Review Esenses Waterproof Volume Mascara yang Affordable

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 26 September 2021

Kalau bicara produk maskara lokal yang harganya ramah, maka Esenses Waterproof Volume Mascara nggak boleh dilewatkan dalam list. Selain dibanderol dengan harga yang bersahabat, produk ini juga bisa digunakan oleh pemula yang takut bila tampilan bulu mata akan tampak berlebihan bila menggunakan maskara.

Meski bukan produk keluaran baru, Esenses Waterproof Volume Mascara menarik untuk di-review. Soalnya saat saya iseng membuka e-commerce, penjualan produk ini sudah mencapai ribuan yang berarti masyarakat Indonesia cukup menggemarinya. Lantas, apakah kualitasnya yang menjadikan produk ini laris? Untuk tahu jawabannya, simak review berikut ini, yuk!

Tentang Produk

review esenses waterproof volume mascara__

Esenses adalah brand kosmetik lokal yang diproduksi oleh PT Aulia Cosmetics. Perusahaan yang berdiri tahun 1990an ini berlokasi di Tangerang dan punya spesialisasi dalam membuat produk kosmetik serta personal care.

Brand-brand yang namanya dinaungi oleh PT Aulia Cosmetics adalah Aulia Cosmetics yang berfokus pada produk skincare dan personal care, BFREE yang menghasilkan produk-produk dengan manfaat membersihkan dan menghindarkan diri dari bakteri atau penyakit, FEM yang menghasilkan produk kosmetik dan body care berkualitas tinggi, serta ESENSES dengan spesialisasi produk-produk kosmetik wajah.

ESENSES Waterproof Volume Mascara sendiri diperkenalkan tahun 2018 sebagai produk yang bisa memberikan tampilan bulu mata agar tetap ‘stay-bold’. Mascara ini juga merupakan salah satu produk kosmetik pertama yang di perkenalkan ESENSES ke publik.

Klaim dan Benefit

review esenses waterproof volume mascara_klaim_

ESENSES Waterproof Volume Mascara diklaim sebagai maskara yang dapat membuat bulu mata tampak lebih tebal dan indah dengan efek yang long lasting. Produk ini juga diperkaya dengan vitamin E dan digadang-gadang punya formulasi yang waterproof.

Cara Pakai

ESENSES menyarankan penggunaan eyelash curler terlebih dahulu sebelum menyapukan Waterproof Volume Mascara ke bulu mata. Hal ini dimaksudkan agar efek lifting dari maskara menjadi optimal.

Kemasan

review esenses waterproof volume mascara_

ESENSES Waterproof Volume Mascara dikemas dalam tabung ulir silinder yang cukup ramping dengan volume sebanyak 8ml. Tabung ini terbuat dari bahan plastik berwarna coklat tua dengan sedikit aksen cincin perak pada bagian tutup ulirnya. Di bagian tutup ulir ini juga sudah tertempel aplikator maskara.

review esenses waterproof volume mascara_kemasan_

Tipe tongkat maskara yang diadaptasi ESENSES adalah spiral atau corkscrew. Jenis maskara ini memadukan dua fungsi, yakni menambahkan volume dan melentikkan helaian bulu mata. Meski nggak terlalu lembut, tongkat maskara ini tetap nyaman untuk dipakai dan bisa menampung jumlah maskara yang cukup untuk dioleskan ke bulu mata.

Selain tabung utama penampung cairan maskara, ESENSES tentu nggak lupa menambahkan dus luar dari produk. Berbeda dengan tabungnya yang cenderung simpel, dus luar ESENSES Waterproof Volume Mascara malah terkesan lebih striking dengan perpaduan warna ungu tua dan pink tua yang sangat feminin.

ESENSES juga menambahkan grafis pop art wajah seorang wanita pada dua sisi dus, yang semakin menambah kesan feminin. Pada dus ini juga sudah tertera klaim, kandungan, nama pabrikan, nomor BPOM dan label halal dari produk.

Ingredients List

review esenses waterproof volume mascara_ingredients_

Setelah tau berbagai informasi tentang brand hingga deskiripsi kemasan ESENSES Waterproof Volume Mascara, sebaiknya kita menelisik pula kandungan bahan dalam formulasinya. Apakah benar produk ini memiliki kandungan vitamin E di dalamnya seperti yang diklaim ESENSES? Yuk, cari tahu kebenarannya!

Full Ingredients

Styrene/Acrylates Copolymer,CI 77266, Aqua, Acrylates Copolymer, Beeswax, Glyceryl Stearate, Phenyl Trimethicone, Butylene Glycol, Microcrystalline Wax, Copernica Cerifera (Carnauba) Wax, Triethanolamine, Dimethicone, Isononyl Isononanoate, Stearic Acid, Ozokerite, Sodium  Polyacrylate Starch, Phenoxyethanol, Xanthan Gum, Ethylhexylglycerin, Tocopheryl  Acetate, 1,2-Hexanediol, Laureth-20, PEG-100 Stearate, Trimethylsiloxysilicate

Key Ingredient

Tocopheryl Acetate

Ternyata benar, bahwa ESENSES Waterproof Volume Mascara ini mengandung vitamin E yakni dalam bentuk tocopheryl acetate. Bentuk lain dari vitamin E ini menawarkan manfaat antioksidan serta berperan dalam memberikan formulasi anti kering dari produk saat dioleskan pada bulu mata.

Impresi

Dibalik klaimnya yang menjanjikan dengan harga yang affordable, mampukah ESENSES Waterproof Mascara memberikan impresi positif saat pertama kali digunakan? Langsung saja kita ungkap lewat pembahasan di bawah ini!

Tekstur

review esenses waterproof volume mascara_tekstur_

Meski salah satu base ingredients-nya adalah aqua atau air, ternyata tekstur maskara milik ESENSES ini nggak encer, malah terkesan cukup kental. Tekstur seperti ini memang punya potensi bagus dalam bikin helai bulu mata jadi bervolume.

Warna

Untuk warna, ESENSES Waterproof Volume Mascara hanya diproduksi dalam warna hitam saja. Jadi nggak ada pilihan warna lain selain warna ini. Tapi nggak perlu khawatir, soalnya warnanya juga nggak pekat berlebihan kok, jadi intensitasnya pun bisa diatur sesuai keinginan. Kalau ingin terkesan alami, kamu cukup memulaskannya 1-2 kali saja, tapi kalau ingin lebih mendefinisikan bulu mata, tinggal tambahkan lagi saja coating-nya.

Aroma

Nggak ada aroma khusus dari maskara ini selain aroma sintetis yang datang dari perpaduan kandungan bahan di dalamnya. Dari ingredients list pun, saya nggak menemukan bahan yang terindikasi sebagai pewangi tambahan.

Aplikasi

review esenses waterproof volume mascara_aplikasi_

Pada awal pengolesan maskara di bulu mata kanan, saya nggak menemukan kenehan apapun dari produk ini. ESENSES Waterproof Volume Mascara terasa nyaman digunakan dan bisa membuat tampilan alis menjadi terangkat dan lebih tebal.

Akan tetapi, ketika saya mengoleskan maskara pada bulu mata kiri, ternyata maskara ini sedikit menggumpal. Alhasil, saya kesulitan untuk memisahkan helai bulu mata yang terkena gumpalan maskara. Jadi saran saya, saat mengaplikasikan produk ini kamu harus lebih berhati-hati bila nggak ingin produk menggumpal pada bulu mata.

Untuk kemampuan melentikkannya, ESENSES Waterproof Volume Mascara bisa dengan baik mengangkat helaian bulu mata, walaupun nggak maksimal. Mungkin ini juga dikarenakan saya nggak menggunakan eye lash curler terlebih dahulu, sehingga bulu mata saya nggak terlalu lentik saat maskara sudah nge-set.

Selain mengangkat dan memberikan volume pada alis, maskara dari ESENSES ini juga bisa membuat kesan bulu mata jadi tampak lebih panjang. Meski nggak seampuh fibre mascara, tapi kemampuan produk dalam memanjangkan produk layak diperhitungkan juga, lho.

Performa dan Ketahanan

review esenses waterproof volume mascara_performa_

Sebelum membahas performa produk selama saya gunakan, saya sempat menguji ketahan produk ini menggunakan tetesan air dan uji geser (smudge test). Hasilnya, ESENSES Waterproof Volume Mascara punya kemampuan tahan air yang cukup bagus. Ia juga bisa bertahan saat saya coba gosok menggunakan jari.

Namun, ketahanan produk ini bisa goyah kalau digosok dalam keadaan basah. Jadi usahakan untuk nggak menggosok area mata saat berkeringat, bila kamu tetap ingin tampilan bulu mata selalu on-fleek.

review esenses waterproof volume mascara_performa 2_

Pada bulu mata sendiri, produk ini cukup baik bertahan selama berjam-jam. Walau pada jam ke-4 volume dan kelentikannya sudah berkurang, ditambah adanya coating yang berguguran dari bulu mata saya, tapi produk ini nggak jadi bikin tampilan bulu mata saya tampak kosong hingga penghujung hari.

Selama pemakaian pun, saya merasa maskara ini nggak berat ataupun terasa perih di mata. Untuk produk dengan harga yang affordable, kualitasnya layak diperhitungkan, kok.

Tips dan Trik

Sebenarnya ada trik khusus yang bisa dilakukan bila mendapati maskara menggumpal pada helaian bulu mata, yakni dengan menggunakan sikat bulu mata. Sikat bulu mata akan bantu memisahkan helaian bulu mata yang bersatu karena gumpalan maskara, sehingga tampilan clumpy bisa kamu hindari.

Harga dan Tempat Membeli

review esenses waterproof volume mascara_harga_

Kalau mencari rekomendasi maskara dengan harga ekonomis, ESENSES Waterproof Volume Mascara ini bisa menjadi pilihan. Selain dibanderol dengan harga 20.000an saja, produk ini juga bisa kamu temukan dengan mudah secara online, maupun di toko-toko kosmetik offline.

Kesimpulan

review esenses waterproof volume mascara_kesimpulan_

Meski dibanderol dengan harga yang ekonomis, ESENSES Waterproof Volume Mascara punya kualitas yang layak dicoba terutama untuk kamu yang baru pertama kali menjajaki dunia makeup. Produk ini bisa bikin tampilan bulu mata lebih lentik, bervolume dan lebih panjang tanpa memberikan kesan berlebihan.

Pros

  • Affordable dan mudah ditemukan
  • Sudah mengantongi izin BPOM dan sertifikasi halal
  • Cukup waterproof dan tahan geser
  • Melentikkan, memberikan volume, dan sedikit memanjangkan bulu mata
  • Tahan berjam-jam tanpa membuat bulu mata terlihat kosong kembali
  • Memiliki kandungan vitamin E

Cons

Sedikit menggumpal dan cepat nge-set

Nah, seperti itulah pengalaman saya menggunakan ESENSES Waterproof Volume Mascara. Apakah ulasan saya cukup meyakinkanmu untuk menggunakannya juga? Jawab melalui kolom komentar di bawah, ya! Oh iya, saya juga sempat mengulas produk maskara dari brand lokal lainnya yang nggak kalah bersahabat untuk pemula maupun remaja, lho, yaitu Emina Star Lash Aqua Mascara.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram