kamini.id

Cara Menghilangkan Pelangi di Kacamata yang Mengganggu

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Februari 2021

Kacamata yang tampak berawan atau seperti ada 'pelanginya' tentu mengganggu penglihatan dan membuat kamu merasa tidak nyaman. Saat penglihatan terganggu, aktivitas pun ikut terhambat. Baik belajar, bekerja, atau berkendara, kacamata yang kotor sangat mengganggu juga bisa membahayakan. Apalagi jika kamu bekerja mengoperasikan alat berat, misalnya.

Nah, kali ini Kamini akan membahas cara untuk membersihkan noda pelangi di kacamata. Lalu, apa saja alat yang harus kamu siapkan dan bagaimana cara membersihkannya? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab Kacamata Kotor dan Memiliki 'Pelangi'

Sumber: www.edcmag.com

Sebelum membahas cara membersihkan kacamata, ada baiknya kamu memahami kenapa kacamata gampang kotor bahkan hingga memiliki noda pelangi yang sangat mengganggu. Setelah memahami penyebabnya, kamu bisa memahami seberapa rutin seharusnya membersihkan lensa kacamata. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari kemunculannya pelangi di kacamata.

Sebum (Minyak) dan Riasan Wajah

Apapun kegiatan kita, walaupun itu hanya bersantai, dalam satu hari pasti lah ada keringat yang keluar dari kulit wajah. Di dalam keringat bisa bercampur minyak alami kulit dan riasan wajah (jika kamu menggunakannya) seperti makeup, SPF, skincare, dan jangan lupakan debu. Ugh, wajah seperti kilang minyak memang terdengar menyebalkan.

Tapi, sebetulnya fungsi minyak atau sebum di kulit itu bagus, loh, yaitu untuk menjaga kelembaban kulit. Tanpa sebum, kulit kita akan sangat kering dan mudah iritasi.

Permasalahannya adalah, keringat yang bercampur dengan minyak dan produk perawatan kulit dan juga makeup tidak jarang terkena ke lensa kacamata. Jika kamu terbiasa berkeringat setiap harinya, apalagi jika itu cukup banyak daripada orang biasanya, maka kacamata kamu juga pasti sering ikut 'berminyak'. Minyak inilah yang menimbulkan bayangan film, awan, atau pelangi pada kacamata kamu.

Jari

Masalah selanjutnya adalah jari yang tidak sengaja menyentuh wajah dan kemudian menyentuh kacamata. Penyebab ini masih berhubungan dengan minyak pada wajah yang kita bahas di atas. Kita seringkali tidak sadar menyentuh wajah, bahkan hingga puluhan kali dalam sehari. Jari-jari tangan yang kotor ini tanpa disadari ikut juga menyentuh lensa kacamata.

Selain noda sidik jari, juga akan terdapat noda pelangi pada lensa kacamatamu karena sebum yang tidak sengaja tersentuh tadi. Kadang, noda pelangi menjadi sangat sulit dibersihkan karena sudah menumpuk. Maka dari itu, penting untuk mengetahui seberapa banyak kamu keringat dan berapa kali kamu menyentuh wajah dalam satu hari, agar kamu bisa menentukan seberapa rutin harus membersihkan kacamata.

Yang Perlu Disiapkan Sebelum Membersihkan Kacamata

Sumber: hellonest.co

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membersihkan noda pelangi pada kacamata. Langkahnya mudah, dan pasti bisa dilakukan oleh semua orang, yuk diikuti!

1. Ketahui Seberapa Banyak Kamu Berkeringat dalam Sehari

Ini merupakan hal yang penting untuk menjaga keawetan dan kebersihan kacamatamu. Jika kamu berkeringat secara normal, kamu bisa membersihkan kacamata sekali hingga dua kali sehari. Namun, pada orang yang gampang berkeringat, bisa saja kacamata harus sering dibersihkan bahkan sampai lima kali sehari, tergantung dari seberapa kotor kacamatanya.

Jika kacamata berminyak tidak dibersihkan dalam beberapa hari bahkan beberapa minggu, ada kemungkinan pelangi pada kacamata akan menjadi sangat sulit dihilangkan. Jadi, menentukan seberapa sering membersihkan kacamata akan membantu kita merawat kacamata.

2. Siapkan Kain Microfiber

Kamu sebagai kacamata user pasti tahu kain lap khusus kacamata, bukan? Biasanya kain microfiber sudah disertakan bersama kotak atau wadah kacamatanya (satu paket) saat kamu membeli kacamata.

Jangan gunakan sembarang kain untuk membersihkan lensa kacamatamu karena akan menyebabkan goresan atau debu. Hindari tisu, ujung kaos atau ujung baju, dan kain wol untuk membersihkan kacamatamu. Hanya kain microfiber merupakan kain paling aman untuk membersihkan noda pada lensa kacamata.

3. Siapkan Cairan Pembersih Lensa Kacamata

Selanjutnya, tentu kamu harus menyiapkan cairan pembersih lensa kacamata. Jangan gunakan nailpolish remover yang mengandung aseton karena bisa merusak permukaan lensa kacamata. Selain penghapus kutek, jangan juga menggunakan air liur untuk membersihkan kacamata. Selain jorok, kacamatamu akan semakin buram dan penuh dengan bakteri.

Jika kamu tidak punya cairan pembersih lensa kacamata, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan sabun cuci piring dan air hangat. Untuk cara membersihkan kacamata dengan sabun cuci piring dan air hangat akan dijelaskan di bawah, ya.

Langkah-Langkah Membersihkan Kacamata

Sumber: hakimoptical.ca

Setelah persiapan lengkap, kamu bisa mulai membersihkan kacamatamu. Apa saja langkah-langkahnya? Berikut ini penjelasannya. Tapi, sebelum memulai, cuci tangan dengan sabun sampai bersih. Cucilah kedua tanganmu dengan sabun.

Bersihkan pula sela-sela jari dan pastikan kukumu juga tidak kotor. Cuci tangan hingga tidak ada sisa minyak, debu, maupun kotoran lain di telapak tanganmu sebelum mulai membersihkan kacamata, ya.

1. Cara Membersihkan Kacamata dengan Eyeglass Cleaner

  • Semprotkan eyeglass cleaner pada lensa.
  • Lap eyeglass cleaner dengan gerakan memutar searah jarum jam. Terapkan berulang-ulang sampai lensa bersih.

2. Cara Membersihkan Kacamata dengan Sabun Pencuci Piring

  • Siapkan air hangat, cotton bud, dan sabun cuci piring yang aman dan bebas aroma sitrus atau jeruk.
  • Alirkan air hangat ke kacamatamu, baik lensa, frame, maupun gagang kacamata.
  • Tuang cairan pencuci piring setetes atau dua tetes di tiap-tiap lensa dan gunakan jarimu untuk membersihkan lensa. Pelan-pelan, bersihkan dengan cara memutar pada kedua lensa. Jangan lupa untuk membersihkan bagian hidung (nose pad) dan gagang dengan sabun cuci piring.
  • Bersihkan kembali nose pad dengan cotton bud.
  • Bilas kacamata dengan air hangat yang dialirkan. Pastikan sisa-sisa sabun bersih karena sisa sabun bisa menyebabkan pelangi atau kabut putih pada kacamata.
  • Guncang-guncang kacamata yang sudah dibilas agar sisa-sisa airnya habis.
  • Lap kacamata dengan kain microfiber. Gunakan cara yang sama seperti mengelap dengan eyeglass cleaner, yaitu dengan gerakan memutar searah jarum jam.

Tips Merawat Kacamata

Sumber: ecommercegermany.com

Siapa yang tidak ingin kacamatanya selalu tampak seperti kacamata baru dalam waktu yang lama? Tentu semua pemakai kacamata ingin kacamatanya bersih terawat. Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan agar kacamatamu selalu bersih, jernih, dan bebas noda.

  • Cuci kain microfiber dengan tangan secara rutin setidaknya dua minggu sekali. Microfiber yang bersih memudahkan kita membersihkan kacamata dengan tahapan yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Bersihkan kacamata dengan eyeglass cleanser secara rutin setiap pagi dan saat diperlukan. Sekali seminggu atau dua minggu sekali, kamu bisa mencucinya dengan air hangat.
  • Simpan kacamata di wadah atau kotaknya jika tidak sedang dipakai. Saat bepergian, bawalah selalu kotak kacamata agar bisa menyimpannya saat tidak dipakai. Menyimpan kacamata sembarangan bisa membuat kacamata cepat tergores.
  • Sekali lagi, jangan gunakan sembarang kain saat mengelap kacamata. Selalu gunakan microfiber agar kacamatamu selalu bersih dan bebas goresan. Jangan gunakan tisu dan kain baju sepraktis apapun kelihatannya.
  • Jangan mengelap kacamata dalam keadaan kering karena akan membuat kacamata tergores.

Itu di acara membersihkan noda pelangi akibat kotoran, keringat, dan sisa riasan pada lensa kacamata. Selalu bersihkan kacamata secara rutin agar noda tidak permanen atau menjadi sulit dibersihkan. Jika kamu punya tips atau cara lain, silakan bagikan di kolom komentar, ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membersihkan kacamata.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram