kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review Biore Pore Pack Semua Varian, Bisa Hilangkan Komedo?

Review Biore Pore Pack Semua Varian, Bisa Hilangkan Komedo?

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 19 April 2021

Komedo, mau yang kulitnya berminyak, kering, ataupun sensitif, pasti pernah mengalaminya. Khusus buat saya sendiri yang punya masalah dengan kulit kering dan pori-pori besar, komedo sudah seperti bagian dari hidup saya. Baru dibersihkan, beberapa hari kemudian sudah menumpuk lagi.

Dulu saat remaja, saya nggak mengerti dari mana dan kenapa komedo ini selalu bermunculan (dalam jarak waktu yang berdekatan pula). Namun, akhirnya saya sadari setelah saya dewasa kalau saya punya big pores. Setelah aware akan hal itu, saya jadi makin concern sama komedo dan pori-pori kulit, dan tentu saja mencari produk terbaik untuk memusnahkan mereka.

Karena saya sudah merasa komedoan sejak remaja, tahu dong saya pasti larinya ke mana? Ya, minimarket dan warung terdekat untuk membeli Biore Pore Pack. Ketika melihat iklan Biore Pore Pack di televisi, majalah, dan papan reklame, saya menimbun harapan pada nose strip kecil ini. Karena, selain mudah digapai, harganya juga terjangkau. Apalagi waktu itu di warung dekat rumah saya bisa beli satuan.

Jadi, bisa dibilang pengalaman saya dengan Biore Pore Pack ini sudah lebih dari 10 tahun, ya. Walaupun selama itu saya nggak selalu rutin memakainya, hanya kalau lagi ingin saja. Lalu, bagaimana kiranya ulasan tentang Biore Pore Pack ini? Simak terus review-nya bersama Kamini.

Tentang Produk

Biore Pore Pack merupakan produk Kao Corp. Jepang, tapi didistribusikan oleh PT Kao Indonesia. Lalu, apa, sih, Biore Pore Pack?

Produk ini semacam plester yang dipakai di area hidung untuk mengangkat komedo dalam waktu singkat, praktis, dan nggak pakai acara sakit-sakit karena memencet hidung!

Bisa dilihat dari gambar di atas, Biore Pore Pack hadir dalam tiga varian, yaitu Biore Pore Pack Black, Biore Pore Pack Cherry Blossom, dan Biore Pore Pack Heritage Batik Motif. Kalau dulu, varian yang Cherry Blossom itu digabung dengan Japanese Green Tea, tapi sekarang tinggal yang aroma sakura saja, padahal saya suka dua-duanya, hiks.

1. Biore Pore Pack Black

Adalah plester pengangkat komedo unik dengan warna hitam. Dilengkapi dengan Bamboo Charcoal dan Oil Absorbing powder untuk mengurangi minyak berlebih. Klaimnya, nose pack ini dapat mengurangi tampilan pori-pori wajah dengan penggunaan teratur. Kulit tetap sehat berseri saat mengambil komedo!

2. Biore Pore Pack Cherry Blossom

Sama, merupakan plester hidung pengangkat komedo, tapi dengan motif dan aroma khas Jepang, yaitu bunga sakura. Selebihnya, klaimnya sama dengan produk sebelumnya.

3. Biore Pore Pack Heritage Batik Motif

Ini juga sama saja sebenarnya, tapi motifnya batik, ada dua warna krem dan biru. Kelebihannya, stylish saja, tapi nggak ada aroma tambahan.

Fun Fact

Ini pasti nose pack pertama kamu sebelum mencoba produk lainnya, kan? Ayo ngaku! Kayaknya hampir semua orang pernah coba Biore Pore Pack, iya, nggak? Soalnya, produk ini dipasarkan secara maksimal, jadi walaupun orang tersebut nggak merasa komedoan, ingin aja nyobain gitu.

Kayak, orang yang mukanya nggak berminyak tapi minta blotting paper (kertas minyak) ke temannya untuk coba-coba saja. Dan, harga Biore Pore Pack kan nggak mahal, jadi anak sekolahan juga masih bisa beli pakai uang saku. Tinggal melipir ke minimarket, swalayan, atau beli online, terus cobain, deh.

Klaim & Benefit

*

Klaim ketiga varian Biore Pore Pack kurang lebih sama, sih, yaitu dapat mengangkat komedo secara instan tanpa rasa sakit. Pori-pori pun bersih dan terlihat lebih kecil. Tapi, untuk varian Bamboo Charcoal Black itu ada lebihnya dibandingkan dua varian Pore Pack lain, yaitu bisa mengurangi sebum.

Eits, belum selesai, karena Biore Pore Pack ada satu macam lagi, yaitu Men's Biore Pore Pack Black. Tapi, tentu nggak akan saya review karena saya bukan bagian dari "Men", hehe.

Kemasan

Nah, kini kamu sudah tahu tentang produk untuk mengangkat komedo, sekarang kita lihat dari sisi kemasannya, ya. Saya bakal kasih lihat kemasannya satu-persatu di bawah ini.

1. Biore Pore Pack Cherry Blossom

Ini dia tampilan kemasan Biore Pore Pack Cherry Blossom. Cantik bangeeet, bunga-bunga dan Japan-japan gitu. Karena kemasannya juga, kadang suka jadi ingin beli kalau nggak sengaja lewat di minimarket. Di bagian belakang ada informasi lengkap seperti komposisi, cara pakai, penjelasan produk, dan sebagainya.

2. Biore Pore Pack Heritage Batik

Sesuai namanya, Biore Pore Pack Heritage Batik memiliki desain yang Indonesia banget. Satu batik Megamendung atau batik Cirebon dengan warna dasar putih beraksen biru, dan satu lagi batik Parang Barong dengan warna standar batiknya, yaitu cokelat. Tapi, desain dan warna pore strip aslinya nggak secantik yang ada di kemasannya.

3. Biore Pore Pack Bamboo Charcoal

Kayaknya Biore Pore Pack Black ini yang paling best seller, karena varian ini memiliki kelebihan dibandingkan dua produk sebelumnya, yaitu nose strip-nya berwarna hitam jadi komedo yang terangkat lebih jelas terlihat.

Produk ini juga mengandung bamboo charcoal yang diklaim bisa mengurangi tampilan pori-pori besar dan juga minyak berlebih (sebum). Menarik, ya, klaimnya?

Ingredient List

  • Full Ingredients

Polyquaternium-37, silica, water, glycerin, polysilicone 13, PEG-12, dimethicone, methacrylate, crosspolymer, methylparaben, butylene glycol, stearyl glycyrrhetinate, hamamelis virginiana [witch hazel, iron oxides (CI 77499)].

  • Key ingredients

Walaupun ketiga varian Biore Pore Pack ini nampak berbeda, tapi kandungannya sama saja. Polyquaternium-37 adalah molekul polimer kationik (molekul besar dengan subunit berulang dan bermuatan positif) yang bertindak baik sebagai pembentuk lapisan tipis dan bahan pengkondisi serta zat pengental. Jadi, ini tuh yang membuat nose strip atau yang menjadikannya lengket kali, ya?

Silikon dioksida, atau lebih beken disebut Silika biasa digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan kulit. Beberapa produknya biasanya berupa sabun mandi, riasan mata, produk perawatan rambut, makeup, produk perawatan kuku, produk kebersihan mulut, dan produk perawatan kulit. Jadi, jangan kaget kalau menemukan kandungan ini di produk skincare atau makeup kamu, ya.

Hamamelis virginiana adalah Witch Hazel. Sebagai kandungan untuk produk perawatan kulit, zat ini mengandung komponen aktif yang memiliki banyak khasiat ajaib seperti astringent, anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-bakteri.

Zat ini juga merupakan vasokonstriktor (membuat pembuluh darah lebih sempit) terkenal dan dapat meningkatkan penyembuhan kulit yang rusak dengan mengencangkan protein kulit dan dengan demikian menciptakan lapisan pelindung.

Impresi

Untuk ulasan selanjutnya, kini saatnya saya bahas tentang impresi dari ketiga produknya. Saya akan memaparkan tentang tekstur hingga wanginya. Kira-kira seperti apa? Simak ulasan berikut ini.

Tekstur

Saya contohkan dengan Biore Pore Pack varian Heritage Batik, ya, karena tekstur semua Pore Pack sama saja hanya beda motif dan warnanya saja. Inilah look Pore Pack yang Heritage Batik. Beda dengan yang di packaging, kan? Warna batiknya lebih ke ungu.

Wangi

Semua varian Biore Pore Pack nggak ada wanginya, kecuali yang Sakura (Cherry Blossom). Lalu, yang Sakura ada aroma apa? Ya, wangi bunga gitu pokoknya, walaupun saya nggak yakin itu aroma bunga sakura atau bukan.

Daya Tahan dan Performa

Sebagus apa ketiga produk ini? Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut Saya paparkan penjelasannya yang dimulai dengan cara pemakaiannya terlebih dahulu, Check it out!

Cara Pemakaian

Cara pakai ketiga jenis Biore Pore Pack juga sama saja, jadi saya contohkan dengan varian Heritage Batik saja, ya. Simpelnya, pertama-tama basahi hidung kamu (pastikan wajah sudah bersih dari makeup dan kotoran).

Kalau saya suka pakai face mist, tapi kamu bisa juga membasahi wajah (atau area hidung saja) dengan air biasa. Kalau mau pori-pori kebuka, pakai air hangat!

Kedua, buka kemasan Pore Pack, akan ada lapisan plastik lagi yang melindungi bagian lengket dari Pore Pack. Terus, ada beberapa sayatan di area tengah, lebih baik dipisah-pisahkan dulu supaya nanti melekat lebih baik ke hidung. Ketiga, buka lapisan plastik lalu pasang Pore Pack di hidung dan rapikan agar merekat sempurna ke kulit.

Note: Pore Pack yang sudah dibuka harus segera dipakai!

Diamkan Pore Pack selama 10-15 menit, atau jika sudah jadi keras, bisa langsung dilepas. Jika Pore Pack terlalu sakit untuk dicabut, kamu bisa membasahi sedikit Pore Pack-nya dengan air.

Bilas area hidung yang sudah pakai Pore Pack dengan air dingin lalu pakai es batu agar pori-pori tertutup lagi. Kamu bisa menggunakan Biore Pore Pack 3 hari sekali, tapi hentikan jika terjadi iritasi, ya.

Oh, ya, khusus untuk Biore Pore Pack Bamboo Charcoal yang Black, biasanya suka ada sisa-sisa warna hitam menempel di kulit kita, terutama di sudut hidung. Tenang, dibilas pakai air biasa juga hilang, kok, cuma kadang annoying.

Hasil

TW:// kalau kamu jijik-an mungkin saja terganggu dengan gambar berikut ini.

Untuk Biore Pore Pack Heritage Batik

Ini adalah hasil pemakaian Biore Pore Pack Heritage Batik. Mana komedonya? Yang kelihatan hanya yang saya lingkari merah-merah itu, ya. Sisanya hanya seperti 'menangkap' komedo tapi akhirnya 'terlepas' lagi, nggak nyangkut di Pore Pack-nya. Padahal saya sengaja nggak ngambilin dulu komedo saya yang sudah menumpuk demi review ini, tapi..

Ternyata nggak ngaruh malah makin parah! Komedo saya yang tadinya ada di 'dalam' jadi semakin maju ke permukaan, tapi nggak terambil oleh Biore Pore Pack-nya.

Terus, yang merah-merah itu di bagian depan hidung saya, malah tercabut dan meninggalkan lubang yang cukup terasa perih. Pori-pori kulit saya juga nggak menjadi lebih kecil, sama saja seperti nggak diapa-apakan.

Untuk Biore Pore Pack Bamboo Charcoal

Kalau pakai yang varian Black ini saya ngerasanya lebih banyak komedo yang terangkat, entah karena Pore Pack-nya berwarna hitam kali, ya. Tapi, memang lebih banyak saja gitu komedo yang tercabut. Walaupun lebih ke komedo yang halus-halus super kecil banget, bukan yang keras dan kepegang sama kita.

Namun, tetap saja Pore Pack ini nggak bisa mengangkat semua komedo. Di bagian yang saya lingkari warna merah itu kelihatan ada komedo-komedo yang lumayan besar, sedangkan yang saya lingkari warna biru lebih ke komedo halus (nggak tahu bulu wajah tercabut? Lol).

Untuk Biore Pore Pack Cherry Blossom

Nggak lebih baik dari varian Bamboo Charcoal tapi di atas varian Heritage Batik, Biore Pore Pack Cherry Blossom ini nilai plusnya ada wangi bunga, jadi menambah sisi relaksasinya. Komedo juga lumayan lebih banyak terangkat dibandingkan yang batik, tapi tetap komedo yang besar dan keras nggak bisa terangkat. Lumayan buat pakai kalau mau pergi terus ingin makeup nampak mulus.

Kesimpulan

Menurut saya, Biore Pore Pack bukanlah produk yang baik. Karena, Pore Pack ini nggak terlalu mengangkat komedo, terus kadang salah mengangkat yang lain (seperti kulit kering, luka, bulu wajah, dll) jadi pastikan kulitmu sedang dalam kondisi bagus saat pakai Pore Pack-nya.

Kalau praktis, sih, iya benar. Mau pergi atau lagi santai di rumah terus iseng nyabut komedo, itu benar praktis. Kemasannya juga tipis banget, mau kamu bawa satu pack buat traveling juga bisa. Kalau mau dibawa secukupnya selembar dua lembar juga bisa, nggak akan menuhin toiletries kamu. Kalau sudah pakai tinggal buang.

Jadi, Biore Pore Pack nggak bakal ngangkat semua komedo kamu tapi cuma yang ada di surface aja. Lumayan buat bikin kulit kelihatan mulus buat ditimpa makeup lagi.

Pros (+)

  • Mudah didapatkan, harga terjangkau, mudah dibawa ke mana-mana
  • Cara pakai mudah dan praktis
  • Ketika melepaskan Pore Strip-nya lumayan satisfying
  • Bisa mengurangi minyak untuk varian Bamboo Charcoal

Cons (-)

  • Kadang sakit saat dicabut
  • Hanya untuk area hidung, padahal komedo kan ada diseluruh wajah kita (terutama pipi)
  • Harus hindari area kulit yang sedang luka atau berjerawat karena bisa terangkat!
  • Nggak terlalu ngaruh, malah bikin kerja dua kali karena harus buang komedonya lagi sendiri atau pakai produk lain
  • Kadang meninggalkan sisa di kulit dengan kesan lengket. Apalagi yang varian Black, pasti ada bekasnya
  • Pore Pack-nya malah lebih banyak nyabut kulit kering saya

Harga & Tempat Membeli

Karena Biore Pore Pack ini ada tiga varian, jadi saya akan memisahkan kesimpulannya. Untuk Biore Pore Pack Heritage Batik, hasilnya yang paling 'nggak ngaruh'. Nggak ada wangi apa-apa yang menenangkan juga selama dipakai,

Desainnya juga nggak sesuai sama yang ada di boks. Yang lebih parahnya lagi, varian Heritage Batik ini malah semakin merusak kondisi kulit dan memperparah komedo saya.

Untuk Biore Pore Pack Cherry Blossom, hmm, oke lah. Memang kekuatannya 11-12 dengan yang batik, tapi seenggaknya masih ada aroma menyenangkan selama menggunakannya.

Terakhir, buat Biore Pore Pack Black, saya juga nggak yang amaze banget sama produk ini, tapi varian ini agak lebih mending daripada kedua saudaranya, sih. Nilai plusnya, komedo yang terangkat lebih kelihatan dibandingkan Pore Pack yang warna putih. Tapi, kadang varian ini suka ninggalin warna hitam di kulit, walau bisa hilang dengan basuhan air.

Itu dia ulasan dari saya untuk Biore Pore Pack. Honestly, untuk produk yang sudah berbelas tahun ada di pasaran, seharusnya Biore bisa memberikan peningkatan daya dan upaya untuk produknya. Kamu pernah mencoba Biore Pore Pack? Bagikan pengalaman kamu di bawah ini, yuk!

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram