Beauty Terms - P

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
PAC

PAC

Brand kosmetik asal Indonesia yang legendaris dan berkualitas tinggi. PAC adalah singkatan dari Profesional Artist Cosmetics (grup Martha Tilaar). PAC adalah makeup asal Indonesia pertama yang formulasinya sekelas makeup profesional.

Makanya PAC sering dipakai untuk keperluan pro MUA untuk mendandani artis, acara pernikahan, dan sebagainya. PAC juga terkenal di beberapa negara lainnya, loh!

Palmer’s

Palmer’s

Didirikan lebih dari 175 tahun yang lalu, Palmer's adalah perusahaan perawatan kulit pertama di Amerika. Produk Palmer's yang terkenal adalah Cocoa Butter-nya.

Panthenol

Panthenol

Bentuk vitamin B yang dapat melembabkan dan memperkuat kulit dan rambut.

Period After Opening

PAO (Period After Opening)

Pernah melihat ikon botol kecil yang terbuka? Itu adalah simbol PAO alias Periode Setelah Pembukaan. Ikon ini bertujuan untuk memberi tahu pengguna berapa lama produk akan bertahan setelah kemasan dibuka.

Jangka waktu hampir selalu ditampilkan dalam bulan dan muncul sebagai angka diikuti dengan huruf 'm' (month), baik di dalam grafik botol atau di sebelahnya. Ikon PAO selalu disertakan pada produk dengan umur simpan 30 bulan atau lebih.

Papain

Papain

Enzim pelarut kulit yang diekstrak dari daun dan buah pepaya. Digunakan sebagai exfoliant (bahan pengelupas) yang lembut pada produk cleanser (pembersih), masker, scrub, dan peel.

Parabens

Parabens

Kelompok pengawet berbahan dasar paraben, beberapa diantaranya adalah methylparaben, propylparaben, and butylparaben. Paraben digunakan untuk melindungi kosmetik dari pertumbuhan bakteri dan jamur.

Penambahan paraben ke suatu produk sering menjadi kontroversi, tapi FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengatakan paraben aman bila digunakan pada kadar yang sangat rendah (0,01 - 0,3 %) dalam kosmetik.

Parlor

Parlor

Dalam kecantikan, parlor adalah kata lain untuk beauty salon (salon kecantikan), tapi lebih mungil, terkesan friendly (tidak mengintimidasi tamu dari kalangan tertentu), dan seringnya terletak di rumah pemiliknya.

Biasanya juga, beauty parlor berkonsentrasi pada perawatan atau fitur kecantikan tertentu, seperti styling untuk pria, untuk wanita, atau keduanya.

Parsol

Parsol

Kelompok bahan tabir surya yang menyerap panjang gelombang tertentu dari sinar UVB dan UVA untuk meminimalkan photodamage pada kulit.

Jenis Parsol yang paling banyak digunakan adalah Parsol 1789 yang dikenal secara umum sebagai avobenzone. Fungsinya adalah untuk menyerap sinar UVA, sehingga dia sering dipasangkan dengan bahan lain yang menyaring sinar UVB untuk menciptakan broad-spectrum sunscreen.

Patron

Patron

Seseorang, kelompok, atau brand yang mensponsori atau menyokong beauty creator.

Pearl Essence

Pearl Essence

Bahan yang membuat produk kosmetik dan skin care berkilau. Umumnya dibuat dengan menggabungkan mika mineral yang terbentuk secara alami dengan lapisan tipis Titanium dioksida.

Pedicure

Pedicure

Kata pedikur berasal dari bahasa Latin pedis yang berarti "dari kaki", dan cura yang berarti "perawatan". Pedikur adalah perawatan kosmetik pada kaki dan kuku kaki, mirip dengan manikur (untuk tangan dan kuku tangan.

Perawatan pedikur seringkali diberikan hingga lutut, termasuk pengelupasan granular, melembapkan kulit, dan pijat relaksasi.

Peel

Peel / Peeling

Chemical peel treatment, perawatan pengelupasan kimia, adalah jenis pengelupasan kulit yang membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit sekaligus meminimalkan munculnya flek, garis halus, kerutan, dan tanda penuaan lainnya.

Peeling biasanya merupakan prosedur yang sangat aman jika dilakukan oleh ahli. Akan tetapi, meskipun sangat jarang, infeksi atau jaringan parut termasuk dari risiko perawatan ini.

Peptides

Peptides

Fragmen protein kecil yang bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan kolagen dan membantu memperbaiki kulit.

Perfume

Perfume

Hampir setiap produk perawatan kulit dan kosmetik konvensional (bahkan yang berlabel 'unscented' pun) mengandung pewangi buatan.

Produsen biasanya hanya menyematkan perfume atau fragrance di ingredient list, padahal bahan yang sebenarnya bisa jadi campuran antara karsinogen, alergen, endocrine disruptors, dan iritan.

Permanent

Permanent

Sesuatu yang permanen, seperti tattoo.

Permanent Makeup

Permanent Makeup

Merupakan teknik kosmetik yang menggunakan tattoo (pigmentasi permanen pada lapisan dermis kulit) sebagai alat untuk menghasilkan desain yang menyerupai makeup. Biasanya berupa warna peningkat permanen pada kulit wajah, bibir, dan kelopak mata.

Personal

Personal

Sesuatu kepemilikan pribadi. Contoh: personal care, personal brand, dll.

Personal Care Product

Personal Care Product

Personal care adalah perawatan pribadi. Mencakup berbagai produk seperti kapas pembersih, cologne, deodoran, eye liner, tisu wajah, gunting rambut, lip gloss, lip balm, lotion, makeup, sabun tangan, pembersih wajah, sabun mandi, kikir kuku, pomade, pisau cukur, pelembab, bedak bayi, tisu toilet, pasta gigi, perawatan wajah, tisu basah, sampo, dll.

Personalized Product

Personalized Beauty & Cosmetic / Personalized Product

Suatu brand mengeluarkan produk sesuai pengalaman dan permintaan konsumen, sambil tetap mempertahankan ciri khasnya sendiri.

Ketika brand meminta feedback dari pelanggan via e-mail, atau mungkin postingan di Instagram, mereka mengambil insight dari sana, mencari tahu apakah kekurangan dan kelebihan produk mereka dan menciptakan produk yang lebih unggul lagi di masa depan.

Petrolatum

Petrolatum (Petroleum jelly)

Petroleum jelly, petrolatum, petrolatum putih, parafin lunak, multi-hidrokarbon, atau CAS 8009-03-8, adalah campuran hidrokarbon semi-padat (dengan nomor karbon lebih tinggi dari 25). Awalnya, petrolatum diperkenalkan pada publik sebagai salep topikal untuk penyembuhan.

Akan tetapi, konsumen mulai menggunakannya untuk tujuan kosmetik. Ternyata, hal tersebut diperbolehkan oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat sebagai pelindung kulit over-the-counter (OTC), sehingga tetap banyak digunakan dalam perawatan kulit kosmetik.

Petrolatum sering disebut juga sebagai minyak mineral, karena produk ini dibuat dari minyak bumi yang dimurnikan. Bentuk zat-nya kental, tidak berbau, dan tidak berwarna.

Cara kerjanya adalah melapisi kulit untuk melembapkan dan mencegah hilangnya kadar air dari kulit. Catatan: petrolatum tidak bebas minyak, sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat pada mereka yang kulitnya rentan.

pH

pH

Ukuran keasaman atau kebasaan suatu zat. Air memiliki pH netral 7. Pelindung kulit yang sehat memiliki pH asam 4,5 - 5,5. Produk perawatan kulit dengan pH seimbang umumnya memiliki sisi netral yang sedikit asam.

Pharmaceutical Grade Ingredients

Pharmaceutical Grade Ingredients

Bahan 'kelas farmasi' yang digunakan dalam produk perawatan kulit. FDA mensyaratkan bahwa bahan-bahan kelas farmasi harus 99,9% murni. Karena, setiap produk harus mengandung 0,1% atau kurang untuk bakteri.

Phloretin

Phloretin

Ditemukan dalam buah apel, bahan kimia ini bertugas untuk meningkatkan aktivitas bahan perawatan kulit lainnya yang mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

Photoaging

Photoaging

Photoaging adalah salah satu akibat photodamage yang terlihat jelas, yaitu perubahan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang menyerupai efek usia.

Photodamage

Photodamage

Photodamage didefinisikan sebagai perubahan pada kulit yang terjadi setelah kontak yang terlalu lama dengan sinar matahari.

Phthalates

Phthalates

Phthalate (Ftalat) adalah plasticizer yang ditambahkan ke plastik agar tidak rapuh. Tapi, ftalat juga digunakan dalam kosmetik, terutama dalam wewangian, juga dapat ditemukan dalam produk perawatan pribadi lainnya, seperti hair spray dan cat kuku.

Seperti paraben, ftalat adalah zat berbahaya, sebuah pengganggu endokrin dan dapat menyebabkan masalah hormonal, reproduksi, cacat lahir, dan peningkatan kanker payudara pada wanita.

Physical Sunscreen

Physical Sunscreen

Tabir surya fisik. Mengandung bahan mineral aktif seperti titanium dioksida atau seng oksida yang bekerja di atas kulit untuk membelokkan dan menyebarkan sinar UV yang merusak dari kulit.

Physical sunscreen juga menawarkan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Kelebihannya adalah mampu melindungi kulit dari matahari segera setelah diaplikasikan.

Physicians Formula

Physicians Formula

Brand kosmetik dan skincare yang hipoalergenik. Sejak 1937, Physicians menghasilkan produk yang tidak menyebabkan alergi, sehingga ramah untuk kulit sensitif.

Physique

Physique

Bentuk atau struktur tubuh seseorang.

Phytonutrients

Phytonutrients

Juga disebut phytochemicals (fitokimia). Senyawa bermanfaat ini secara topikal terdapat dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tanaman lain yang dapat dikonsumsi.

Tugasnya adalah membantu mencegah peradangan yang merusak dan aktivitas radikal bebas yang berasal dari paparan sinar UV dan gangguan lingkungan lainnya.

Picosecond Laser

Picosecond Laser

Awalnya direkayasa untuk menghilangkan tato. Tapi, sekarang perangkat ini digunakan juga sebagai alat untuk mempercantik diri. Fungsinya memberikan energi ke kulit dalam sepersekian detik, seribu kali lebih cepat dari laser nanodetik tradisional seperti Q-switched.

Treatment ini akan memecah kelompok pigmen dan memacu pertumbuhan kolagen, sehingga kulit jadi tampak lebih muda.

Pigment

Pigment

Pigmen adalah ribuan warna yang dibuat atau diambil dari bahan organik dan anorganik. Ada Color Index International, yaitu hukum yang menetapkan pigmen apa yang boleh digunakan dalam kosmetik dan produk makanan, sehingga semua produk yang kita gunakan dan konsumsi sudah pasti aman.

Pilling

Pilling

Pilling berbeda dengan peeling. Pilling merupakan penumpukan sel kulit kering dan mati. Biasanya pilling lebih terlihat ketika kita menggunakan sunscreen, tone up cream, foundation, bedak, bahkan pelembap juga bisa. Karena produk yang digunakan akan terlihat seperti mengeluapas, karena kulit kering tidak menyatu dengan produk tersebut.

Pin

Pin

Adalah jepit rambut. Biasanya jepitan yang disebut hair pin adalah jepit yang berwarna hitam dan berbentuk tipis, dengan sedikit bentuk yang bergelombang untuk menahan rambut.

Hair pin biasanya digunakan untuk menahan poni, baby hair (rambut yang baru tumbuh sehingga panjangnya tidak sama dengan potongan rambut kita), atau untuk merapikan sanggul dan hair-do.

Plant Extracts

Plant Extracts

Disebut juga Phytotherapy, ekstrak tumbuhan yang berasal dari tumbuhan segar atau kering, diambil seluruhnya atau sebagian. Misalnya bunga, daun, buah, kulit kayu, akar, atau bijinya saja, untuk digunakan sebagai salah satu bahan pembuat skincare dan makeup.

Plant Stem Cells

Plant Stem Cells

Ketika menjadi bagian dari tumbuhan hidup, sel-sel memiliki kemampuan untuk membelah dan merangsang pertumbuhan jaringan manapun di dalam tanaman.

Itulah yang membuat plant stem cells sering ditambahkan ke dalam skin care, karena dipercaya mampu mendukung regenerasi kulit dan menawarkan beberapa manfaat antioksidan.

Plastic

Plastic

Plastik tidak hanya digunakan untuk kemasan, tetapi juga sebagai bahan kosmetik, loh! Kandungan plastik dapat ditemukan dalam gel rambut, hair spray, dan liquid bandage.

Plastic Surgery

Plastic Surgery

Operasi plastik adalah spesialisasi bedah yang didedikasikan untuk rekonstruksi cacat wajah dan tubuh akibat kelainan kelahiran, trauma, luka bakar, dan penyakit. Operasi plastik dimaksudkan untuk memperbaiki area tubuh yang tidak berfungsi dan bersifat rekonstruktif.

Lalu, ada cosmetic surgery, yaitu ilmu kedokteran yang berfokus pada peningkatan penampilan melalui teknik bedah dan medis. Bedah kosmetik dapat dilakukan di semua area tubuh, termasuk kepala, wajah, dan leher juga.

Karena area yang dirawat sebenarnya berfungsi dengan baik tetapi tidak memiliki daya tarik estetika, bedah kosmetik bersifat elektif.

Platelet-rich Plasma

Platelet-rich Plasma (PRP)

Ini adalah istilah untuk darah kita sendiri yang kaya akan faktor pertumbuhan. Istilah ini akan kamu dengar kalau melakukan vampire facial, yaitu treatment perawatan wajah yang menggunakan darah kita sendiri.

Setelah mengambil darah dari lengan pasien, darah akan diputar dalam tabung khusus untuk mengisolasi PRP. Lalu, dokter akan menyuntikkan kembali darah tersebut ke kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut baru.

Dokter juga bisa menyuntikkan atau menerapkannya secara topikal ke kulit untuk memulai penyembuhan untuk meningkatkan pergantian sel dan pembaruan kolagen.

Plump

Plump

Merujuk pada kulit dan area tubuh yang tampak ‘montok’. Misalnya bibir tebal disebut plump lips, kulit yang sehat dan segar disebut plump skin, dsb.

Polka Cosmetics

Polka Cosmetics

Juga merk kosmetik asal Indonesia, Polka dikenal dengan temanya yang unik dan cheerful. Produk pertama mereka adalah Eye & Brow Lacquer. Karena sukses, Polka pun semakin mengembangkan sayapnya dengan menciptakan Lip Lacquer, Lip Creme, Highlighter, Lip Tattoo, dan Blusher Puff.

Tak hanya eksis di Indonesia, Polka juga beken di negara-negara lain, bahkan sampai melayani pengiriman ke Malaysia, Australia, dan Amerika Serikat.

Polyethylene

Polyethylene

Polyethylene  (polietilen) adalah polimer yang terbuat dari unit etilen berulang. Ia digunakan dalam banyak produk makeup seperti eyeliner, maskara, eye shadow, pensil alis, lipstik, perona pipi, bedak, alas bedak (foundation, dll), serta pembersih kulit dan produk perawatan kulit.

Mengapa polietilen digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi? Karena, ia berfungsi untuk menyatukan (mengikat) formula yang berbeda dan untuk menahan bahan-bahan yang dikompresi.

Polyethylene juga dapat digunakan untuk mengencerkan padatan lain, atau justru malah untuk meningkatkan ketebalan bagian lipid (minyak) produk. Selain itu, polyethylene akan membantu menjaga emulsi agar tidak terpisah menjadi komponen minyak dan cairannya.

Polyethylene akan mengering dan membentuk lapisan tipis pada kulit, rambut, atau kuku, sesuai produk yang digunakan. Ketika digunakan dalam produk perawatan mulut, polyethylene akan memoles gigi, mengurangi bau mulut, membersihkan dan menghilangkan bau mulut.

Manik-manik plastik berukuran kecil dan padat yang terbuat dari polyethylene sering disebut microbeads. Jika sudah berbentuk microbeads sering digunakan dalam produk yang membutuhkan 'scrub' untuk mengelupas, menghaluskan, dan memoles kulit.

Dengan catatan, hanya karena suatu produk mencantumkan polietilen pada label ingredient-nya, bukan berarti produk tersebut mengandung microbeads. Karena, bahan polietilen bisa dalam bentuk cair atau bentuk lainnya untuk memberikan manfaat yang berbeda pada produk.

Polyethylene Glycol (PEG)

Polyethylene Glycol (PEG)

Polyethylene Glycol, atau dikenal juga dengan kode PEG, digunakan dalam banyak jenis kosmetik sebagai pengental. Biasanya PEG paling sering digunakan dalam lotion, sampo, dan tabir surya.

Akan tetapi, PEG cukup kontroversial karena sering terkontaminasi dengan etilen oksida (karsinogen) dan 1,4-dioksan. Jika PEG telah terkontaminasi, bisa menyebabkan masalah pernapasan, makanya kandungan ini dilarang di Kanada.

Pomegranate

Pomegranate

Ekstrak buah delima dipercaya mampu menjaga kelembaban kulit dan bertindak sebagai antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang dapat menyebabkan keriput dan kanker kulit. Makanya, ekstrak pomegranate sering disisipkan ke dalam skincare maupun makeup.

Pompadour

Pompadour

Adalah gaya penataan rambut pria yang rambutnya disisir ke dalam dan dibentuk gundukan tinggi pada bagian depan. Jika untuk wanita, merupakan gaya penataan rambut di mana rambut disisir menjadi gulungan penuh yang longgar di sekitar wajah.

Pore Refining

Pore Refining

Sel kulit mati, kotoran, dan minyak akan menyumbat pori-pori kulit dan membuatnya tampak lebih besar. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kulit. Pore refining (memurnikan pori-pori) adalah proses menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang berlebih dari pori-pori kulit.

Pore refining biasanya dilanjutkan dengan treatment shrink/tighten pore (mengecilkan pori-pori).

Pouch

Pouch

Pouch makeup adalah tas kecil untuk menyimpan makeup saat bepergian.

Powder

Powder

Bedak. Diciptakan untuk set (menahan) alas bedak agar stay pada tempatnya, tidak geser, tidak luntur. Bedak juga berguna untuk memperhalus tampilan kulit dan mengurangi kilau agar riasan tahan lama seharian.

Powder tersedia dalam dua macam, yaitu pressed (padat) dan loose (tabur). Powder ada yang translucent (tidak berwarna), tapi lebih banyak hadir dalam berbagai shade alias tinted untuk menyesuaikan dengan berbagai skin tone orang.

Precision

Precision

Mengacu pada sesuatu yang presisi, akurat, jarak dan ukurannya sama rata. Biasanya digunakan untuk mengatakan “Buat alis yang presisi”.

Premature Aging

Premature Aging

Seiring bertambahnya usia, secara alami proses internal tubuh manusia akan melambat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk 'mengisi ulang'. Inilah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan keriput.

Ketika perubahan ini terjadi lebih cepat dari yang diharapkan, maka disebut premature aging (penuaan prematur).

Premature Aging Facials

Premature Aging Facials

Treatment facial yang dapat membantu melawan efek penuaan dini dengan menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlihat sehat. Ketika kulit tidak lagi kering karena dehidrasi, hal itu dipercaya dapat memperlambat proses penuaan secara substansial. Sehingga teknik facial ini cukup populer untuk usia 20 tahun ke atas.

Prepare

Prepare

Biasanya mengacu pada persiapan kulit wajah sebelum diterapkan makeup.

Pressed Powder

Pressed Powder

Bedak padat. Biasa disebut compact powder juga.

Probiotics

Probiotics Atau Prebiotics

Kamu mungkin sering mendengar produk yogurt untuk menyeimbangkan bakteri baik di usus, nah, probiotik juga ternyata bermanfaat untuk kulit. Disebut Mikrobioma atau Mikroflora, adalah lapisan mikro-organisme kecil tak kasat mata yang hidup di seluruh tubuh kita, melindungi dan menyeimbangkan apa yang ada di bawahnya.

Probiotik akan membantu memperkuat mikrobioma dengan memberi mereka makanan. Produk kecantikan masa kini sering mengandung probiotik untuk menenangkan kulit sensitif, memperkuat kulit, dan menjaga agar mikrobioma tetap bahagia agar kulit dan tubuh kamu sehat terus!

Professional

Professional

Seorang tenaga ahli yang menggeluti suatu profesi. Kata ini sering didengar bersama dengan kata lainnya seperti professional MUA, professional skin care expert, dll.

Proper skin care

Proper Skin Care

Perawatan kulit yang tepat dibutuhkan oleh semua orang. Caranya bisa dengan pergi ke salon facial yang dimiliki ahli kecantikan profesional, atau bisa dengan hanya mengetahui produk mana yang cocok digunakan pada kulitmu.

Propolis

Propolis

Digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan luka. Resin buatan lebah madu ini memiliki kekuatan antibakteri dan anti-inflamasi. Dalam perawatan kulit, propolis sering digunakan sebagai antioksidan yang bisa menenangkan kulit.

Propylene Glycol

Propylene Glycol

Propilen glikol adalah cairan sintetis, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa yang termasuk dalam kelompok bahan kimia yang sama dengan alkohol.

Apakah propylene glycol aman untuk kulit? Meskipun propilen glikol relatif aman untuk digunakan, beberapa area tubuh dengan kondisi kulit tertentu dapat terpengaruh ketika terkena paparan bahan ini.

protector

Protector

Pelindung yang akan memperkuat pertahanan alami kulit. Cara kerjanya adalah dengan menyediakan bahan aktif yang diperlukan untuk mengembalikan keseimbangan lapisan film hidro-lipid.

Psoriasis

Psoriasis

Kondisi kulit yang kering hingga bersisik akibat sel kulit yang menumpuk. Sering kali, psoriasis terasa gatal. Akan tetapi, kondisi ini juga bisa menandakan ada masalah dengan sistem kekebalan tubuh, pemicunya bisa flu atau stres. Pengobatan yang umum diantaranya salep topikal, terapi cahaya, dan obat tertentu.

Purbasari

Purbasari

Merk perawatan tubuh, kulit, dan kosmetik lokal yang sudah dikenal sejak zaman nenek kakek kita. Purbasari memang lebih dikenal dengan lulurnya, tapi mereka punya segudang skincare lainnya untuk perawatan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dan, Purbasari juga belum lama ini rebranding dalam lini kosmetik mereka.

Purifier

Purifier

Purifier adalah alat, atau jenis produk, untuk menghilangkan kotoran, membatasi perkembangan mikro-bakteri, dan menyuplai oksigen.

Pycnogenol

Pycnogenol

Antioksidan yang berasal dari kulit pohon Pinus Maritim Perancis.

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram