kamini.id
Kamini.id / Romansa / Ladies, Mari Kenali 10 Tanda Pria yang Diam-Diam Cemburu

Ladies, Mari Kenali 10 Tanda Pria yang Diam-Diam Cemburu

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 12 April 2020

Mengulas hubungan percintaan memang tak akan pernah ada habisnya. Setiap hal yang berhubungan dengan asmara memang menarik untuk di bahas. Bila sebelumnya kita membahas alasan pacar tidak menghubungi kamu seharian, maka kali ini Kamini akan mengulas 10 Tanda pria cemburu diam-diam yang harus jadi perhatian wanita.

Selain agar kamu bisa mempertahankan hubungan yang telah terjalin, kamu juga bisa mengambil sikap yang tepat terhadap pasangan kamu. Nah, kamu tentu sudah penasaran dengan hal tersebut. Kalau begitu langsung cek ulasannya sebagai berikut.

1. Berubah Cuek

Berubah Cuek

Bagi pasangan yang telah lama menjalin sebuah hubungan. Mereka mungkin telah mengenal dengan baik karakter masing-masing pasangan. Bila wanita kerap terbuka serta mengungkapkan perasaannya secara langsung dan ketika cemburu. Maka salah satu tanda pria yang sedang cemburu diam-diam bisa dilihat dari perilakunya yang berubah menjadi lebih cuek.

Bila itu terjadi pada pasanganmu, maka yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu hal yang membuatnya bersikap demikian. Pria sendiri sebenarnya lebih mudah luluh bila melihat pasangannya menunjukan kelembutan. Untuk itu gali informasi mengenai penyebab perubahan sikapnya dengan sikap tenang dan emosi.

Bila kamu menyadari bahwa hal tersebut karena sikap kamu, maka tunjukkan lah rasa bersalah kamu pada sang kekasih dan minta maaf agar masalah tersebut cepat selesai.

2. Menjadi Pendiam

Menjadi Pendiam

Selain itu tanda lain yang bisa kamu lihat bila pasangan kamu diam-diam cemburu adalah berubah menjadi pendiam. Sikap diam merupakan hal yang wajar ditunjukkan bila ada sesuatu hal yang tidak berkenaan dengan perasaan. Oleh karena itu bila pasangan kamu tiba-tiba menunjukan sikap pendiam.

Kamu pun harus bisa mencairkan suasana agar pasangan kamu mau bercerita. Meskipun sikap diam tak selalu bisa dikaitkan dengan cemburu, namun sikap itu memang kerap diperlihatkan oleh pria yang sedang merasakan perasaan cemburu dan berusaha menghindari perdebatan yang hanya akan membuat situasi semakin kacau.

Orang yang pendiam sendiri biasanya seperti bom waktu. Oleh karena itu pentingnya komunikasi untuk menyelesaikan penyebab utama perubahan sikapnya itu.

3. Mudah Marah

Mudah Marah

Bila kamu melihat pasangan kamu akhir-akhir ini mudah sekali marah untuk sesuatu hal yang kecil. Hal tersebut pun patut menjadi tanda tanya besar. Seperti yang kita ketahui bila wanita mengungkap kecemburuannya dengan air mata atau bersifat sentimentil.

Maka pria mempunyai banyak cara untuk menunjukan rasa cemburunya. Salah satu yang biasa dilakukan adalah dengan menunjukan sikap temperamennya. Hal tersebut merupakan cara pria untuk menyembunyikan rasa cemburunya pada pasangan.

So, penting bagi kamu untuk mengajaknya berbicara dengan kepala dingin. Kamu dan pasangan harus segera menyelesaikan semuanya dan jangan biarkan hal tersebut berkepanjangan.

4. Menunjukkan Sikap Gelisah

Menunjukkan Sikap Gelisah

Gelisah memang hal yang biasa dialami oleh setiap orang. Beragam alasan memang bisa membuat seseorang menjadi gelisah. Termasuk ketika pria yang menjadi pasangan kamu diam-diam menaruh rasa cemburu.

Kegelisahan yang biasa tunjukkan antara lain tidak bisa tidur, tidak konsentrasi, bahkan yang paling ekstrim mengalami mimpi buruk karena hal tersebut. Bila pasangan kamu menunjukan kegelisahan yang lain dari biasanya, maka kamu wajib memastikan kegelisahan yang menyebabkannya.

Beberapa pria yang memiliki cinta yang besar memang lebih suka menyimpan perasaannya. Ketakutan akan kehilangan orang yang disayanginya tersebut menjadi alasan pria memilih menyimpan dalam kegelisahan ketimbang memulai perdebatan yang akan membuat pasangannya kecewa.

5. Sering Melarang

Sering Melarang

Tanda lain yang bisa menunjukan bahwa pria sedang cemburu adalah sering melarang sesuatu tidak seperti biasanya. Bila biasanya kamu selalu mendapat ijin dan bisa bepergian ke mana-mana dengan leluasa.

Akan tetapi bila pasangan kamu mulai melarang kamu akan hal tersebut. Bisa jadi hal tersebut disebabkan kekhawatiran dan perasaan cemburunya terhadap lingkungan sosial kamu. Hal tersebut dilakukan untuk membatasi ruang gerak kamu agar tidak terjadi hal-hal seperti yang ada dalam pikirannya.

Bila sudah seperti ini kamu hanya perlu bersikap positif dan tidak membuat keributan dengan menerobos setiap larangan yang telah ditetapkan pasangan kamu terhadap kamu.

6. Over Protective

Over Protective

Sikap over protective memang kerap terjadi pada hubungan asmara. Meskipun hal tersebut terkadang menyiksa, namun pernahkah kamu bertanya kenapa pasangan kamu melakukannya? Nah, bagi sebagian besar pasangan hal tersebut memang sangat mengganggu dan bahkan bisa menjadi akar dari keributan yang berujung kandasnya sebuah hubungan.

Hanya saja bila kamu melihat sisi lain dari sikapnya tersebut, mungkin kamu akan lebih bersyukur. Karena dari hal tersebut kamu bisa mengetahui bahwa pasanganmu sangat menyayangi dan melindungi dirimu. Meskipun demikian bila yang dilakukan pasangan kamu telah melewati batas. Kamu juga harus mulai membicarakan masalah tersebut agar tidak berdampak buruk di kemudian hari.

7. Sering Bertanya

Sering Bertanya

Cara orang menunjukan perasaan cemburu memang bisa bermacam-macam. Sebagian orang berbicara langsung secara terang-terangan, sebagian orang memilih untuk memendam perasaannya, dan sebagian orang terkadang menunjukan emosi yang berlebihan dan di luar kendali.

Nah, bila pacar kamu tiba-tiba sering bertanya sesuatu. Bisa jadi itu merupakan indikasi adanya kekhawatiran yang mengarah pada perasaan cemburu. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul pun bisa beragam. Mulai dari 'siapa yang menelepon?', 'jalan dengan siapa?',  'siapa dia?', 'hubungan kamu dengannya apa?', atau 'sudah berapa kamu kenapa sama dia?'.

Bila pertanyaan itu muncul. Kamu harus bisa menjelaskannya dengan baik dengan sejujur-jujurnya agar jawab yang kamu berikan bisa membuatnya tenang.

8. Mengawasi Gerak-Gerik

Mengawasi Gerak-Gerik

Selain itu tanda lain yang juga bisa kamu lihat bila pacar kamu diam-diam cemburu adalah sering mengawasi kamu. Entah itu secara langsung atau menanyakan keberadaan kamu. Meskipun hal itu terdengar biasa, namun bagi mereka yang merasa cemburu akan lebih intens mengawasi setiap gerak-gerik yang kamu lakukan.

Hal tersebut tentu bisa membuatmu tidak nyaman. Bila itu dilakukan oleh pasanganmu. Mungkin saja ada sesuatu yang mencurigakan tentangmu. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kepercayaannya dan perlakukan pasanganmu dengan baik agar pasangan kamu tidak memperlakukan kamu seperti itu.

9. Suka Menyindir

Suka Menyindir

Pernahkah kamu digoda oleh pasanganmu dengan cara disindir? Bila pernah. Hal itu juga bisa menandakan bahwa pasangan kamu sedang cemburu. Meskipun nada sindiran yang dilontarkannya sangat halus, kamu harus tetap menanggapinya dengan bijaksana. Jangan jadikan sindiran tersebut hanya sebatas candaan semata atau ditanggapi secara sinis.

Beberapa orang memang lebih suka melakukan sindiran untuk menegur seseorang daripada langsung to the point. Meskipun demikian melakukan sindiran juga memang bukan sesuatu yang baik dilakukan. Karena bila kamu termasuk orang yang sensitif. Hal tersebut malah akan membuat keributan yang lebih besar.

Oleh karena itu diperlukan kebijakan kamu dalam melihat situasi yang terjadi dan memahami karakter pasangan kamu dengan baik.

10. Memancing Emosimu

Memancing Emosimu

Kesalahpahaman yang dibiarkan berlarut-larut memang bisa membuat hubungan semakin retak. Nah, bila pasangan kamu tiba-tiba sering memancing emosi kamu. Hal tersebut mungkin saja karena suatu kesalahpahaman yang tidak kamu sadari.

Kurangnya komunikasi dan saling terbuka membuat hal tersebut memang sering terjadi. Bila pasangan kamu lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-teman dan melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak kamu sukai.

Mungkin saja itulah bentuk protesnya atas sikap kamu yang membuatnya marah. Hal tersebut dilakukan agar kamu merasakan perasaan yang sama seperti yang dirasakannya. Nah, bila itu terjadi sebaiknya kamu mulai mengajaknya untuk duduk bersama dan membahasnya dari hati ke hati. Jangan biarkan kesalahpahaman tersebut terus terulang tanpa kamu disadari.

So, demikianlah 10 tanda pria cemburu diam-diam yang harus jadi perhatian wanita. Kepekaan satu sama lain memang bisa menjadi tali pengikat yang kuat bagi sebuah hubungan. Menyikapi pasangan dengan bijaksana memang bukan hal yang mudah akan tetapi bisa dilakukan. Bila ada tanda lain yang kamu tahu tulis di kolom komentar yang telah Kamini sediakan di bawah.

Kalau yang cemburu adalah gebetan, kamu bisa mengenali tandanya lebih dalam melalui artikel ciri-ciri gebetan yang cemburu.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram