Kamini.id / Sepatu Vans / Inilah 17 Tips Merawat Sepatu Vans Agar Tidak Mudah Rusak

Inilah 17 Tips Merawat Sepatu Vans Agar Tidak Mudah Rusak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 April 2019

Kamu punya sepatu Vans di rumah? Memang, sepatu yang satu ini nggak ada matinya, ya. Sudah ada sejak puluhan tahun silam, sepatu buatan Amerika Serikat ini masih sukses membuat para pemiliknya tampil kece hingga sekarang.

Sepatu Vans yang punya banyak tipe dan motif ini tentu membutuhkan perawatan khusus agat tetap terjaga kualitasnya. Nah, kali ini, kamini akan membagikan tips merawat sepatu Vans agar tetap awet dan juga tidak mudah rusak. Kamu ingin tahu apa saja tipsnya? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut.

1. Cuci Secara Berkala

Cek Heelpad cara membedakan sepatu Vans asli dan palsu

* sumber: weheartit.com

Cara merawat sepatu Vans agar tetap awet tentu saja dengan rajin mencuci sepatu secara berkala. Ya, setelah digunakan, sebaiknya cucilah sepatu dengan menggunakan sikat cuci, sabun dan air bersih.

Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi bekas sebagai pengganti sikat cuci. Ingin tahu cara mencuci sepatu Vans dengan benar? Simak artikel kamini yang membahas 10 Cara mencuci sepatu Vans dengan Mudah ini.

2. Keringkan  Sepatu dengan Benar

cara membedakan sepatu Vans asli dan palsu

Nah, agar sepatu Vans kamu tetap awet, setelah mencuci, usahakan untuk menjemur sepatunya secara langsung di bawah paparan sinar matahari hingga sepatu Vansnya benar-benar kering. Mengapa? Karena menjemur sepatu secara langsung di bawah sinar matahari dapat membantu menjaga keawetan warna dari sepatu milikmu.

3. Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Vans in Washing Machine

* sumber: www.pinterest.com

Tips merawat sepatu Vans yang selanjutnya adalah, sebaiknya hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci sepatu secara rutin. Usahakan untuk mencuci sepatu Vans kamu secara manual dengan  menggunakan tangan dan bantuan sikat cuci atau sikat gigi bekas.

Mengapa? Karena mencuci sepatu menggunakan mesin cuci bisa saja merusak sepatu kamu, atau bahkan membuatnya menjadi menyusut. Nah, kamu nggak mau, kan, sepatu Vans-mu yang keren menyusut atau rusak?

Jika memang kamu terpaksa mencuci sepatu Vans dengan menggunakan mesin cuci, sebaiknya ikuti langkah-langkah mencucinya yang sudah dibahas dalam artikel cara mencuci sepatu Vans dari kamini.

4. Bersihkan Sepatu dari Debu

How to Clean Vans

* sumber: www.pinterest.co.uk

Membersihkan sepatu Vans kamu dari debu adalah salah satu langkah wajib yang harus kamu lakukan, agar sepatu Vans milikmu tetap awet dan terlihat bersih. Nah, jika kamu tidak memakai sepatumu dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya periksalah kondisi sepatu Vansmu dan bersihkan dari debu yang menempel, ya.

5. Selalu Gunakan Kaos Kaki

kaoskaki katunPerlu diketahui, menggunakan kaos kaki pada saat mengenakan sepatu ternyata dapat membantu menjaga keawetan sol dari sepatu kamu. Hal ini berguna untuk mencegah keringat yang dihasilkan kakimu menempel dan mengikis sol sepatu. Nah, jadi usahakan untuk selalu memakai sepasang kaos kaki kala menggunakan sepatu Vans kamu.

6. Simpan Sepatu di Dalam Kotak

Vans Classic Slip-On

* sumber: www.vans.com

Tips lainnya yang bisa kamu praktikkan untuk menjaga keawetan sepatu Vans adalah dengan menyimpannya di dalam kotak sepatu bawaan. Yup, kalau memang kamu tidak terlalu sering menggunakan sepatu Vans-mu, sebaiknya simpanlah sepatu dalam kotak bersamaan dengan silica gelnya.

7. Hindari Menyimpan Sepatu di Tempat yang Lembab

Cek Heelpad

* sumber: ranggaerge.blogspot.co.id

Kalau kamu tidak mau sepatu Vans-mu yang keren ditumbuhi jamur dan menimbulkan bau yang kurang sedap, sebaiknya hindarilah menaruh sepatu Vans di tempat yang lembab. Jika kotak sepatumu hilang atau sudah kamu buang, manfaatkanlah rak sepatu di rumahmu sebagai tempat menyimpan sepatu Vans milikmu. Namun, pastikan rak sepatumu berada di tempat yang kering, ya.

8. Jangan Merendam Sepatu Saat Mencuci

tips merawat sepatu vans Vans U Authentic Lo PRO Speckle Jersey: Gray True White

 

Kalau kamu mau sepatu Vans-mu tetap awet, hindarilah mencuci sepatu dengan cara merendamnya. Cara mencuci seperti ini dapat mengakibatkan sepatu kehilangan warna aslinya, alias cepat pudar. Sebaiknya tetap cuci sepatu secara manual dan ikuti langkah-langkah yang dianjurkan.

9. Lepas Tali Sepatu Saat Mencuci

model sepatu vans wanita Vans Authentic: Deep Sea Coral/True White  

Agar sepatu Vans kamu bisa bersih maksimal, lepaslah tali sepatumu dan cucilah secara terpisah. Selain bisa membantu kamu untuk membersihkan sepatu dengan lebih mudah, terutama kala mencuci bagian dalamnya, mencuci tali sepatu secara terpisah juga bisa membuat tali sepatu kamu bersih seluruhnya.

10. Manfaatkan Jasa Laundry Sepatu

Brush Laundry Service

* sumber: www.instagram.com

Kalau menurut kamu mencuci sepatu sendiri terlalu sulit dan merepotkan, kamu bisa memanfaatkan jasa laundry sepatu. Kamu hanya tinggal menunggu dan menerima sepatumu yang sudah dalam keadaan bersih, tanpa harus repot mencuci sendiri.

11. Hindari Mengeringkan Sepatu dengan Hair Dryer

ghd Air Professional Performance Hairdryer

Setelah mencuci sepatu atau jika kamu mendapati sepatu Vans milikmu dalam keadaan basah, sebaiknya hindari mengeringkan sepatu tersebut dengan menggunakan pengering rambut atau hair dryer.

Mengeringkan sepatu dengan menggunakan hair dryer ternyata dapat mengubah bentuk sepatu kamu. Jadi, jika tidak sedang kepepet, sebaiknya hindari mengeringkan sepatu menggunakan alat ini dan langsung keringkan sepatu di bawah paparan sinar matahari.

12. Jangan Taruh Kaos Kaki Kotor di Dalam Sepatu

cara menghilangkan bau kaos kaki

* sumber: gawker.com

Menaruh kaos kaki yang kotor atau belum dicuci ternyata dapat menyebabkan kuman dan bakteri dari kaos kaki tersebut menyebar dan menyebabkan sepatumu mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Sebaiknya segera cuci kaos kaki yang kotor tersebut atau pisahkan dari sepatu Vans-mu.

13. Jangan Gunakan Pengering Mesin Cuci

buka tutup mesin cuci

Tips selanjutnya, hindarilah mengeringkan sepatu Vans dengan menggunakan pengering di mesin cuci. Serupa dengan penggunaan hair dryer, mengeringkan sepatu dengan pengering mesin cuci juga bisa memicu bentuk sepatu menjadi berubah, lho.

14. Jangan Lewatkan Bagian Dalam Sepatu

Vans Authentic

Ketika mencuci sepatu Vans milikmu, jangan lewatkan bagian dalam sepatumu untuk ikut dicuci. Agar sol sepatu bagian dalamnya tidak kotor, sebaiknya gosoklah dengan sikat cuci secara perlahan. Jika perlu gunakan bedak anti jamur agar sepatumu aman dari penyebaran jamur yang mengganggu.

15. Usahakan untuk Memiliki Sepatu Cadangan

Vans Authentic: True WhiteKalau kamu ingin sepatumu tetap awet, hindari juga menggunakan sepatu yang sama secara terus menerus. Usahakan agar kamu memiliki sepatu cadangan lainnya yang bisa kamu pakai dalam kegiatan sehari-hari.

16. Simpan Sepatu dengan Rapi

Menyimpan sepatu dengan rapi juga bisa menjaga agar sepatu Vans milikmu tetap awet dan tidak mudah rusak. Jika kamu memiliki lebih dari satu sepatu, sebaiknya simpanlah sepatu-sepatu tersebut dengan rapi. Jangan sampai kamu menumpuknya hingga menjadi gunungan sepatu.

Jika sepatumu disimpan secara bertumpuk, dikhawatirkan sepatu akan cepat rusak karena terlalu sering mendapatkan beban dari sepatu-sepatu lain yang disimpan di atasnya. So, rapikan sepatumu dengan baik, ya.

17. Jaga agar Kaki Tetap Kering

cara mengobati kapalan di telapak tangan dan kaki

Bukan hanya sepatunya saja, sebaiknya jaga juga kakimu agar tetap kering. Mengapa? Karena menggunakan sepatu dengan kaki dalam keadaan basah juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap karena sepatu menjadi lembab. Selain itu, kakimu juga akan terasa tidak nyaman. Jadi, pastikan kakimu dalam keadaan kering saat menggunakan sepatu.

Nah, itulah tips merawat sepatu Vans agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Jika kamu ingin terus tampil kece dengan sepatu Vans milikmu, sebaiknya praktikkan tips-tips di atas, ya.

Oh ya, jika kamu punya tips merawat sepatu Vans lainnya, kamu bisa membagikannya secara langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar