Review Avoskin Your Skin Bae Vit. C 3% + Niacinamide 2% Serum

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 19 Juli 2021

Dalam urusan menuntaskan permasalahan kulit secara mendalam, serum memang jadi andalan. Selain karena kandungan bahan aktifnya yang tinggi, kerja serum yang terfokus langsung pada permasalahan kulit menjadikannya salah satu produk perawatan kulit yang banyak diminati.

Hampir semua brand kecantikan punya produk serum andalan mereka, terutama brand-brand yang bergerak di ranah perawatan kulit. Brand asal tanah air Avoskin juga nggak mau ketinggalan untuk memproduksi produk serumnya. Avoskin bahkan langsung merilis produk-produk serum ini dalam satu seri khusus bernama Your Skin Bae.

Avoskin Your Skin Bae Serum terdiri dari 9 varian serum dengan manfaat utama yang berbeda-beda. Sejak pertama kali diluncurkan, serum-serum ini sudah mencuri perhatian publik. Banyak konsumen terkesan dengan performa produk yang bisa dengan efektif menuntaskan masalah kulit mereka.

Karena itulah kali ini saya akan membuktikan performa Avoskin Your Skin Bae Serum yang sempat jadi favorit masyarakat Indonesia. Selain itu, kebetulan juga akhir-akhir ini saya tengah dilanda permasalahan bekas jerawat yang cukup parah. Nah, mampukah produk ini mengatasi permasalah bekas jerawat saya? Simak terus ulasannya, ya!

Tentang Produk

review avoskin your skin bae serum_

Diperkenalkan pada bulan Desember 2020 silam, Your Skin Bae merupakan seri produk perawatan kulit wajah dari Avoskin yang berfokus menuntaskan berbagai masalah kulit. Awalnya, seri ini meluncurkan 9 varian serum yang dilakukan berkala, yakni 5 produk pada bulan Desember 2020 dan 4 sisanya menyusul pada tahun 2021. Sembilan varian serum yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Niacinamide 12% + Centella Asiatica
  2. Salicylic Acid 2% + Zinc
  3. Hyacross 3% + Green Tea
  4. Marine Collagen 10% + Ginseng Root
  5. Alpha Arbutin 3% + Grapeseed
  6. Vitamin C 3% + Niacinamide 2% Mandarin Orange Fruit Extract
  7. Lactic Acid 10 % + Kiwi Fruit 5% + Niacinamide 2.5%
  8. Azeclair 10% + Kombucha 3% + Niacinamide 2.5%
  9. Panthenol 5% + Mugwort + Cica

Susah banget bukan nyebutin nama-nama variannya? Haha. Selain produk-produk serum, Avoskin juga menambahkan 5 produk toner dalam seri Your Skin Bae yang namanya juga not-so-easy-to-remember.

Dalam seri satu ini, Avoskin memadukan kekuatan bahan aktif dan bahan alami. Your Skin Bae juga ditujukkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna skincare baru, termasuk para remaja di atas 15 tahun. Bila ingin tahu manfaat tiap varian produk salam series Avoskin Your Skin Bae, kamu bisa kunjungi artikel ini.

Dari ke-9 varian serum Your Skin Bae milik Avoskin, saya memilih varian Vitamin C 3% + NIacinamide 2% Mandarin Orange Fruit Extract. Menurut saya manfaat varian ini paling menjawab permasalahan kulit yang saya miliki.

Klaim dan Benefit

review avoskin your skin bae serum_klaim

Glow Up, Bye Dark Spots, Unique, Loveable

Avoskin

Varian Vitamin C 3% + NIacinamide 2% Mandarin Orange diperuntukan bagi seseorang yang memiliki permasalahan pigmentasi dan bekas jerawat, terutama PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation). Lebih spesifiknya, Avoskin menjelaskan bahwa varian ini memiliki manfaat berikut:

  • Mencerahkan kulit 3x lebih cepat
  • Mengurangi masalah pigmentasi termasuk bintik hitam
  • Sangat melembabkan kulit
  • Menjaga kulit tetap kencang dan sehat
  • Mengurangi tampilan pori-pori
  • Melindungi dari dampak buruk sinar matahari
  • Merawat kulit pasca jerawat
  • Boost antioxidant

Meski dari segi manfaat hampir mirip dengan varian Alpha Arbutin 3% + Grapeseed dan Niacinamide 12% + Centella Asiatica, varian ini punya fokus mencerahkan, mengatasi bekas jerawat dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Jadi kalau masalah utama kulitmu adalah noda hitam bekas jerawat dan kulit kusam, varian ini paling cocok untuk dipilih.

Selain klaim yang sudah disebutkan, produk ini juga memiliki beberapa simbol dan label yang tertera pada kemasannya. Ada 12 months PAO, Green Dot, PETA Cruelty-Free, Vegan dan Avo Quality Assured (semacam QC Passed dari Avoskin).

Cara Pemakaian

review avoskin your skin bae serum_cara pakai

Nggak ada instruksi khusus yang disebutkan oleh Avoskin dalam penggunaan serum ini. Cukup oleskan beberapa tetes serum pada wajah, lalu pijat kulit secara perlahan sampai serum menyerap.

Tapi hindari pengolesan serum pada area mata, ya. Gunakan juga serum pada pagi dan malam hari. Khusus pemakaian pagi, aplikasikan pula sunscreen sebagai langkah akhir skincare, terutama bila akan beraktivitas di luar ruangan. Hal ini dilakukan agar vitamin C dari serum nggak cepat rusak karena sinar matahari.

Fun Fact

Sudah kenal dengan konsep Green & Clean Beauty versi Avoskin? Brand lokal ini berkomitmen menyediakan produk yang pengerjaannya dilakukan secara jujur dengan kemasan yang ramah lingkungan.

Selain bersertifikasi ECOCERT, Avoskin juga berusaha untuk mendapatkan ekstrak bahan-bahan alami terbaik lewat kerjasama yang mereka lakukan dengan petani-petani lokal dunia. Komitmen lain yang dipegang teguh Avoskin pada produknya adalah vegan, cruelty-free, bebas pewangi tambahan, pewarna dan sensitizer.

Kemasan

review avoskin your skin bae serum_kemasan

Salah satu hal yang mencolok dari seri Your Skin Bae milik Avoskin adalah warna-warni kemasan produk yang memorable. Meski nama tiap-tiap varian produk cukup sulit diingat, Avoskin menggunakan warna-warna vivid yang berbeda untuk tiap varian produknya. Tentu hal ini akan mempermudah konsumen dalam mengingat varian yang diinginkan.

Nah, varian Vitamin C 3% + Niacinamide 2% Mandarin Orange Fruit Extract sendiri menggunakan color theme kuning yang merupakan representasi jeruk dan vitamin C. Warna kuning ini mendominasi baik box luar maupun pada botol tempat serum ditampung.

Ada yang unik lho pada box luar produk! Selain tertera berbagai informasi mengenai serum, saya menemukan adanya cetakan emboss bertuliskan ‘Your Skin Bae’ pada salah satu sisi box. Sepertinya ciri ini menjadi signature Your Skin Bae Series yang mana bisa digunakan untuk membedakan produk asli dengan tiruan.

Kalau botolnya sendiri terbuat dari kaca bening yang sudah dilengkapi round tip pipette. Botol serum ini cukup menggemaskan, soalnya alih-alih dibuat slim cylinder, Avoskin membuat bagian tabungnya jadi agak ‘bantet’.

Ingredients List

review avoskin your skin bae serum_ingredients list

Sebenarnya dengan liat nama produknya saja kita bakal tahu bahan-bahan apa yang diunggulkan Avoskin dalam formulasi serum. Tapi, ada juga bahan lainnya yang menunjang performa serum ini. Kalau penasaran bahan apa yang dimaksud, kenalan langsung dengan ingredients list dari Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% Mandarin Orange Fruit Extract ini, yuk!

Full Ingredients

Aqua, Glycerin, 3-o-Ethyl Ascorbic Acid, Butylene Glycol, Niacinamide, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Citrus Nobilis Fruit Extract, Disodium EDTA, Sodium Acetate, Sodium Bisulfite.

Key Ingredients

  • Glycerin

Berada di urutan kedua dalam formulasi, gliserin punya kontribusi yang cukup dominan untuk kemampuan melembapkan dari serum ini. Bukan sekedar melembapkan, gliserin punya andil dalam menarik hidrasi dari lingkungan luar ke dalam kulit sehubungan dengan perannya sebagai humektan.

  • 3-o-Ethyl Ascorbic Acid

Dalam bentuk murninya, vitamin C punya sifat nggak stabil karena mudah teroksidasi oleh udara. Oleh sebab itulah para formulator kosmetik menggunakan bentuk lain dari vitamin C yang lebih stabil namun tetap menawarkan manfaat utama layaknya vitamin C dalam bentuk murni. Salah satu bentuk vitamin C yang stabil adalah 3-o-ethyl ascorbic acid.

Nggak cuma berperan dalam mencerahkan kulit, bahan satu ini juga bisa diandalkan dalam mendorong produksi kolagen. Vitamin C juga menawarkan manfaat antioksidan yang bisa melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

  • Niacinamide

Superstar ingredient lain yang ada dalam formulasi serum ini adalah niacinamide. Perannya yang menutrisi, meredakan inflamasi dan kemerahan, hingga memperkuat skin barrier menjadikan niacinamide banyak digandrungi. Salah satu bentuk vitamin B ini juga dapat menjaga kelembapan kulit dan berfungsi sebagai sumber antioksidan.

Impresi

Selain performanya dalam menuntaskan permasalah kulit, tentu impresi juga cukup penting demi mencari tahu apakah suatu produk wearable atau nggak. Maka dari itu, sebelum membahas kemampuannya, sebaiknya kita kenalan dulu dengan Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% Mandarin Orange Fruit Extract ini lewat tekstur, warna, aroma dan sensasinya ketika diaplikasikan.

Tekstur

review avoskin your skin bae serum_kemasan 3

Meski dari foto tampak kalau tekstur produk seperti air, serum ini tetap sedikit terasa licin dan lebih kental dibandingkan air. Ini mungkin karena adanya kandungan bahan-bahan aktif di dalamnya. Yang pasti, serum unggulan Avoskin ini mudah diratakan, mudah menyerap dan nggak meninggalkan sensasi lengket yang berlebihan pada kulit.

Warna

Masih ingat dengan komitmen Avoskin yang mengaku nggak menggunakan pewarna pada produknya? Komitmen tersebut memang nyata dibuktikan pada serum Your Skin Bae Series ini. Pasalnya pada varian serum yang saya ulas, cairan serum yang keluar dari pipet memang nggak berwarna sama sekali.

Aroma

Awalnya saya mengira produk ini akan memiliki aroma citrus-y karena kandungan ekstrak jeruk mandarin yang bisa berperan sebagai fragrance alami, namun varian Vitamin C 3% + Niacinamide 2% Mandarin Orange Fruit Extract ini sama sekali nggak melepaskan aroma jeruk. Ada sedikit aroma sintetis yang bisa saya cium namun sangat samar, jadi nggak akan mengganggu.

Aplikasi

review avoskin your skin bae serum_aplikasi

Meski mudah diratakan, serum ini tetap membutuhkan waktu untuk benar-benar menyerap sempurna pada kulit. Kemampuan serum untuk completely absorbed pada kulit saya bahkan nggak begitu bagus. Saya masih sering mendapati produk jadi pilling meski dipakai sendiri tanpa ada layering produk lain.

Tapi di sisi lain, saya selalu bisa merasakan kalau serum sangat baik dalam melembabkan dan menghidrasi kulit. Terkadang, saya bahkan nggak menggunakan tambahan pelembap reguler bila sudah pakai serum ini. Pokoknya kemampuan melembabkan produk ini memang sangat jempolan.

Ketika diaplikasikan juga nggak timbul tingling sensation apapun. Kulit saya bisa menerima produk ini dengan baik tanpa menunjukkan reaksi sensitif.

Performa

review avoskin your skin bae serum_performa

Sebagai seseorang yang punya kondisi kulit kusam dan masalah bekas jerawat, saya mengedepankan kemampuan mencerahkan dari suatu produk. Untungnya, serum ini memenuhi kriteria tersebut. Selama menggunakan Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% Mandarin Orange Fruit Extract, saya bisa melihat adanya improvement pada kulit saya terutama pada noda-noda bekas jerawat.

Meski nggak bener-bener hilang total, tapi untuk kemampuannya menyamarkan noda bekas jerawat secara signifikan dalam waktu kurang dari sebulan patut diapresiasi. Kebetulan, selain bekas jerawat PIH saya pun mengalami PIE (Post Inflammatory Erythema), surprisingly, serum ini bekerja baik dalam mencerahkan bekas jerawat PIH sekaligus meredakan kemerahan PIE yang saya miliki.

review avoskin your skin bae serum_performa 2

Meski kemampuan mencerahkannya belum terasa, tapi dalam waktu 24 hari noda-noda bekas jerawat saya banyak berkurang. Area pipi yang awalnya kering dan dehidrasi pun jadi terasa lembap. Wajah saya yang tampak lelah pada hari ke-0 juga menjadi lebih segar dan sehat di hari ke-24.

Sayangnya klaimnya yang bisa menyamarkan pori-pori dan mengencangkan kulit belum bisa saya rasakan. Mungkin pemakaian lebih lanjut dan konsisten baru bisa mengantarkan saya pada hasil tersebut. Yang pasti, serum ini bisa saya andalkan untuk mengurangi masalah pigmentasi, kulit kering dan dehidrasi.

Tips dan Trik

Berulang kali saya mendapati serum Avoskin Your Skin Bae ini pilling di wajah saya. Karena itu akhirnya saya memutuskan untuk mengurangi jumlah produk di tiap pemakaiannya. Dari yang awalnya digunakan 6-7 tetes menjadi 3-4 tetes saja. Dan setelah mengurangi intensitas serum ini, wajah saya pun jadi jarang mengalami pilling.

Harga dan Tempat Pembelian

review avoskin your skin bae serum_harga

Avoskin Your Skin Bae Serum sudah banyak dijual bebas secara online. Sedangkan untuk pembelian offline sendiri sepertinya belum banyak toko yang menyediakannya. Kamu bisa mengantongi serum kemasan 30ml ini dengan harga 130ribu-160ribuan saja. Pemakaian perbotolnya pun cukup hemat, lho. Saya sendiri sudah satu bulan menggunakan produk ini dan masih menyisakan setengah botol serum.

Kesimpulan

review avoskin your skin bae serum_kesimpulan

Dalam mengatasi permasalahan bekas jerawat yang menghitam dan masalah pigmentasi lain, Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% Mandarin Orange Fruit Extract ini bisa jadi pilihan yang worth it untuk dicoba. Bukan cuma itu, serum ini juga bisa bantu mengatasi masalah kulit kering dan dehidrasi karena kemampuan melembapkannya yang sangat baik.

Pros

  • Vegan, cruelty-free, bebas pewangi, pewarna dan sensitizer
  • Bebas alkohol dan paraben
  • Nggak lengket dan no tingling sensation
  • Bisa memudarkan noda bekas jerawat
  • Melembapkan dan menghidrasi
  • Kaya antioksidan
  • Bikin kulit tampak sehat dan segar

Neutral

  • Kemampuan mencerahkan, meminimalkan tampilan pori-pori dan mengencangkan kulit belum terasa oleh saya.

Cons

  • Belum ada label halal, tapi ada label vegan. Jadi kemungkinan besar bahan-bahan yang dipakai dalam formulasinya bukan berasal dari sumber hewani
  • Pilling di kulit saya, namun bila jumlah produk dipangkas pada tiap pemakaiannya, efek pilling pun jadi minimal

Bagaimana, setelah membaca review saya kali ini apakah semakin membuatmu tertarik untuk mencoba serum Avoskin Your Skin Bae Series? Atau malah kamu sedang mencoba salah satu varian serum-serum tersebut? Share jawaban dan pengalamanmu pada pembaca Kamini lain lewat kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram