Kamini.id / Sepatu Vans / Inilah Cara Mencuci Sepatu Vans dengan Mudah dan Benar

Inilah Cara Mencuci Sepatu Vans dengan Mudah dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Desember 2018

Agar sepatu Vans yang kamu gunakan tetap terlihat keren dan bersih, tentunya kamu harus merawatnya. Saat orang lain melihat dirimu, mungkin salah satu hal utama yang menjadi perhatian mereka adalah alas kakimu. Jadi, agar kamu tidak dicap jorok oleh orang lain, maka kamu harus pandai-pandai merawat alas kaki yang kamu gunakan.

Mencuci atau membersihkan sepatu Vans tidak jauh beda dengan cara mencuci sepatu Converse dan sepatu lainnya. Karena sebagian besar sepatu Vans terbuat dari kain, maka kamu harus mencucinya dengan tepat dan menggunakan sabun pencuci yang tepat pula. Jika tidak, sepatu Vans-mu bisa rusak, mengerut, dan warnanya memudar.

Nah, berikut ini Bacaterus akan membahas tentang cara sederhana mencuci dan membersihkan sepatu Vans agar tetap terawat dengan baik. Tapi, sebelum itu kamu juga boleh menambah wawasan dengan membaca artikel Sejarah Sepatu Vans ini.

Cara Mencuci/Membersihkan Sepatu Vans

* sumber: www.pinterest.co.uk

Walaupun sebagian besar sepatu Vans terbuat dari kain, hindari mencuci sepatu tersebut dengan mesin cuci. Sebagian besar pengguna sepatu di Indonesia mungkin tidak akan melakukan hal ini, namun bukan berarti tidak ada. Mencuci sepatu Vans dengan mesin cuci memang cukup ampuh menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada sepatu, namun hal itu bisa membuat sepatu rusak dan menyusut.

Selain itu, jika kamu mencuci sepatu Vans warna putih dengan mesin cuci dan detergen, warna sepatu tersebut kemungkinan bisa berubah menjadi kuning. Detergen bukan hal yang baik untuk membersihkan sepatu Vans, karena hal itu dipercaya sebagai penyebab berubahnya warna sepatu yang diakibatkan oleh lem yang menyebar ke seluruh bagian sepatu.

Sebaiknya kamu juga tidak mencoba mencuci sepatu Vans warna putih dengan dengan menggunakan pemutih. Selain bisa mengiritasi tanganmu, pemutih juga kemungkinan bisa menyebabkan warna sepatu yang tadinya putih berubah menjadi kuning. Sebagai gantinya, kamu bisa mencuci sepatu Vans secara sederhana hanya dengan menggunakan produk-produk rumah tangga yang ada di rumahmu.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mencuci atau membersihkan sepatu Vansmu dengan mudah (khusus untuk Vans berwarna putih, namun kamu tetap bisa mengaplikasikannya ke sepatu Vans warna lainnya).

1. Siapkan Wadah Kecil, Sikat Gigi Bekas, dan Detergen Laundry

Detergen Laundry

* sumber: www.flickr.com

Pertama-tama kamu perlu menyiapkan wadah atau ember kecil untuk nantinya diisi dengan air dan sabun pembersih. Jika ada, siapkan sikat gigi bekas untuk menggosok bagian sepatu yang kotor. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan sikat cuci yang cukup lembut yang ada di rumahmu. Sedangkan untuk sabun pembersihnya, siapkan saja detergen laundry yang bisa menjadi solusi yang baik untuk membersihkan sepatu Vansmu.

2. Campurkan Air dengan Detergen Laundry

Pouring Laundry Detergent

* sumber: www.flickr.com

Jika semua hal di atas sudah disiapkan, kamu tinggal mengisi wadah kecil tersebut dengan air hangat bersih ditambah sedikit saja detergen laundry. Kamu bisa mengaduk-aduk cairan tersebut dengan ujung sikat gigi hingga keluar busa. Setelah itu, lanjut ke langkah yang ketiga.

3. Mulai Bersihkan Sepatu

* sumber: www.wikihow.com

Kali ini kamu tinggal membersihkan bagian sepatu Vans yang bernoda. Cukup celupkan bagian atas bulu sikat gigi pada air sabun lalu mulai menggosoknya dengan lembut pada area sepatu yang kotor. Setelah dirasa cukup bersih, bilas bagian yang dicuci tersebut hingga bersih tanpa perlu mencelupkan seluruh bagian sepatu ke dalam air. Jika sudah selesai, lap bagian yang dibersihkan tersebut agar airnya terserap. Lalu, biarkan sepatu hingga kering seluruhnya.

Jika kamu merasa noda pada sepatu Vansmu sulit hilang dengan detergen laundry, kamu bisa menggunakan pemutih oksigen yang mampu menghilangkan noda yang sulit dihilangkan, seperti lemak, darah, dan lumpur. Pemutih oksigen atau oxygen bleach adalah pembersih noda tanpa membahayakan bahan atau permukaan kain pada pakaian atau dalam kasus ini pada sepatu.

Untuk noda yang lebih keras yang meninggalkan residu, seperti sesuatu yang lengket, kamu bisa mencoba menghilangkannya dengan pembersih cat kuku dengan cara menggosokannya ke noda menggunakan kapas. Alternatif lainnya adalah menggunakan alkohol dengan cara yang sama.

Gunakan Produk Rumah Tangga

Selain cara di atas, ada lagi tips lainnya yang mudah untuk membersihkan sepatu Vans, yakni memanfaatkan produk yang serin ditemukan di rumahmu. Apa saja itu? Simak berikut ulasannya.

1. Baking Soda

Baking Soda

* sumber: www.mrright.in

Baking soda ini dapat digunakan sebagai pembersih berbagai macam noda, mulai dari noda kuning di gigi, casing Hp, hingga noda-noda keras pada peralatan masak dapur. Baking soda juga aman digunakan untuk membersihkan sepatu Vans-mu tanpa meninggalkan bau.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup buat pasta dari baking soda lalu aplikasikan pada bagian sepatu yang ternoda termasuk sol karet. Setelah itu, gosok-gosok dengan sikat gigi bekas. Jika dirasa sudah cukup bersih, lap dengan kain basah dan biarkan sepatu mengering sepenuhnya.

Jika ingin lebih ampuh lagi, kamu bisa mencampurkan hidrogen peroksida dengan air dan baking soda dan lakukan pembersihan sepatu dengan cara yang sama.

2. Air Lemon

Lemon

* sumber: chourishi.co

Selain untuk minuman yang menyegarkan, kamu bisa memanfaatkan air lemon untuk membersihkan noda pada sepatu Vans-mu. Caranya sangat mudah dilakukan, cukup buat jus lemon (kira-kira 1 sdm) lalu campurkan dengan air 1/4 gelas. Celupkan sikat gigi bekas yang bersih atau spons pada air lemon, lalu mulailah menggosok noda. Jika sudah selesai, kamu bisa mengelap bagian sepatu yang dibersihkan dengan kain basah. Kemudian, keringkan sepatu sepenuhnya.

3. Pasta Gigi

Pasta Gigi

Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang umum digunakan banyak orang untuk membersihkan sepatu Vans-mu. Walaupun tidak seefektif sabun pembersih, namun pasta gigi cukup ampuh untuk menghilangkan noda-noda ringan pada sepatumu. Cara menggunakan pasta gigi untuk membersihkan sepatu masih sama dengan kedua cara di atas. Kamu bisa mencampur sedikit baking soda dengan pasta gigi untuk hasil yang lebih baik.

4. Sabun Cuci Piring

Sabun Pencuci Piring

 

Daripada menggunakan detergen untuk membersihkan sepatu Vans-mu, sabun cuci piring juga cukup ampuh untuk menghilangkan noda-noda pada sepatumu, seperti noda rumput.

Proses pembersihannya juga tidak berbeda jauh dengan cara-cara yang sudah dibahas di atas. Bahkan, jika seluruh bagian sepatu Vans-mu kotor, sebaiknya kamu membersihkannya secara manual dengan menggunakan sabun cuci piring. Jika sudah selesai, biarkan sepatu kering seluruhnya.

Bagaimana Jika Terpaksa Mencuci Sepatu Vans dengan Mesin Cuci?

Vans in Washing Machine

* sumber: www.pinterest.com

Jika kamu terpaksa harus mencuci sepatu Vans-mu dengan mesin cuci, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar sepatumu tidak mengalami kerusakan saat terombang-ambing di dalam mesin.

  1. Lepaskan tali sepatu beserta sisipan-sisipan lainnya.
  2. Bungkus sepatu dengan tas berbahan kain yang memungkinkan untuk dicuci di dalam mesin cuci. Atau, gunakan tas yang biasa kamu gunakan untuk mencuci pakaian-pakaian berbahan halus (lihat gambar di atas).
  3. Jangan menggunakan suhu air yang terlalu panas untuk mencucinya. Sebaiknya gunakan air hangat saja. Atur putaran mesin cuci cukup rendah.
  4. Jangan pernah memasukan sepatu Vans-mu ke dalam pengering, karena sepatu bisa rusak yang disebabkan oleh hawa panas dari pengering. Biarkan sepatu mengering sendiri karena udara.
  5. Agar bentuk sepatu tidak menyusut, kamu bisa menjejali bagian dalam sepatu dengan kertas koran (yang sudah tidak terpakai) atau hal lainnya setelah sepatu mengering.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencuci atau membersihkan sepatu Vans. Cara-cara di atas juga bisa diterapkan untuk berbagai sepatu berbahan kain canvas. Untuk sabun pencucinya, kamu harus memperhatikan bahwa itu tidak akan merusak warna dan material sepatu Vans.

Belum punya sepatu Vans yang kece? Kalau begitu, kamu bisa membelinya secara online di situs Bukalapak lewat link ini. Harganya bervariasi mulai dari Rp150 ribu hingga Rp300 ribuan. Jika khawatir dengan produk sepatu Vans palsu, kamu bisa mengecek keasliannya dengan mengikuti tips di artikel Cara Membedakan Sepatu Vans Asli dan Palsu ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar