kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Yuk, Cari Tahu Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Remaja!

Yuk, Cari Tahu Urutan Skincare Pagi dan Malam untuk Remaja!

Ditulis oleh Dhini Oktavianti - Diperbaharui 23 Mei 2021

Saat menginjak masa remaja, hormon akan berubah dan membuat beberapa bagian pada kulit wajah menjadi mudah berjerawat. Jenis jerawat yang muncul pun berbeda pada setiap remaja. Menariknya, ada pula remaja yang tak bermasalah dengan jerawat tetapi memiliki permasalahan lain seperti kusam ataupun berminyak. 

Untuk itu, remaja pun perlu melakukan skincare pagi dan malam untuk menjaga kualitas kulit wajah. Urutan skincare yang dilakukan remaja pun berbeda dengan usia 20an atau 30an. Agar tak salah, simak urutan skincare pagi dan malam untuk remaja. 

Urutan Skincare Pagi untuk Remaja

Di pagi hari, kita perlu menggunakan skincare agar aktivitas lebih nyaman dan aman dari berbagai masalah kulit. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan urutan skincare yang tepat, yuk cek pembahasannya!

1. Bersihkan Wajah

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk merawat kulit remaja adalah membersihkan muka dengan pembersih wajah. Cuci muka pada pagi hari bisa dilakukan setelah remaja selesai mandi. 

Pembersih wajah yang digunakan usahakan yang berbahan dasar busa lembut. Pembersih wajah juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit wajah kamu, ya.  Misalnya kamu punya kulit wajah berminyak dan berjerawat, bisa menggunakan Clean & Clear Essential Foaming Facial Wash.  

Jika kamu hanya punya masalah dengan kulit berjerawat, bisa menggunakan Emina Ms. Pimple Acne. Sedangkan kulit normal, bisa menggunakan The Body Shop Drops of Youth. Kalau baru pertama kali menggunakan skincare, bisa memilih Emina Bright Stuff Face Wash

Beda lagi dengan kamu yang memiliki kulit sensitif karena kamu perlu memperhatikan kandungannya. Sebaiknya pilih sabun cuci muka tanpa alkohol, tanpa pewangi, tanpa silikon, dan cruelty free. Contohnya seperti Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser atau Cetaphil Gentle Skin Cleanser. 

2. Gunakan Toner

Selanjutnya, kamu perlu menggunakan toner untuk mengecilkan pori-pori besar. Langkah ini perlu dilakukan karena kotoran-kotoran kecil kemungkinan dapat masuk lalu menyumbat pori. Hal tersebut bisa membuat wajah menjadi jerawat.

Tak hanya itu, toner juga berfungsi untuk membersihkan residu pembersih wajah yang tersisa, dan juga membuat langkah perawatan selanjutnya bisa lebih menyerap pada kulit wajah. 

Sebaiknya para remaja memilih toner yang tidak memiliki kandungan alkohol serta bahan kimia lain yang dapat merusak kulit. Lebih baik pilih toner dengan kandungan alami yang aman dan lembut untuk kulit. 

Beberapa rekomendasi merk toner yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit adalah Pixy White Toner Brightening. Sedangkan untuk kulit berminyak bisa memilih Emina The Bright Stuff Face Toner. Kalau kamu memiliki masalah dengan flek hitam atau kulit kusam, bisa memilih Pond’s White Beauty Lightening Toner. 

3. Aplikasikan Moisturizer

Gunakan Pelembab Wajah

Urutan ketiga untuk skincare pagi para remaja adalah mengaplikasikan pelembap atau moisturizer. Moisturizer berfungsi untuk melembabkan kulit wajah, sehingga menjadi lebih terhidrasi dan sehat. Untuk remaja, pilihlah moisturizer yang ringan dan bebas minyak.

Moisturizer yang digunakan di pagi hari dapat melindungi kulit saat beraktivitas, sehingga membuat wajah lebih bercahaya dan segar. Merk moisturizer yang bisa kamu gunakan untuk pagi hari adalah Pigeon Moisturizer for All Skin Types, Wardah Perfect Bright Moisturizer, serta Emina Bright Stuff Moisturizing Cream. 

4. Oleskan Tabir Surya

tips melembabkan kulit selama puasa_Memakai Sunscreen

Terakhir, jangan lupa oleskan tabir surya. Urutan skincare terakhir pada pagi hari untuk remaja ini berguna untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV. Usahakan untuk tetap mengaplikasikannya walau sedang cerah atau hujan. Apalagi bila kamu, remaja, suka berolahraga atau melakukan aktivitas di luar ruangan.

Rating SPF yang bisa dipilih tentu disesuaikan dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan. Bila kamu lebih banyak melakukan aktivitas dalam ruangan, SPF 15 sudah cukup melindungi. Berbeda bila lebih banyak aktivitas dilakukan di luar ruangan, kamu perlu memilih SPF minimal 30.

Beberapa rekomendasi tabir surya yang bisa dipilih oleh remaja adalah Emina Sun Protection SPF 30/PA+++, La Tulipe Sunscreen Cream SPF 24, Wardah Sunscreen Gel SPF 30, atau Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50/PA+++. 

Urutan Skincare Malam untuk Remaja

Setelah mengetahui urutan skincare pagi untuk remaja, saatnya beralih ke urutan skincare malam. Mari kita simak lengkapnya di bawah ini.

1. Bersihkan Wajah

tips agar kulit tidak kusam selama puasa_Bersihkan Wajah Setelah Beraktivitas

Saat malam tiba, bukan berarti kamu tak melakukan perawatan wajah. Justru setelah lelah beraktivitas kamu perlu membersihkan wajah secara menyeluruh sebelum tidur. 

Langkah pertama adalah mencuci muka. Pembersih wajah yang digunakan untuk malam hari sebaiknya gunakan kandungan yang bebas sabun. Namun, bila kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pilih pembersih wajah yang berbahan dasar minyak. Ini perlu dilakukan untuk mengangkat kotoran yang menumpuk di kulit. 

Beberapa pembersih wajah yang bisa mengangkat kotoran pada kulit serta bebas sabun adalah Acnes Creamy Wash, Himalaya Purifying Neem Face Wash, Wardah Lightening Micellar Gentle Wash, sampai Pigeon Facial Foam.

2. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi

Urutan skincare pada malam hari memang berbeda, sehubungan dengan diperlukannya pembersihan secara menyeluruh terhadap kulit wajah sebelum tidur. Salah satu langkah yang membedakannya adalah eksfoliasi. 

Eksfoliasi perlu dilakukan untuk menghilangkan sebum, mengangkat sel kulit mati, mencegah pori-pori tersumbat, serta mengurangi minyak berlebih. Namun, eksfoliasi tak perlu dilakukan setiap hari. Cukup satu sampai dua kali saja tiap minggunya. 

St.Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask, Emina 2 in 1 Scrub & Mask, Himalaya Purifying Neem Scrub, atau Cetaphil Extra gentle Daily Scrub adalah beberapa produk eksfoliasi yang bisa digunakan untuk remaja. 

3. Gunakan Toner

Toner

Sama dengan skincare untuk pagi hari, toner juga diperlukan untuk skincare di malam hari. Kamu bisa memilih toner yang sama dengan digunakan saat pagi hari. Dengan mengaplikasikan toner, minyak pada pori-pori bisa lebih larut sehingga mencegah munculnya jerawat ataupun komedo baru. 

4. Pakai Masker

Urutan selanjutnya untuk melakukan skincare malam hari pada remaja adalah masker. Masker wajah yang digunakan boleh berupa sheet mask, masker alami, atau masker jenis lain. Yang penting, gunakan masker sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu dan sesuaikan dengan jenis atau kondisi kulit.

Masker penting dilakukan untuk menghidrasi kulit wajah remaja, serta membersihkan kotoran dan minyak berlebih. Tak hanya itu, ada juga efek menyenangkan yang bisa membuat mood lebih baik saat menggunakan masker. 

Beberapa masker wajah yang bisa kamu gunakan adalah Emina Clay Mask Yellow yang bisa digunakan untuk kulit wajah kombinasi dan berminyak, Garnier Pure Active Matcha Deep Clean Clay Mask untuk kulit berminyak, berjerawat, komedo dan pori-pori besar. 

Selanjutnya ada Emina Bright Stuff Essence Sheet Mask untuk kulit kusam dan berminyak. Lalu Wardah Nature Daily Sheet Mask Aloe Vera untuk mengurangi kemerahan karena iritasi atau wajah sensitif. 

5. Aplikasikan Moisturizer

gunakan pelembab

Walau sudah menggunakan masker, tetap saja kamu perlu membubuhi moisturizer ke kulit wajah. Moisturizer untuk malam hari sebaiknya sesuai dengan jenis kulit kamu. Mengaplikasikan moisturizer pada skincare malam dimaksudkan untuk menjaga kelembaban saat tidur. 

Beberapa merk moisturizer untuk remaja yang bisa digunakan pada malam hari adalah La Tulipe Active Hydrating Gel, Nivea Soft Moisturizing Cream, atau Clean & Clear Essentials Moisturizer. 

6. Perawatan Tambahan Jerawat, Bila Perlu

Masalah umum yang dihadapi remaja adalah munculnya jerawat. Oleh sebab itu, bila di kulit wajah muncul jerawat, sebaiknya kamu tidak memencetnya. Sebaiknya dirawat saja dengan menggunakan salep atau gel khusus untuk mengempiskan jerawat

Salep atau gel tersebut bisa digunakan untuk mengeringkan jerawat, meredakan kemerahan, sampai meredakan peradangan. Pemilihan salep atau gel untuk jerawat pun perlu disesuaikan dengan jenis jerawat yang muncul agar hasilnya lebih maksimal.

Itulah urutan skincare pagi dan malam untuk remaja. Sekilas memang terlihat sama dengan skincare usia lainnya, yang berbeda adalah pemilihan produknya. Yang penting, jangan lupa untuk membeli skincare sesuai dengan jenis ataupun kebutuhan kulit wajah, ya. 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram