kamini.id

Beauty Terms - H

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Hair Chalk

Hair Chalk

Pewarna rambut temporer dalam bentuk batangan kapur yang mudah luntur. Akan tetapi untuk menahan warnanya agar lebih lama, bisa dilakukan catok rambut setelah penggunaan hair chalk.

Sebaiknya cari produk kapur rambut yang bersertifikasi demi menghindari kandungan bahan kimia berbahaya di dalamnya.

Hair Dryer

Hair Dryer

Alat elektronik yang digunakan untuk mengeringkan rambut basah dengan meniupkan udara panas pada rambut. Alat ini juga sering disebut blow dryer karena digunakan saat blowing rambut agar rambut tampak lebih bervolume.

Hair Extensions

Hair Extensions

Proses penyambungan rambut menggunakan rambut tambahan, baik sintetis ataupun rambut sungguhan.

Rambut yang disambungkan akan dililit dekat dengan akar rambut menggunakan beberapa metode, contohnya kepang (weave) atau tempel (clip on). Tujuan penyambungan rambut ini adalah untuk menambahkan volume atau panjang rambut.

Hair Growth Cycle

Hair Growth Cycle

Adalah siklus pertumbuhan rambut yang terdiri dari beberapa fase, yaitu Anagen (fase pertumbuhan), Katagen (fase istirahat), dan Telogen (fase dorman atau mati).

Hair Manicure

Hair Manicure

Proses perawatan rambut profesional yang melibatkan penggunakan krim berpigmen untuk menambahkan warna dan kilau pada rambut yang bersifat sementara. Perawatan ini juga melibatkan proses melembabkan yang intens pada rambut.

Hair Marble

Hair Marble

Tren warna rambut yang serupa dengan warna-warni rainbow hair namun proses pewarnaanya dilakukan dengan proses marbling. Proses ini melibatkan pembuatan pola warna yang diinginkan dan penggunaan batu marmer untuk menempelkan warna tersebut pada rambut.

Hair Mascara

Hair Mascara

Produk perawatan rambut yang dimaksudkan untuk memberi highlight pada rambut, meski awalnya produk ini digunakan untuk menyamarkan uban. Hair maskara juga digunakan untuk mewarnai akar rambut yang akan bertahan hingga 2 hari.

Produk ini tidak mengandung ammonia maupun peroksida yang bisa membahayakan rambut. Sehingga, batang rambut tidak akan mengalami kerusakan. Produk ini dikemas dalam bentuk seperti maskara.

Hair Mousse

Hair Mousse/Mousse Rambut

Busa untuk menata rambut. Produk ini juga digunakan untuk melindungi serta mengeraskan rambut yang telah ditata.

Hair Oil

Hair Oil

Produk perawatan rambut berupa minyak yang dapat digunakan sebagai kondisioner, produk penata rambut, atau tonik. Kebanyaan hair oil akan membuat rambut tampak lebih halus dan bersinar.

Produk ini juga disebut-sebut dapat membuat kulit kepala kuat dan sehat. Meski begitu, pengguaan hair oil yang dianjurkan sangatlah sedikit tiap kali digunakan, yaitu hanya seukuran biji jagung.

Hair Perming

Hair Perming

Proses pengeritingan atau membuat gelombang pada rambut menggunakan bahan kimia dan suhu panas. Hasil dari proses ini cenderung permanen dengan ketahanan hingga 6 bulan.

Hair Removal

Hair Removal

Proses menghilangkan bulu halus pada tubuh, yang biasanya terdapat di sekitar mata, bibir, dagu, ketiak, kaki, atau dada. Proses menghilangkan bulu ini bisa dilakukan dengan manual seperti waxing, threading atau dengan menggunakan laser.

Hair Roller

Hair Roller

Alat pengeriting rambut berbentuk tabung kecil yang digulungkan pada rambut, meski keriting yang dihasilkan hanya bersifat sementara.

Hair Spa

Hair Spa

Prosedur perawatan rambut yang meliputi pemberian krim pada seluruh permukaan rambut, pijat kepala, dan steam untuk mengoptimalkan nutrisi pada rambut. Prosedur ini mirip dengan creambath namun krim yang digunakan mengandung lebih banyak pelembab.

Hair spa dapat membuat rambut lebih kuat dan berikilau. Prosedur ini juga dapat membantu mengatasi rambut yang bermasalah, ketombe dan kerontokan. Akan tetapi, bila terlalu sering dilakukan hair spa dapat membuat warna asli rambut menjadi pudar.

Hair-Spray

Hair Spray

Produk penataan rambut dalam bentuk semprot yang berfungsi untuk mengeraskan rambut sehingga gaya rambut menjadi lebih tahan lama.

Hair Straightener

Hair Straightener

Alat-alat yang digunakan untuk meluruskan rambut. Beberapa hair straightener adalah flat iron (catok lurus), hot comb (sisir bersuhu tinggi), dan bahkan blow dryer.

Hair Styling

Hair Styling

Proses penataan rambut untuk menghasilkan gaya rambut tertentu. Proses ini dapat melibatkan bantuan alat khusus seperti sisir, catok, pengeriting atau dengan bantuan produk seperti hair spray hingga hair gel.

Hair Tonic

Hair Tonic

Produk perawatan rambut untuk mengatasi rambut rontok. Namun hair tonic juga dapat mengacu pada produk penataan rambut yang menjadikan rambut tampak lebih berkilau. Produk ini umumnya bertekstur cair.

Hair Toning

Hair Toning

Pewarnaan rambut semi-permanen yang dapat mengembalikan warna rambut ke warna yang diinginkan.

Hair toning cenderung lebih aman karena tidak melibatkan produk yang mengandung senyawa kimia yang membahayakan rambut. Sebaliknya, produk yang digunakan akan merawat rambut penggunanya.

Hair Trimming

Hair Trimming

Proses pengguntingan bagian ujung rambut agar terlihat sehat kembali. Proses ini biasanya dilakukan untuk menyingkirkan percabangan pada rambut.

Hair Weaving

Hair Weaving

Prose pemasangan rambut tambahan pada rambut asli dengan cara dikepang atau ditenun.

Hair Weft Clips

Hair Weft Clips

Rambut tambahanan berbentuk clip-in (jepitan) yang digunakan pada proses hair extension.

Halal Certified

Halal Certified

Produk berlabel halal certified menyatakan bahwa produk tersebut dapat digunakan oleh seorang muslim. Produk berlebl ini dapat dipastikan tidak mengandung bahan atau prosedur haram yang digunakan selama pemrosesan maupun pembuatannya.

Halo Eyes

Halo Eyes

Riasan mata yang membuat tampilan mata terlihat besar dan lebar. Riasan ini didapat dengan mengapit warna eyeshadow yang terang diantara warna eyeshadow yang lebih gelap.

Warna eyeshadow terang yang digunakan sendiri biasanya metalik atau shimmery. Kuas yang digunakan untuk mendapatkan riasan ini pun lebih dari satu. Halo eyes terkadang disebut sebagai spotlight eyes.

Hana Tsun Nose Straightener

Hana Tsun Nose Straightener

Alat kecantikan unik asal Jepang yang diklaim dapat membuat hidung menjadi lebih mancung dan ramping. Alat ini digunakan dengan cara menyelipkan bagian klip ke dalam lubang hidung.

Kemudian, bagian penyangga di kedua sisinya akan membantu menyeimbangkan dan mendorong tulang serta kontur hidung, sehingga membentuk hidung yang tampak lebih ramping, tajam, dan tidak bulat.

Hand Cream

Hand Cream

Produk pelembab tangan bertekstur krim yang bermanfaat untuk mengatasi kulit tangan yang bermasalah menjadi lebih lembut, lembab, serta muda kembali. Produk ini sebaiknya diaplikasikan beberapa kali dalam sehari, atau diaplikasikan bila mulai memudar dari tangan.

Heated Eyelash Curler

Heated Eyelash Curler

Alat makeup eletrik yang digunakan untuk membuat bulu mata menjadi lentik. Memiliki bentuk serupa maskara namun dengan plat panas yang akan membuat bulu mata terangkat ke atas (lentik) dengan ketahanan yang lebih baik daripada menggunakan eyelash curler biasa.

Heliocare

Heliocare

Suplemen yang mengandung Polypodiym leucotomos atau ekstrak tumbuhan pakis tropis tinggi anti oksidan. Produk ini disebut-sebut dapat mengurangi inflamasi akibar sinar UV serta paparan radikal bebas.

Helioplex

Helioplex

Nama dagang dari teknologi sunscreen yang memasukan avobenzone dengan oxybenzone dalam formulasinya agar memiliki perlindungan maksimal terhadap sinar UVA dan UVB.

Hemp seed oil

Hemp Seed Oil

Minyak yang diambil dari tanaman rami. Bahan ini kaya akan kandungan vitamin, mineral dan asam lemak. Hemp seed oil juga dapat melembabkan kulit dan bersifat anti radang.

Henna

Henna

Merupakan nama tumbuhan yang tumbuh di daerah beriklim tropis di Afrika, Australia bagian utara, dan Asia bagian selatan. Daun tumbuhan ini memiliki pigmen warna sehingga banyak digunakan sebagai produk kosemetik.

Istilah 'henna' juga dapat merujuk pada produk tinta atau tato temporer yang diaplikasikan pada tangan, kuku, atau bagian tubuh laiinya.

Herbal

Herbal

Tumbuhan atau tanaman yang memiliki nilai lebih atau kegunaan dalam pengobatan. Tumbuhan ini memiliki kandungan zat aktif yang menjadi aktor utama manfaat pengobatan yang dimaksud.

Hexamidine Diisethionate

Hexamidine Diisethionate

Garam organik dari Hexadinime, bahan yang berfungsi sebagai pengawet pada produk perawatan rambut, kulit, makeup, kuku dan produk bayi. Bahan ini juga membantu membersihkan kulit atau mencegah timbulnya bau dengan menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperi bakteri atau jamur.

Hibiscus

Hibiscus

Tanaman yang besar dan memiliki bunga warna-warni yang kaya antioksidan, asam amino dan juga oiligopeptida. Ekstrak bunga hibiscus biasanya digunakan sebagai pewarna pada produk perawatan kulit dan rambut. Bahan ini juga dapat melembabkan, menebalkan rambut, hingga mencegah ketombe.

Hidrasi

Hidrasi

Hidrasi berarti meningkatkan kandungan air terhadap sesuatu. Hidrasi juga merupakan fenomena dimana sebuah ion dikelilingi oleh molekul air. Pada kulit, hidrasi diperlukan untuk meningkatkan kandungan air dalam sel-sel kulit yang berperan menjadikan kulit selalu lembab, kenyal, dan sehat.

High Definition Makeup

High Definition (HD) Makeup

HD adalah istilah untuk menyebutkan gambar dari televisi atau kamera dengan kualitas yang bagus. Pada riasan, istilah ini mengacu pada teknik serta produk yang dapat menghasilkan riasan mulus tanpa celah layaknya gambar pada layar monitor.

HD makeup memberikan tampilan yang natural dengan menyamarkan ketidaksempurnaan kulit, sehigga membuat wajah seperti terlihat blur. Aspek yang diunggulkan dalam HD makeup tentu saja coverage dengan tekstur tetap ringan.

Highligher

Highlighter

Produk kosmetik yang dapat memantulan cahaya. Produk ini juga dapat membuat ilusi dan mencerahkan area tertentu, menciptakan kesan wajah lebih bersudut.

Hiperhidrosis

Hiperhidrosis / Hyperhidrosis

Keadaan dimana tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan meski tidak sedang berolahraga ataupun berada di suhu yang tinggi. Bagian tubuh yang sering mengalami kondisi ini adalah ketiak, telapak kaki, dan telapak tangan.

hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi/ Hyperpigmentation

Kondisi dimana bercak kulit menjadi semakin gelap dibandingkan kulit sekitarnya. Penggelapan ini bisa ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam, warna kulit yang tidak merata, atau menghitamnya bekas luka.

Hal ini umumnya disebabkan karena paparan sinar UV. Namun juga dapat disebabkan karena penyakit, perubahan hormonal dan obat-obatan tertentu.

Hit Pan

Hit The Pan

Istilah yang digunakan ketika suatu produk makeup mulai habis hingga bagian pan dari wadah yang digunakan mulai terlihat.

Holy Grail

Holy Grail (HG)

Produk kosmetik yang menjadi andalan bagi seseorang. Produk yang selalu digunakan dan tidak pernah ditinggalkan.

Homosalate

Homosalate

Senyawa organik yang digunakan di beberapa chemical sunscreen. Bahan ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVB.

Honeysuckle

Honeysuckle

Tanaman yang memiliki aroma kuat dan manis yang terkadang disebut “woodbine”. Ekstrak tanaman ini sering digunakan sebagai bahan baku pewangi. Meski begitu, bahan tersebut juga memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

Hopi Ear Candle

Hopi Ear Candle

Terapi untuk telinga menggunakan lilin berbahan alami. Terapi ini merupakan pengobatan kuno dan dinamakan Hopi karena dipopulerkan oleh penduduk asli Amerika, Hopi Indian.

Terapi ini tak hanya digunakan untuk mengangkat kotoran telinga, namun juga dapat membantu keseimbangan, mengatasi telingan berdenging, hingga mengatasi sinus dan flu. 

Horsetail

Horsetail

Tanaman yang mengandung silika alami paling tinggi dan bermanfaat untuk membantu mengencangkan kulit, mendorong pembentukan kolagen, mengurangi keriput dan meningkatkan pertumbuhan serta kekuatan rambut. Tanaman ini sudah digunakan sejak zaman romawi dan yunani kuno.

Hot Roller

Hot Roller

Hair roller atau roll rambut yang menggunakan panas untuk menciptakan gelombang atau volume pada rambut. Jenis roll rambut satu ini akan menghasilkan gelombang rambut yang lebih tahan lama dibandingan hair roller konvensional.

Hot-Stone-Therapy

Hot Stone Therapy

Perawatan alternatif menggunakan batu panas yang diletakkan pada beberapa titik tertentu di tubuh dengan tujuan menghilangkan rasa sakit hingga sebagai bentuk relaksasi. Tipe batu yang digunakan umumnya adalah basalt. Perawatan ini juga bisa dilakukan sambil memberikan pijatan pada titik tertentu tubuh.

Hourei Lift Bra

Hourei Lift Bra

Produk kecantikan unik asal Jepang yang digunakan untuk menghilangkan garis-garis halus pada wajah utamanya area bibir dan pipi tanpa prosedur bedah.

Produk ini berbentuk tali yang dipasang pada bagian belakang kepala. Kemudian pada bagian depan, terdapat karet silikon yang telah didesain mengikuti lekuk pipi dan hidung.

Humectant

Humectant

Tipe agen pelembab yang dapat menarik air dari atmosfir ataupun dari kulit bagian dalam, agar menuju permukaan kulit

Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid

Molekul gula yang terdapat pada kulit, berfungsi untuk meningkatkan kadar kelembaban dan mencegah hilangnya hidrasi. Bahan ini juga sudah banyak dipakai pada produk perawatan kulit dengan manfaat serupa.

Hydrafacial

Hydrafacial

Nama dagang dari perawatan wajah yang menggunakan empat langkah ekfoliasi. Perawatan ini dapat dijumpai di tempat spa atau klinik.

Perawatan wajah yang dimaksud meliputi acid peel, ekstraksi pori-pori, melembabkan kulit dengan hyaluronic acid dan antioksidan, serta produk perawatan yang dapat digunakan sendiri di rumah.

Hydrating Toner

Hydrating Toner

Jenis toner yang dapat memberikan hidrasi atau melembabkan kulit wajah. Bahan aktif yang biasanya dapat ditemukan pada toner ini adalah hyaluronic acid, vitamin E, rosewater dan aloe vera. Jenis toner satu ini juga biasanya memiliki label “moisturizing” dan “calming” pada klaim ataupun namanya.

Hydrogel Mask

Hydrogel Mask

Masker yang terbuat dari bahan yang licin serta agak transparan. Masker jenis ini sangat baik dalam menjaga kelembaban, menutrisi dan menghidrasi wajah.

Hydrogenated Lechitin

Hydrogenated Lechitin

Merupakan bahan hasil hidrogenasi (penambahan atom hidrogen) pada molekul lesitin. Lesitin sendiri merupakan senyawa canpuran dari asam strearat, palmitat dan oleat. Dalam produk perawatan kulit, bahan ini sangat baik digunakan pemilik kulit kering karena dapat mengembalikan kekenyalan kulit.

Hypodermis

Hydrolipidic Film

Suatu lapisan yang menutupi seluruh permukaan kulit. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi kulit dari bakteri, menjaga kelembaban, dan berperan sebagai lapisan pelindung. Lapisan hydrolipidic tersusun dari keringat, sebum dan air. Lapisan ini disebut juga sebagai acid mantle.

Hydrolyzed Collagen

Hydrolyzed Collagen

Protein kolagen yang dipecah menjadi peptida yang lebih kecil. Dalam produk perawatan kulit, bahan ini berfungsi untuk memberikan hidrasi serta mengeyalkan kulit.

Hydrolyzed Keratin

Hydrolyzed Keratin

Bentuk keratin yang dipecah menjadi molekul yang lebih kecil dan memiliki kemampuan menyerap yang lebih tinggi. Molekul ini akan sangat baik dalam mengisi ruang-ruang kosong pada batang rambut yang bermasalah karena bahan kimia, panas styling, atau paparan sinar matahari.

Hydrolyzed Proteins

Hydrolyzed Proteins

Molekul protein, lebih kecil seperti peptida atau asama amino yang dihasilkan dari pemecahan molekul protein yang lebih besar. Hydrolyzed protein lebih mudah masuk ke dalam aliran darah sehingga lebih cepat membantu pembentukan otot.

Hydroquinone

Hydroquinone

Bahan yang digunakan untuk memutihkan noda hitam. Akan tetapi, penggunaan bahan ini hanya aman digunakan pada kadar 2% saja dan harus berada di bawah pengawasan dokter.

Hydroxypinacolone Retinoate

Hydroxypinacolone Retinoate

Bentuk lain dari vitamin A yang berfungsi untuk melawan tanda penuaan utamanya kerutan. Bahan ini cenderung lebih tidak mengiritasi dan stabil dibandingkan retinol biasa.

Hypertrophic-Scars

Hypertrophic Scars

Bekas luka yang menebal, melebar, dan timbul seperti kelebihan daging. Jenis bekas luka ini terjadi karena produksi kolagen kulit yang berlebih selama penyembuhan.

Hypoallergenic

Hypoallergenic

Label yang menyatakan bahwa produk menggunakan formulasi atau bahan baku yang menimbulkan resiko alergi sangat minim.

Hypodermis

Hypodermis

Lapisan kulit yang letaknya paling bawah dan paling tebal. Lapisan ini memiliki sel-sel fibroblast, sel lemak (sel adiposa), jaringan ikat, saraf dan pembuluh darah yang lebih besar, serta sel yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Hypopigmentation

Hypopigmentation

Kebalikan dari hiperpigmentasi. Hypopigmentation adalah kondisi dimana warna kulit menjadi lebih cerah dari warna kulit normal karena kekurangan pigmen warna kulit. Hypopogmentation bisa timbul sebagai area kulit yang memiliki warna lebih cerah dibandingkan warna kulit sekitarnya.

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram