Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman!

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Siapa di sini yang suka pakai lensa kontak atau lebih beken dengan nama softlens? Sebenarnya kamu bisa memanggilnya apa saja, soft gels, contact lens, karena intinya itu semua barang yang sama. Lensa kontak pada umumnya digunakan untuk membantu orang-orang yang rabun jauh (minus) agar bisa melihat lebih jelas tanpa kacamata. Ada juga softlens untuk rabun dekat (plus) walau jarang.

Tapi, karena hadir dalam berbagai warna dan motif, banyak orang yang menggunakan softlens semata-mata untuk kecantikan saja dengan menggunakan contact lens tanpa minus (plano/normal). Lensa kontak pada umumnya berbentuk lingkaran, karena mengikuti bentuk dan ukuran lensa mata kita.

Yang membuat setiap softlens berbeda adalah motif dan warnanya. Softlens juga hadir dalam ukuran yang beragam, seperti 13,5 sampai 15 mm, karena kemungkinan ukuran diameter retina yang berbeda-beda.

Geocontactlens dari Geo Medical adalah salah satu produsen lensa kontak asal Korea Selatan yang mendunia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2007 dan mulai menjual Geo Contact Lens setelahnya.

Softlens-softlens mereka dikenal memiliki desain yang nyentrik dan cute, seperti diperuntukkan buat gaya kawaii ala Jepang. Untuk range minusnya, softlens Geo Contact Lens tersedia dari 0 (non minus) hingga -8.00.

Nah, sekarang Kamini mau mengulas salah satu varian softlens Geo Medical, yaitu Holi Cat. Katanya, ini adalah softlens berkualitas dengan desain imut-imut yang tidak bikin mata pegal, walau dipakai seharian. Penasaran seperti apa softlensnya? Langsung saja simak penjelasan saya di bawah ini.

Tentang Produk

Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman! 1

Lensa kontak dari Geolica dirancang untuk memberikan transformasi warna yang ditingkatkan secara alami. Setiap softlens diproduksi menggunakan bahan lensa kualitas tertinggi, yaitu Silicone Hydrogel. Karena, bahan itu dirancang untuk mempertahankan lapisan air tanpa mengiritasi mata.

Geolica Contact Lens juga menunjukkan stabilitas tinggi karena dibuat dari bahan biokompatibel. Fitur paling unik dari lini lensa Geolica adalah dapat melindungi mata secara ekstra dengan memberikan perlindungan UV tingkat lanjut. Ternyata, bukan cuma kulit yang bisa diberi SPF, tapi mata juga, ya! Varian softlens Geolica ada:

  • Geolica Euro Celine Series
  • Geolica Euro Lady Series
  • Geolica Euro Circle Series
  • Geolica Holi Cat Contact Lens Series
  • Geolica Coco Series

Nah, varian yang akan Kamini ulas adalah yang Holi Cat series warna Funky Cat. Ini adalah lensa kontak berwarna biru laut yang vivid dan deep. Biru-nya akan memberikan kamu tampilan yang funky dalam sekejap saja. Warna birunya cocok untuk ngampus, hangout, dan party.

Desainnya yang breakthrough akan memberikan kesan fresh pada mata dan wajah pemakainya. Terus, karena softlens-nya lembut dan tidak menyedot kelenjar air mata alami, jadinya nyaman walau dipakai seharian. Buat kamu yang periang dan suka warna-warna yang mencolok, pasti suka dengan Holi Cat warna Funky Cat.

Klaim & Benefit

  • Dibuat dari material Silicone Hydrogel dengan teknologi PC (Phosphorylcholine) yang akan mengurangi penyerapan protein dan menahan bakteri
  • Desain dan warna fashionable, bisa dipakai untuk daily occasion maupun acara spesial
  • Softlens ini akan membantu mengoreksi penglihatan dan meningkatkan keindahan mata
  • Mengandung UV Blocking. Jadi, mata akan terlindungi dari bahaya sinar matahari langsung
  • Geo Medical mengadaptasi teknologi Sandwich Printing sehingga dapat membuat softlens berkualitas tinggi dan aman
  • Memiliki sertifikasi FDA (Food and Drug Administration) dari USA. Geolica Holi Cat Merupakan produk softlens pertama di Asia yang mendapatkannya, loh. Terus, produk ini juga sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), jadi dijamin aman no abal-abal
  • Lensanya tipis dan nyaman digunakan sepanjang hari
  • Dapat digunakan harian untuk membantu memperjelas penglihatan, untuk fashion & beauty statement juga

Kemasan

Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman! 3

Sebagai pengguna softlens yang sudah mencoba berbagai macam produk dan merk, saya dapat menyimpulkan kalau kemasan softlens itu ada dua macam. Pertama adalah kotak yang cukup tebal yang berarti tempat softlens-nya berupa botol plastik. Kemudian yang kedua adalah seperti ini, menggunakan kotak tipis yang berarti softlens-nya disimpan di tempat plastik pipih, bukan botol.

Saya sendiri tidak mengerti perbedaan kedua tipe kemasan tersebut, karena pada akhirnya softlens akan kita pindahkan ke tempat lain. Jadi, mau itu botol ataupun plastik pipih sama saja.

Bukan berarti softlens yang dikemas dalam botol jadi lebih premium, karena saya sering menemukan softlens yang harganya tergolong murah tapi pakai botolan. Saya pribadi lebih menyukai kemasan pipih karena lebih mudah mengambil softlens-nya alih-alih kemasan botol.

Anyway, dari visual kemasannya terlihat kalau Geolica benar-benar pandai dalam mendesainnya. Warnanya biru mengikuti warna sofltens yang saya pilih, yaitu Funky Cat. Walaupun shade birunya berbeda dengan yang ada pada softlens. Yang di boks lebih ke toska, sedangkan softlens-nya warna biru dongker.

Di boksnya ada keterangan tentang produk, varian, besar minus, tanggal kadaluwarsa, dan sebagainya. Untuk space yang tidak terlalu banyak di kotak mungil ini, informasinya sudah cukup memadai, sih.

Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman! 5

Ini yang ada di dalam kemasan Geolica Holi Cat Contact Lens. Ada kertas yang berisi petunjuk penggunaan dan dua softlens saja. Rata-rata semua produk softlens dari merk apapun juga seperti ini, sih, isinya. Bedanya kadang ada yang memberikan bonus tempat softlens, meski Geolica Holi Cat ini tidak ada bonusnya. Tapi biasanya akan diberikan tempat softlens, kok, oleh penjual.


Kalau ini pertama kalinya kamu menggunakan softlens atau kalau kamu belum lihai, bisa dibaca petunjuk penggunaannya di kertas panduan dari Geolica. Terus, di bagian pembungkus softlens-nya juga ada tanggal kadaluwarsa, keterangan tentang produk, dan beberapa logo.

Ingredient List

Ingin tahu apa saja bahan pembuat Geolica Holi Cat Contact Lens? Kamu bisa melihatnya di bagian belakang kemasan, namun akan saya tuliskan kembali di sini. Sayangnya Geolica tidak menuliskan semuanya dalam bahasa Inggris, karena sisanya menggunakan bahasa Korea. Jadi, saya akan lebih membahas key ingredients yang diberitahu oleh Geolica.

Full Ingredients

Two(2) Sterile Hydrophilic Color Contact Lenses (58% Phema, 42% Water) sored in buffered saline solution.

Silicon Hydrogel, Phosphorylcholine, PCMLC, UV Blocking.

Key ingredients

1. Phosphorylcholine

Phosphorylcholine atau PC adalah sebuah produk medis. Ia biasa digunakan untuk meningkatkan biokompatibilitas⁠—kemampuan untuk menyesuaikan produk (softlens) dengan tubuh, dalam hal ini berarti kornea mata pengguna. PC juga akan mengurangi penyerapan protein, menahan bakteri agar tidak menempel di permukaan softlens, dan mengurangi peradangan di mata.

Material Phosphorylcholine memiliki kadar air tinggi, sehingga mampu mencegah abrasi kornea. Kandungan ini juga memungkinkan sirkulasi air mata yang lebih lancar. Itulah yang membuat softlens Geolica nyaman digunakan dalam waktu yang panjang sekalipun.

2. Silicon Hydrogel

Silicon Hydrogel adalah material yang paling baik untuk dijadikan lensa kontak karena memungkinkan lebih banyak oksigen melewati lensa untuk menuju ke kornea. Bahkan, tingkatnya sampai 5x lebih baik daripada lensa kontak hydrogel. Makanya, softlens dengan Silicon Hydrogel lebih bisa meminimalisir masalah seperti mata merah, kornea mata kering, dan pembengkakan kornea.

3. PCMLC

PCMLC adalah teknologi yang menanamkan pigmen warna. Posisinya ada di antara dua lapisan tipis material PC. Fungsinya itu untuk mencegah pigmen bersentuhan langsung dengan kornea mata kita. PCMLC telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) USA, loh.

4. UV Blocking

Geolica Holi Cat adalah special series yang menggunakan teknologi mutakhir. Di mana lagi kamu bisa menemukan softlens yang ada anti sinar mataharinya kalau bukan dari produk ini? Dengan teknologi UV Blocking-nya, softlens ini bisa menyerap radiasi UV.

Cara kerjanya adalah dengan mengurangi jumlah radiasi yang mencapai ke permukaan mata. UV Blocking-nya juga akan memberikan perlindungan terhadap transmisi radiasi UV ke kornea mata kita. Bahkan, dibandingkan sunglasses (kacamata hitam), softlens ini lebih bisa melindungi mata dari kemungkikan radiasi matahari, loh.

Soalnya, kacamata tidak melindungi keseluruhan mata kita, karena sinar matahari bisa tembus dari atas atau samping kacamata. Sedangkan softlens ini melekat langsung ke kornea mata, sehingga mata kita pun terlindungi secara sempurna.

Detail

Kita telisik lebih dalam, yuk, tentang Geolica Holi Cat softlens ini! Saya akan membagi pembahasannya menjadi spec, warna, ukuran minus, dan masa hidup softlens-nya.

Spesifikasi

  • Material: PC + Si · Hydrogel UV
  • Water Content: 48%
  • Base Curve (BC): 8.7 mm
  • Lenses Diameter: 14.2 mm
  • Graphic Size: 13.4 mm
  • Center Thickness: (-3.00D) 0.08 mm
  • Color Lens Power Range
  • Dalam satu paket terdiri dari 2 lensa kontak (1 pasang) dengan warna dan ukuran minus yang sama

Warna

Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman! 7

Untuk semua varian Holi Cat, memang desainnya terdiri dari 3-tone yang menggabungkan warna alami seperti dark rim (warna gelap, dalam produk ini menggunakan hitam) agar seperti pinggiran kornea mata sunguhan, putih/krem untuk kilau, dan warna inti di tengahnya. Nah, untuk Geolica Holi Cat Funky Cat XHC502 ini memiliki warna biru.

Sedangkan untuk varian lainnya, ada Sexy Cat yaitu warna cokelat, Barbie Cat yaitu warna light brown, dan City Cat Clear yang tentu saja warnanya bening tapi dengan hint aqua-green. Sekedar informasi, lensa kontak bening memang pasti sedikit berwarna kebiruan. Entah untuk memudahkan dilihat saat pemakaian dan penyimpanan atau mungkin ada hal lainnya juga.

Range Minus

Power available dari +0.00 (plano/normal) hingga -8.00 dengan step 0.25. Tapi, untuk minus di atas 5.50 step-nya naik jadi 0.50. Untuk detilnya seperti ini:

+0.00, -0.50, -0.75, -1.00, -1.25, -1.50, -1.75, -2.00, -2.25, -2.50, -2.75, -3.00, -3.25, -3.50, -3.75, -4.00, -4.25, -4.50, -4.75, -5.00, -5.25, -5.50, -6.00, -6.50, -7.00, -7.50, -8.00.

Life Span

Life span berbeda dengan expired date. Kalau ED alias expired date itu berarti tanggal kadaluwarsa produk. Selama kemasan belum dibuka, maka masa kadaluwarsanya mengikuti tanggal yang tertera di dus kemasan.

Sedangkan life span berarti masa hidup setelah kemasan softlens dibuka. Mau kamu pakai atau tidak, pokoknya kalau kemasan softlens sudah dibuka sudah terhitung berkurang masa hidupnya. Dan, untuk softlens ini life span-nya hanya 3 bulan saja.

Cara Pemakaian

Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman! 9

Pertama-tama, kamu harus memindahkan softlens ke tempatnya terlebih dulu. Buka kemasan dengan memulai dari bagian plastik yang diberi tanda Open. Lalu, tuangkan cairan dan juga softlens ke dalam tempat softlens.

Kemudian, saat akan menggunakan softlens-nya ke mata, pastikan jari tanganmu sudah bersih. Atau, kamu juga bisa menggunakan clamper (pinset dan tongkat) untuk membantu pemasangan softlens.

Urutan memasang softlens ke mata adalah sebagai berikut:

  1. Ambil softlens menggunakan pinset, lalu pindahkan ke tongkat.
  2. Jika kamu akan menggunakan jari tangan, maka cubit dengan jari. Pastikan kamu sudah cuci tangan dan membersihkan kuku. Hati-hati juga kuku kamu malah mengenai mata.
  3. Posisikan softlensnya cekung (melengkung ke dalam) karena menyesuaikan dengan bentuk kornea mata. Pastikan softlens kamu tidak terbalik juga, ya. Ciri-ciri posisi softlens yang benar adalah warnanya lebih pekat di luar dan lebih saru di dalam. Pokoknya, kalau di mata terasa tidak nyaman dan bergeser, itu berarti softlens dalam keadaan terbalik.
  4. Tarik dan tahan kelopak mata (atas dan bawah) menggunakan jari tengah dan jari telunjuk. Lalu, dengan menggunakan jari telunjuk satunya lagi masukkan softlens ke mata.
  5. Paskan posisi softlens, berkedip untuk memastikan letak softlens sudah nyaman. Lakukan yang sama pada mata satunya lagi.

Daya Tahan dan Performa

Nah, sekarang saya akan membahas tentang performa Geolica Holi Cat Contact Lens. Katanya, sih, softlens ini nyaman banget di mata walaupun dipakai seharian. Jadi, saya ingin tahu apakah klaim tersebut benar atau tidak. Yuk, langsung saja, inilah buktinya!

Freshly Applied

Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman! 11

Ketika sudah ada di mata, warna softlensnya kelihatan sekali biru dongkernya. Biasanya warna biru pada softlens di pasaran itu lebih ke biru muda-mendekati abu, jadinya ngejreng banget. Makanya softlens biru identik dengan orang-orang yang berani tampil nyentrik.

Kalau kamu mencari warna biru yang lebih deep, cuma Geolica Holi Cat saja, sih, kayaknya yang menyediakan. Soalnya saya sudah melanglang buana di dunia per-softlens-an sejak tahun 2011, tapi saya belum pernah menemukan softlens warna biru dongker. Dan baru sekarang saja ketemu.

Biasanya kalau suatu produk softlens kualitas bahannya kurang baik, akan langsung terasa tak nyaman walau baru satu detik dipakai. Tapi, Geolica Holi Cat ini tidak ada masalah sama sekali. Tak ada juga perasaan mengganjal, seakan-akan saya tidak sedang menggunakan softlens.

After 4 Hours

Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman! 13

Sebenarnya kalau softlens ini baru banget dibuka, terasa sangat nyaman di mata walau saya pakai sampai 8 jam sekalipun. Bahkan selama itu saya tidak merasa membutuhkan artificial tears alias obat tetes softlens.

Akan tetapi, karena terhitung sudah hampir 3 bulan, berarti mendekati shelf life-nya, durasi kenyamanan softlens ini jadi berkurang. Makanya, di jam ke-4 mata saya sudah mulai terasa kering dan ada sedikit kemerahan.

Itu tandanya saya harus menggunakan obat tetes softlens, atau bahkan mungkin melepas softlensnya. Setelah saya tetesi obat memang mata saya sudah kembali membaik, jadi tak ada masalah. Tak terasa gatal ataupun mengganjal. Memang softlens ini sesungguhnya long wearing. Hanya saja, karena sudah mendekati masa hidupnya, performanya jadi berkurang.

Sebelumnya, saya sudah sering pakai softlens ini, baik di luar ruangan saat panas terik, di ruangan dingin ber-AC, dibawa lari, terkena air wudhu, semuanya tidak ada masalah. Berarti kalapun terkena keringat dan air, softlens ini tidak ada masalah. Terus, mau humidity-nya seperti apapun juga softlens ini tetap baik kondisinya.

Tapi jika untuk dipakai berjam-jam di depan komputer sambil bekerja, softlens manapun juga pasti kurang nyaman. Membuat mata terasa cepat lelah. Mungkin karena mata saya minus dan silindris, ya, sedangkan softlens ini hanya minus saja tak ada silindrisnya.

Kesimpulan

Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman! 15

Geolica Holi Cat Contact Lens ini the best contact lens I've ever used. Selama ini saya tidak pernah spend budget lebih dari 150 ribu untuk softlens. Karena, saya merasa barang ini cepat sekali habis masa hidupnya, sehingga menginvestasikan banyak uang di sini kurang worth it.

Tapi, setelah mengenal Geolica, saya berubah pikiran. Rasanya mengeluarkan uang lebih dari 200 ribu itu sepadan kalau kenyamanan seperti ini yang akan saya dapatkan.

Pros

  • Warnanya cantik, berbeda dengan warna softlens biru pasaran
  • Diameternya pas di kornea mata saya, jadi tidak geser-geser selama pemakaian. Saya biasa pakai ukuran diameter 14, sedangkan produk ini 14,2 jadinya mata saya terlihat sedikit lebih besar tapi tidak ganggu.
  • Betul-betul nyaman dipakai dalam waktu yang panjang
  • Tak membutuhkan banyak obat tetes softlens
  • Di kemasan boks, ada part di mana kita bisa melihat isi softlens-nya secara langsung. Jadi tak perlu membayangkan dari katalog. Karena kadang warna softlens berbeda dengan produk aslinya.
  • Mengandung UV Block! Canggih banget, bukan?
  • Softlensnya lembut dan tipis, sehingga tidak terasa mengganjal di mata. Walau tipis, softlensnya tetap kuat, jadinya tidak bakal sobek ataupun rusak

Cons

  • Tidak ada daftar ingredients yang jelas, karena hanya tersedia dalam hangul saja
  • Pasaran harga middle-end, yaitu $ 23.00 (Rp 200.000 ke atas kalau di Indonesia)
  • Masa hidup softlens singkat, hanya 3 bulan saja, padahal harganya yang lumayan tinggi

Harga & Tempat Membeli

Review Geolica Holi Cat Contact Lens, Softlens Ternyaman! 17

Geolica Holi Cat Contact Lens dipasarkan di e-commerce seperti Shopee dan Lazada. Kalau tertarik, kamu bisa membelinya dengan klik link di atas, ya. Menurut saya, ini adalah softlens paling nyaman dengan harga yang masih reasonable, walau saya berharap setidaknya untuk harga segitu bisa dipakai sampai 6 bulan.

Anyway, softlens ini layak banget dicoba, malah kamu mungkin juga menjadikannya softlens andalan. Varian Holi Cat saja pilihan warnanya beragam, terus ukuran minusnya banyak; dari kecil sampai besar. Belum lagi varian lainnya dari Geolica yang menarik untuk dicoba.

Apa kamu pernah mencoba softlens dari Geolica juga, khususnya series Holi Cat? Kalau sudah, ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar, yuk. Baca juga rekomendasi softlens bagus lainnya dari Kamini.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram