kamini.id

Review Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip untuk Bibir Kering

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 21 Juli 2021

Make Over Cosmetics adalah brand lokal yang menyediakan kosmetik profesional berkualitas tinggi. Kali ini, Make Over merilis lipstik cair terbaru mereka yang diberinama Lip Whip. Masih dari lini Hydrastay, lip cream ini menawarkan tekstur yang nyaman di bibir tanpa membuat bibir jadi kering.

Biasanya, lip cream sering membuat bibir kering dan mempertegas garis-garis bibir, sehingga tampilan bibir kita jadi kurang bagus. Pemilik bibir kering juga biasanya ragu menggunakan lipstik matte karena takut membuat bibir makin kering hingga pecah-pecah.

Karena itu, produk ini diharapkan akan menjawab kegalauan kita semua. Inilah ulasan lengkap Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip dari Kamini.

Tentang Produk

Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip adalah salah satu produk dari lini Hydrastay, melengkapi produk lainnya yaitu Lite Glow Cushion dan Radiant Finishing Powder. Dari namanya, Hydra-Stay, kita bisa menebak kalau produk ini diciptakan untuk kulit kering.

Jika kamu memiliki jenis kulit kering, kemungkinan besar bibirmu mudah kering juga. Nah, bibir kering biasanya tidak bersahabat baik dengan lip cream, apalagi yang hasil akhirnya matte. Karena, selain mencetak garis-garis bibir, lip cream matte juga bisa membuat kulit bibir makin kering bahkan sampai mengelupas.

Nah, Hydrastay Smooth Lip Whip ini bakal merangkul dry skin babes seperti saya dan kamu yang punya masalah bibir kering. Produk ini memiliki formula yang sangat lembut dan kandungan skincare, sehingga dijamin akan melembabkan bibir.

Tapi, karena menjagokan kelembabannya, lipstik ini tentu tidak 100% matte. Finish alias hasil akhirnya agak velvety atau cloud: dari luar tampak matte tapi dari segi feel sangat lembut dan melembabkan bibir.

Di mana lagi kamu bisa mendapatkan liptsik cair dengan semi-matte finish yang sangat menghidrasi bibir? Apalagi bila harganya sangat terjangkau, yaitu Rp 105.000 saja? Sepertinya cuma Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip deh yang bisa.

Klaim & Benefit

So, lip cream ini diciptakan secara spesial buat bibir kering. Pastinya ia mengandung bahan-bahan yang diperlukan untuk kulit kering. Make Over memang menambahkan ingredients yang bersatu padu layaknya Avengers yang disebut 'Deep Hydrating Active Ingredients'.

Bahan-bahan tersebut diantaranya ada Macadamia Seed Oil, Jojoba Oil, Bisabolol, Calendula Extract, Chamomile Extract, Avocado Oil, Soybean Oil, Bladderwrack (Alga Fucus) Extract, Tocopherol, dan Linoleic Acid. Banyak banget kandungan yang dry skin friendly-nya, ya.

Selain itu, Make Over juga menambahkan UV Protection untuk melindungi bibir dari sinar matahari, jadi bibir kita tidak akan menghitam. Jadi makin penasaran sama Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip, deh!

Kemasan

Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip memiliki kemasan kotak luar khas brand ini, yaitu hitam dengan tulisan berwarna putih. Tapi, untuk lini Hydrastay ada tambahan aksen warna biru cerah metaliknya gitu. Tapi, warna biru tersebut hanya terdapat pada boks saja, sedangkan packaging dalamnya tidak memiliki tanda Hydrastay-nya.

Di sekeliling dus luarnya ada informasi produk, kandungan, tanggal kadaluwarsa, dan merk pembuat. Nah, yang paling saya sukai adalah ada contoh warna dari tiap shade-nya. Dan contohnya itu tidak pelit tapi cukup besar, sehingga kita bisa menerka-nerka dari luar dus apakah shade tersebut yang kita cari atau bukan.

Untuk visual kemasan lipstik cairnya seperti yang terlihat pada foto. Biasanya Make Over dan kebanyakan merk lainnya menggunakan botol silinder (bulat), tapi Make Over kali ini memilih botol yang berbentuk persegi panjang. Tampilan kemasan lipstik ini lumayan eye catchy.

Warna bagian tutup kemasan cenderung hitam gelap, sedangkan bagian badannya lebih ke abu-abu tua. Terus bagian ujungnya dibuat transparan dan memperlihatkan isi lipstik.

Kalau aplikatornya dilepas begini nampak semakin cantik, ya. Tutupnya yang kotak terasa pas dan enak dilihat, walau mungkin bagi beberapa orang agak mengganggu saat dipegang karena sudah terbiasa dengan kemasan lipstik cair yang bundar. Tapi, sudut-sudut kotaknya tidak tajam, kok.

Panjang aplikatornya terlihat pendek, ya, karena sebagian lagi tertanam di tutupnya. Untuk bentuk aplikatornya sama seperti kebanyakan lip cream lainnya yaitu doe foot. Untuk kelenturannya termasuk kaku, tapi tidak menyakiti bibir kita saat mengaplikasikan lipstiknya.

Ingredient List

Nah, sekarang saya akan membahas kandungan yang ada di Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip. Penjelasannya akan berupa kandungan secara keseluruhan dan juga beberapa kandungan superb yang menarik untuk dibahas lebih lanjut.

Full Ingredients

Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Dimethicone Crosspolymer, Isododecane, Polyglyceryl-2 Triisostearate, Talc, Jojoba Esters, Polyglyceryl-6 Polyhydroxystearate, Phenoxyethanol, Cyclohexasiloxane, Disteardimonium Hectorite, Helianthus Annuus Seed Extract, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Ethylhexylglycerin, Polyglyceryl-6 Polyricinoleate, Propylene Carbonate, Titanium Dioxide, Aluminum Hydroxide, Prunus Armeniaca Kernel Oil, Triethoxycaprylylsilane, Acacia Decurrens Flower Wax, Polyglycerin-3, Tocopheryl Acetate, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Silica, Fragrance, Olus Oil, Saccharide Isomerate, Aqua, Glycine Soja Oil, Persea Gratissima Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Tocopherol, Ascorbyl Palmitate, Bisabolol, Citric Acid, Sodium Citrate, Isobornyl Acetate, Calendula Officinalis Flower Extract, Chamomilla Recutita Flower Extract, Fucus Vesiculosus Extract, Triticum Vulgare Bran Extract, BHT, Linoleic Acid, CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 15850:1, CI 77499, CI 15850:2, CI 15850, CI 45410, CI 77742, CI 42090.

Key ingredients

  • Jojoba Esters

Ester Jojoba adalah hasil hidrogenasi dari minyak Jojoba yang lebih banyak dikenal. Ester Jojoba sangat identik dengan minyak alami yang diproduksi kulit kita. Terus, stabilitas oksidatifnya tinggi. Makanya, Jojoba Esters yang bersifat emolien ini sering digunakan dalam kosmetik.

  • Helianthus Annuus Seed Extract

Selanjutnya, Helianthus Annuus Seed Extract didapatkan dengan cara mengompresi biji bunga matahari. Kandungan ini sering kali digunakan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik sebagai agen emolien. Manfaat minyak bunga matahari untuk kulit meliputi meningkatkan hidrasi kulit dan memberikan perlindungan antioksidan.

  • Prunus Armeniaca Kernel Oil

Alias Apricot Kernel Oil, adalah minyak tumbuhan bersifat emolien yang berasal dari kernel (biji benih) buah aprikot yang lezat. Seperti minyak tumbuhan lainnya, kandungan ini mengandung antioksidan vitamin E dan asam lemak bergizi. Ia memiliki sifat yang baik untuk kulit, dapat melembabkan, dan cukup mudah diserap ke dalam kulit. Psst, karena mengandung minyak oleat tinggi, kandungan ini sangat ideal untuk jenis kulit kering!

Jadi, lini Hydrastay Make Over sangat ramah pada kulit kering. Lipstik ini saja memiliki banyak kandungan alami yang bagus banget buat masalah dry skin. Jadi, tidak hanya mempercantik bibir secara instan, lipstik ini juga akan merawat kesehatan kulit bibir kita.

Impresi

Saya sebenarnya sudah impressed dengan melihat daftar kandungan Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip. Tapi, saya belum selesai! Saya masih akan menelaah produk ini lebih dalam lagi. Mari kita mulai pembahasan tekstur, swatch, dan aromanya.

Tekstur

Sesuai namanya, Lip Whip, tekstur lipstik ini seperti whipped cream. Walaupun tidak terlalu mirip, tapi intinya creamy. Maksudnya lebih ke formulasinya yang ringan dan lembut di bibir. Selama berjam-jam pemakaian, saya memang merasa bibir saya terasa creamy. Dan saat lipstiknya berangsur-angsur hilang, saya merasakan adanya oil pada bibir, dalam artian yang baik, ya. Bibir saya jadi terasa lembab terus.

Swatch

Dalam sekali perilisan, Make Over mengeluarkan 12 warna untuk Hydrastay Smooth Lip Whip. Ada warna C01 GRACE, 02 BALLAD, C03 POETIC, C04 REAL, C05 SWIFT, C06 LIVELY, C07 SOIREE, C08 DEVOTED, C09 ADMIRE, C10 VOW, C11 SUAVE, dan C12 DETAIL.

Macam warnanya berkutat pada warna hangat, pink, dan warna-warna yang mendekati pink seperti peach, ungu, dan merah kecoklatan. Warna-warna tersebut cenderung aman buat undertone warm, netural, dan cool.

Nah, shade C01 GRACE adalah warna yang saya review sekarang. Shade ini lebih ke baby pink, tapi agak cerah. Menurut saya warna ini akan terlihat cantik di skintone apapun juga.

Wangi

Lipstik ini mengandung synthetic fragrance, tapi saya tidak mencium aroma yang mengganggu, kok.

Daya Tahan dan Performa

Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip memiliki kekuatan seperti apa, ya? Bagaimana dengan staying power-nya? Dilihat dari teksturnya, sih, pasti tidak sekuat lipstik matte. But, we'll see!

Cara Pemakaian

Cara menggunakan lipstik ini sama saja seperti ketika kamu pakai lipstik cair pada umumnya. Saya mau kasih tips saja, kalau kamu menginginkan hasil akhir yang lebih matte, sebaiknya kamu jangan pakai lip balm sebelum lipstik ini.

Biasanya bagi pemilik bibir kering suka pakai lip balm dulu sebelum pakai lipstik apapun. Nah, kali ini kamu tidak memerlukannya, karena Make Over Lip Whip sudah menghidrasi banget, jadi kamu tidak perlu lip balm lagi. Psst, perhatikan bibir bawah saya ada kulit yang mengelupas karena memang kulit saya lagi kering banget!

Hasil

Lihatlah hasilnya! Saya cuma satu kali mengambil produk untuk bibir atas dan bawah, tapi pigmentasinya sangat tinggi. Terus di bibir tidak terasa tebal ataupun mengganggu, sangat ringan.

Jika dilihat finish-nya seperti matte, ya, padahal lipstik ini creamy. Bibir saya yang tadinya dalam kondisi kering bahkan sedikit pecah-pecah pun jadi tidak terlihat demikian. Sudah beberapa produk lipstik Make Over yang saya coba, memang tidak pernah mengecewakan untuk soal formulasi dan pigmentasi.

Cek klaim, lipstik ini benar-benar menghaluskan tampilan bibir, meminimalisir garis-garis bibir, menghilangkan tampilan bibir pecah-pecah, dan membuat bibir terasa lembut. Kalau menurut ingredient list-nya, banyak ekstrak dan minyak alami. Jadi, tidak hanya membuat tampilan bibir jadi smooth secara instan, lipstik ini juga bakal memperbaiki kulit bibir agar lembut sungguhan walau tanpa makeup.

Saya setuju dengan klaimnya, karena saat mencoba lipstik ini kebetulan bibir saya lagi pecah-pecah walau minor. Tapi, bisa dilihat aplikasi lipstiknya yang sangat mulus. Terus, setelah lipstiknya 'habis' pun kulit bibir yang tadinya terkelupas karena pecah-pecah jadi hilang walau belum langsung sembuh, soalnya baru 1-2 hari kemudian kulit bibir saya sembuh total. Jadi, lipstik yang diinfus skincare ini memang bekerja dengan baik sebagai penghidrasi bibir.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, lipstik ini hasil akhirnya lebih cenderung satin, bukan matte. Sehingga, ia tidak terlalu kering seperti matte karena ada kilau-kilaunya, walau tidak sekilau lipstik glossy.

Yang pasti lipstik ini tidak kering layaknya lipstik matte. Jadi, wajar sekali kalau lipstik ini transfer ke mana-mana, contohnya ke masker atau gelas. Tapi untungnya lipstik ini tidak transfer ke makanan saat kita makan. Jadi, bukan masalah yang besar!

Kesimpulan

Foto di atas merupakan hasil pemakaian Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip selama kurang lebih enam jam. Saya sudah makan, minum, pakai masker, bahkan mandi juga, loh. Bisa dilihat kalau stain dari lipstik ini masih ada.

Yang sudah habis hanya di area tengah bibir, tapi di pinggir ke tengah masih ada. Jadi, kalau kamu masih beraktivitas, bisa tinggal reappply saja lipstiknya. Jangan takut clumpy karena lipstik ini tidak matte, kan.

Minusnya, stain ini sulit dihilangkan walau saya sudah mencoba pakai eye & lips makeup remover. Akhirnya saya biarkan saja dan besoknya lipstik ini baru benar-benar hilang. Padahal kurang baik jika kita menggunakan makeup lebih dari 24 jam. Mungkin jika dipadu cleansing oil akan lebih baik lagi hasil pembersihannya.

Pros (+)

  • Desain sedikit upgrade dari lipstik Make Over sebelum-sebelumnya
  • Harga sangat terjangkau untuk ukuran brand Make Over dan kalaupun dibandingkan lipstik cair merk lainnya
  • Sungguh melembabkan dan menghaluskan tekstur bibir, bahkan pada bibir kering dan pecah-pecah seperti yang sedang saya alami
  • Dilengkapi banyak skincare untuk merawat bibir dalam jangka panjang
  • Mengandung UV Protection agar pinggiran bibir tidak menghitam
  • Ada sedikit stain sehingga lipstik tidak langsung menghilang begitu saja, tapi gradually secara bertahap

Cons (-)

  • Tergolong cepat 'berangsur-angsur' menghilangnya, karena lipstik ini tidak matte
  • Meninggalkan stain yang sulit hilang walau sudah menggunakan eye & lip makeup remover
  • Warna keterangan di boks tidak sama persis dengan hasil di bibir, karena setelah diaplikasikan terlihat lebih gelap

Harga & Tempat Membeli

Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip memiliki hasil akhir yang sangat baik di bibir kering. Waktu pemakaiannya juga cukup panjang, sekitar 5-6 jam walau kamu makan dan minum sekalipun. Kekurangannya adalah lipstik ini stain dengan cara yang kurang 'cantik' dan cukup sulit dihilangkan. Bagi yang menyukai lipstik matte mungkin tidak terlalu nyaman menggunakan produk ini.

Tapi, untuk harganya yang dibanderol seharga 100 ribuan tergolong worth it kalau menurut saya. Apalagi dari brand yang terkenal seperti Make Over, rasanya tidak akan malu buat touch up di tempat umum. Apa kamu penggemar produk ini? Saya suka dengan shade yang baru saya ulas ini, tapi saya juga penasaran dengan C05 Swift dan C12 Detail! Kalau kamu, apa shade favoritmu? Jawab lewat kolom komentar ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram