tapi ketika sampai di kulit, feels-nya persis seperti serum kebanyakan.

Cairan serum memang cenderung watery, tapi ketika diusapkan akan ada sensasi licin yang menandakan kalau produk ini lebih dari sekedar air. I mean, this is a serum! Setelah menyerap pun, ada sedikit sensasi lengket samar khas serum yang stay di kulit.

Aroma

As it claimed, setelah saya cek ingredients-nya, nggak ada bahan yang masuk kategori fragrance. Serum ini juga nggak melepas aroma apapun ketika diaplikasikan ke kulit.

Aplikasi

Review Implora Luminous Brightening Serum_aplikasi_

Ketika diaplikasikan, produk ini nggak bikin wajah saya tampak berminyak. Malah saya rasa Implora Luminous Brightening Serum ini sangat ringan dengan slightly tacky after effect yang wajar dari sebuah serum. Produk juga mudah meresap dan nggak bikin kulit wajah kering. Sebaliknya, produk ini bikin kulit saya terasa terhidrasi dengan baik.

Apakah serum ini terasa perih ketika dipakai? Bagi saya nggak. Sebagai seseorang yang kulitnya cukup kompatibel dengan niacinamide, saya nggak merasakan efek negatif apapun dari serum ini.

Performa

Review Implora Luminous Brightening Serum_performa 2_

Saya adalah salah satu pejuang bekas jerawat. Jadi setiap muncul jerawat pada wajah, pasti akan meninggalkan jejak Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) setelah pulih. Bisa dilihat pada foto sebelum penggunaan produk, cukup banyak noda PIH di wajah saya. Bahkan ada beberapa luka yang masih segar karena baru dalam masa pemulihan.

Dalam dua minggu pemakaian, bekas jerawat PIH dari jerawat yang baru pulih tersebut lebih tampak mengalami pemudaran dibandingkan bekas jerawat yang sudah lama ada. Untuk bekas jerawat yang umurnya lebih lama tampaknya membutuhkan jangka pemakaian serum lebih panjang agar bisa benar-benar pudar.

Selain bekerja cukup baik dalam memudarkan bekas jerawat, ternyata serum ini juga bisa menyembuhkan jerawat di kulit wajah saya. Soalnya saya iseng-iseng mencoba menotolkan serum ke jerawat yang sedang aktif, dan dalam waktu 3 hari saja pembengkakan karena jerawat bisa diredam, dengan hanya menyisakan sedikit bekas PIH. Tapi ingat ya, yang bekerja di kulit saja, belum tentu bekerja juga dikulit kalian.

Review Implora Luminous Brightening Serum_performa_

Kebetulan saya punya history yang baik dengan serum-serum niacinamide, makanya saya berani untuk menotolkan serum ke area yang berjerawat meski konsentrasi niacinamide dalam serum ini cukup tinggi yakni 10%. Oh iya, Kamini juga punya rekomendasi serum niacinamide lokal lainnya, lho.

Tapi kalau kamu baru pertama ingin mencoba niacinamide, sebaiknya gunakan dalam intensitas sedikit terlebih dahulu. Misalnya dengan hanya menggunakan 2 tetes setiap pemakaian, atau dengan menggunakan produk pada malam hari saja. Bila ternyata kulitmu nggak menunjukkan efek negatif apa pun, barulah kamu bisa menaikkan intensitas atau frekuensi pemakaiannya.

Sayangnya untuk kemampuan mencerahkan dari Implora Luminous Brigthening Serum, saya nggak merasakan perubahan apapun. Cara pemakaian dengan meratakan serum ke seluruh permukaan wajah pun nggak mendatangkan hasil yang signifikan bagi saya. Karena itulah pada hari ke-7 saya mulai menggunakan serum dengan menotolkannya ke area-area bekas jerawat maupun yang berjerawat.

Tapi, kamu juga perlu berhati-hati dengan area-area yang kering. Sebaiknya setelah menggunakan serum ini, kamu lanjutkan menggunakan pelembab pada area-area wajah yang kering demi menghindari terjadinya iritasi.

Tips dan Trik

Saya sebenarnya bukan pemakai serum yang langsung meneteskan produk di wajah. Soalnya, saya selalu merasa takut serum bisa terkena kontaminasi bakteri yang ada di wajah. Karena itulah saya selalu menetaskannya dulu pada satu jari saya sebelum menotolkan serum ke wajah.

Saat nge-blend pun saya hanya menggunakan dua jari saja. Selain mengurangi jumlah produk yang terbuang karena menempel di tangan, saya juga merasa menggunakan serum dengan dua jari bisa lebih efektif menjangkau seluruh area wajah dan leher.

Harga dan Tempat Pembelian

Review Implora Luminous Brightening Serum__

Another good news, selain harganya yang terjangkau, Implora Serum bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui pembelian online. Untuk harga spesifiknya, kamu bisa melihat di buttons yang telah tersedia, ya.

Kesimpulan

Review Implora Luminous Brightening Serum_kesimpulan_

Saya masih nggak menyangka kalau Implora Luminous Brightening Serum dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Kemasannya nggak murahan, banyak kandungan bahan yang bermanfaat untuk kulit, dan kemampuannya dalam memudarkan bekas jerawat seolah mengindikasikan kalau serum ini bisa sejajar diposisikan dengan serum-serum pada umumnya dengan harga lebih tinggi.

Pros

  • Affordable dengan kemasan nggak murahan dan tetap higienis
  • Banyak key ingredients yang bermanfaat untuk kulit
  • Tekstur sangat ringan dan mudah meresap
  • Memberikan hidrasi pada kulit
  • Nggak terasa lengket maupun terlalu berminyak
  • Bisa memudarkan bekas jerawat
  • Bisa mengempiskan jerawat di wajah saya

Cons

  • Belum tampak bisa mencerahkan wajah
  • Bisa membuat area wajah yang kering semakin kering, karena itu sebaiknya dilanjutkan dengan penggunaan pelembab
  • Belum ada label halal

Demikianlah pengalaman saya menggunakan Implora Luminous Brightening Serum selama 2 minggu. Dalam rentang waktu tersebut, cukup banyak improvement yang saya rasakan. Kalau penggunaannya dilanjutkan, tampaknya concern kulit wajah saya pun akan ikut membaik. Nah, apakah kamu tertarik juga untuk mencoba serum affordable ini? Jawab melalui kolom komentar, ya!

Baca juga review varian serum Implora lainnya yakni Implora Acne Serum, atau bila kamu mencari rekomendasi serum affordable dari brand lainnya bisa langsung mampir ke artikel serum di bawah 50ribu ini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram