Review Somethinc Mugwortella Charcoal Wash Off Mask

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 25 Agustus 2021

Tren Mugwort masih belum redup eksistensinya di industri kecantikan Indonesia. Setelah masuk ke tanah air lewat brand-brand kecantikan asal Korea Selatan, kini brand lokal juga nggak mau ketinggalan untuk mengadaptasi tanaman Baru Cina yang penuh khasiat.

Salah satu brand kesayangan tanah air yang baru-baru ini merilis produk dengan kandungan Mugwort adalah Somethinc. Melalui Mugwortella Charcoal, Somethinc menawarkan manfaat clay mask dengan kandungan utama Mugwort yang disebut-sebut baik untuk menenangkan kulit dan membersihkan pori-pori.

Nah, karena sudah ada di tangan saya, maka saya akan mengulas langsung performa clay mask dari Somethinc ini. Kalau penasaran akan pengalaman saya menggunakannya, simak terus ulasan berikut!

Tentang Produk

Review somethinc mugwortella

Merupakan salah satu wash off mask pertama dari Somethinc, Mugwortella Charcoal diperkenalkan pada awal bulan Juli 2021 bersama dengan saudaranya, Skin Goals.

Meski sama-sama berbahan dasar clay, kedua masker ini tentu punya manfaat utama yang berbeda. Skin Goals lebih mengutamakan manfaat mencerahkan dan mengurangi hiperpigmentasi, sementara Mugwortella Charcoal ditujukkan untuk konsumen yang punya masalah dengan pori-pori dan kulit berjerawat.

Meski berbeda dari sisi manfaat, keduanya sama-sama digandrungi, lho, oleh beauty junkies Indonesia. Nggak heran, produk ini sampai habis beribu-ribu di bulan pertama perilisannya. Saya saja harus ikut pre-order dulu sebelum akhirnya mendapatkan produk ini. Cukup bikin saya percaya kalau banyak yang kepo dengan produk Somethinc ini.

Klaim dan Benefit

Review somethinc mugwortella chercoal Deep Pore Cleansing_klaim

Clay mask yang punya kandungan unggulan Mugwort ini diformulasikan untuk mengurangi kelebihan minyak, menenangkan kulit berjerawat dan membersihkan pori-pori. Makanya produk ini ditujukkan Somethinc untuk pemilik kulit berminyak, kombinasi atau acne-prone.

Sebenarnya, bukan cuma Mugwort yang punya peran penting dalam menunjang manfaat Mugwortella Charcoal. Ada juga great ingredients lain yang namanya sudah nggak asing karena dinilai ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit, sebut saja Centella Asiatica, Bamboo Charcoal, Dead Sea Mud, Kaolin, Strawberry Seeds dan Bentonite Clay.

Nggak berhenti sampai di situ, ada juga kandungan bahan alami lain yang tergabung dalam 7 Types of Natural Plants Power dari formulasi produk, yakni ekstrak akar Knotweed, Skullcap, Licorice, ekstrak daun teh, Rosemary dan Lidah Buaya. Ekstrak tumbuhan alami ini bergabung dan menawarkan manfaat anti-inflamasi, anti iritasi, antioksidan dan mengurangi kemerahan.

Kedengarannya, produk ini memang benar-benar menjawab permasalahan pemilik kulit berminyak maupun berjerawat, bukan? Makanya bila kamu memiliki kondisi kulit seperti ini, nggak ada salahnya mencoba masker Mugwortella Charcoal untuk menemani #SelfPamperinc di rumah.

Oh iya, masker berjenis wash off ini juga diklaim non-comedogenic dan sudah diuji oleh dermatologist. Sedangkan label lain yang tertera pada kemasan produk adalah Cruelty-Free, Green Dot, 12 Months PAO, dan tentu saja ada logo #BanggaBuatanIndonesia.

Cara Pakai

Review somethinc mugwortella_cara pakai

Clay mask ini digunakan layaknya produk serupa, yakni dioleskan pada wajah dan leher dengan menghindari area mata. Tunggu produk sekitar 10 menit atau hingga kering, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Mugwortella Charcoal juga cukup digunakan 1-2 kali saja dalam seminggu. Dan tiap selesai menggunakan masker, tetap lanjutkan dengan penggunaan toner disertai step skincare selanjutnya, ya.

Saya sendiri pakai produk ini hanya pada area-area yang rentang breakout dan mudah berminyak, soalnya saya khawatir produk akan stripping pada area lain yang cenderung kering. Kalau kondisi kulitmu sama seperti saya, bisa coba juga pakai teknik yang saya sebut focus masking ini.

Fun Fact

Ada yang menarik dari kemasan Wash Off Mask milik Somethinc. Bila kebanyakan produk dalam kemasan tube menggunakan bahan plastik atau gelas, Somethinc mengklaim kalau kemasan clay mask ini terbuat dari biji gandum. Kemasan ini nggak butuh waktu ribuan tahun untuk terurai, nggak seperti kebanyakan plastik.

Pengadaptasian eco-friendly packaging jadi bukti bahwa Somethinc juga concern dengan pelestarian lingkungan. Jadi, rasa sesal kita karena banyak membeli kemasan plastik yang sulit didaur ulang akan berkurang kalau memutuskan untuk punya produk ini.

Kemasan

Review somethinc mugwortella chercoal Deep Pore Cleansing_kemasan

Sudah disebut sebelumnya, alih-alih menggunakan bahan plastik, Somethinc menggunakan bahan biodegradable dalam kemasan Wash Off Mask-nya. Material ini tetap kokoh dan spill-proof, kok, layaknya kemasan plastik. Sehingga tetap menjaga higienitas masker di dalamnya.

Masker ini sendiri datang tanpa box luar, namun sudah dilengkapi dengan aplikator silikon. Dan karena Mugwortella Charcoal memakai tema warna hijau tua, aplikator silikon yang melengkapi pun diberi warna hint hijau—spesifiknya toska.

Tube produk sebenarnya punya warna dasar abu dengan titik-titik kecil coklat yang saya perkirakan berasal dari gandum, tapi tak lupa Somethinc juga menempelkan label produk berwarna hijau tua yang berisi identitas, klaim, informasi kandungan, hingga nama pabrikan. Clay mask ini dikemas dalam volume 60 ml.

Ingredient List

Review somethinc mugwortella chercoal Deep Pore Cleansing_ingredients

Meski brand lokal, Somethinc tetap memformulasikan produknya dengan sangat baik. Nggak heran, manfaat dari produk-produk Somethinc bisa dirasakan oleh konsumen.

Tentu saja Mugwortella Charcoal Wash Off Mask juga sudah diformulasikan dengan bahan-bahan yang memberikan manfaat untuk kulit. Untuk menjawab bahan-bahan apa yang dimaksud, kita berkenalan dulu yuk dengan ingredients list-nya!

Full Ingredients

Aqua, Kaolin, Bentonite, Glycerin, Betaine, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, Sitt Artemisia Vulgaris Extract, Propylene Glycol, Xanthan Gum, Allantoin, Fragaria Vesca Seed. Phenoxyethanol, Aloe barbadensis Leaf Extract, Hydrogenated Lecithin, Chlorella vulgaris Powder, Centella Asiatica Extract, Sodium Hyaluronate, 1,2-Hexanediol, Ethylhexylglycerin, Charcoal Powder, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Chamomilla Recutita Flower Extract, Rosmarinus Officinalis Extract, Rosmarinus Officinalis Leaf Oil, Quaternium-73

Key Ingredients

  • Kaolin. Mengikat minyak, mengontrol minyak dan kilap, serta mengangkat kotoran.
  • Bentonite. Menyerap kelebihan minyak dan anti-inflamasi.
  • Glycerin. Memberikan hidrasi pada kulit.
  • Betaine. Menyeimbangkan hidrasi kulit.
  • Sitt Artemisia Vulgaris Extract. Menenangkan, anti-inflamasi, dan antioksidan.
  • Allantoin. Menjaga kulit tetap lembap, mencegah iritasi.
  • Fragaria Vesca Seed yang bersifat exfoliant.
  • Aloe barbadensis Leaf Extract. Menenangkan, menghidrasi dan sumber antioksidan.
  • Hydrogenated Lecithin. Melembutkan kulit dan mendorong hidrasi.
  • Chlorella vulgaris Powder merupakan sumber antioksidan.
  • Centella Asiatica Extract. Menenangkan kulit dan antioksidan.
  • Sodium Hyaluronate. Agen pendorong hidrasi yang baik.
  • Charcoal Powder. Membantu membersihkan kotoran dan minyak
  • Polygonum Cuspidatum Root Extract. Membantu menangkal radikal bebas, mengurangi tanda iritasi
  • Scutellaria Baicalensis Root Extract. Antioksidan, menenangkan
  • Camellia Sinensis Leaf Extract. Antioksdian, anti-inflamasi, anti bakteri
  • Glycyrrhiza Glabra Root Extract. Mengurangi noda hitam, antioksidan, anti inflamasi
  • Chamomilla Recutita Flower Extract. Antioksidan, mengurangi kemerahan dan inflamasi
  • Rosmarinus Officinalis Extract. Antioksidan, anti inflamasi, menenangkan

Secara keseluruhan, key ingredients dalam Somethinc Mugwortella Charcoal ini punya manfaat mengontrol minyak, menenangkan, membersihkan hingga ke dalam pori, menghidrasi, anti inflamasi, dan antioksidan. Produk ini memang cukup menggiurkan bagi pemilik concern pori-pori tersumbat, jerawat, dan minyak berlebih dari sisi kandungannya.

Impresi

Nah, akhirnya sampai pada pembahasan impresi yang ditawarkan produk. Kira-kira seperti apa tekstur, aroma, warna dan sensasi yang saya rasakan ketika mencoba sendiri Somethinc Mugwortella Charcoal? Yuk, langsung cari tahu!

Tekstur

Review somethinc mugwortella chercoal Deep Pore Cleansing_tekstur

Karena Somethinc Mugwortella Charcoal berjenis clay mask, tekstur yang ditawarkan tentu nggak jauh dari tekstur lempung yang cenderung creamy. Tenang saja, yang saya maksud di sini nggak yucky layaknya tanah liat sungguhan, masih ada creamy hint yang menyadarkan kita kalau produk ini udah melalui pemrosesan khusus.

Bukan cuma clay texture nya yang menarik perhatian, masker ini juga punya butir-butir hitam yang saya yakini merupakan biji stroberi. Ukuran butiran bijinya nggak terlalu besar dengan jumlah yang nggak terlalu banyak, sehingga nggak terasa mengganggu saat pengolesan masker ke wajah.

Sama kayak masker wash off kebanyakan, Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing terasa agak ketat kalau sudah mengering. Oleh karena itu, sebaiknya kamu langsung pakai produk yang menghidrasi dan melembapkan setelah selesai maskeran dengan produk ini.

Aroma

Meski ada kandungan essential oil kayak minyak rosemary dalam formulasinya, saya masih bisa mencium aroma alami lautan yang sedikit fishy dari masker. Tapi aroma ini nggak long lasting, kok, lama-kelamaan juga akan menghilang beriringan dengan masker yang mengering.

Warna

Kabar baiknya, masker ini nggak punya kandungan pigmen warna tambahan. Warna hijau dari masker kemungkinan besar datang dari kandungan ekstrak tumbuhan di dalamnya.

Aplikasi

Satu hal yang jelas terasa saat pertama kali mengoleskan masker ini ke wajah adalah sensasi agak dingin yang menyejukkan. Tepat banget kalau masker ini disebut punya manfaat soothing, karena sensasi ini memang sangat membantu untuk menenangkan kulit.

Sayangnya, saya sedikit bingung dengan keberadaan butiran biji stoberi dari maske. Soalnya saya sama sekali nggak merasa ada sensasi eksfoliasi. Tekstur yang terasa saat pengaplikasian hanya seperti mengaplikasikan masker wash off biasa.

Di sini lain, ini juga bisa menjadi pertanda baik, karena mungkin eksfoliasi yang ditawarkan nggak harsh, melainkan gentle. Makanya butiran eksfoliator nggak bisa terasa dengan jelas saat pengaplikasian. Yang pasti, masker ini memang terasa cukup kental dan berat saat awal pengolesan, tapi berganti menjadi tight yang tetap ringan setelah mengering.

Performa

Review somethinc mugwortella chercoal Deep Pore Cleansing_performa 1

Saya sudah pakai produk ini selama 4 minggu dengan total pemakaian 7 kali. Tiap kali selesai pemakaian, saya selalu mendapati wajah menjadi bebas minyak dan lebih lembut. Ini karena masker bisa menyerap kelebihan minyak di kulit dengan baik.

Tenang saja, saya nggak merasa kulit jadi kering kerontang, kok, setelahnya. Kalau pun memang dirasa seperti itu, tinggal aplikasikan saja hydrating toner. Selesai, deh!

Setelah 7 kali pemakaian masker wash off dari Somethinc ini, tampak ada beberapa perubahan pada wajah saya. Kemerahan yang terjadi pada bekas jerawat saya jadi berkurang, meski benjolannya belum hilang total. Lain hal untuk bekas-bekas jerawat kecil, sebagian besar benjolannya hilang digantikan dengan Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH).

Sebenarnya, recovery stage dari jerawat yang saya punya memang selalu melalui tahap PIH, sebelum akhirnya menghilang. Makanya kebanyakan bekas jerawat benjolan digantikan menjadi noda hitam. Tapi, ini menjadi pertanda bahwa produk bekerja baik di kulit saya dalam memudarkan bekas jerawat. Mungkin dalam pemakaian jangka panjang hasilnya akan lebih memuaskan lagi.

Selain meredakan kemerahan, Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask ini juga membuat wajah saya tampak lebih segar dan sehat. Perlu dicatat ya, ada perbedaan pencahayaan pada foto kanan dan kiri, makanya bagian ‘before’ tampak lebih cerah. Sebab pada kenyataannya, saya nggak merasa ada perubahan kecerahan apapun pada wajah saya.

Untuk kemampuannya membersihkan pori-pori juga cukup baik meski berangsur. Soalnya masih ada bagian pori-pori saya yang tampak tersumbat. Yang pasti, saya jadi nggak rentan breakout selama menggunakan masker ini. Bahkan, jerawat hormonal saya yang seharusnya tiap bulan muncul juga nggak tampak keberadaannya di bulan pemakaian masker, lho. Hebat, bukan?

Tips dan Trik

Tips dari saya yang mungkin bisa kamu contek untuk penggunaan Somethinc Mugwortella, adalah membasahi sedikit masker yang sudah kering dengan air tepat sebelum dibilas. Saya selalu pakai cara ini demi mendapatkan manfaat scrubbing dari masker.

Jadi, sebelum membilas masker, saya selalu membasahinya terlebih dahulu dan melakukan gerakan memutar. Ini agar butiran biji stoberi dalam masker bisa bekerja optimal sebagai exfoliant dan membersihkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. But keep in mind, cukup lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar saja. Nggak perlu kasih tekanan apapun.

Harga dan Tempat Membeli

Review somethinc mugwortella chercoal Deep Pore Cleansing.

Sekarang Somethinc Mugwortella Charcoal sudah banyak tersedia secara online melalui e-commerce. Kamu bisa mengantongi produk berukuran 60 ml ini dengan harga sekitar 90.000.

Kesimpulan

Review somethinc mugwortella_kesimpulan

Selain soothing, masker dari Somethinc ini ampuh meredakan kemerahan pada bekas jerawat saya. Produk juga nggak bikin pori-pori tersumbat. Sebaliknya, ia malah menghindarkan wajah saya dari jerawat dan breakout.

Pros

  • Menawarkan manfaat soothing dan gentle exfoliating secara bersamaan
  • Meredakan kemerahan dan bekas jerawat
  • Menyerap kelebihan minyak dengan baik
  • Nggak bikin kulit kering kerontang
  • Bikin wajah lembut, tampak sehat dan segar
  • Membersihkan dan mencegah penyumbatan pada pori-pori
  • Banyak kandungan bahan yang kaya antioksidan

Cons

  • Ada kandungan essential oil namun masih berbau fishy di awal pengolesan masker
  • Sensasi eksfoliasi cenderung samar, tapi kamu bisa pakai tips saya bila ingin merasakan eksfoliasi yang maksimal.

Oh iya, campaign produk ini menekankan makna ‘Skincare is Unisex’, lho. Jadinya kamu bisa pakai masker ini bareng saudara laki-lakimu atau dengan si dia.

Tertarik untuk mencobanya juga? Atau punya pengalaman lain saat pakai Somethinc Mugwortella Deep Pore Cleansing ini? Jawab melalui kolom komentar di bawah, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram