Beauty Terms - G

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Galactoarabinan

Galactoarabinan

Senyawa polisakarida (molekul karbohidrat besar) alami yang berasal dari pohon Larch. Dalam dunia kecantikan, senyawa ini dapat melembabkan, meningkatkan tampilan kulit, meningkatkan keseragaman dan ketersebaran formulasi produk, serta meningkatkan kemampuan SPF.

Galactoarabinan juga dapat meningkatkan kemampuan eksfolian AHA tanpa membuat faktor iritasinya menjadi tinggi.

Galactomyces

Galactomyces

Merupakan kelompok jamur atau ragi dari famili Dipodascaceae. Galactomyces Ferment Filtrate (GFF) merupakan ragi yang kaya nutrisi dan didapat dari proses fermentasi sake. Bahan ini digunakan dalam produk kosmetik karena dapat melembabkan dan memiliki efek antioksidan.

GFF juga dapat mengurangi tampilan pori, mengontrol minyak, memudarkan noda hitam, serta mengurangi tanda-tanda penuaan. Kandungan ini sering terdapat dalam produk perawatan wajah dari Korea dan Jepang.

Galvanic

Galvanic

Alat perawatan wajah yang memanfaatkan arus elektrik untuk menstimulasi kulit. Alat ini memiliki peran eksfoliasi, detoksifikasi, dan membuat nutrisi terserap dengan optimal pada kulit.

Garage Doors

Garage Doors

Merupakan riasan mata yang didapatkan dengan menggunakan satu warna eyeshadow pada kelopak mata hingga mencapai garis bawah alis. Riasan mata ini sempat populer pada tahun 80-an, namun kembali muncul kepermukaan akhir-akhir ini karena dipopulerkan kembali oleh para beauty guru.

Geisha Facial

Geisha Facial / Uguisu Facial

Perawatan kulit wajah asal Jepang yang biasanya dilakukan oleh para Geisha kaya raya. Perawatan kulit wajah ini menggunakan kotoran burung bulbul (nightingle) yang dioleskan ke seluruh permukaan wajah.

Kotoran burung ini diklaim dapat membuat kulit tampak halus dan lembut karena menghasilkan enzim alami yang merupakan bahan aktif kolagen. Selebriti yang jatuh cinta pada perawatan ini adalah Victoria Beckham.

Hair Gel

Gel Rambut / Hair Gel

Produk penataan rambut bertekstur gel yang digunakan untuk mengunci gaya rambut yang telah diaplikasikan agar tahan lama dan mengeras. Produk ini juga dapat membuat rambut yang telah ditata menjadi lebih berkilau.

Genetically Modified Organisms

Genetically Modified Organisms (GMOs)

Organisme yang dibentuk di dalam laboratorium menggunakan teknologi penggabungan beberapa molekul DNA dari sumber yang berbeda-beda, untuk menciptakan sifat organisme yang lebih unggul.

Genistein

Genistein

Hormon tumbuhan yang ditemukan pada kacang kedelai. Dalam produk perawatan kulit, bahan ini memiliki kemampuan mencerahkan dan antioksidan. Bahkan ada penelitian yang mengungkap bahwa bahan ini dapat menstimulasi produksi kolagen pada wanita yang belum menopause.

Geranium

Geranium Oil

Minyak hasil ekstraksi dari tumbuhan Geranium yang banyak ditemukan di daereah Maroko, Mesir hingga Cina. Minyak ini memiliki aroma serupa mawar dengan variasi bergantung tempat tumbuhnya.

Geranium oil dipercaya sejak lama dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk menyeimbangkan mood, dan meredakan PMS.

Ginseng

Ginseng

Tumbuhan herbal yang banyak tumbuh di Manchuria, Amerika Serikat, Siberia dan Korea. Tumbuhan ini terdiri dari akar berwarna terang bercabang dengan tangkai relatif panjang, dan daun berwarna hijau berbentuk lonjong.

Ginseng dipercaya dapat mendorong energi, mengurangi level gula darah serta kolesterol, menawarkan manfaat relaksasi, dan masih banyak lagi.

Dalam produk perawatan kulit, ekstrak ginseng diklaim memiliki manfaat untuk menutrisi. Selain itu, kandungan bahan aktif utama dalam ginseng yaitu saponin juga memiliki sifat antioksidan yang sangat baik.

Glabridin

Glabridin

Senyawa yang ditemukan pada ekstrak akar licorice. Senyawa ini bersifat antioskidan yang dapat menghalangi produksi pigmen pada kulit.

Glass Skin

Glass Skin

Istilah untuk menyebut tampilan kulit seolah tidak memiliki pori-pori, bercahaya, dan halus layaknya kaca.

Glycerin

Gliserin / Glycerin

Bahan yang berfungsi sebagai humectant atau bahan yang dapat menarik kelembaban dari luar ke dalam kulit. Bahan ini sering digunakan dalam pelembab dan produk perawatan yang memberikan hidrasi.

Glitter

Glitter

Partikel kecil dengan permukaan yang dapat memantulkan cahaya pada sudut yang berbeda. Menjadikannya tampak berkilauan.

Dalam produk makeup, glitter digunakan untuk memberikan efek metalik dan shimmery. Produk yang biasanya menggunakan glitter adalah eyeshadow dan cat kuku.

Glossy

Glossy

Istilah untuk menyebutan sesuatu dengan tampilan mengkilat, berkilau, atau yang dapat memantulkan cahaya. Produk yang memiliki tampilan glossy adalah lip gloss atau lipstick.

Glossy Eyelids

Glossy Eyelids

Tren riasan wajah yang tampak glossy pada bagian kelopak mata. Tampilan ini didapat dengan mengaplikasikan eyeshadow pada kelopak mata terlebih dahulu, kemudian mengulaskan lip balm atau minyak yang aman digunakan untuk area mata di atasnya.

Perona mata bertekstur krim juga bisa memberikan tampilan glossy eyelids.

Glowing

Glowing

Kondisi kulit atau tampilan akhir riasan yang terlihat lembab, merata, berkilau, merona, dan segar tanpa ada noda sedikit pun.

Glucosamine

Glucosamine

Bahan yang dapat ditemukan pada tubuh manusia yang memiliki kemampuan antioksidan dan anti radang. Penggunaan luar bahan ini juga disebut-sebut dapat mengurangi hyperpigmentation, mendorong produksi hyaluronic acid, dan menghaluskan kerutan serta garis halus.

Glutathione

Glutathione

Senyawa bersifat antioksidan kuat yang dihasilkan di dalam sel. Dalam produk kecantikan, glutathione memiliki manfaat dalam mencerahkan, melawan tanda penuaan, dan melawan radikal bebas.

Gluten

Gluten

Kumpulan protein yan terdapat dalam biji-bijian sereal. Gluten membantu makanan menjaga strukturnya.

Tidak ada bukti bahwa gluten dapat merusak kesehatan, namun bahan ini dapat menyebabkan alergi dan reaksi buruk pada individu yang menderita penyakit tertentu seperi celiac.

Gluten Free

Gluten Free

Label yang menyatakan bahwa suatu produk memiliki kandungan gluten sangat sedikit, yaitu sekitar 20 ppm.

Gluteoplasty

Gluteoplasty

Prosedur operasi plastik yang didesain untuk mengangkat dan mengencangkan bokong. Prosedur ini berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan bentuk bokong. Gluteoplasty biasanya menggunakan implant berbahan dasar silikon yang ditempatkan di bawah jaringan kulit bokong.

Glycation

Glycation

Proses penuaan yang terjadi ketika molekul gula dalam aliran darah terikat pada protein kulit, menyebabkan masalah seperti inflamasi, pembentukan radikal bebas dan menyebabkan tanda penuaan lain. Beberapa jarigan kulit yang terganggu oleh proses ini adalah kolagen dan elastin.

Glycolic Acid

Glycolic Acid

Bahan yang diekstraksi dari tebu. Bahan ini dapat melarutkan senyawa yang berperan sebagai lem alpha hydroxy acid alami sel-sel kulit. Sifat ini juga menjadikan glycolic acid sebagai agen eksfoliasi yang baik.

Bahan ini sudah banyak digunakan dalam produk perawatan kulit seperti pembersih, pelembab, toner, serum dan peeling.

Glycolic Peel

Glycolic Peel

Proses pengelupasan kulit terluar termasuk sel-sel kulit mati wajah dengan bantuan glycolic acid.

Goji Extract

Goji Extract

Ekstrak buah goji yang merupakan buah kecil asal Asia yang kaya akan zinc, asam lemak, serta antioksidan. Bahan ini dapat dikonsumsi sebagai obat telan atau obat oles yang diklaim dapat memperlambat tanda penuaan dan melawan paparan bahaya dari lingkungan.

gom xanthan

Gom Xanthan

Bahan tambahan pada makanan yang berfungsi sebagai pengental dan penstabil. Bahan ini didapatkan dari fermentasi senyawa gula menggunakan bakteri Xanthomonas campestris.

Bahan ini bukanlah kandungan aktif dalam formulasi produk perawatan kulit, namun dapat meningkatkan tekstur produk, dan juga memiliki efek hidrasi. Akan tetapi beberapa jenis Gom Xanthan juga dapat menyebabkan alergi bagi sebagian orang.

Gradient Lips

Gradient Lips

Tampilan bibir menggunakan perona bibir berwarna lebih pekat pada bagian tengan namun memudar pada bagian tepinya. Gradient lips biasanya menggunakan dua warna perona bibir yang sama namun berbeda kepekatannya.

Tren ini sangat populer di Korea Selatan, dan dipercaya dapat membuat tampilan menjadi sangat menggemaskan sekaligus muda.

Grape-Seed Extract

Grape-Seed Extract

Ekstrak biji anggur yang tinggi antioksidan. Kemampuan antioksidannya bahkan lebih tinggi dari vitamin E serta C. Bahan ini dapat digunakan dalam formulasi produk dan bermanfaat untuk menjaga kulit dari bahaya radiasi UV juga efek negatif lingkungan.

Grapeseed oil

Grapeseed oil

Minyak dari biji anggur yang tinggi kandungan asam lemak dan antioksdian. Sering digunakan dalam formulasi pelembab, krim anti-penuaan, dan produk perawatan rambut.

Green-Beauty

Green Beauty

Istilah yang digunakan pada produk perawatan dan kecantikan yang dibuat dengan bahan-bahan alami atau kandungan bahan yang diambil dari bahan di alam.

Istilah ini juga mengacu pada produk yang menggunakan sumber yang dapat diperbaharui dan tidak akan membahayakan bumi maupun kehidupan masyarakat.

Green Dot

Green Dot

Simbol menyerupai panah yin-yang yang berarti produsen dari produk berlabel ini telah berkontribusi dan bertanggung jawab atas pemulihan lingkungan, daur ulang kemasan, dan limbah pabrik.

Green Tea

Green Tea

Merupakan jenis teh yang dibuat dari tanaman teh namun diproses berbeda dengan teh pada umumnya. Green tea memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik dan dapat digunakan untuk melawan radikal bebas juga bersifat anti radang. Ekstrak ini biasanya digunakan pada pelembab.

Grey Hair

Grey Hair

Merupakan istilah untuk rambut beruban, atau kombinasi rambut dengan pigmen normal dan rambut tak berpigmen (uban).

GrowthFactors

GrowthFactors

Salah satu kelompok protein yang merangsang pertumbuhan jaringan tertentu. Bahan ini juga dapat digunakan untuk menstimulasi kolagen dan elastin, mengurangi noda hitam, dan melembabkan bila terdapat dalam produk perawatan kulit.

Guarana

Guarana

Ekstrak biji yang mengandung kafein dan bisa ditemukan pada krim selulit. Bahan ini dapat memperhalus kulit dengan meningkatkan aliran darah.

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram