Review Implora 24K Gold Serum yang Punya Kandungan Emas Beneran

Bukan hanya dipakai sebagai perhiasan, kini emas juga menjadi salah satu bahan yang bisa dipadukan dengan skincare, lho. Sebenarnya trend kombinasi skincare dan emas bukan hal baru di dunia kecantikan, soalnya konon orang mesir kuno menggunakan logam mulia satu ini sebagai terapi kulit karena punya sifat antibakteri dan bisa menyembuhkan.

Nah, kali ini saya akan mengulas salah satu produk skincare lokal yang punya kandungan emas sungguhan di dalamnya yakni Implora 24K Gold Serum. Setelah sebelumnya mencoba Luminous Brightening Serum, saya jadi tertarik untuk membuktikan sendiri kualitas serum-serum dari Implora lainnya.

Makanya ketika produk ini rilis, saya langsung memasukkannya ke dalam wishlist. Seperti apa performa serum emas pertama dari Implora ini? Yuk, cari tahu jawabannya dengan membaca review berikut sampai selesai!

Tentang Produk

Review Implora 24K Gold Serum__

Setelah menelan kesuksesan dengan empat serum wajah pertamanya, Implora kembali menghadirkan dua serum tambahan untuk melengkapi rangkaian ini. Ada Hydrating Serum dan selang satu bulan kemudian disusul dengan 24K Gold Serum.

Serum yang diklaim punya kandungan serbuk emas sungguhan ini secara resmi lahir pada awal tahun 2022 lalu. Konsepnya yang cukup unik tentu enggak luput dari perhatian para penyuka skincare terutama serum lovers.

Apalagi, harganya tetap dibanderol affordable padahal diklaim punya kandungan logam yang biasa dipakai sebagai mas kawin tersebut. Siapa yang enggak tergiur?

Klaim dan Benefit

Serum ini mengandung 24K Gold Flakes, vitamin C, niacinamide berkonsentrasi 5%, licorice extract dan marine collagen yang dapat menutrisi, membantu mencerahkan, hingga meningkatkan elastisitas kulit wajah. Ia juga diklaim punya sifat antioksidan dan anti inflamasi.

Cara pakai

Sama seperti pemakaian serum wajah pada umumnya, kamu hanya perlu menuangkan Implora 24K Gold Serum secukupnya atau sekitar 2-3 tetes ke seluruh wajah. Usapkan tipis dan merata, lalu tepuk-tepuk agar penyerapannya optimal.

Implora juga mengatakan kalau serum ini bisa digunakan pagi dan malam. Namun, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat pemakaian di pagi hari ya.

Kemasan

Review Implora 24K Gold Serum harga_

Engga ada yang berubah dari kemasan Implora Serum Wajah, semuanya masih dengan double packaging standar yang terdiri dari dus luar dan botol kaca frosted utama yang berisi cairan serum. Pada 24K Gold Serum sendiri, Implora mengadaptasi perpaduan warna hijau emerald dan putih dengan sedikit sentuhan strip dan font berwarna emas.

Review Implora 24K Gold Serum_kemasan 2_

Botol serumnya yang mungil masih dipasangkan dengan pipet bantat berujung agak bundar. Panjang pipet ini sesuai dengan panjang botol, jadi cairan serum bisa tetap terambil hingga dasar botol.

Karet pipet yang berwarna putih pun enggak keras, ia bisa menyegel udara dalam pipet dengan baik sehingga serum enggak jadi mudah meleber walau lubang di ujung pipet cenderung besar. Pokoknya, walau berukuran mungil, ukuran dan fitur kemasan serum ini cukup nyaman bagi saya.

Ingredient List

Review Implora 24K Gold Serum_kemasan_

Konon, selain serpihan emas, Implora juga mengandalkan niacinamide, vitamin C, licorice extract dan marine collagen dalam formulasi serum ini. Apakah klaim tersebut benar adanya? Kita bisa cari tahu dengan membaca ingredient list berikut.

Full Ingredient

Aqua, Niacinamide, Propylene Glycol, Glycerin, Butylene Glycol, Triethanolamine, Ethoxydiglycol, PEG-40 Hydrogenated, Castor Oil, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Trideceth-9, Ascorbyl Glucoside, Sodium Lactate, Sodium PCA, Hydrolyzed Collagen, DMDM Hydantoin, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Sodium Hydroxide, Tetrasodium EDTA, Phenoxyethanol, Gold, Fructose, Glycine, Inositol, Lactic Acid, Urea, Iodoprophyl Butylcarbamate, Chlorphenesin, Sodium Benzoate, Dipotassium EDTA, Glabridin, Benzoic Acid.

May Contain: CI 77400, CI 77820

Key Ingredients

  • Niacinamide

Niacinamide dapat mengatasi masalah pigmentasi terutama dalam konsentrasi 5% dan lebih. Bahan ini sangat baik dalam melawan dehirasi pada sel-sel kulit karena bekerja membantu kulit memproduksi ceramide.

Bila ada bahan-bahan pelembab lain seperti sodium PCA dan gliserin, niacinamide juga bisa jadi agen pendorong hidrasi yang sangat baik. Kabar baiknya, dua bahan tersebut juga ada dalam serum ini.

  • Glycerin

Gliserin sudah umum dikenal sebagai agen hidrasi. Sifatnya sebagai humektan dapat meredakan kemerahan sekaligus menyegarkan permukaan kulit kembali.

  • Ascorbyl Glucoside

Jangan kebingungan mencari keberadaan vitamin C dalam ingredient list tadi, karena ternyata vitamin C yang Implora gunakan pada serum ini merupakan askorbil glukosida. Ia adalah perpaduan antara vitamin C dan glukosa.

Bila diformulasikan dengan tepat, bahan satu ini dapat menyerap ke dalam lapisan kulit dan terpecah menjadi vitamin C murni (asam askorbat). Fungsinya adalah sebagai antioksidan yang dapat membuat kulit tampak lebih muda, cerah dan halus.

  • Sodium PCA

Bahan ini bekerja sebagai humektan yang dapat meningkatkan kandungan air pada permukaan kulit. Sodium PCA juga punya sifat non iritasi dan bisa menormalkan kembali kondisi skin barrier.

  • Hydrolyzed Collagen

Sebenarnya bahan yang satu ini bukanlah kolagen sungguhan. Ia merupakan campuran dari banyak peptida besar yang bekerja sebagai agen pelembab dan humektan.

  • Glycyrrhiza Glabra Root Extract

Ekstrak alami dari akar manis ini sudah lama digunakan dalam produk-produk dengan klaim pencerah. Ini karena ia dapat bekerja menghambat enzim tirosinase yang bertanggung jawab dalam pembentukan melanin pada kulit.

Selain bisa bantu mengatasi hyperpigmentation dan mencerahkan, ekstrak akar manis juga menawarkan manfaat antioksidan dan anti inflamasi.

  • Gold

Walau sebenarnya penelitian tentang emas dalam skincare masih terbatas, tapi  bahan satu ini punya potensi yang baik dalam meningkatkan penetrasi bahan aktif dalam skincare. Emas juga diyakini punya efek anti penuaan dan proteksi kulit terhadap penuaan dengan sifatnya sebagai antioksidan.

  • Glycine

Adalah bahan yang sebenarnya dihasilkan alami oleh tubuh. Namun, seiring pertambahan usia, produksi glisin alami akan menurun. Glisin juga dapat bekerja sebagai bahan pelembab saat diaplikasikan topikal.

  • Lactic Acid

Enggak cuma bekerja sebagai agen eksfoliasi, lactic acid bisa membunuh bakteri dan mengurangi jerawat pada kulit. Ia juga dapat membantu kulit menjaga kelembabannya.

Impresi

Review Implora 24K Gold Serum_impresi_

Sudah enggak sabar untuk mengenal lebih jauh Implora 24K Gold Serum? Kalau begitu, langsung saja kita mengenal tekstur, warna, aroma dan aplikasinya di wajah, yuk!

Tekstur dan Warna

Implora 24K Gold Serum ini punya tekstur cairan yang licin layaknya serum wajah lain. Sensasi agak licin ini menandakan kalau ia enggak hanya berisikan air, melainkan ada bahan-bahan lain yang mengisi serum.

Alih-alih transparan, saya merasa serum ini punya karakter agak kekuningan dengan serpihan super kecil dari emas yang menghiasinya. Hal ini dipertegas dengan adanya kandungan pigmen CI 77400, CI 77820 dan emas yang tertera dalam ingredient list.

Uniknya, serpihan emas tersebut enggak jadi mengganggu tekstur cairan serum. Ia tetap terasa lembut, licin, dan ringan ketika sampai di kulit.

Aroma

Serum ini enggak merilis aroma khusus dan dalam ingredient list pun enggak tertera adanya tambahan bahan pengharum maupun minyak esensial.

Aplikasi

Review Implora 24K Gold Serum_aplikasi_

Selain bikin wajah jadi tampak lebih lembab, serpihan emas dalam Implora 24K Gold Serum juga bikin tampilan kulit jadi agak berkilau, lho. Awalnya saya mengira serpihan-serpihan emas ini akan selurunya ikut menyerap ke dalam kulit, namun ternyata ada yang tetap stay di atas permukaan kulit.

Meski demikian pemakaian awal serum ini tetap terasa nyaman bagi saya. Ia enggak menimbulkan reaksi iritasi, sumbatan pori-pori, kesan yang berat atau pun bikin wajah jadi greasy.

Performa

Review Implora 24K Gold Serum_peforma_

Selama dua minggu pemakaian serum emas dari Implora ini, saya merasa ia kasih progres lambat meski tetap ada perubahan pada wajah saya terutama pada bekas-bekas jerawat yang secara berkala mulai memudar. Ini tentu karena adanya kandungan niacinamide yang dibantu vitamin C dalam produk.

Saya memang selalu bersahabat dengan serum yang punya kandungan niacinamide, bahkan Implora Luminous Brightening Serum yang punya konsentrasi niacinamde 10% pun kompatibel buat kulit saya. Jadi wajar saja sih kalau porgres serum emas ini cenderung lebih lambat, karena kandungan niacinamide-nya pun lebih rendah yakni hanya 5% saja.

Konsentrasi niacinamide yang lebih rendah ini juga membuat Implora 24K Gold Serum cocok buat kamu yang pemula dengan kandungan tersebut. Ia bakal less irritating dan less drying di kulit. Saya bahkan merasa kalau produk ini sama sekali enggak bikin kulit jadi kering.

Meski dengan keunggulan-keunggulan tersebut, Implora 24k Gold Serum tetap kasih pengalaman yang kurang menyenangkan bagi saya pribadi. Walau awal pemakaiannya tanpa keluhan, namun dari jam ke jam saya merasa wajah jadi tampak kusam dan berminyak.

Anehnya, kekusaman ini enggak permanen karena ketika selesai mencuci wajah kulit saya kembali ke kondisi awal. Sepertinya kekusaman ini ada hubungannya dengan oksidasi dari produk. Tapi, saya tetap enggak bisa memastikan alasannya ya.

Review Implora 24K Gold Serum_peforma 2_

Selain itu, saya juga belum bisa merasakan efek mencerahkan dari serum emas pertama Implora ini. Selama dua minggu pemakaian yang tampak berubah dari kulit wajah saya hanyalah bekas jerawat yang mulai memudar serta tekstur kulit yang lebih halus dan lembut.

Tips dan Trik

Bila kamu punya permasalahan kulit yang agak kompleks, kamu boleh kok memadukan 24K Gold Serum dengan serum Implora lainnya. Pertama, bila kamu punya kulit yang kusam dan penuh dengan flek hitam penuaan, kamu bisa menggunakan serum ini di pagi hari dan Midnight Serum pada malam harinya.

Namun, kalau butuh hidrasi yang jempolan dan ingin tingkatkan elastisitas wajah, Implora merekomendasikan pemakaian Hydrating Serum di pagi hari dan 24K Gold Serum di malam hari. Terakhir, bila kulitmu cenderung berjerawat, maka kamu bisa memadukan serum emas ini dengan Acne Serum milik Implora pada malam harinya.

Harga dan Tempat Membeli

Review Implora 24K Gold Serum_harga_

Sempat saya singgung kalau produk ini tetap dibanderol pada range harga yang sama dengan serum Implora lainnya. Padahal ia punya kandungan emas sungguhan, lho. Tentunya sangat worth untuk dicoba. Kamu juga bisa cukup mudah mendapatkan serum wajah Implora ini baik di supermarket, e-commerce atau pun dari toko official Implora.

Kesimpulan

Review Implora 24K Gold Serum_kesimpulan_

Meski kasih progres yang cukup lambat, saya tetap bisa merasakan keunggulan Implora 24K Gold Serum dalam memudarkan bekas jerawat dan membuat wajah saya jadi lebih halus. Ia juga terasa ringan saat dipakai dan bikin wajah punya efek kilau yang unik di tiap awal pemakaiannya.

Kandungan bahan aktif yang terkandung dalam 24k Gold Serum pun cenderung lebih aman digunakan oleh pemula. Kalau kamu serum lovers, enggak ada salahnya untuk mencoba produk ini, lho!

Pros

  • Ringan, enggak menimbulkan reaksi iritasi dan enggak menyumbat pori-pori kulit wajah saya
  • Bisa pudarkan bekas jerawat
  • Haluskan tekstur kulit
  • Enggak terasa kering
  • Kasih kilau wajah yang unik
  • Affordable dengan kandungan emas sungguhan

Cons

  • Bikin kulit agak berminyak dan kusam setelah dipakai berjam-jam
  • Belum terasa bisa mencerahkan dan tingkatkan elastisitas wajah

Demikianlah pengalaman saya dalam mencoba serum emas pertama dari Implora ini. Secara keseluruhan saya cukup puas dengan performa yang ditawarkan serum ini dengan segala keunggulannya.

Apakah kamu pernah menggunakan produk ini juga dan punya pengalaman lain ketika mencobanya? Jangan ragu untuk membagikannya dengan Teman Kamini lainnya di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram