7 Pilihan Warna Celana Chino yang Bagus untuk Dikoleksi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 17 November 2021

Chino merupakan salah satu celana yang layak untuk mendapatkan tempat di lemari pakaian. Celana ini nyaman dan memberikan penampilan yang keren pada pemakaiannya. Keunggulan celana ini adalah bisa dengan mudah dipadupadankan, bergantung pada acara yang akan dihadiri.

Celana chino merupakan salah satu model celana yang cocok dipadukan dengan T-shirt dan sneakers, blazer, kemeja, dan sepatu brogue. Artinya, jika celana ini cocok untukmu, kamu harus memiliki beberapa pasang warna. Kunci agar chino pas dikenakan adalah dengan mengetahui warna celana chino yang bagus untuk dibeli. Sebelumnya, yuk kita kenalan dulu dengan celana ini!

Apa Itu Celana Chino?

Akar celana ini dari pakaian militer Amerika dan celana chino mewakili gaya celana yang unik. Karena karakteristik mereka yang keras dan tangguh, celana ini pertama kali didesain untuk tentara. Celana ini dibuat menggunakan bahan katun tertentu yang cocok untuk penampilan dan pemakaian.

Ini merupakan jenis celana yang tidak formal, juga tidak kasual. Bahkan, celana chino berada di antara keduanya tapi cocok untuk dikenakan pada acara formal serta informal. Nama unik celana ini ditemukan pada tahun 1898 selama perang antara Spanyol dengan Amerika.

Chino’ merupakan kata Spanyol yang artinya ‘Cina’. Disebut ‘chinos’ dikarenakan kain yang digunakan untuk pembuatan celana tentara tersebut didatangkan dari Cina. Selanjutnya, celana ini secara resmi jadi bagian tak terpisahkan dari pakaian seragam Amerika. Karenanya celana chino sudah ada selama kurang lebih dari satu abad.

Warna Celana Chino yang Bagus

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli celana chino adalah melihat dulu koleksi pakaian lain yang ada di lemari. Memang celana chino pas untuk dengan beragam pakaian, tapi kamu harus memperhatikan pilihan warna serta kombinasinya. Berikut ini rekomendasi warna celana chino yang bagus untuk kamu dikoleksi.

1. Beige

Layaknya warna abu-abu, nuansa warna beige yang dikenal juga dengan warna coksu merupakan warna netral yang bisa dipadukan dengan hampir semua kombinasi lainnya dengan baik. Celana ini cocok untuk semua acara santai misalnya untuk pergi makan bersama teman-teman atau berjalan-jalan di taman.

Bagaimana cara memakai celana ini? Aturan yang paling umum, baik itu untuk sepatu atau jas, yaitu semakin terang warnanya, semakin tak formal pakaiannya. Oleh karena itu, celana chino beige ​​sangat ideal untuk dikenakan pada suasana santai.

Padukan celana chino milikmu dengan kemeja yang berwarna navy blue atau biru dongker, burgundy, atau abu-abu tua. Rona gelap dari warna-warna tersebut akan membantu menyeimbangkan tampilan. Sementara untuk tampilan modern yang rapi, padankan celana chino warna beige dengan kemeja Oxford dan sweatshirt, dan untuk tampilan yang aman kenakan sepasang sepatu kets casual.

2. Olive Green

Celana chino warna olive green atau hijau zaitun merupakan gaya yang agak diremehkan. Tak banyak laki-laki yang memiliki keberanian untuk banyak pria yang berani mencoba kombinasi jenis ini. Akan tetapi bagi mereka yang berani melakukannya akan mendapatkan keuntungan karena celana chino dengan warna hijau zaitun merupakan pilihan warna yang gagah.

Meskipun celana chino dengan warna ini tak mudah untuk dipadu padankan seperti dengan beige atau navy blue, kamu tetap bisa menciptakan gaya yang keren saat mengenakan celana chino ini. Warna ini merupakan warna yang sederhana dan bagus dan bisa mengimbangi warna putih dengan baik, tapi bisa juga jika ingin dipasangkan dengan warna yang lebih gelap.

Celana chino hijau zaitun bisa digunakan untuk gaya kasual. Dipakai saat akhir pekan, celana ini bisa digulung yang memperlihatkan sedikit pergelangan kaki. Hijau zaitun akan sangat bagus untuk melengkapi warna coklat.

Untuk bagian atas, kamu bisa mengenakan T-shirt atau polo putih bersih serta dilengkapi dengan sepasang sepatu kulit putih bersih untuk memadukan semuanya. Sementara itu aksesorisnya bisa kamu kenakan kacamata hitam kesukaanmu. Bisa juga ditemani dengan arloji militer agar serasi dengan inspirasi dasarnya.

Sementara jika ingin terlihat smart, kamu bisa kenakan kemeja oxford button-down. Pilih mode slim fit dengan bagian kerah yang agak lebar agar kancing bagian atas bisa dikancingkan dengan nyaman. Kemudian, kenakan blazer tidak terstruktur (unstructured) warna abu-abu. Kamu bisa juga melapisi di bawahnya dengan crew neck rajutan berwarna kalau cuacanya tidak mendukung.

Nah, untuk alas kakinya, kamu bisa memakai sepasang sepatu bot kulit hitam Derby. Ini bisa jadi pilihan yang tepat. Pastikan kamu sudah memoles sepatumu dan dikondisikan sesuai dengan standar militer.

3. Navy Blue (Biru Dongker)

Elemen kunci dari tiap gaya smart casual adalah celana chino navy. Terlepas dari pilihan atasan yang kamu kenakan, bisa kemeja putih atau kemeja dengan dasi, pastinya ini adalah pilihan yang tepat. Navy juga adalah warna pilihan untuk sebagian besar para pengusaha. Hal ini karena kombinasi yang tepat dari warna ini bisa menjadikan tampilan yang bagus.

Bergantung pada warnanya, celana chino navy blue atau biru tua bisa dipadukan dengan kemeja, kardigan, atau sweater biru muda, putih dan navy. Sementara untuk alas kaki, pilihan terbaik yaitu menggunakan sepatu coklat. Itu karena navy paling cocok dengan warna biru serta biru tua.

4. Khaki

Hampir mirip dengan warna navy, celana chino warna khaki juga bisa dipasangkan dengan hampir keseluruhan kombinasi warna. Dikenal juga sebagai light beige atau khaki chino, coba padankan warna ini dengan warna tanah untuk mendapatkan tampilan yang lebih netral. Bisa juga dipadankan dengan warna yang mencolok untuk tambahkan warna yang mencolok untuk membuat kesan tertentu.

Meski pilihan padanan untuk khaki ini terbatas tapi bukan berarti harus kaku. Chino khaki cocok dengan T-shirt putih dan nuansa abu-abu. Selain itu, celana chino warna ini juga bisa cocok dengan warna netral dan camel tone atau dinaikan tampilannya supaya terlihat lebih smart dengan kemeja juga blazer.

5. Abu-abu

Kalau celana chino olive green atau hijau zaitun cocok untuk pria aktif, maka celana chino warna abu-abu sangat sempurna untuk semua acara formal, khususnya pertemuan bisnis. Celana chino warna ini bisa jadi dasar yang bagus untuk tampilan bisnis. Akan tetapi, warna ini juga bisa jadi pelengkap yang ideal untuk aktivitas di luar tempat kerja.

Berbagai warna dan gaya bisa dikenakan dengan celana chino abu-abu. Kamu bisa memadukan celana chino abu-abu dengan apa saja karena warnanya yang netral. Pasangkan celana milikmu dengan kemeja hitam, sedangkan untuk gaya kasual, pasangkan dengan oxford button-down warna biru muda. Tambahkan juga denim dalam bentuk jaket stonewash untuk tampilanmu.

6. Hitam

Hitam adalah pilihan warna klasik. Salah satu warna chino yang paling penting adalah hitam. Warna ini juga merupakan pilihan warna keseluruhan yang ada di lemari pakaian para laki-laki. Walaupun hitam adalah pilihan yang solid, warna hitam bisa dipadupadankan dengan banyak warna lain, tapi ada juga beberapa aturan khusus.

Sebagai contoh, celana chino hitam tak boleh dipadupadankan dengan apapun yang memiliki warna coklat. Ini merupakan salah satu kombinasi terburuk, tapi sayangnya, kebanyakan laki-laki melakukan hal tersebut. Karenanya jangan ragu, kamu bisa memadukannya dengan kemeja putih, merah, abu-abu, navy atau hijau, sweater, cardigan, dan blazer.

Kombinasi gaya untuk celana chino hitam dan abu-abu jumlahnya tak terhitung dan menghasilkan gaya busana yang berbeda. Celana chino warna hitam merupakan pilihan yang terbaik untuk acara bisnis. Cukup padukan dengan kemeja formal yang cocok atau juga jaket atau blazer yang berwarna lebih cerah. Gaya ini akan menghasilkan tampilan bisnis yang menonjol pastinya.

Untuk makan malam, celana chino berwarna hitam adalah pakaian yang ideal untuk laki-laki. Kamu hanya perlu memadukannya dengan kemeja. Simple, bukan?

7. Putih

Celana chino warna putih yang bersih sangat cocok untuk dipadukan dengan bermacam warna biru serta kemeja denim chambray. Gaya ini cocok untuk acara di hari-hari yang cerah yang membutuhkan tampilan busana yang keren.

Celana chino putih cocok dengan beragam gaya laki-laki untuk menghasilkan penampilan yang trendi. Warna yang gelap cocok untuk jadi warna atasan celana chino putih. Sementara alas kaki yang paling bagus untuk chino putih yaitu sepatu warna putih dan coklat.

Itulah sederetan rekomendasi warna celana chino yang bagus untuk kamu pilih. Dengan memadukannya dengan warna yang tepat, celana chino akan memberikanmu tampilan yang luar biasa.

Tak hanya warna yang harus kamu perhatikan. Jenis atasan juga sepatu yang dikenakan perlu juga mendapatkan perhatian. Pastikan atasan atau sepatu pilihanmu sesuai untuk acara yang akan kamu hadiri atau aktivitas yang akan kamu lakukan misalnya untuk menghadiri acara kondangan. Kamu bisa lihat rekomendasinya di Kamini.id ya! Kira-kira kamu lebih suka celana chino warna apa?

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram