Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel, Ringan Tanpa Whitecast

Dengan semakin berkembangnya industri kosmetik di Indonesia, artinya semakin banyak wanita yang aware mengenai kesehatan kulit. Makanya sekarang banyak sekali produk-produk yang awalnya dianggap enggak terlalu penting jadi must have yang enggak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah tabir surya yang bisa menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Belakangan para wanita mulai menyadari betapa pentingnya tabir surya, terutama setiap kali mereka akan pergi keluar rumah. Nah, salah satu produk tabir surya yang cukup digandrungi adalah Wardah UV Shield Sunscreen Gel.

Produk ini disebut-sebut dapat memberikan perlindungan yang intense hingga 30x lebih optimal. Apalagi tabir surya buatan Wardah ini juga dijamin sangat lembut, anti lengket dan akan menutrisi kulit sepanjang hari.

Kali ini kita akan mencari tahu lebih dalam lagi mengenai Wardah UV Shield Sunscreen Gel. Kira-kira seberapa tangguhnya sunscreen dari Wardah ini? Temukan jawaban lengkapnya dari pembahasan berikut!

Baca juga: Varian Wardah UV Shield, Melindungi Wajah dari Sinar UV

Tentang Produk

Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel __

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ merupakan salah satu sunscreen yang banyak sekali penggemarnya. Produk ini memang dibanderol dengan harga sangat bersahabat dan terasa sangat nyaman saat digunakan. Pasalnya, ia memiliki teknologi broad spectrum protection yang bisa menahan paparan sinar matahari 30x lebih optimal.

Sunscreen dari Wardah ini juga bebas dari kandungan alkohol, makannya terasa sangat ringan, enggak kering dan bebas dari rasa lengket saat dipakai. Sunscreen ini memiliki kandungan vitamin E dan pro vitamin B5 yang akan membantu dalam menutrisi kulit. Jadi bukan hanya melawan paparan sinar matahari, tapi ia juga bisa bantu menjaga kesehatan kulit.

Klaim dan Benefit

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ adalah tabir surya yang dapat melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB. Wardah menjamin produk tabir surya ini enggak akan menimbulkan efek lengket karena teksturnya yang ringan. Paduan pro vitamin B5 dan vitamin E yang kaya  antioksidan juga bisa mengatasi penuaan dini. Ia juga non-comedogenic, lho.

Cara Pakai

Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel _Cara Pakai_
  1. Pastikan kulit dalam keadaan bersih
  2. Gunakan skincare seperti toner, serum dan lainnya sebelum mengaplikasikan sunscreen
  3. Ambil Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel secukupnya
  4. Oles tipis ke seluruh area wajah dan leher secara merata
  5. Dapat digunakan untuk area kulit lainnya yang kemungkinan terpapar sinar matahari
  6. Cocok untuk beraktivitas semi outdoor

Kemasan

Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel _Kemasan_

Saatnya masuk ke bagian yang cukup penting bagi saya, yaitu kemasan dari Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel. Produk ini dikemas dalam botol tube berwarna kuning yang cukup eye catching. Tapi saya sempat berpikir bahwa produk ini merupakan varian dari Wardah C-Defence, karena sama-sama memakai base warna kuning untuk produknya.

Desain kemasan ini cukup cantik dengan paduan warna kuning muda dan oranye dengan aksen tulisan berwarna putih. Saya cukup menyukai desain ini karena terlihat simpel dan youthful, sangat muda untuk menarik perhatian para pembeli. Sayangnya di bagian belakang kemasan tube enggak ada keterangan mengenai ingredients yang digunakan dalam sunscreen ini. 

Ingredient list hanya ada di bagian belakang kemasan plastiknya dan di situ memang terdapat informasi yang cukup lengkap mengenai produk, mulai dari cara pakai, izin BPOM hingga formula yang digunakan.

Beralih ke tutup flip top yang digunakan, ia sangat kuat namun masih sangat mudah untuk dibuka tutup. Pemilihan penutup jenis ini juga sangat memudahkan pemakaian sunscreen, apalagi jika sedang tergesa-gesa.

Overall saya menyukai packaging-nya. Hanya saya cukup disayangkan informasi ingredient list enggak di simpan di bagian belakang kemasan tube.

Ingredient List

Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel _Ingredient List_

Salah satu hal terpenting saat akan membeli dan mencoba sebuah produk adalah melihat kandungan bahan yang digunakan. Dari sini kita bisa mencari tahu apakah produk tersebut aman untuk digunakan dan cocok dengan skin type kita atau enggak.

Full Ingredient

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Propylene Glycol, 4-Methylbenzylidene Camphor, Acrylates Copolymer, Polyacrylamide, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Dimethicone, Panthenol, Cyclopentasiloxane, Triethanolamine, Phenoxyethanol, C13-14 Isoparaffin, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Laureth-7, Dimethicone Crosspolymer, Carbomer, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Triethylene Glycol, Dimethicone/​Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Dimethiconol, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate

Key Ingredients

  • Ethylhexyl Methoxycinnamate

Ethylhexyl Methoxycinnamate merupakan bahan penting yang akan melindungi kulit dari sinar matahari. Bahan ini akan menghadang sinar UV yang jadi penghambat produksi kolagen untuk regenerasi kulit. Ethylhexyl Methoxycinnamate akan menyerap atau mengkonversi sinar UV menjadi panas, sehingga ia enggak akan mengenai dan menyerap ke dalam lapisan kulit.

  • Tocopheryl Acetate

Tocopheryl Acetate atau ATA merupakan bentuk dari vitamin E yang selalu ada di berbagai produk perawatan kulit. Karena merupakan vitamin E asetat, maka bahan ini memiliki sifat antioksidan yang akan melindungi kulit dari radikal bebas. ATA secara stabil bisa bertahan dalam tekanan seperti dalam udara, panas hingga cahaya. Jadi memang cocok banget untuk produk tabir surya.

  • Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract

Bahan satu ini memang cukup kaya, pasalnya Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Bahan ini kaya akan antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12 dan folic acid yang baik untuk kulit. Dalam sebuah produk kosmetik, bahan ini berfungsi sebagai pelembab bagi kulit hingga skin conditioning yang memiliki manfaat antiseptik.  

Impresi

Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel _Tekstur_

Sejak pertama mengoleskan sunscreen ini, saya merasakan kenyamanan yang jarang didapatkan dari produk tabir surya. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ langsung meresap ke dalam kulit dan terasa sangat nyaman. Kira-kira, seperti apa impresi lengkap mengenai sunscreen dari Wardah ini? temukan jawabannya, yuk!

Tekstur

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ memiliki tekstur gel yang sangat ringan di kulit. Ketika dioleskan teksturnya seakan berubah menjadi watery, sehingga sunscreen ini mudah untuk diratakan dan set dalam waktu yang cepat. Hal paling penting adalah sunscreen ini tidak meninggalkan efek kulit lengket, hanya dalam lima hingga 10 detik saja ia sudah menyerap sempurna.

Warna

Sunscreen dari Wardah ini memiliki warna putih bersih, tapi tenang saja warnanya enggak akan meninggalkan whitecast. Justru warna putih ini akan berubah menjadi transparan setelah menyentuh area kulit dan menyerap dengan sempurna.

Wangi

Salah satu hal yang saya sukai dari Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ adalah wanginya. Pasalnya sunscreen ini memiliki wangi yang sangat fresh dan saya berpikir wanginya lebih ke wangi buah jeruk. Wangi ini memang cukup kuat tapi enggak terlalu menyengat. Jadi bagi saya wanginya masih aman meski bertahan cukup lama.

Aplikasi

Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel _Aplikasi_

Inilah waktu yang selalu bikin excited, saat mencoba Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ sendiri. Awalnya saya agak khawatir karena warna dari sunscreen ini putih bersih, jadi sempat timbul rasa “apakah akan berakhir jadi whitecast?”. Untungnya hal ini tidak terjadi, pasalnya sejak di gunakan sunscreen ini langsung meleleh di kulit.

Tekstur gelnya seakan berubah menjadi watery, dengan cepat akan menyebar ke seluruh area kulit. Daya serap dari sunscreen ini juga sangat cepat, hanya dalam beberapa detik saja sudah langsung menyerap sempurna. After effect dari sunscreen ini hanya wanginya yang bertahan lama, karena kulit langsung kering, kenyal tanpa meninggalkan kilapan dan lengket.

Performa dan Ketahanan

Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel _Performa 2_

Berbicara mengenai performa dari sunscreen, jujur saya katakan sangat nyaman menggunakan sunscreen ini setiap hari. Saya menggunakan sunscreen ini baik ketika hanya di rumah atau pun saat akan bepergian ke luar. Pertama saya akan mengatakan teksturnya memang sangat ringan, kamu bisa melihat sendiri dari foto bahwa kulit saya terlihat soft dan bebas whitecast.

Hal ini dikarenakan formula broad spectrum protection, dimana sunscreen Wardah ini dapat melawan UVA, UVB hingga blue light. Mungkin ada yang masih belum familiar dengan kata “blue light”, yaitu sinar biru yang juga dipantulkan dari layar perangkat digital.

Apalagi di musim pandemi seperti sekarang pemakaian perangkat seperti handphone, laptop hingga PC cederung sering, sehingga dapat berkontribusi meningkatkan paparan blue light pada kulit.

Kembali ke Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++, alasan kenapa sunscreen ini ringan qdalah karena mengandung 0% alcohol. Jadi sudah jelas pasti aman banget untuk kulit.

Belum lagi ada pro vitamin B5 dan vitamin E yang bisa melawan kulit dari penuaan dini dan radikal bebas. Ada juga Aloe barbadensis (Aloe Vera) leaf extract yang membuat kulit tetap lembab dan lembut. Ekstrak lidah buaya ini juga bisa menutrisi kulit dengan kandungan vitamin di dalamnya.

Pokoknya sunscreen ini sangat nyaman. Saya bahkan merasa seperti hanya memakai pelembab yang bikin kulit terhidrasi terus. Hal yang enggak boleh sampai dilewatkan adalah kemudahan untuk memakai makeup setelah memakai sunscreen ini.

Jujur saja, saya enggak memiliki keluhan kesulitan memakai foundation, bb cream atau bedak tabur setelah memakai sunscreen. Karena semuanya bisa menempel dengan sempurna ke kulit tanpa meninggalkan efek apa pun.

Selanjutnya saya akan berbicara soal ketahanan. Setidaknya saya menyukai bahwa sunscreen SPF 30 ini tidak membuat kulit langsung tersengat sinar matahari. Efek proteksinya memang jadi lebih rendah, tapi saya akan reapply sunscreen dalam tiga atau empat jam kalau enggak pakai makeup. Overall saya menyukai rasa nyaman dan ketahanan sunscreen dari Wardah ini.

Saya pikir sunscreenini akan aman untuk kulit sensitif karena formulanya bebas alkohol, non-comedogenic. Tapi jangan lupa double cleansing agar sunscreen benar-benar bersih dari wajah dan enggak menimbulkan efek samping pada kulit.

Tips dan Trik

Meski sunscreen sudah menjadi salah satu produk vital dalam menjaga kesehatan kulit, banyak yang belum tahu cara memakainya. Mungkin ada yang belum tahu bahwa kamu harus memakai sunscreen setidaknya 30 hingga 15 menit sebelum pergi ke luar. Alasannya agar sunscreen benar-benar set pada kulit sehingga proteksinya akan optimal.

Harga dan Tempat Membeli

Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel _Harga_

Kamu enggak akan kesulitan untuk mencari Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++. Pasalnya produk ini bisa kamu dapatkan mulai dari minimarket, toko kosmetik, gerai resmi Wardah hingga online shop. Untuk harganya juga sangat-sangat terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp30.000 untuk bisa membawa pulang produk ini.

Kesimpulan

Review Wardah UV Shield Sunscreen Gel _Kesimpulan_

Bagi saya Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ adalah sunscreen yang sangat ringan dan ramah untuk kulit. Bukan hanya bisa digunakan oleh remaja dan dewasa, tapi sunscreen ini aman untuk kulit sensitif. Kandungan dan formula yang digunakan juga bisa menutrisi, bersifat anti aging dan melawan radikal bebas.

Pros

  • Teksturnya ringan
  • Mudah set
  • 0% alcohol
  • Menutrisi kulit dengan vitamin E dan pro vitamin B5
  • Enggak meninggalkan whitecast
  • Nyaman digunakan setiap hari
  • Non-comedogenic
  • Kandungan antioksidannya dapat melawan penuaan dini
  • Aman untuk kulit sensitif

Cons

  • Perlu double cleansing untuk membersihkannya

Inilah review saya setelah mencoba sendiri Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++. Sunscreen ini sepertinya menjadi primadona bagi banyak wanita di Indonesia, karena memang sangat nyaman untuk digunakan. Jika kamu penasaran dengan rekomendasi sunscreen bagus lainnya dari Kamini, simak artikel Rekomendasi Sunscreen Lokal Bagus berikut, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram