kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Bibir / Wardah Exclusive Matte Lip Cream, Fan Favorite yang Affordable

Wardah Exclusive Matte Lip Cream, Fan Favorite yang Affordable

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 25 November 2020

Tren matte lipstick memang belum pernah hilang dari ranah dunia kecantikan. Meski mulai tergantikan dengan tren-tren lain seperti gradient lips hingga glossy lips, masih banyak yang prefer menggunakan matte lipstick karena tampilannya yang tampak sehat dan kalem.

Saya sendiri juga lebih banyak memiliki koleksi lipstik matte dibandingkan yang ada hint of gloss-nya. Padahal bibir saya merupakan tipe yang kering. Namun pesona lipstik matte tetap memiliki ruang khusus di hati saya.

Kali ini saya berkesempatan untuk mencoba salah satu best-seller dan favorit pencinta lipstik matte yang affordable yaitu Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Produk ini bahkan menjadi holy grail bagi sebagian orang karena menawarkan kualitas yang dinilai cukup baik untuk lipstik dari brand lokal. Jadi penasaran, bukan? Yuk, simak ulasan exclusive saya soal Exclusive Matte Lip Cream dari brand halal favorit di Indonesia ini!

Tentang Produk

Review Wardah Matte Lip Cream_1 (Copy)

Walau bukan brand new product dari Wardah, tapi Exclusive Matte Lipstick bisa dibilang merupakan salah satu produk dekoratif yang difavoritkan masyarakat. Produk ini sudah mengalami perjalanan yang cukup panjang sebelum akhirnya hadir dengan kemasan dan formulasi baru yang dinilai lebih nyaman dibandingkan versi lamanya.

Meski begitu, ciri khas Exclusive Matte Lipstick tentu saja tidak pernah dihilangkan oleh Wardah. Ciri khas yang dimaksud yaitu shades beragam, berani, dan tampilan matte yang kala itu produk-produk seperti ini menjadi incaran para beauty junkies tanah air.

Wardah Exclusive Matte Lipstick sendiri pertama dirilis pada tahun 2016 silam dengan menghadirkan hanya 6 shade saja. Tapi semakin lama, Wardah menggoda penggemarnya dengan terus-terusan mengeluarkan shade baru hingga akhirnya kini berjumlah 18. Banyak sekali, bukan?

Shade ini bukan semata-mata diproduksi untuk menggoda saja, tapi Wardah juga lebih mindful dalam menawarkan shade-shade yang cocok untuk berbagai skintone orang Indonesia.

Klaim dan Benefit

Wardah menyebutkan bahwa produk ini menawarkan the perfect color intensity for an unforgettable luxury. Lip cream dengan tekstur velvet creamy yang terasa ringan, lembut, juga memberikan hasil akhir matte yang tidak lengket dan mudah mengering.

Bukan itu saja, bahkan dalam sekali oles, kamu akan mendapatkan warna yang sangat intens dan pigmented dari produk ini karena kandungan Colorbinding Pigments di dalamnya. Wardah Exclusive Matte Lipstick memiliki variasi warna-warna mewah sempurna yang dapat bertahan lama sepanjang hari dan telah diperkaya dengan vitamin E.

Cara Pemakaian

Ada yang unik dari cara penggunaan Wardah Exclusive Matte Lipstick. Percaya atau tidak, tapi Wardah menyarankan penggunanya untuk menggunakan lip balm atau lip gloss terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk ini. Hal tersebut bertujuan untuk membuat bibir terasa lembab. Barulah setelah itu, kamu dapat leluasa mengulaskan Exclusive Matte Lipstick pada bibir dengan langkah berikut.

  1. Aplikasikan pada bagian dalam bibir terlebih dahulu
  2. Gunakan ujung aplikator untuk merapikan pulasan hingga bagian ujung bibir
  3. Tunggulah hingga produk mengering dan melekat sempurna pada bibir cantikmu

Saya sebenarnya tidak menggunakan produk ini persis dengan urutan tersebut, karena saya selalu memiliki kebiasaan untuk lip-framing dahulu sebelum memulaskan lipstik pada seluruh bagian bibir. Hal ini saya lakukan demi menghindari bleeding dan menghasilkan pulasan yang rapi.

Fun Fact!

Produk ini sudah mengalami petualangan yang cukup panjang untuk bertahan di pasaran hingga saat ini. Bagaimana tidak, pada Februari tahun 2019 lalu, Wardah Exclusive Matte Lipstick sempat mengalami reformulasi yang menjadikannya lebih wearable dan terasa nyaman di bibir. Dan pada tahun 2020, Wardah mengadakan kolaborasi antara Exclusive Matte Lipstick dengan salah satu illustrator ternama Indonesia yaitu Ayang Cempaka.

Kolaborasi ini dilakukan oleh Wardah dalam memperingati bulan peduli kanker payudara yaitu pada Oktober. Selain menghadirkan desain kemasan yang sangat menarik, produk Exclusive Matte Lipstick hasil dari kolaborasi ini juga diproduksi dengan jumlah terbatas.

Shade yang dipilih pun hanya terdiri dari tiga pink shade Wardah Exclusive Matte Lipstick. Pemilihan shade ini konon didasarkan karena warna pink mewakili sisi kelembutan perempuan dan kepedulian untuk sesama.

Kemasan

Review Wardah Matte Lip Cream_2 (Copy)

Wardah Exclusive Matte Lip Cream dikemas dalam tube khas lip cream dengan badan berbahan kaca transparan sementara bagian twist-cap dari plastik berwarna glossy silver. Bagian atas cap juga bisa digunakan sebagai cermin praktis untuk memudahkan pengaplikasian lip cream pada bibir agar lebih rapi. Produk ini memiliki berat 4 gram dengan box luar yang memiliki warna sama seperti shade lip cream.

Desain box luar juga cukup mewah dan modern bila dibandingkan dengan desain lama Exclusive Matte Lip Cream yang hanya berwarna silver. Sepertinya Wardah mengerti bahwa istilah ‘mewah’ tidak melulu memiliki arti berkilauan.

Aplikator

Review Wardah Matte Lip Cream_aplikator (Copy)

Doe-foot applicator masih menjadi ciri khas kebanyakan produk lip cream. Ciri khas ini tentu tidak dipudarkan Wardah dalam Exclusive Matte Lipstick. Meski basic, namun aplikator doe-foot yang diadaptasi Wardah dalam produk ini cenderung empuk dan tetap presisi. Sehingga terasa nyaman ketika meluncur bersama lip cream pada bibir.

Ingredients

Review Wardah Matte Lip Cream_ingredients (Copy)

Full Ingredients

Cyclopentasiloxane, Isododecane, Trimethylsiloxysilicate, Trisiloxane, Disostearyl Malate, Disteardimonium Hectorite, Synthetic Beeswax, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Caprylyl Methicone, Propylene Carbonate, Silica Dimethyl Silylate, Tocopheryl Acetate, Cetyl Dimethicone, Propylparaben, Fragrance, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Talc.

May Contain: Cl 45410:2, Cl 15850:1, Cl 42090, Cl77891, Cl15850:2, Cl77491, Cl77492, Cl77499

Key Ingredients

  • Tocopheryl Acetate ( Vitamin E)

Vitamin E berperan sebagai sumber antioksidan dan juga dapat membantu memperbaiki tampilan kulit yang kering. Inilah mengapa kandungan vitamin E cukup esensial bila terdapat dalam produk lipstik.

  • Aluminum Hydroxide

Masih ingat klaim Wardah yang menyatakan bahwa produk ini memiliki teknologi Colorbinding Pigments? Saya yakin, Aluminium Hidroksida berperan besar dalam teknologi tersebut. Pasalnya kandungan satu ini membuat tampilan warna produk kosmetik menjadi lebih opaque. Sehingga pigmentasi warna yang ditawarkan pun akan sangat baik.

  • Trimethylsiloxysilicate

Nah, inilah ingredients yang ditambahkan Wardah pada formulasi terbaru Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Trimethylsiloxysilicate bertanggung jawab meningkatkan kemampuan longevity suatu produk. Bahan ini juga yang menjadikan produk bersifat waterproof.

Impresi

Setelah mengenali produk ini baik dari kemasan, ingredients dan klaim yang disampaikan Wardah. Saatnya saya memaparkan impresi yang langsung saya rasakan sendiri selama menggunakan Exclusive Matte Lip Cream.

Tekstur

Exclusive Matte Lipstick memiliki tekstur creamy dengan sedikit hint mousse namun tidak begitu smooth. Kekentalan produk ini masih dapat dirasakan ketika produk diaplikasikan pada bibir. Akan tetapi, tekstur ini tetap mudah untuk diulaskan kok. Jadi jangan khawatir produk akan menggumpal.

Aroma

Karakteristik basic lain yang mungkin dapat kamu temukan dalam hampir semua produk lip cream atau liquid lipstick yang beredar adalah aroma khasnya yang agak vanila dan juga artificial. Tapi tenang saja, aroma ini tidak begitu mengganggu sih kala dipulaskan pada bibir. Hanya saja, kalau kamu sengaja menghirup aromanya langsung dari tabung, it is never a good idea.

Swatch

Shade Exclusive Matte Lipstick yang saya pilih adalah Plump it Up (12). Shade ini benar-benar menawarkan warna plump yang pekat, bold, dan luxurious. Warna ini juga sangat pigmented dengan opasiti yang oke karena dapat menutupi warna asli bibir saya hanya dalam satu ulasan.

Produk ini membutuhkan waktu 1-2 menit untuk mengering dan benar-benar menjadi matte. Tapi finishing result-nya sangat impressive dengan warnanya yang memikat, tekstur powdery matte yang smooth dan soft. Aduh, saya benar-benar mengacungkan jempol untuk pigmentasi shade ini.

Produk ini juga lumayan terasa ringan dan sama sekali tidak meninggalkan kesan lengket apapun. Oh iya, meski matte, produk ini tetap tidak terasa tight pada bibir setelah mengering. Tapi, alangkah baiknya bila kamu mengoleskan lip balm atau lip gloss terlebih dahulu untuk kelembaban yang semakin baik. Produk juga sama sekali tidak menggumpal ketika diaplikasikan pada bibir.

Performa dan Daya Tahan

Pada jam-jam awal pemakaian lip cream, saya tidak banyak berharap ketika mendapati produk ini transfer pada gelas dan alat makan yang saya gunakan. Bahkan, oleh gesekan jari tangan saya saja produk ini nge-stain. Meski memang sih, Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini tidak begitu banyak berubah oleh air.

Tapi, selama 5 jam pemakaian, saya terkejut ketika mendapati masih banyak sisa produk yang tertinggal di bibir. Padahal kala itu saya sudah banyak mengonsumsi makanan, minuman dan membasuhnya dua kali dengan air. Menurut saya produk ini dapat bertahan setidaknya 6-7 jam pada bibir dan bisa lebih lama lagi bila kamu tidak banyak mengonsumsi makanan berminyak.

Selain itu, meski tidak melembabkan, produk ini tidak begitu membuat bibir terasa kering. Tapi demi menghindari flaky dan dry patches, lebih baik lembabkan bibir terlebih dahulu. Apalagi bila kegiatanmu berhadapan langsung dengan AC.

Tips dan Trik

Hal yang perlu dilakukan pemilik bibir kering yang ingin menggunakan produk lipstik dengan hasil akhir matte adalah melakukan exfoliasi terlebih dahulu. Di samping menggunakan pelembab bibir tepat sebelum mengaplikasikan lipstik matte, eksfoliasi akan memberikan hasil bibir yang halus dan lembut. Karena kalau tidak, sel-sel kulit mati akan semakin tampak jelas terlihat.

Kamu dapat melakukan eksfoliasi pada malam sebelumnya menggunakan lip mask, atau dengan lip scrub. Tapi bila memilih menggunakan lip scrub, usahakan kamu mengaplikasikan pelembab bibir juga setelahnya. Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi bibir dengan mengaplikasikan lip balm pada malam hari, membawanya tidur, kemudian menggosoknya dengan tisu atau sikat gigi secara perlahan pada pagi harinya.

Harga dan Tempat Pembelian

Wardah Exclusive Matte Lip Cream

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sama seperti kebanyakan produk Wardah yang Lain, Exclusive Matte Lip Cream juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp30.000-Rp50.000 bergantung shade yang dipilih. Benar, beberapa shade sangat difavortikan oleh masyarakat Indonesia, sehingga cepat sekali habis terjual. Kabar baiknya, kamu tidak akan kesulitan menemukan produk ini baik online maupun offline.

Kesimpulan

Tak salah produk ini menjadi salah satu produk lip cream matte favorit di Indonesia. Selain harganya terjangkau, produk ini menawarkan kualitas yang tak kalah jempolan dibandingkan produk lip cream high-end yang ada di pasaran. Tidak percaya? Buktikan sendiri, deh!

Pros

  • Highly pigmented dan opaque
  • Dapat menutupi warna asli bibir hanya dalam sekali pulas
  • Lumayan waterproof
  • Tidak begitu membuat bibir kering, tapi alangkah lebih baiknya mengaplikasikan pelembab bibir terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lip cream ini
  • Hasil akhir powdery matte, smooth dan soft.
  • Staying power hingga 6-7 jam

Cons

  • Tidak smudge-proof dan transfer-proof, namun tetap menyisakan banyak sisa stain pada bibir
  • Bisa membuat bibir kering bila dibawa beraktivitas di bawah AC

Setelah mencoba Wardah Exclusive Matte Lip Cream saya jadi lumayan tertarik untuk membeli shade-shade lainnya terutama yang cocok untuk sawo matang. Karena saya sudah terlanjur jatuh hati dengan pigmentasi produk pada bibir yang super bagus.

Tertarik untuk mencoba produk satu ini? Taruh jawabanmu di kolom komentar, ya! Selain ulasan ini, kamu juga dapat menemukan ulasan produk Wardah lainnya yang tak kalah favorit seperti Lightening Liquid Concealer hingga UV Shield Active Protection Serum.

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram