Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering

Makeup for Everyone alias Make Over review time! Kayaknya semua orang sudah kenal dengan merk kosmetik yang satu ini, ya? Make Over adalah produk lokal, asli Indonesia, yang kualitasnya setingkat brand high-end internasional!

Dengan kisaran harga yang tidak terlalu mahal dan kemasan yang elegan, tentu aspek-aspek ini sangat menggoda para beauty enthusiast untuk mencoba semua produk Make Over.

Sebelumnya, tim Kamini sudah sering me-review produk Make Over, seperti Make Over Silky Smooth Translucent Powder dan Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion. Pada kesempatan ini, Kamini mau mengulas salah satu produk Make Over lagi, yaitu berupa bedak compact yang bernama Make Over Perfect Cover Two Way Cake.

Jika kamu belum familiar, two way cake adalah campuran bedak biasa dengan foundation, jadi hasilnya lebih pigmented dari bedak padat pada umumnya, dan formulanya lebih ringan dari foundation yang sesungguhnya. Two way cake bisa jadi andalan kamu yang suka full makeup dan tidak mau riasan berkurang ke'aus'annya seharian.

Buat kamu yang tidak suka pakai foundie atau misalnya tidak sempat karena buru-buru, bisa ambil two way cake untuk berdandan sambil jalan. Produk-produk Make Over memang selalu mendapatkan rating baik, begitu pula Perfect Cover Two Way Cake ini.

Saya jadi semakin penasaran bagaimana performa two way cake Make Over yang dielu-elukan oleh banyak orang ini. Langsung saja bahas lebih lanjut, yuk, bersama Kamini!

Tentang Produk

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 1

Make Over Perfect Cover Two Way Cake tercipta dari kombinasi unik foundation dan bedak. Kedua kandungan tersebut berpadu indah dengan warna kulit siapa saja. Two way cake Make Over akan menciptakan riasan mewah yang halus dan lembut, serta menjaga kulit agar tampak segar tanpa cela, seharian!

Make Over juga menjanjikan pengguna untuk tidak memerlukan touch up sama sekali karena staying power-nya yang juara sekali. Produk ini akan menjadi partner in crime terbaik di mana saja, kapan saja.

Klaim & Benefit

Make Over Two Way Cake ini cocok untuk semua tipe kulit. Partikel ultra-halusnya akan membantu menyerap minyak berlebih, blur-out ketidaksempurnaan, dan meng-cover setiap inci kulit dengan sempurna sambil terasa seperti tidak memakai riasan apa pun.

Selain itu, formulanya yang tidak larut dalam air membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah dehidrasi kulit. Saking halus dan tinggi coverage-nya, kamu bisa menggunakan Two Way Cake ini tanpa foundation sebelumnya, loh! Karena ringan, produk ini cocok dipakai untuk dandan setiap hari.

Kemasan

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 3

Make Over Perfect Cover Two Way Cake memikili kemasan standar Make Over, all black yang elegan. Mulai dari kotak luarnya yang sturdy, dari sana kita bisa mendapatkan informasi seputar produk, kandungan, shade, dan masih banyak lagi.

Saat dibuka, saya disambut dengan kertas note dan bedak yang diberi lapisan pelindung (semua produk compact dan bedak dari Make Over memang selalu diberi lapisan lagi, tidak langsung disimpan begitu saja di kotak). Inilah note-nya, surat cinta dari Make Over:

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 5

Saya sudah lama tidak membeli produk Make Over, jadi saya tidak tahu apa sekarang semua produk kompleksi Make Over mendapatkan surat cinta seperti ini atau hanya Two Way Cake-nya saja.

Soalnya terakhir ketika mengulas Make Over Silky Smooth Translucent Powder dan Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion, saya tidak menemukan note seperti ini di dalam box.

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 7

Kalau ini wujud compact Two Way Cake-nya. Kurang lebih mirip dengan kemasan bedak padat pada umumnya. FYI, Make Over tidak mempunyai produk bedak padat, hanya Two Way Cake ini dan bedak tabur saja.

Nah, packaging Two Way Cake Make Over ini bentuknya bundar dan ukurannya pas dalam artian tidak terlalu kecil maupun terlalu besar. Masih muat masuk ke pouch makeup!

Visual kemasannya cantik banget, simpel, mewah, elegan, pas banget pokoknya kalau mau touch up. Di dalam kemasan TWC ini dilengkapi dengan cermin yang cukup lebar dan ada tempat spons terpisah di bawah bedaknya.

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 9

Karena sponsnya diberi tempat tidur khusus yang terpisah dengan bedaknya, jadi lebih higienis dan tidak cepat kotor. Yippie! Untuk spons Two Way Cake-nya sangat lembut. Bentuknya bundar seprti kemasan compact-nya, ukurannya pas (tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar).

Saat dipakai untuk mengaplikasikan TWC, spons-nya tidak terlalu menyerap produk, loh. Jadi, lebih banyak produk yang dipakaikan ke wajah daripada menempel (tertinggal) di spons. So, kamu bisa lebih hemat produk dan spons-nya juga tidak cepat kotor.

Ingredient List

Make Over memastikan kalau Perfect Cover Two Way Cake-nya dibuat dengan bahan-bahan premium, sehingga dapat menghasilkan produk terbaik tentunya. Ingin tahu apa saja kandungan lengkap dan star ingredients di dalam TWC ini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah, ya.

  • Full Ingredients

Talc, Mica, Zinc Myristate, Squalane, Hdi/trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Polymethyl Methcrylate, Dimethicone, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Ptfe, Silica, Dimethinicil Stearate, Dipentaerythrityl Hexahydroxystarate / Hexastrearate / Hexarosinate, Hydrogen Dimethicone, C9-15 Fluoroalcohol Prosphate. Quaternium-15, Methicone, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Fragrance, Tocopheryl Acetate, Glycine Sija (Soybean) Oil, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Simmodsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Bisabolol, Phenoxyethanol, Isobornyl Acetate, Triticum Vulgare (Wheat) Brac Extract, Calendula Officinalis, Flower Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Fucus Vesiculosus Extract, Bht, Linoleic Acid, Tocopherol, Aluminium Hydroxide.

  • Key ingredients

Two Way Cake ini mengandung bahan-bahan superb yang sangat baik untuk kulit seperti:

  1. Jojoba Oil untuk menjaga kelembaban kulit
  2. Vitamin E sebagai antioksidan dan pengkondisi kulit
  3. Macadamia Oil, Avocado Oil, Soybean Oil, Wheat Bran Extract, Chamomilla Flower Extract

Seperti yang bisa kamu lihat, TWC Make Over ini mengandung berbagai macam minyak alami. Pertama ada Jojoba Oil, daftar manfaat Minyak Jojoba sangatlah panjang.

Diambil dari biji tanaman Simmondsia Chinensis asli Arizona selatan, Minyak Jojoba kaya akan asam lemak esensial, Vitamin E, dan antioksidan sehingga Minyak Jojoba memiliki fungsi utama untuk menyuntikkan kelembaban pada kulit.

Sedangkan Macadamia Oil alias Minyak Macadamia akan memberi nutrisi pada kulit sekaligus melembabkannya. Oh, ya, Minyak Macadamia juga mengandung asam oleat, linoleat, dan palmitoleat yang tinggi, sehingga dapat mencegah kulit pecah-pecah dan mengurangi penampakan bekas luka.

Terakhir, Vitamin E adalah antioksidan penting yang larut dalam lemak. Vitamin ini telah digunakan selama lebih dari 50 tahun di bidang dermatologi. Ini adalah bahan penting dalam banyak produk kosmetik. Vitamin E bekerja melindungi kulit dari berbagai efek buruk akibat radiasi matahari dengan bertindak sebagai pemulung radikal bebas.

Impresi

Selain berfungsi sebagai makeup, ternyata Make Over Perfect Cover Two Way Cake juga mengandung banyak manfaat skincare. Keren abis! Nah, kiranya seperti apa impresi TWC ini, ya? Langsung saja kita bahas lebih lanjut.

Tekstur

Seperti bedak atau TWC pada umumnya, Make Over Perfect Cover Two Way Cake memiliki tekstur yang sedikit powdery dan sangat lembut juga halus. Walau powdery, saat diaplikasikan ke wajah, TWC ini langsung nempel banget di kulit, loh.

Swatch

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 11

Produk-produk Make Over memang tidak terlalu bervariatif, tapi untuk produk kompleksinya, shade yang tersedia cukup banyak. Untuk Two Way Cake ini pun, shade-nya ada delapan dengan pilihan warna terang, medium, dan gelap.

Pilihan undertone-nya pun ada dua macam, yaitu pink undertone dan yellow undertone. Warna-warna itu adalah 01 - Lace, 02 - Coral, 03 - Maple, 04 - Desert, 05 - Cinnamon, 06 - Cappucino, 07 - Espresso, dan 08 - Honey.

Shade yang saya coba adalah 08 Honey. Dari penjelasannya, shade Honey ini sebenarnya untuk kulit gelap. Tapi, entah kenapa saat melihat swatch dari orang-orang secara online, kayaknya lebih cocok buat kulit kuning langsat seperti saya. Dan, ternyata benar, shade nomor 08 ini pas banget buat kulit saya.

Wangi

Two Way Cake ini tidak mengandung aroma apapun.

Daya Tahan & Performa

Setelah menelisik tentang kandungan, formula, serta tekstur dari Make Over Perfect Cover Two Way Cake, saya jadi semakin penasaran dengan produk ini. Bagaimana denganmu? Selanjutnya, saya akan membahas cara penggunaan, trik, juga final verdict dari produk ini.

Cara Pemakaian

Aplikasikan TWC menggunakan spons bawaan dengan cara menepuknya pada wajah dan leher perlahan-lahan. Kamu bisa menggunakannya langsung di atas primer ataupun menggunakan base seperti BB cream atau foundation terlebih dahulu.

Tips & Trik

Untuk hasil lebih natural, sebaiknya kamu tidak perlu menggunakan alas bedak, langsung saja pakai TWC ini di atas primer. Kamu bisa menggunakan spons bawaannya jika mengikuti langkah ini. Namun, jika kamu telah menggunakan base makeup dan tetap ingin tampil natural, gunakanlah kuas bedak dan sapukan pada seluruh wajah juga leher.

Untuk full makeup, gunakan foundation, concealer, dan setting powder. Lalu, tutup dengan Make Over Perfect Cover Two Way Cake. Aplikasikan TWC menggunakan spons bawaan secara merata pada wajah dan leher, supaya tidak belang!

Hasil

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 13

Untuk mengetahui kekuatan sesungguhnya dari Make Over Perfect Cover Two Way Cake, saya akan membuktikannya dengan menggunakan BB cream (tanpa concealer) pada 1/2 wajah kanan dan 1/2 wajah kiri hanya dengan pelembab, tabir surya, dan primer saja.

Dengan begitu, saya bisa tahu bagaimana hasil dan staying power dari TWC ini ketika dipakai dalam jam yang sama dan melalui medan yang sama.

Kondisi kulit saya saat ini cukup kering, terutama pada area hidung ada kulit yang sedikit mengelupas. Saya juga bruntusan di area hidung dan pipi, juga ada dua jerawat yang letaknya di pipi dan dahi. Selain itu, di wajah saya memiliki banyak flek kecoklatan serta kantung mata dan lingkar mata hitam yang sudah berteriak minta di-treatment.

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 15

Ini adalah hasil penggunaan Make Over Perfect Cover Two Way Cake. Bagus banget! Tidak terlalu kentara perbedaannya antara sisi wajah saya yang telah diaplikasikan BB cream dan mana yang polos saja. Untuk sisi wajah yang ada BB cream-nya tentu terlihat lebih menutupi kekurangan di wajah saya, ya.

Seperti noda-noda kecoklatan di pipi dan mata panda memang lebih ter-cover ketika saya menggunakan BB cream terlebih dahulu. Warna kulit saya juga lebih cerah karena BB cream yang saya gunakan memang lebih putih daripada skintone alami saya.

Tapi, pada sisi wajah saya yang tanpa BB cream pun, Make Over Perfect Cover Two Way Cake masih memberikan performa yang mumpuni.

TWC ini bisa meratakan warna kulit, membuat kulit nampak lebih cerah dan segar, bruntusan memang tidak tertutupi tapi freckles saya lumayan lah ter-cover tipis-tipis. Lingkaran hitam di area mata saya pun terlihat lebih baik, walau tidak secerah ketika saya pakai BB cream.

Uniknya, pada saat test wear ini area hidung saya sedang megar-megar dengan jumlah yang sama di sisi kanan dan kiri. Tapi, sisi kulit yang saya beri BB cream malah lebih menampakkan dry patch (kulit yang mengelupas) daripada sisi kulit yang langsung pakai TWC saja. Justru kulit saya yang hanya pakai TWC saja membuat tampilan dry patch saya lebih lembut.

Kesimpulan

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 17

Make Over Perfect Cover Two Way Cake memiliki tingkat coverage menengah. TWC ini bisa meng-cover pori-pori besar, meratakan & mencerahkan warna kulit, serta sedikit membuat flek kecoklatan & lingkar mata hitam jadi tersamarkan. Akan tetapi, tingkat coverage-nya masih kurang walau untuk keperluan sehari-hari pun.

Jadi, sebaiknya kamu tetap menggunakan concealer kalaupun tidak memakai alas bedak sebelum TWC agar hasilnya lebih flawless. Tentu jika kamu ingin full makeup look, kamu perlu menggunakan foundation atau BB cream, lalu pakai concealer, baru deh pakai TWC-nya Make Over.

Saya menggunakan Two Way Cake ini tanpa touch up selama kurang lebih 5 jam. Saya sudah melalui dua kali wudhu dan saya juga sempat tidur siang. Bisa dilihat wajah saya jadi belang-belang, ada spot yang masih ada bedaknya tapi ada yang sudah terhapus, baik di sisi wajah yang sudah saya aplikasikan BB cream dan yang pelembab saja.

Wajah saya juga kelihatan lebih kusam daripada waktu awal pengaplikasian TWC, mungkin karena mata panda saya menjadi jelas kembali, ya.

Kulit kering di area hidung saya (dan malah nambah jadi di area mulut juga) sudah semakin nampak dan ada crack di kelopak mata saya. Tidak terlalu berbeda antara sisi wajah yang saya pakaikan BB cream dan yang hanya pelembab saja sebenarnya.

Pros (+)

  • Mengandung banyak natural oil yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit
  • Menurut yang memiliki oily skin dan kulit kombinasi, TWC ini bagus sekali untuk menahan minyak di T-zone
  • Kemasan elegan, cantik, dan terlihat mahal
  • Sponsnya lembut, mudah meratakan bedak, dan tidak menyerap terlalu banyak produk ke sponsnya
  • Coverage-nya sheer to medium, cocok untuk penggunaan sehari-hari
  • Tekstur TWC-nya halus banget dan bisa blur pores
  • Tidak membuat breakout

Cons (-)

  • Dengan setumpuk minyak alami yang sudah dibahas di star ingredients, saya mengharapkan bedak ini bisa tahan di kulit saya yang kering. Tapi, nampaknya kekuatannya kurang mumpuni jika saya langsung menggunakan TWC-nya tanpa alas bedak. Padahal sebelumnya saya sudah menggunakan pelembab dan primer, tapi setelah beberapa jam TWC ini menampakkan dry patch di beberapa area wajah saya.
  • Karena TWC adalah campuran bedak dan foundation, perlu hati-hati dalam pengaplikasiannya karena kalau berlebihan bisa 'dempul' banget.
  • Tidak sesuai klaim yang mengatakan no touch up, karena harus banget touch up.

Harga & Tempat Membeli

Review Make Over Perfect Cover Two Way Cake di Kulit Kering 19

Make Over Perfect Cover Two Way Cake hadir dalam ukuran full pack dan refill pack. Masing-masing berukuran 12 gram untuk isinya, baik yang refill ataupun yang full sama. Hal yang membuat keduanya berbeda adalah harga dan packaging luarnya.

Kalau yang refill hanya kemasan standar dengan tutup yang agak tipis tanpa cermin bawaan. Kalau yang full seperti foto yang ada di atas, ya.

Menurut saya produk ini sangat sangat worth it. Walau di kulit saya yang kering ini TWC-nya masih menampakkan dry patch, tapi saya pikir bakal bisa diakali jika saya menggunakan alas bedak sebelumnya. Bagaimana menurut kamu tentang TWC ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram