Review Labore Biome Protect Physical Sunscreen SPF 45 PA+++

Salah satu kunci agar kulit terhindar dari kusam adalah dengan rutin menggunakan sunscreen. Sayangnya, buat kamu yang punya kulit sensitif, enggak jarang sunscreen malah menjadi penyebab kulit iritasi. Hal ini karena ada beberapa kandungan yang memang berpotensi mengiritasi kulit pada chemical sunscreen.

Tapi enggak peru khawatir, kamu bisa pilih physical sunscreen yang punya kandungan lebih aman untuk kulit sensitif seperti produk dari Labore berikut ini. Yuk simak ulasan produknya!

Tentang Produk

labore physical sunscreen-2

Nama brand yang satu ini mungkin terdengar sedikit asing. Tapi kalau kamu seorang beauty enthusiast, kamu pasti tahu kalau brand ini lahir dibawah naungan PT Paragon Innovation Technology.

Perusahaan ini adalah perusahaan yang sama yang juga melahirkan brand-brand kecantikan besar seperti Wardah, Make Over, dan juga Emina.

Meskipun sama-sama brand yang menelurkan produk-produk kecantikan, namun Labore lebih fokus untuk membantu kamu yang memiliki kulit sensitif. Produk-produk yang dirilis pun cukup lengkap dari mulai pembersih wajah, toner, pelembap, dan yang terakhir adalah sunscreen.

Menariknya, di saat banyak brand yang berlomba-lomba merilis chemical sunscreen, Labore hadir dengan physical sunscreen-nya.

Klaim dan Manfaat

labore physical sunscreen-

Sama seperti kebanyakan sunscreen lainnya, produk ini berfungsi untuk melindungi dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit kusam sekaligus menangkal radikal bebas. Yang bikin berbeda, sunscreen ini diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

Selain itu, sunscreen ini juga diperkaya dengan teknologi Microbiome yang dapat merawat skin barrier atau pertahanan kulit dengan menjaga mikrobiota yang ada pada kulit kita. Kayaknya, ini sunscreen pertama yang mengandung Microbiome, deh. Menarik ya!

Cara Pakai

Pada umumnya, sunscreen digunakan sebagai langkah terakhir dalam skincare routine kamu yakni di pagi hari setelah menggunakan pelembap.

Sesuai dengan petunjuknya, kamu cukup mengaplikasikan produk ke permukaan kulit. Lalu biarkan menyerap sebelum kulit terpapar sinar matahari. Ulangi pemakaian bila perlu ya!

Kemasan

labore physical sunscreen-3

Sebenarnya, produk ini memiliki 2 ukuran. 1 ukuran full size berisi 30 ml, dan satu lagi ukuran travel size yang berisi 10 ml. Keduanya pun sama-sama menggunakan kemasan model tube dengan tutup ulir. Perbedaan paling mencolok ada di bagian mulut 'tube'-nya.

labore physical sunscreen-4

Untuk produk dengan ukuran full size, kemasan hadir dengan bagian mulut mengerucut. Kemasan dengan bentuk seperti ini lebih praktis. Selain kedap udara, produk bisa dikontrol pengeluarannya.

Sementara pada produk dengan ukuran travel size, selain kemasan yang lebih kecil, mulut kemasannya enggak mengerucut dan rentan tumpah.

Bagian dus dan kemasan utama memiliki nuansa warna yang sama, yakni putih, kuning dan dominan pink. Pada kemasan juga sudah tersedia informasi mengenai produk, lengkap dengan berbagai info tentang kandungannya.

Ingredient List

Sebelum menggunakan produknya, yuk kita intip dulu ada apa saja kandungan yang ada di dalam produk ini!

Full Ingredients

1,2-Hexanediol · Anti-bluelight · Aqua · Artemisia Capillaris Flower Extract · Bifida Ferment Lysate · Biossacharide Gum-1 · Bisabolol · Butyloctyl Salicylate · Caprylhydroxamic Acid · Carylyl Methicone · Cetyl PEG/PG-10/1 Dimethicone · Citric Acid · Cyclopentasiloxane · Dimethicone · Dimethicone/Vinyl Dimethicone-Crosspolymer · Disteardimonium Hectorite · Hexyl Laurate · Mineral UV Filters · Phenoxyethanol · Polyglyceryl-4-Isostearate · Polymethyl Methacrylate · Pongamia Glabra · Propanediol · Propylene Carbonate · Saccharide Isometate · Silica · Sodium Chloride · Sodium Citrate · Sorbitan Olivate · Tetrasodium EDTA · Titanium Dioxide (Nano) · Triethoxycaprylylsilane · Zinc Oxide (Nano)

Key Ingredients

  • Bifida Ferment Lysate

Kandungan ini merupakan salah satu jenis probiotik yang diambil dari fermentasi Bifida. Fungsinya adalah untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, menghidrasi kulit serta memperkuat imun pada kulit. Kandungan ini juga biasa ditemukan dalam sistem pencernaan kita, lho!

  • Titanium Dioxide

Salah satu bahan yang membuat sunscreen ini tergolong ke dalam physical sunscreen adalah titanium dioksida. Kandungan ini bekerja sebagai filter pada kulit untuk menghalau sinar UV. Titanium dioksida dapat mencegah kulit terbakar sinar matahari dan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

  • Zinc Oxide

Selain titanium dioksida, kandungan yang menjadi salah satu indikasi untuk physical sunscreen adalah zinc oksida. Kandungan ini memiliki karakteristik yang mirip dengan titanium dioksida. Zinc oksida juga sama-sama mampu menghalau paparan sinar matahari sehingga kulit terlindungi.

Impresi

Setelah menilik berbagai kandungan yang ada di dalamnya, saatnya kita melihat bagaimana performa produk ini. Yuk disimak!

Tekstur

labore physical sunscreen-5

Sejujurnya saya agak takut ketika harus mencoba physical sunscreen. Seperti yang sudah banyak dikhawatirkan, physical sunscreen cenderung lebih berpotensi menimbulkan whitecast karena adanya kandungan titainum dioksida atau zinc oksida.

Selain itu, biasanya, physical sunscreen juga terasa lebih berat dibandingkan chemical sunscreen. Surprisingly, saat dikeluarkan dari kemasan, produk ini punya tekstur yang cukup cair dan enggak lengket sama sekali. Produk ini juga terasa ringan ketika dibaurkan di kulit.

Warna dan Aroma

Produk ini punya warna putih yang cukup pekat. Aromanya pun sangat khas untuk physical sunscreen. Tapi untungnya, aromanya ini enggak menyengat dan bisa hilang beberapa saat setelah kamu aplikasikan.

Performa

labore physical sunscreen-6

Sesuai dengan petunjuk penggunaannya, produk ini digunakan terakhir setelah saya menyelesaikan semua langkah-langkah skincare routine saya. Saat digunakan, sunscreen ini benar-benar tampak seperti sunblock biasa. Tapi anehnya, saat dibaurkan, enggak ada rasa lengket ataupun berat.

Ketika dibaurkan, sunscreen ini cukup terlihat menonjol karena warnanya yan putih pekat. Tapi ketika diusapkan ke wajah dengan perlahan, sunscreen ini bisa menyerap sempurna tanpa ada gumpalan-gumpalan dari produknya.

Dengan ukuran yang hanya 10 ml, produk ini bisa saya habiskan selama 2-3 hari mengingat isinya yang cukup sedikit. Di kulit acne-prone saya, produk ini juga enggak memicu jerawat baru.

Harga dan Tempat Pembelian

Produk ini sudah bisa dibeli lewat online store di e-commerce kesayanganmu. Biar enggak bingung, cek link di bawah ini ya!

Kesimpulan

labore physical sunscreen-7

Meskipun brand ini terbilang baru, namun menurut saya, brand ini sukses mengenalkan serangkaian skincare khusus kulit sensitif. Di dalam produk ini juga sudah ada kandungan Microbiome yang bisa menjaga skin barrier.

Mungkin banyak orang yang menghindari sunscreen dalam bentuk whitecast, tapi untungnya, produk ini enggak bikin wajah white cast. Selain itu, produk ini juga nyaman digunakan berkali-kali meskipun bentuknya physical sunscreen.

Pros

  • Mengandung microbiome
  • Tekstur ringan dan mudah dibaurkan
  • Ada versi travel size agar bisa dicoba-coba

Cons

  • Masih jarang tersedia di offline store

Nah itu dia ulasan mengenai physical sunscreen yang ditujukan untuk kulit sensitif. Kamu mau mencobanya? Baca juga rekomendasi sunscreen lokal lainnya dari Kamini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram