Review Implora Midnight Serum, Pencerah Kulit Saat Tidur

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Oktober 2021

Serum Implora sangat menghebohkan para beauty enthusiast, terutama yang suka sama produk-produk lokal. Bagaimana tidak, Implora yang dulu hanya mengeluarkan produk kosmetik, pewarna rambut, dan parfum mengekspansi label mereka dengan menambahkan produk perawatan kulit.

Dalam sekali perilisan, Implora mengeluarkan 4 macam serum. Di antaranya ada Implora Peeling Serum, Implora Acne Serum, Implora Luminous Brightening Serum, dan Implora Midnight Serum. Dengan klaim dan visual produk yang menarik, serum-serum Implora langsung membuat banyak orang jatuh hati.

Apalagi ditambah dengan harganya yang hanya Rp 35.000 saja per produk. Jika dibandingkan serum lokal lainnya, Implora Serum 1/3 lebih murah.

Akan tetapi, klaim yang ditawarkan kurang lebih sama dan sudah mendapatkan ribuan ulasan positif dari penggunanya. Sekarang, Kamini mau mengulas salah satu serum-nya, yaitu Implora Midnight Serum yang mengkhususkan masalah-masalah penuaan kulit.

Tentang Produk

Review Implora Midnight Serum, Pencerah Kulit Saat Tidur 1

Implora Midnight Serum merupakan solusi untuk aging skin. Produk ini dilengkapi dengan kandungan galactomyces, hydrolyzed pea protein, Hamamelis Virginiana, dan Coriandrum Sativum.

Fungsi utama serum-nya adalah untuk memerangi tanda penuaan seperti mengurangi tampilan flek hitam, mengencangkan kulit kendur, serta mencerahkan kulit yang nampak kusam. Kulit kamu juga akan lebih ternutrisi dan lembab. Gunakan sebagai bagian dari rejimen skincare malammu, ya. Serum ini cocok untuk semua jenis kulit, loh.

Klaim & Benefit

  • Aman untuk all skin types.
  • Dapat mengatasi masalah-masalah kulit aging.
  • Mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Kemasan

Review Implora Midnight Serum, Pencerah Kulit Saat Tidur 3

Walaupun harganya tergolong terjangkau, Implora Midnight Serum tidak asal-asalan dalam memvisualisasikan kemasannya. Boksnya kokoh dan aman. Botol serum-nya pun terbuat dari kaca tebal dan pipetnya enak dipencet. Setiap produk Implora Serum didominasi warna putih, tapi ada aksen yang berbeda warna untuk setiap variannya.

Untuk Implora Midnight Serum, list warnanya itu biru tua metalik. Jadi, selain dari namanya, list warna ini juga akan membantu kamu supaya tidak salah beli. Di kemasan luar (dus) terdapat informasi yang lengkap mengenai produk ini.

Jangan buang dusnya kalau kamu mau mempelajari serum ini lebih lanjut, karena info yang ada di kemasan inti produk tidak selengkap yang ada di dusnya.

Review Implora Midnight Serum, Pencerah Kulit Saat Tidur 5

Nah, ini dia visualisasi Implora Serum! Seluruh varian serum memiliki kemasan yang sama, yaitu botol kaca berukuran mungil lebar dengan aplikator pipet. Botolnya semi-transparan, jadi kamu bisa lihat isi serum-nya itu berwarna agak kekuningan, ya.

Untuk dominasi warnanya sendiri sama seperti dusnya, yaitu putih dengan list biru. Di botol serum ada informasi tentang cara pakai, tanggal expired, nomor BPOM, dan logo-logo beauty products.

Ya, seperti yang saya katakan sebelumnya, di botol serum ini informasinya tidak terlalu lengkap. Jadi, kalau kamu mau baca-baca terus keterangan lengkapnya, dus serum sebaiknya tidak kamu hilangkan.

Review Implora Midnight Serum, Pencerah Kulit Saat Tidur 7

Warna pipetnya sama seperti keseluruhan warna kemasan serum, yaitu putih. Menurut saya, untuk ukuran serum di bawah Rp 40.000, pipetnya enak banget dipencet. Tidak ada rasa keras ataupun terlalu lembek, pas.

Untuk panjang pipetnya pun pas sehingga bisa mengambil produk serum sampai tetes terakhir. Tapi, karena karet pipetnya berwarna putih, saya khawatir akan menguning seiring waktu.

Ingredient List

Review Implora Midnight Serum, Pencerah Kulit Saat Tidur 9

Jika dilihat dari info yang ada di dusnya, list kandungan Implora Midnight Serum cukup banyak, ya.. Packed banget, padahal harga serum-nya terjangkau. Jadi penasaran, kan, serum ini punya kandungan apa saja? Inilah daftarnya.

Full Ingredients

Aqua, Galactomyces Ferment Filtrate, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Glycerin, Ethoxydiglycol, Hydrolyzed Pea Protein, Pentylene Glycol, Sodium Lactate, Sodium PCA, DMDM Hydantoin, Acrylates/​C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hydroxypropyl Methylcellulose, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Polysorbate 20, Phenoxyethanol, Tetrasodium EDTA, Coriandrum Sativum Fruit Extract, Sodium Hydroxide, Olea Europaea Fruit Extract, Triethanolamine, Fructose, Glycine, Inositol, Lactic Acid, Niacinamide, Urea, Iodopropynyl Butylcarbamate, Sodium Benzoate, Terry-Dry Freeze Dried Or Spray Dried Aloe Vera Powders, Sodium Chloride, Benzoic Acid.

Key ingredients

  • Niacinamide

Dengan maraknya skincare enthusiast Indonesia sekarang ini, kayaknya semua orang sudah tahu apa itu niacinamide. Vitamin B3 ini merupakan bahan superstar, makanya sering dimasukkan ke berbagai produk skincare hingga kosmetik. Fungsinya adalah sebagai cell-communicating ingredient, pencerah kulit, pelembab (humektan), dan anti jerawat.

  • Lactic Acid

Bahan super lainnya, adalah asam laktat. Kamu mungkin mengenalnya dalam nama AHA. Ini adalah AHA ke-2 yang paling banyak diteliti setelah asam glikolat. Kandungan ini memiliki manfaat sebagai eksfoliator, pelembab (humektan), dan buffering.

Dengan lembut, zat ini akan mengangkat sel-sel kulit mati agar sel kulit yang baru dan lebih halus dapat menampakkan wujudnya. Penggunaan AHA pada pagi-sore hari kurang tepat, karena AHA tidak akur dengan sinar matahari.

Oleh karena itu, jika kamu menggunakan produk yang mengandung AHA pada waktu tersebut, wajib dibarengi dengan tabir surya. Makanya, Implora membuat serum ini sebagai Midnight Serum agar kamu menggunakannya pada malam hari saja, supaya lebih aman.

  • Olea Europaea Fruit Extract

Olea Europaea Fruit Extract adalah Ekstrak Buah Zaitun. Dalam perawatan kulit, Ekstrak Zaitun dapat memperlambat munculnya penuaan, memurnikan dan menyehatkan kulit, menenangkan iritasi dan mengurangi kemerahan, memperbaiki kerusakan, menghidrasi, meningkatkan sirkulasi darah, dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

  • Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract

Witch Hazel Leaf Extract bermanfaat untuk menenangkan kulit, antimikroba/antibakteri, dan astringen. Sebenarnya ini tidak tertera dalam klaim produk, ya, tapi dilihat dari manfaatnya, Witch Hazel Leaf Extract bukan zat yang buruk untuk ditambahkan ke dalam serum.

Impresi

Nah, langsung saja kita continue ke pembahasan first impression Implora Midnight Serum. Teksturnya seperti apa, kemudian aromanya seperti apa, yuk, langsung simak.

Tekstur & Swatch

Review Implora Midnight Serum, Pencerah Kulit Saat Tidur 11

Implora Midnight Serum memiliki warna bening dengan sedikit hint kuning. Sebenarnya waktu awal datang, serum ini nampak bening putih. Seiring pemakaian, ia menguning dengan sendirinya. Padahal saya menyimpan serum-nya di dalam lemari dan tidak terkena sinar matahari sama sekali.

Sedangkan teksturnya sangaaaat watery. Dari tekstur dan warnanya, produk ini lebih mirip face oil daripada serum. Baru ditetes ke kulit, langsung meluncur. Makanya, disarankan supaya kamu menampung serum-nya di telapak tangan terlebih dulu alih-alih meneteskannya langsung pada wajah.

Wangi

Saya mencium ada aroma, tapi tipis sekali. Saya kurang tahu pastinya ini aroma apa, tapi seperti rempah. Bukan wangi vanilla, fruity, apalagi artifisial. Jika dilihat dari ingredient list pun tak ada kandungan parfum. Jadi, kemungkinan aroma ini datang dari bahan alami.

Performa

Saya akan memberi tahu kamu semua bagaimana performa Implora Midnight Serum. Saya sudah menggunakannya selama kurang lebih dua bulan sebenarnya, tapi saya memfoto buktinya pada hari ke-40.

Cara Pemakaian

Untuk menggunakan Implora Midnight Serum, bersihkan wajah dari kosmetik dan kotoran terlebih dulu, kemudian cuci muka. Jika sudah, gunakan toner (jika ada), dan kemudian lanjutkan dengan Serum Implora. Untuk sekali pemakaian wajah, biasanya membutuhkan 2-3 kali pipet. Lanjutkan dengan krim malam, dan pergilah tidur!

Baca juga: Inilah Cara Memakai Serum Wajah dengan Urutan yang Benar

Hasil

Review Implora Midnight Serum, Pencerah Kulit Saat Tidur 13

Kalau dilihat pada foto before after, kayaknya kulit saya yang setelah menggunakan Serum Implora nampak lebih buruk, ya. Akan tetapi, sebenarnya tidak begitu. Karena foto before itu saya foto pakai kamera saja, sedangkan foto after-nya saya tambah ring light. Jadi, pasti akan nampak lebih jelas lagi fotonya.

Saya justru merasa kondisi kulit saya jadi lebih baik setelah menggunakan Serum Implora ini. Saya mengalami masalah kulit seperti flek-flek kecoklatan, pori-pori besar, kulit kering, redness di sudut hidung, mata panda, dan komedo. Nah, dengan Midnight Serum-nya Implora, saya merasa pori-pori shrink secara signifikan.

Untuk melembabkan kulit lumayan membantu, tapi tidak maksimal. Tetap saja pagi harinya saya wajib pakai pelembab, bahkan face oil kalau kulit terasa kering banget. Untuk mengencangkan kulit mungkin agak ngaruh, ya, karena saya merasa kulit jadi terasa kenyal.

Walaupun, saya tidak merasakan manfaat dalam segi mencerahkan kulit. Jadi, flek kecoklatan di seluruh pipi saya masih nampak jelas tanpa memudar sama sekali. Sayang, sih, klaim-klaimnya banyak yang kurang tepat.

Tapi, mungkin saja produk ini lebih mantul di wajah kamu walaupun tidak terlalu ngaruh yang signifikan banget di kulit saya. Karena, yang namanya skincare pasti cocok-cocokkan.

Kesimpulan

Review Implora Midnight Serum, Pencerah Kulit Saat Tidur 15

Pertama-tama, saya salut dengan breakthrough yang dilakukan Implora. Karena, selama ini belum ada brand lokal apalagi luar negeri yang berani mengeluarkan skincare (terutama serum) yang harganya sangat terjangkau tapi memiliki kualitas yang baik. Mulai dari kemasan hingga produknya itu sendiri, Serum Implora sudah sangat bagus.

Implora Midnight Serum dan varian serum Implora lainnya pun sangat menarik untuk dicoba, walau varian yang dikeluarkan belum terlalu banyak. Semoga ke depannya Implora akan menambah varian serum-nya, ya.

Untuk Implora Midnight Serum sendiri, walau saya telah menggunakannya selama 2 bulan, tidak menampakkan kemajuan bagi aging skin problem seperti yang dijanjikan pada klaim. Akan tetapi, mengingat harga serum yang terlampau terjangkau, rasanya ya wajar-wajar saja kalau serum ini perlu waktu yang lebih lama untuk menampakkan hasil maksimal.

Pros

  • Harganya sangat affordable.
  • Packaging dus aman & kokoh.
  • Kemasan botol serum terbuat dari kaca yang cukup tebal, tapi tidak terasa berat.
  • Pipet empuk dan bisa mengambil serum dengan baik.
  • Tekstur serum cepat meresap ke dalam kulit.
  • Mungkin karena teksturnya liquidy, serum ini jadinya awet banget. Dalam 2 bulan pemakaian, serum ini hanya berkurang sedikit saja dari kemasannya.
  • Pipetnya tidak mudah macet.
  • Sudah ada nomor BPOM NA18212000244.

Cons

  • Tekstur serum terlalu encer & meninggalkan sedikit sensasi lengket setelah diaplikasikan.
  • Tidak menunjukkan hasil yang berarti selama 2 bulan pemakaian.
  • Botol dari kaca, saat dibawa traveling harus berhati-hati.
  • Belum bersertifikasi halal [terhitung Oktober 2021]

Harga & Tempat Membeli

So, itulah Implora Midnight Serum review dari Kamini. Untuk hasilnya memang masih jauh dengan klaim yang dijabarkan Implora. Akan tetapi, karena harganya terjangkau, jadi masih bisa 'dimaafkan'. Baca juga ulasan Kamini untuk Implora Acne Serum dan Implora Luminous Brightening Serum, ya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram