6 Rekomendasi Skincare Retinol untuk Menyambut Usia 30an

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 19 Juni 2021

Menjelang usia 30 tahun, kulit semakin butuh perawatan agar kesehatannya tetap terjaga dan tanda penuaan melambat. Untuk merawat kulit dari tanda-tanda penuaan, retinol bisa menjadi andalan kamu agar kulit tidak kendur dan bebas dari masalah kulit lainnya.

Retinol sendiri adalah bahan aktif turunan dari vitamin A. Jenis-jenis retinol sendiri sebenarnya beragam. Mulai dari vitamin A terkuat – tazaroten, retinoid acid, retinol, retin-A, hingga adapalen yang bekerja untuk kulit sensitif.

Manfaat Retinol Untuk Kulit Menjelang Usia 30

Manfaat Retinol Untuk Kulit Menjelang Usia 30

Walau retinol sudah lama dikenal sebagai bahan aktif penangkal tanda-tanda penuaan, namun tahukah kamu jika retinol juga punya manfaat lain yang tidak kalah menarik? Maka dari itu penggunaan retinol tidak melulu mencegah keriput saja.

Dokter kulit biasanya meresepkan produk retinol untuk mengatasi jerawat yang tingkat keparahan ringan hingga sedang. Cara kerja retinol sendiri yaitu dengan membuka pori-pori agar obat jerawat lain mudah terserap kulit.

Jika kamu rutin menggunakan retinol, tentunya kulit pun akan terhindar dari resiko jerawat datang lagi. Retinol juga bekerja dengan mengurangi produksi minyak berlebih serta meredakan masalah peradangan pada kulit, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori yang biasanya menyebabkan jerawat. Manfaat lengkap skincare yang mengandung retinol juga bisa kamu baca di sini.

Berbagai Produk Retinol untuk Menyambut Usia 30an

Berbagai Jenis Produk Retinol

Produk retinol cenderung beragam, bahkan retinol tidak melulu hadir dalam bentuk salep. Kalau kamu ingin coba-coba terlebih dahulu, atau bahkan sedang mencari produk retinol yang lebih nendang, coba cek jenis-jenis produk retinol di bawah ini!

1. Erto's Retinol Serum

6 Rekomendasi Skincare Retinol untuk Menyambut Usia 30an 3

Produk retinol sudah lama dikenal sebagai bahan aktif yang tergolong menguras dompet. Memang sudah bukan rahasia lagi kalau produk anti-aging hampir banyak dibanderol dengan harga mahal. Akan tetapi bukan berarti tidak ada produk anti-aging yang murah.

Kamu bisa coba serum retinol satu ini, Erto’s Retinol Serum. Selain diperkaya dengan retinol, serum ini juga diperkaya dengan aloe vera, allantoin, dan minyak kacang kedelai yang berfungsi untuk menghidrasi, meratakan warna kulit, serta mengenyalkan kulit.

Serum multifungsi ini dikemas dalam kemasan berisi 20ml produk dan dibanderol mulai dari 110.000an saja. Kamu juga bisa dapatkan produk Erto’s ini di link yang telah Kamini sediakan.

2. Avoskin Miraculous Retinol Toner

6 Rekomendasi Skincare Retinol untuk Menyambut Usia 30an 5

Jika sebelumnya retinol hadir dalam bentuk serum dan lotion, retinol satu ini hadir dengan bentuk berbeda. Bahkan toner satu ini bisa jadi “pembuka jalan” untuk kamu yang masih takut coba-coba dengan retinol.

Avoskin Miraculous Retinol Toner adalah toner dari satu rangkaian Miraculous Retinol. Mengandung 1% actosome retinol – yakni retinol yang lebih stabil dan bekerja lebih ringan di kulit, sehingga aman dipakai kulit sensitif. Produk ini diperkaya juga dengan niacinamide 3%.

Karena kaya akan bahan aktif, toner ini benar-benar memberikan kesegaran serta manfaat lain bagi kulit. Selain mengencangkan kulit, toner ini mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Sehingga kulit menjadi lebih sehat sekaligus menangkal tanda-tanda penuaan dini.

3.  For Skin’s Sake Retinol Serum 

6 Rekomendasi Skincare Retinol untuk Menyambut Usia 30an 7

Inovasi dari ragam skincare lokal tidak ada habisnya, tidak terkecuali dari For Skin’s Sake (FSS). Brand ini sejak awal sudah memperkenalkan produk retinol, mulai dari pelembap hingga serum. Nah, produk unggulan retinol dari FSS adalah Retinol Serum.

Serum dari FSS ini tidak hanya mengandung retinol 0,1%, namun diperkaya pula dengan hyaluronic acid, jojoba oil, dan vitamin E. Ketiganya mampu memberikan nutrisi pada kulit, mengurangi resiko iritasi, kulit kering, serta melembapkan kulit.

4. Somethinc Level 1% Retinol Serum

6 Rekomendasi Skincare Retinol untuk Menyambut Usia 30an 9

Berawal dari merilis rangkaian produk makeup, Somethinc terus melakukan inovasi yang tidak ada habisnya. Berawal dari rangkaian serum niacinamide, hyaluronic acid, dan akhirnya Somethinc pun merilis jagoannya yakni Level 1% Retinol Serum.

Presentasi retinol pada skincare milik Somethinc ini terbilang cukup tinggi. Namun jangan khawatir, serum Somethinc ini memiliki teknologi enkapsulasi yang membuat kerja serum menjadi perlahan dan langsung bekerja ke bagian kulit terdalam. 

Walau persentase retinol-nya cukup tinggi, namun serum ini juga sudah dilengkapi dengan ceramide dan hyaluronic acid yang berfungsi untuk melembapkan serta mengurangi resiko iritasi pada kulit. Jadi tidak akan ada lagi cerita kulit yang kekeringan karena perawatan dengan retinol.

5. Votre Peau Retinol Serum 

6 Rekomendasi Skincare Retinol untuk Menyambut Usia 30an 11

Votre Peau Retinol Serum adalah produk serum andalan yang diracik langsung oleh Maharis Klinik untuk menangkis tanda-tanda penuaan. Retinol dari Votre Peau ini mengandung 1% Retinol. Konsentrasi ini terbilang cukup tinggi, terlebih untuk produk setara serum.

Walaupun serum retinol ini memiliki konsentrasi cukup tinggi, namun sudah dipastikan serum ini akan terasa nyaman di kulit. Pasalnya serum ini juga diperkaya dengan ceramide yang mampu melembapkan, menghaluskan, serta mengurangi resiko kulit kering karena penggunaan retinol. 

Serum dari Votre Peau ini tersedia dalam dua varian, mulai dari 10ml yang dibanderol dengan harga Rp. 115 ribu dan 30ml yang dibanderol dengan harga Rp. 345 ribu.

6. Beaussentials Anti-Aging Cream + Vitamin Gel 

6 Rekomendasi Skincare Retinol untuk Menyambut Usia 30an 13

Salah satu produk lokal yang perlu diperhitungkan adalah krim retinol milik Beaussentials. Krim Beaussentials Anti-Aging + Vitamin Gel ini sejenis pelembap bertekstur gel yang mengandung retinoid yang mampu melawan tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, bagi kulit yang sudah tidak lagi muda, krim ini mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap terjaga elastisitasnya. Walaupun efek samping retinol membuat kulit menjadi kering, untuk krim satu ini tentunya tidak akan berlaku.

Pasalnya krim ini juga diperkaya dengan aloe vera gel dan Vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan begitu, krim ini mampu menangkal resiko kering dan iritasi pada kulit. Beaussentials Anti-Aging Cream ini bisa kamu dapatkan melalui link yang telah Kamini sediakan.

Itu dia berbagai macam retinol yang patut kamu coba, baik untuk pemula hingga produk yang pas untuk kamu yang ingin ‘naik kelas’! Apalagi untuk kamu yang sudah menjelang usia 30, jelas kamu butuh sesuatu yang lebih untuk kulit.

Yang pasti, kalau sudah menggunakan retinol, kamu wajib untuk selalu menggunakan tabir surya di siang hari. Setelah itu, baurkan juga retinol di area mata sebagai pencegahan kendur di area mata. Yuk, mulai sayangi diri dengan upgrade skincare kamu ke retinol!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram