kamini.id

Beauty Terms - L

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Lactic Acid

Lactic Acid

Kandungan yang merupakan anggota dari kelompok alpha hydroxy acid. Lactic acid atau asam laktat umumnya didapatkan dari susu fermentasi dan digunakan dalam produk eksfoliasi berformulasi pH 3 dan 4.

Kandungan ini cenderung lembut bagi individu yang memiliki kulit sensitif. Asam laktat juga dapat mencerahkan dan memberi hidrasi pada kulit.

Laminaria Saccharina

Laminaria Saccharina

Salah satu jenis ganggang laut yang dapat menenangkan dan menghilangkan minyak pada kulit.

Lanolin

Lanolin

Semacam lilin yang dihasilkan oleh hewan berbulu wool. Bahan ini memiliki fungsi melembutkan serta memberi kelembaban pada kulit, bila digunakan pada produk kecantikan. Sayangnya, kandungan ini sebaiknya dihindari pemilik kulit berminyak karena dapat memicu jerawat dan iritasi.

Large Pluff Brush

Large Fluff Brush

Kuas dengan ukuran cukup besar yang memiliki ujung bulu berbentuk bulat dan mengembang. Kuas jenis ini digunakan untuk mengaplikasikan atau mencapur produk kosmetik bertekstur bubuk. Contohnya eyeshadow, highlighter, hingga contour.

Laser Nd YAG

Laser Nd YAG

Prosedur laser menggunakan teknologi Kristal Nd YAG atau neodymium-doped yttrium aluminum garnet. Prosedur ini dikenal dalam dunia kecantikan dengan nama laser Biaxis.

Jenis laser ini memiliki panjang gelombang yang dapat menembus lapisan kulit lebih dalam dibandingkan tipe laser lain.

Prosedur ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah kecantikan hingga mata. Laser Nd YAG dapat menghilagkan tampilan pembuluh darah yang tampak pada kulit wajah, tanda lahir, rambut ketiak, tato, hingga mengatasi infeksi jamur pada kuku.

Laser Theraphy

Laser Theraphy

Perawatan medis menggunakan sinar laser yang hanya memancarkan satu panjang gelombang spesifik. Terapi ini menargetkan sel-sel abnormal untuk dihancurkan, dipotong atau dibakar. Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi dengan terapi laser adalah tato, flek hitam serta untuk meremajakan kulit.

Lash Glue

Lash Glue

Merupakan adhesive atau perekat bulu mata palsu.

Lauric Acid

Lauric Acid

Asam lemak rantai sedang ataupun panjang yang didapat dari minyak kelapa atau palm kernel oil. Asam lemak ini memiliki banyak peran dalam produk kosmetik, contohnya sebagai bahan pewangi, bahan yang menenangkan kulit, dan pelembab.

Lavender Oil

Lavender Oil

Minyak yang diekstraksi dari tumbuhan lavender. Minyak ini dapat digunakan dalam produk kosmetik maupun obat-obatan. Untuk kulit, minyak lavender memiliki kemampuan dalam mengurangi jerawat, mencerahkan, sampai mengurangi kerutan.

Minyak ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut serta sistem pencernaan.

Layering

Layering (Rambut)

Teknik untuk mengubah ketebalan rambut, menjadikan rambut tampak lebih tipis ataupun lebih tebal. Teknik ini biasanya dilakukan oleh profesional.

Layering_skincare

Layering (Kosmetik)

Teknik pengaplikasikan beberapa lapis produk kosmetik baik skincare maupun makeup pada kulit, berdasarkan tekstur ataupun manfaatnya. Layering makeup digunakan untuk tampilan makeup yang tampak sempurna.

Sedangkan pada penggunaan skincare, teknik ini dilakukan agar manfaat tiap-tiap produk dapat terasa oleh kulit.

Leave-in Conditioner

Leave-in Conditioner

Merupakan kondisioner tanpa bilas. Produk ini digunakan setelah keramas dan hanya diaplikasikan pada rambut tanpa perlu dibilas. Produk ini dapat memberikan kelembaban ekstra, meluruskan, serta memberikan perlindungan terhadap rambut.

Lecithin

Lecithin

Salah satu senyawa lemak yang dapat ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Bahan ini dapat menarik air maupun senyawa lemak lainnya.

Lechitin banyak digunakan dalam produk makanan untuk melembutkan tekstur serta mencampurkan bahan-bahan cair dalam formulasi. Manusia sendiri membutuhkan lechitin untuk mengobati kolesterol hingga menigkatkan konsentrasi otak.

Lentigo

Lentigo

Istilah lain untuk menyebutkan bintik hitam yang muncul pada permukaan kulit akibat sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Berbeda dengan freckles, letingo tidak akan hilang ketika musim dingin tiba.

Letingo juga cenderung lebih gelap dibandingkan freckles. Area tubuh yang dapat menjadi tempat munculnya letingo adalah tangan, wajah, punggung atas, telapak kaki dan bahu.

Licochalcone

Licochalcone

Salah satu molekul yang ditemukan pada ektrak akar manis (licorice). Liochalcone memiliki kemampuan untuk meredakan inflamasi dan membantu mengatur produksi minyak pada kulit. Bahan ini sangat efektif digunakan bagi pemilik kulit berminyak.

Licorice Extract

Licorice Extract

Ekstrak dari akar licorice (akar manis) yang umumnya digunakan sebagai pemanis alami pada rokok atau permen.

Akan tetapi ekstrak licorice juga kini banyak dimanfaatkan dalam dunia medis dan kecantikan karena menawarkan manfaat anti peradangan, anti-penuaan, dan mencerahkan kulit.

Light-Difussing Technology

Light-Difussing Technology

Teknologi dalam produk makeup yang dapat memantulkan cahaya. Teknologi ini dapat menyamarkan tampilan kerutan atau garis halus.

Light Emitting Diode

Light Emitting Diode (LED)

Alat yang dapat melepaskan panjang gelombang cahaya spesifik. Tiap panjang gelombang yang dihasilkan akan mengatasi masalah kulit yang berbeda pula. Sebagai contoh, blue light dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Meski tidak se-intens IPL, alat ini bisa digunakan sendiri di rumah.

Lightwear Makeup

Lightwear Makeup

Sebutan untuk pemakaian makeup yang tipis atau makeup menggunakan produk-produk dengan formulasi ringan.

Lightweight Foundation

Lightweight Foundation

Foundation dengan formulasi yang ringan dan cenderung memberikan hasil yang lebih natural. Foundation jenis ini cenderung menawarkan kemampuan menutupi ketidaksempurnaan yang ringan hingga sedang (light to medium coverage)

Limited Edition

Limited Edition

Istilah untuk menyebutkan sesuatu yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Begitu sudah habis terjual, produk ini tidak akan ada lagi di pasaran.

Dalam dunia kecantikan, produk limited edition biasanya hadir dengan edisi khusus, baik desain khusus pada kemasan, atau kolaborasi antara brand dengan tokoh tertentu.

Linoleic Acid

Linoleic Acid

Asam linoleat merupakan asam lemak yang terkadang disebut sebagai vitamin F. Asam ini merupakan salah satu bahan produk perawatan kulit yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit sambil memberikan kelembaban dan penyembuhan.

Lip Balm

Lip Balm

Produk perawtaan bibir yang bertekstur seperti lilin atau balsam namun sangat baik dalam melembabkan dan menghilangkan kondisi kering dan pecah-pecah pada bibir.

Umumnya lip balm tidak diberi pigmen warna apapun, namun ada juga lip balm yang sedikit memberikan warna pada bibir yaitu disebut tinted-lip balm.

Lip Concealer

Lip Concealer

Produk makeup khusus bibir yang berfungsi untuk menutupi warna asli bibir. Produk ini akan membuat tampilan pewarna bibir yang digunakan semakin terlihat nyata.

Lip concealer juga dapat digunakan untuk pemilik bibir hitam, agar warna lipstick atau pewarna bibir lain yang digunakan tidak nampak berubah warnanya.

Lip Crayon

Lip Crayon

Produk lipstik atau lip balm berwarna (tinted balm) bertekstur krim yang dikemas dalam bentuk mirip pensil atau krayon.

Lip Cream

Lip Cream

Produk lipstick yang hadir dalam tekstur cair agak kental. Produk ini biasanya menawarkan hasil matte atau semi matte (tanpa kilau), namun ada juga yang menawarkan tampilan akhir dewy atau metalik (kilau).

Lip Cushion

Lip Cushion

Produk pewarna bibir yang biasanya bertekstur cairan agak kental yang dikemas dalam tabung dengan aplikator bantalan busa. Bantalan busa ini membuat produk menjadi mudah diratakan ke seluruh bibir.

Lip Gloss

Lip Gloss

Poruk kosmetik yang berfungsi menambahkan kilau pada bibir. Produk jenis ini juga sangat baik dalam memperbaiki tampilan bibir yang kering atau pecah-pecah. Selain hadir transparan, lip gloss juga ada yang ditambahkan sedikit pigmen warna dalam formulasinya.

Lip Liner

Lip Liner

Disebut juga sebagai lip pencil. Produk kosmetik untuk membentuk bingkai bibir, mendefinisikan bibir agar tampak lebih tebal, dan meratakan warna bibir yang tidak simetris. Penggunaan lip liner juga membuat aplikasi lipstik menjadi rapi dan tidak keluar dari garis bibir.

Lip Mask

Lip Mask

Masker yang dikhususkan untuk bibir. Produk ini biasanya hadir dalam tekstur seperti lip balm namun agak lembut dan berfungsi untuk mengatasi kekeringan pada bibir. Memberikan kelembaban sekaligus hidrasi, menghaluskan, serta mengeyalkan bibir.

Lip mask juga umumnya digunakan pada malam hari sebelum tidur dan baru dihapus keeseokan harinya setelah bangun.

Lip Palette

Lip Palette

Palet berisi lipstik bertekstur krim namun memiliki variasi pilihan warna. Volume tiap lipstick pada lip palette cenderung lebih sedikit dibandingkan lipstik satuan biasanya.

Lip Plumper

Lip Plumper / Lip-Plumping Glosses

Produk yang dapat membuat bibir menjadi bengkak karena kandungan bahan yang dapat mengiritasi lembut bibir seperti capsaicin, mentol atau jahe.

Produk ini akan memberikan sensasi menyegat pada bibir yang kemudian akan mengantarkan pada bibir yang tampak lebih penuh.

Lip Primer

Lip Primer

Produk kecantikan pada bibir yang berfungsi untuk mengurangi tampilan garis-garis halus pada bibir dan melebutkan bibir. Produk ini digunakan sebelum mengaplikasikan pewarna bibir dengan tujuan agar warna yang timbul menjadi rata dan tidak mudah keluar dari garis bibir.

Lip Scrub

Lip Scrub

Produk perawatan kulit bibir yang memiliki kandungan butiran halus, berfungsi menghilangkan sel-sel kulit mati, menutrisi kulit, dan membersihkan bibir.

Lip Stain

Lip Stain

Produk kosmetik yang digunakan untuk mewarnai bibir. Produk ini menawarkan warna yang lebih pigmented dibandingkan lip tint namun tidak se-pigmented lipstik.

Lip stain biasanya dikemas dalam berbagai bentuk seperti balm, gloss, atau liquid. Sayangnya, karena mirip lip tint, lip stain dapat membuat bibir terasa kering terutama saat musim dingin.

Lip Tint

Lip Tint

Produk pewarna bibir yang menawarkan warna yang lebih tahan lama pada bibir. Biasanya lip tint memiliki tekstur gel atau cair, namun ada juga yang bertekstur krim.

Ketika diaplikasikan pada bibir, bahan dasar lip tint yang umumnya air akan menguap dan meninggalkan pigmen warna menempel pada bibir. Inilah yang menjadikan lip tint tahan lama.

Lipid

Lipid

Berbagai molekul organik yang tidak larut dalam air. Molekul-molekul ini diantaranya lemak, minyak, hormon dan komponen tertentu dari membran yang berfungsi sebagai molekul penyimpan energi dan pembawa pesan kimiawi.

Lipid juga bisa terdapat dalam produk kosmetik dan berfungsi untuk meningkatkan lapisan pelindung kulit, menjaga kelembaban dan melembutkan tampilan kulit. Selain kosmetik, lipid juga terdapat dalam makanan.

Liposome

Liposome

Merupakan gelembung kecil berarir yang digunakan untuk membungkus bahan dan meningkatkan penyerapannya pada kulit. Intinya, liposom berperan dalam sistem penghantaran bahan aktif menuju kulit.

Lipsom merupakan nano teknologi yang dikembangkan dalam bidang farmasi yang diaplikasikan pada sistem penghantara obat. Liposom ini mirip seperti liposom yang terdapat dalam tubuh secara alami.

Lipotherapy

Lipotherapy

Prosedur non-bedah yang dilakukan untuk menghilangkan lemak atau selulit. Meski begitu, prosedur ini tidak dilakukan sebagai terapi penurunan berat badan. Lipotherapy hanya dilakukan pada pasien dengan berat badan ideal namun memiliki masalah tadi.

Selain disebut lipotherapy, prosedur ini juga dikenal sebagai lipodissolve atau body sculpting. Prosedur yang dilakukan melibatkan injeksi bahan sejenis enzim yang dapat memecah jaringan lemak.

Lipstik

Lipstik

Produk kosmetik untuk mewarnai bibir yang dikemas dalam bentuk batang (stik), krayon, pensil, palet, hingga cairan. Produk ini menawarkan hasil akhir yang beragam. Ada yang membuat bibir berkilau, hingga tanpa kilau sama sekali.

Liquid Eyeliner

Liquid Eyeliner

Eyeliner cair yang biasanya dikemas dalam botok kecil dan dilengkapi aplikator berujung tipis dan runcing untuk menghasilkan garis yang bersih dan presisi. Jenis eyeliner satu ini biasanya hanya diaplikasikan pada garis bulu mata atas.

Liquid Foundation

Liquid Foundation

Foundation bertekstur cair yang didesain agar menyatu sangat baik dengan kulit dan umumnya digunakan oleh semua jenis kulit. Bahan dasar yang digunakan dalam produk ini biasanya adalah campuran air dalam silikon.

Sama seperti foundation biasanya, produk ini juga menawarkan daya tutup (coverage) dan hasil akhir (finishing result) bervariasi.

Liquid Lipstick

Liquid Lipstick

Istilah untuk menyebutkan produk lipstik bertekstur cair yang dikemas dalam botol serta memiliki aplikator yang memudahkan pengaplikasian. Liquid lipstik biasanya memiliki hasil akhir dengan kilau seperti lip gloss namun ada juga yang tanpa kilau (matte).

Highligher

Lit

Istilah populer (bahasa gaul) yang digunakan ketika aplikasi highlighter pada riasan terlihat sangat bagus.

Long-Lasting Makeup

Long-Lasting Makeup

Istilah untuk menyebutkan hasil riasan yang tahan lama.

Loofah

Loofah

Aksesoris mandi berupa alat penggosok atau sabut yang digunakan untuk membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Sayangnya, alat ini tidak dianjurkan untuk pemilik kulit sensitif.

Loose Powder

Loose Powder

Bedak bertekstur bubuk yang tidak banyak memiliki kandungan minyak. Inilah mengapa bedak tabur biasanya digunakan untuk jenis kulit berminyak, karena sangat baik dalam menyerap minyak dari kulit.

Jenis bedak ini juga menawarkan tekstur yang ringan, meski memang terkadang bedak ini menjadi berantakan tiap kali digunakan, karena bubuknya mudah bertebaran dimana saja.

Lotion

Lotion

Produk perawatan kulit dengan tekstur yang lebih encer dibandingkan krim karena kandungan airnya lebih banyak. Lotion terasa lebih ringan dari krim dan memberikan hasil akhir yang tidak lengket. Lotion biasanya digunakan pada pemilik kulit normal cenderung berminyak.

Lower Lashline

Lower Lashline

Garis pada area bulu mata bawah

Lycopene

Lycopene

Pigmen merah yang banyak terdapat dalam tomat, wortel dan semangka. Pigmen ini memiliki sifat antoksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari bila dikonsumsi dengan cara ditelan ataupun dioleskan.

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram