Review OT x MAD Serum Infused Eye Papalette, Eyeshadow Amer!

Sesuai konsepnya, yaitu rebel, Mad For Makeup memang sering meluncurkan produk yang tak terduga. Seperti kolaborasinya kali ini yang mengajak merek Orang Tua untuk menciptakan sebuah eyeshadow palette, produk bernama OT x MAD Serum Infused Eye Papalette ini terinspirasi dari anggur merah (amer) cap Orang Tua.

Walaupun minuman amer beralkohol dan terhitung Desember 2021 belum ada sertifikasi halalnya, MAD mengklaim kalau Papalette sama sekali nggak mengandung alkohol dan diproses secara halal. Jadi, bagi yang muslim, kamu nggak perlu ragu kalau mau pakai eyeshadow ini, ya. Penasaran dengan produk ini? Yuk, langsung saja simak ulasannya dari Kamini di bawah ini!

Tentang Produk

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette

Diproduksi dengan 0% alkohol, OT x MAD Serum Infused Eye Papalette adalah palet eyeshadow yang super fun! Di dalam palet ini terdiri dari 5 eyeshadow shimmer (non-aluminium), 3 eyeshadow matte yang pigmented, serta 1 eyeshadow satin yang lembut. Kesembilan warnanya wearable, cocok dipadukan satu sama lain, serta vibes-nya bisa dipakai untuk day maupun night look.

Fun Fact!

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 2

Dirilis pada 5 November 2021 silam, rupanya jauh sebelum itu MAD dan OT sudah membahas produk ini cukup lama. Lebih tepatnya mereka menggarap OT x MAD Serum Infused Eye Papalette selama 6 bulan! Pantas produknya nggak asal-asalan, ya? Mulai dari konsep, kemasan, warna eyeshadow, hingga formulasi eyeshadow-nya semuanya perfect!

Klaim & Benefit

  • Palet eyeshadow infused pertama di Indonesia
  • Produksi halal & nggak dites pada hewan
  • Hadir dalam 9 warna (5 matte, 4 shimmer) yang blendable dan cocok untuk segala suasana
  • Dibuat dari clean ingredients dengan tambahan avocado oil dan algae
  • Minimal fallout & non-crease
  • Tahan lama up to 6 hours

Kemasan

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 3

Kemasan OT x MAD Serum Infused Eye Papalette ini sangat menawan. Kemasan paling luarnya terbuat dari plastik mika yang kokoh dengan warna putih dan ungu semi transparan. Terdapat logo Orang Tua dan Mad di sana. Kita juga sudah bisa melihat visual palet eyeshadow-nya dari luar.

Kemasan inti produk merupakan campuran antara warna matte dan glossy. Di bagian depan ada gambar animasi seorang kakek yang merupakan logo OT.

Lalu, di bagian belakangnya ada kandungan, perusahaan produksi & distributor, beauty logo, tanggal kadaluwarsa, tanggal PAO, dan nomor BPOM. Shoutout juga untuk desain bunga-bunga di pinggiran kemasannya, looks pretty!

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 4

Saat dibuka, saya langsung disambut oleh tray eyeshadow OT x MAD Serum Infused Eye Papalette. Total ada 9 warna yang meliputi warm colors, yakni cokelat, ungu dan oranye. Tray-nya berbentuk bulat dan cukup besar, mungkin karena warnanya nggak lebih dari sepuluh.

Varian warnanya sangat cantik dan wearable untuk makeup sehari-hari maupun acara penting. Lalu, palet ini sudah dilengkapi cermin yang besar, jadinya bisa lebih teliti buat mengaplikasikan eyeshadow-nya dari dekat.

Ingredient List

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette diklaim sebagai makeup yang diinfus dengan kandungan skincare. Nah, saya jadi penasaran, kira-kira apa saja kandungannya? Simak pembahasan di bawah ini, yuk!

Full Ingredients

Synthetic Fluorphlogopite, Mica, Dimethicone, Calcium Aluminum Borosilicate, Silica, Polyethylene, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2, Ethylhexyl Palmitate, Boron Nitride, Nylon-12, Magnesium Stearate, Water, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Polyisobutene, Phenoxyethanol, 1,2-Hexanediol, Ethylhexylglycerin, Tin Oxide, Methylpropanediol, Hexylene Glycol, Hydroxyacetophenone, Sargassum Fusiforme Extract.

Key ingredients

  • Laminaria Digitata (Alga) Extract

Algae extract bukan cuma satu benda saja, loh, melainkan ekstrak dari berbagai spesies algae (ganggang). Uniknya, nggak ada batasan berapa jenis algae yang bisa dicampur, karena ada 20.000 macam ganggang yang bisa digunakan untuk skincare dan kosmetik.

Zat ini bisa membantu kulit menarik air dan bertindak sebagai humektan. Di dalam produk kosmetik, algae biasanya bekerja sebagai emolien dan kondisioner kulit.

  • Persea Gratissima (Avocado) Oil

Persea gratissima adalah nama latin alpukat. Minyak dari buah ini merupakan sumber asam lemak yang sangat baik untuk kulit, seperti asam linolenat omega-3, asam linoleat omega-6, asam oleat, dan beta sitosterol. Minyak alpukat juga memiliki antioksidan alami yang baik, seperti vitamin A, C, D, dan E.

Minyak alpukat bekerja pada permukaan kulit untuk menjaga kelembapan dan mencegahnya kehilangan air yang dapat menyebabkan dehidrasi. Intinya, zat ini akan menghaluskan, melembutkan, sekaligus menenangkan kulit. Unik sekali bila di dalam makeup mata ada kandungan seperti ini, bukan?

  • Ethylhexylglycerin

Ethylhexylglycerin adalah pengawet alami dan agen pengkondisi kulit yang terbuat dari gliserin nabati. Biasanya, zat ini diambil dari kelapa atau minyak sawit. Selain bekerja sebagai pengganti paraben, ethylhexylglycerin juga menjaga pembentukan bakteri dan kuman pada produk. Sementara aspek gliserinnya membuat produk jadi terasa lembut di kulit.

After all, nggak ada bahan yang aneh dari daftar di atas. Lagipula, produk ini sudah lulus sertifikasi BPOM yang berarti aman untuk digunakan konsumen.

Impresi

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 5

Cantik, itulah kata yang terucap di benak saya ketika melihat warna-warna eyeshadow ini. Lantas, bagaimana dengan formulasinya? Apakah benar sesuai klaimnya? Langsung saja kita buktikan bersama-sama!

Tekstur

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette memiliki tekstur yang very smooth. Bahkan bagian eyeshadow shimmer pun punya butiran yang nggak terasa menyakitkan. Saat di-swatch dengan jari, bisa dibilang nggak ada fallout sama sekali, saking sedikitnya. Walaupun ini pressed powder, eyeshadow ini agak buttery kalau menurut saya.

Swatch

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 6

MAD dan OT menamai tiap warna eyeshadow-nya dengan tema kebersamaan. Kebiasaan yang kita lakukan dengan teman-teman, dengan menggunakan bahasa yang kekinian. Sangat cocok dengan keseluruhan tema produknya. Warna-warna eyeshadow OT x MAD ini tampak dengan sangat indahnya. Nggak perlu banyak swatching, warnanya langsung keluar.

Wangi

Walaupun MAD berkolaborasi dengan Orang Tua, tapi eyeshadow ini nggak ada bau anggurnya. Kalau dicium, nggak ada bau yang berarti dari produk ini. Di daftar ingredients pun nggak ada tulisan parfum, jadi memang nggak mungkin punya wangi.

Daya Tahan dan Performa

Sekarang, bagaimana daya tahan dan performa OT x MAD Serum Infused Eye Papalette? So far, produk ini sudah bagus dari segi konsistensi dan swatch. Tinggal pembuktiannya, apakah benar produk ini bisa tahan sampai 6 jam?

Cara Pemakaian

Kamu bisa aplikasikan produk ini pakai eyeshadow brush maupun jari, loh. Soalnya, tekstur produk ini lembut banget dan gampang di-blend, jadi kalau pun kamu pakai jari masih bisa kelihatan bagus hasilnya. Ekspresikan dirimu dengan mencoba perpaduan beberapa warna sekaligus!

Tips & Trik

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 12

Saya mencoba OT x MAD Serum Infused Eye Papalette dengan dua langkah berbeda. Di mata sebelah kanan, saya bubuhkan eyeshadow primer, sedangkan di mata kiri saya nggak. Ini untuk membuktikan hasil dan kekuatan Papalette, apakah akan berbeda jika sebelumnya dipakaikan primer.

Saya memiliki kulit kering, sehingga pada bagian mata pasti crease walaupun nggak dipakaikan riasan mata sama sekali. Mungkin bisa dilihat, kalau kulit kelopak mata saya lebih lembut pada area yang saya beri primer. Sementara mata kiri yang nggak diberi primer kelihatan ada lipatan dan tumpukan dari CC cream yang sebelumnya saya pakai.

FYI, area kulit mata memang lebih tipis dan sensitif dibandingkan area lainnya. Dan, bagi kulit saya yang kering, kelopak mata merupakan area yang sering terasa perih. Ketika saya menggunakan makeup mata, seringkali muncul crease bahkan eyeshadow tampak 'patah' setelah beberapa jam. Makanya, saya berharap banyak pada Papalette karena diklaim punya banyak agen pelembap.

Kemudian, setelah saya bubuhkan Papalette, ternyata nggak terasa perbedaan yang berarti antara kelopak mata yang ada primer-nya maupun nggak. Karena, hasil eyeshadow-nya sama-sama mulus dan pigmentasinya juga kurang lebih sama.

Walau saya akui penggunaan eyeshadow primer pasti ada benefit-nya, tapi nggak terlalu kentara, kok. Dengan ataupun tanpa primer, Papalette tetap pigmented dan nggak crease.

Oh, ya, eyeshadow ini juga betul hanya sedikit fallout saja. Itu pun cuma di palet, saat aplikasi bisa dibilang nggak ada butiran eyeshadow yang jatuh sama sekali. Udah gitu, nge-blend eyeshadow-nya gampang banget. Suka, deh, sama Papalette!

Hasil Pemakaian

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 7

Saya pakai OT x MAD Serum Infused Eye Papalette dengan intensitas dan cara yang sama di kedua mata saya. Totalnya, saya menggunakan empat warna seperti yang sudah saya tuliskan di gambar. Bisa dilihat kalau pada mata kanan (pada foto berarti yang kiri), warna eyeshadow lebih nyata, ya.

Tapi, warnanya nggak terlalu jauh juga dengan mata kiri yang nggak saya bubuhkan primer. Karena, pigmentasi eyeshadow ini memang sudah cukup baik. Saya juga mau shoutout kelembutan eyeshadow ini.

Tadinya, kelopak mata kiri saya crease dan menyebabkan tampak ada crease pada lipatan CC cream-nya. Tapi, setelah diberi eyeshadow, nggak ada patahan garis kelopak mata lagi dan eyeshadow ini juga nggak buyar.

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 8

Ini foto zooomed out. Hasilnya natural, ya? Cocok sekali buat riasan mata sehari-hari. Pilihan warna di dalam OT x MAD Serum Infused Eye Papalette memang natural semua.

Saya pikir untuk membuat tampilan bold akan cukup sulit, perlu berkali-kali swatch, membutuhkan eyeshadow primer yang jempolan, serta bantuan concealer juga. Tapi, menurut saya look ini sudah cukup untuk ngantor, hangout, atau ke pesta.

Baca juga: Cara Memadukan Warna Eyeshadow

Kesimpulan

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 9

Saya nggak berencana mengetes OT x MAD Serum Infused Eye Papalette dengan tidur sebenarnya, tapi saya nggak sengaja tertidur. Dan, saya kaget melihat riasan mata saya masih 80% utuh. Memang, intensitas warnanya memudar, tapi senggaknya eye makeup saya masih ada. Padahal saya memakai eyeshadow ini lebih dari waktu klaim. Keren, ya?

Pros

  • Kemasan, konsep, dan warna cantik!
  • Eyeshadow-nya pigmented & blendable
  • Minim fallout
  • Cocok untuk bikin eye makeup natural look

Cons

  • Harganya lumayan pricey
  • Range warna kurang luas

Harga & Tempat Membeli

OT x MAD Serum Infused Eye Papalette 16

Best eyeshadow dari merek lokal, kalau menurut saya. Dari packaging ke formula, semuanya tingkat dewa. Memang harganya lumayan tinggi. Tapi, dengan harga tersebut, kamu sudah dapat palet eyeshadow yang menawan dengan 9 warna yang pigmented.

Saya sudah mencoba beberapa eyeshadow lokal, dan OT x MAD Serum Infused Eye Papalette adalah yang terbaik. Bagimana, apa kamu setuju dengan saya? Share jawabanmu lewat kolom komentar di bawah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram