kamini.id

Review Emina Star Lash Aqua Mascara, Bulu Mata Cantik Alami

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 27 Mei 2021

Kala ingin punya tampilan bulu mata lebih bervolume dan lentik, saya selalu mengandalkan maskara. Bukan hanya mudah diaplikasikan ketimbang falsies (bulu mata palsu), maskara juga cenderung lebih ringan ketika digunakan.

Salah satu produk yang bisa dicoba dari deretan maskara yang ada di pasaran adalah Emina Star Lash Aqua Mascara. Maskara ini satu-satunya maskara yang diproduksi sister brand dari Wardah ini, lho. Kira-kira, bagaimana kemampuan produk ini dalam mempercantik bulu mata? Yuk, simak reviewnya!

Tentang Produk

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_tentang produk

Star Lash Aqua Mascara adalah maskara pertama yang dirilis Emina dan diperkenalkan pada akhir tahun 2015. Maskara ini melengkapi jajaran produk makeup Emina yang kala itu belum terlalu banyak.

Akan tetapi, karena pada tahun yang sama Emina baru saja diperkenalkan oleh PT Paragon Innovation and Technology sebagai brand kosmetik remaja di Indonesia, produk-produk dari Emina pun langsung menjadi incaran. Tak terkecuali maskara ini.

Sampai sekarang, Star Lash Aqua Mascara masih menjadi produk yang dipertahankan oleh Emina dan punya tempat khusus di hati para penggemarnya.

Klaim dan Benefit

Put a star in your eyes with Emina Star Lash Aqua Mascara, a water-resistant mascara with a little hint of fiber to elongates your lashes and accentuate your pretty eyes

Emina

Dari klaim tersebut kita bisa tahu bahwa Emina menyebut Star Lash Aqua Mascara punya kemampuan water-resistant, memanjangkan bulu mata, dan mampu menonjolkan kecantikan mata. Maskara ini juga berjenis fiber mascara karena punya kandungan serat di dalamnya.

Cara Pemakaian

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_cara pemakaian

Sebenarnya saya nggak menemukan cara pemakaian produk ini langsung dari Emina, baik pada kemasan maupun dari official websitenya. Makanya saya berkesimpulan kalau Emina Star Lash Aqua Mascara digunakan seperti maskara pada umumnya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Gunakan eyelash curler untuk membuat bulu mata lentik
  2. Aplikasikan maskara dari pangkat hingga ujung dengan gerakan zig-zag
  3. Ulangi beberapa kali sampai kamu mendapatkan tampilan bulu mata yang diinginkan

Fun Fact!

Maskara dari Emina ini ternyata di-launching berdekatan dengan produk eye makeup lainnya yaitu Eyeliner Eye Do! Dan Agent of Brow (eyebrow). Dulu, bahkan Emina punya ‘panggilan sayang’ untuk lini dekoratif mata ini yaitu Eye-Love. Lucu, ya?

Kemasan

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_kemasan 2

Bukan Emina namanya kalau nggak membuat desain kemasan produknya menggemaskan. Star Lash Aqua Mascara sendiri punya color theme pink dan hitam yang cenderung kalem, trendy, dan terasa youth vibes-nya.

Box maskara punya grafis yang ‘ramai’, padahal Emina nggak menyantumkan klaim apapun tentang maskara ini. Sementara bagian tube didesain cenderung lebih simple, karena hanya berhiaskan nama produk, logo emina, dan keterangan berat disertai tanggal expired.

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_ kemasan

Alih-alih membuat tabung berbentuk lurus, bagian cap ulir didesain emina menyerupai mahkota dengan bagian atas yang melebar, menjadikannya tampak unik dan khas.

Aplikator

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_aplikator

Bagian yang tak kalah penting dari maskara adalah aplikatornya. Emina Star Lash Aqua Mascara sendiri punya aplikator brush yang slim dan sleek, agak panjang dengan semi-hourglass wand. Jadi bagian brush-nya nggak begitu melengkung. Hourglass mascara wand sendiri memang punya fungsi dalam bikin bulu mata lebih panjang dan lentik.

Brush dari maskara ini juga punya bulu-bulu yang cukup banyak meski nggak terlalu rapat. Selain itu, tiap kali membuka brush dari dalam tabung maskara, akan terlihat serat-serat tipis yang menempel pada brush.

Ingredients List

Walau bukan produk skincare, namun formulasi pada maskara juga penting untuk diketahui. Pasalnya, bulu mata adalah rambut pada tubuh kita. Jadi untuk memastikan apakah produk makeup bermanfaat atau nggak bagi bulu mata, kita perlu membaca ingredients lists nya terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah kandungan bahan-bahan yang terkandung dalam Emina Star Lash Aqua Mascara.

Full Ingredients

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_ingredients

Aqua, Styrene/Acrylates Copolymer, Synthetic Beeswax, Propylene Glycol, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, PVP, Stearic Acid, Hydrogenated Polyisobutene, Nylon-6, Benzyl Alcohol, Silica, Nylon-12, Sorbitan Stearate, Ethylhexylgycerin, Aminomethyl Propanol, Ceteth-20, Disteardimonium Hectorite, Polysorbate 60, BHT, Glycerine, Hydroxyethylcellulose, Tocopheryl Acetate, Sodium Hydroxide, Disodium EDTA, Sodium Polyacrylate, Tocopherol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Laureth-21, Sodium Dehydroacetate, Cl 77266

Key Ingredients

Meski Emina nggak menyebutkan klaim apapun soal formulasi Star Lash Aqua Mascara, namun saya menemukan beberapa ingredients yang bisa bermanfaat terutama untuk helaian bulu mata.

  • Glycerine

Selain berguna dalam menghidrasi kulit, gliserin juga bermanfaat untuk rambut terutama dalam menghentikan kerusakan. Gliserin akan memberikan kelembapan dan memperkuat helaian rambut, termasuk pada bulu mata.

  • Tocopherol dan Tocopheryl Acetate

Sama seperti gliserin, tocopherol dan tocopheryl acetate juga luas digunakan pada produk kosmetik. Dua bentuk vitamin E ini nggak cuma bermanfaat untuk kulit, tapi juga untuk rambut. Tak terkecuali untuk bulu mata.

Sifat antioksidan dari vitamin E dapat membantu mengurangi kerusakan sel-sel folikel rambut yang disebabkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif. Pertumbuhan rambut juga bisa dijaga oleh kedua bahan ini.

Impresi

Nah, saatnya kita berkenalan langsung dengan Emina Star Lash Aqua Mascara dengan menguji tekstur, aroma dan aplikasinya pada bulu mata.

Tekstur

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_tekstur

Maskara Emina ini punya tekstur creamy yang sangat kental dan cukup lengket, tapi nggak menggumpal. Star Lash Aqua Mascara tetap gampang meluncur pada bulu mata ketika digunakan. Kandungan fiber di dalamnya juga lembut, nggak menusuk.

Aroma

Aroma sintetik yang kuat memang wajar digunakan pada produk-produk eye makeup seperti maskara. Namun, aroma ini menjadi salah satu indikasi kalau mascara nggak dikasi pewangi tambahan, yang bisa jadi masalah untuk sebagian orang.

Aplikasi

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_aplikasi 1

Ketika diaplikasikan, maskara dari Emina ini bisa langsung menambah panjang helaian bulu mata. Akan tetapi, kemampuan lifting dan curling-nya kurang terasa bagi saya

Kebetulan saat menguji Emina Star Lash Aqua Mascara, saya nggak menggunakan eyelash curler dulu sebelumnya. Ini dimaksudkan supaya saya tahu sejauh mana maskara bisa melentikkan dan menaikkan bulu mata.

Kemampuan volumizing maskara ini juga nggak bisa diandalkan. Soalnya meski sudah mengaplikasikan beberapa coat, saya nggak merasa ada perubahan signifikan pada volume bulu mata selain terlihat lebih hitam dan agak lentik.

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_aplikasi 2

Maskara ini memberikan hasil kesan yang lebih alami, bukan dramatis. Karakteristik tersebut bikin Emina Star Lash Aqua Mascara cocok digunakan sehari-hari atau untuk para remaja yang ingin mencoba maskara natural.

Meski begitu, maskara ini sama sekali nggak clumpy meski saya oleskan lebih dari dua coat pada bulu mata. Teksturnya juga super ringan tanpa bikin mata perih.

Performa dan Ketahanan

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_performa 1

Sesuai dengan yang sudah disebut sebelumnya, Emina mengklaim kalau Star Lash Aqua Mascara punya kemampuan water-resistant.

Setelah mencobanya sendiri, saya pun mendapati bahwa produk ini nggak begitu banyak terpengaruh bila hanya dialiri air saja. Begitupun ketika saya melakukan smudge test. Setelah digosok-gosok menggunakan jari, maskara masih tangguh menempel.

Akan tetapi, bila dialiri air sekaligus digosok, maskara ini cepat sekali lunturnya. Meski sebenarnya wajar sih, mengingat Emina mengklaim produk ini water-resistant, bukan water-proof. Soalnya keduanya punya karakter berbeda, meski sama-sama punya kemampuan menahan air.

Maskara water-resistant memang bisa membatasi interaksi dengan air, namun hanya sampai saat tertentu saja. Berbeda dengan waterproof yang bisa menahan air sebanyak dan selama apapun. Maka dari itu Star Lash Aqua Mascara ini nggak goyah kalau hanya dialiri air, tapi ludes ketika digosok dalam keadaan basah.

Review Emina Star Lash Aqua Mascara_aplikasi performa 2

Ketika menguji pada bulu mata pun, saya juga mendapatkan hasil serupa. Pasalnya, selama menggunakan maskara, saya nggak banyak menggosok area mata. Padahal selama 3.5 jam pemakaian, saya sudah dua kali berwudhu. Nggak banyak maskara yang hilang, hanya kesan lentik-nya saja yang mulai berkurang.

Emina Star Lash Aqua Mascara ini bisa menempel di bulu mata saya selama 4-5 jam. Karena pada jam-jam selanjutnya, mulai banyak maskara yang berjatuhan ke wajah. Sepertinya yang berjatuhan ini adalah fiber dalam formulasi maskara. Jadi, kalau mau bulu mata selalu on-fleek, kamu harus mengaplikasikan kembali Emina Star Lash Aqua Mascara ini kala luntur.

Tips dan Trik

Kalau ingin tampilan bulu mata semakin lentik, tapi nggak maksimal walaupun sudah pakai eyelash curler, kamu bisa memanfaatkan brush maskara untuk melakukan ini. Tips ini diambil dari Allure saat mewawancarai Nina Leykind, co-founder perusahaan makeup asal Inggris yang punya spesialisasi di produk maskara.

Menurut Leykind, ketika mengaplikasikan maskara pada bulu mata, kamu bisa sedikit menggulung brush seiring dengan pergerakannya dalam meng-coating bulu mata. Teknik ini bisa memberikan bulu mata yang semakin lentik.

Harga dan Tempat Pembelian

harga dan pembelian

Emina Star Lash Aqua Mascara punya harga yang cukup ekonomis untuk produk berukuran 5 g. Selain itu, maskara ini mudah banget untuk ditemukan terutama di counter yang menyediakan produk-produk Emina. Maksara ini juga nggak sulit buat dicari secara online. Kalau nggak mau ribet, tinggal klik aja link yang telah Kamini sediakan!

Kesimpulan

Review Emina Star Lash Aqua Mascara__

Sejauh ini menurut saya Emina Star Lash Aqua Mascara bisa menjadi opsi maskara dengan hasil akhir bulu mata agak lentik dan natural, tanpa kesan dramatis sama sekali. Bulu mata ini memang cocok digunakan oleh para remaja ataupun bagi kamu yang sedang mencari maskara untuk sehari-hari.

Pros

  • Nggak clumpy
  • Terasa ringan meski digunakan lebih dari dua coating
  • Memanjangkan dan melentikkan bulu mata dengan hasil akhir natural
  • Smudge-proof dan water-resistant

Cons

  • Nggak volumizing
  • Efek lifting kurang terasa

Begitulah pengalaman saya pakai Emina Star Lash Aqua Mascara. Setelah pakai produk ini, tampilan bulu mata saya memang jadi lebih cantik dari sebelumnya, meski ada beberapa aspek yang nggak begitu unggul.

Kalau kamu mencari rekomendasi produk maskara yang lain bagus untuk mempercantik bulu mata, Kamini juga punya list-nya lho di sini. Kamini juga pernah me-review produk Emina lainnya kayak BB cream, lip mask, clay mask, lip cuhsion, sampai creamy tint.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram