kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Bibir / Review Emina Creamy Tint, Lip Tint, Tekstur Creamy yang Unik

Review Emina Creamy Tint, Lip Tint, Tekstur Creamy yang Unik

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 28 Oktober 2020

I am not a tint person. Selama menggunakan perona bibir saya tidak pernah memilih lip tint sebagai pilihan. Pertama, karena warna bibir saya yang tidak merata membuat lip tint seringkali memperparah tampilan tersebut. Kedua, sulit bagi saya untuk memilih shade lip tint yang match dengan skintone. Dan ketiga, tekstur lip tint yang rata-rata watery sering membuat bibir saya patchy.

Inilah keresahan yang selalu saya alami tiap kali dihadapkan dengan produk lip tint. Walau sebenarnya, penggunaan lip tint untuk bibir hitam dan tidak merata sendiri bisa diakali, namun saya tidak begitu tertarik untuk mencobanya sehingga memilih untuk menggunakan lipstik saja.

Namun, pada tahun 2019 saya mendengar bahwa brand Emina memproduksi produk lip tint yang unik bernama Creamy Tint. Mendengar nama tersebut saya sudah bisa menebak bahwa produk ini tidak akan seperti lip tint pada umumnya. Dan setelah saya coba menggunakannya, benar saja, lip tint ini cukup unik bagi saya. Penasaran bagaimana pengalaman saya dalam menggunakan Emina Creamy Tint? Simak terus pemaparan selanjutnya!

Tentang Produk

Review Emina Creamy Tint_2 (Copy)

Pada tanggal 1 September 2019, Emina merilis bocoran untuk para penggemar lewat official akun sosial medianya mengenai produk yang disebut sebagai ‘something tinted and creamy’, dengan video singkat menggambarkan produk cairan berwarna dikemas dalam botol cute dengan aplikator.

Banyak penggemar langsung menebak produk apa yang dimaksud. Benar saja, esoknya, dan masih lewat akun sosial medianya, sister brand dari Wardah ini memperkenalkan Creamy Tint yaitu produk lip tint yang creamy dengan 5 shade yang dapat dipilih.

Ada Brick Town (01) dengan warna merah bata hangat, Peach Crush (02) warna peach yang terang, Sunbeam (03) dengan warna utama oranye, Wild Berry (04) dengan perpaduan warna pink keunguan, Cherry Soda (05) dengan warna dasar merah terang.

Klaim dan Benefit

Emina Creamy Tint diklaim sebagai Lip tint bertekstur creamy yang lembut di bibir dengan warna intens sejak olesan pertama. Mengandung avocado oil yang melembabkan, sehingga memberikan hasil matte tahan lama tanpa membuat bibir kering. Formulanya juga disebut-sebut lembut dan ringan. Menjadikan bibir seperti tidak menggunakan apapun.

Tak berhenti sampai di situ, Emina juga menyatakan bahwa produk ini tidak lengket dan terasa nyaman sekali bila digunakan seharian karena mengandung 3 kombinasi oil yang mampu tahan hingga 8 jam.

Dari klaim yang disebutkan tersebut kedengarannya produk ini akan cocok dengan keadaan bibir saya yang memiliki masalah ketidakmerataan warna dan kering. Tapi tentu saja saya tidak mau langsung percaya begitu saja. Karena itu saya mencoba membuktikan sendiri kebenaran dari klaim yang ditawarkan oleh Emina mengenai Creamy Tint ini.

Cara Pemakaian

Karena diklaim sebagai lip tint, awalnya saya yakin bahwa penggunakan produk ini sama seperti penggunaan lip tint pada umumnya. Namun, nyatata cara tersebut tidak begitu bekerja dengan baik di bibir saya. Akhirnya saya memutuskan untuk mengaplikasikannya seperti mengaplikasikan lip cream, and oddly, it works well!

  1. Buka tutup aplikator
  2. Ulaskan pada bibir secara merata hingga seluruh area bibir tertutupi warna lip tint
  3. Tak perlu mengatupkan kedua bibir ya bila kamu tak mau produk menjadi patchy di bibir

Kemasan

Review Emina Creamy Tint_Box luar (Copy)

Bukan Emina namanya bila tidak menghadirkan produk dengan kemasan yang fun, cheerful, dan cute. Sama seperti produk Emina lainnya, Creamy Tint dikemas dalam desain yang tak kalah menggemaskan dengan detail box luar bergambar sesuatu yang merepresentasikan isi di dalamnya.

Karena shade Emina Creamy Tint yang saya ulas ini adalah Brick Town (01) terdapat detail animasi gambar batu bata pada box luar produk dengan base warna putih dan tentu saja, warna yang merepresentasikan shade lip tint.

Di dalam box terdapat sebuah tabung mungil dengan panjang hanya 7,2 cm. Diameter tabung bahkan tidak sampai 2 cm. Ukuran ini sangat pouch-loving dan tidak akan memakan banyak tempat. Wajar sih, mengingat produk lip tint yang beredar di pasaran juga sangat travel friendly.

Emina menyebutkan bahwa netto dari Creamy Tint ini adalah 3,6 g. Saya yakin berat ini dipengaruhi oleh material kaca yang digunakan pada badan tabung sehingga sulit untuk mengetahui volume bersih dari liquid yang terdapat di dalamnya.

Walau badan tabung terbuat dari kaca, cap tabung sendiri terbuat dari plastik yang tetap kokoh dan tebal. Base warna dari tabung sendiri adalah peach dan light, berbeda dengan warna box luar yang darker karena merepresentasikan warna merah bata.

Aplikator

Review Emina Creamy Tint_Aplikator (Copy)

Pada bagian cap telah tertempel aplikator yang awalnya saya kita berbentuk doe-foot. Namun, bila diamati lagi, aplikator ini berbentuk reservoir tip yang fluffy dan precise.

Emina menyebut bentuk aplikator ini sebagai water drop. Jenis apliktor seperti ini memang sangat baik menampung banyak produk hanya dalam satu kali celup bila dibandingkan dengan aplikator doe-foot.  Pokoknya, tidak ada yang tidak menggemaskan dari kemasan Emina Creamy Tint ini.

Ingredients

Review Emina Creamy Tint_Ingredients (Copy)

Full Ingredients

Cyclopentasiloxane, Isododecane, Hydrogenated Polyisobutene, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Trimethylsiloxysilicate, Diisostearyl Malate, Dimethicone Crosspolymer, Ethyl Macadamiate, Polyethylene, Jojoba Esters, Caprylyl Methicone, Hydrogenated Polydecene, Isohexadecane, Ethylene/Propylene/Styrene Copolymer, Disteardimonium Hectorite, Phenoxyethanol, Helianthus Annuus Seed Extract, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Ethylhexylglycerin, Propylene Carbonate, Synthetic Fluorphlogopite, Tocopheryl Acetate, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Alumina, Acacia Decurrens Flower Wax, Polyglycerin-3, Butylene/Ethylene/Styrene Copolymer, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Propylene Glycol, Honey Extract, Aqua, Fragrance, Glycerine, Glycine Soja (Soybean) Oil, BHT, Bisabolol, Citric Acid, Isobornyl Acetate, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Calendula Officinalis Flower Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Fucus Vesiculosus Extract, Triticum Vulgare (Wheat) Bran Extract, Linoleic Acid, Tocopherol, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane.

Key Ingredients

Saya tidak menyangka produk semungil ini memiliki formulasi yang cukup rumit karena melibatkan banyak sekali bahan. Meski begitu, terdapat cukup banyak juga bahan yang menjadi key ingredients dari lip tint. Berikut adalah 14 bahan utama yang menunjang manfaat Emina Creamy Tint.

  • Helianthus Annuus Seed Extract. Merupakan ekstra biji bunga matahari yang sangat bermanfaat dalam memberikan hidrasi dan bertindak sebagai antioksidan
  • Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil. Minyak jojoba yang berfungsi dalam skin healing dan mengontrol kerusakan pada kulit bibir
  • Tocopheryl Acetate dan Tocopherol. Bentuk lain vitamin E yang berguna dalam melembabkan, mencegah flaking, serta kaya antioksidan
  • Persea Gratissima (Avocado) Oil. Kandungan utama yang diunggulkan Emina karena bersifat moisturizing. Bahan ini juga kaya akan vitamin E.
  • Acacia Decurrens Flower Wax. Melindungi kulit dengan membentuk lapisan pelindung. Bahan ini juga menyokong fungsi melembabkan dari produk.
  • Macadamia Ternifolia Seed Oil. Berfungsi sebagai oklusif dan menjadikan formulasi lip tint terasa lembut.
  • Honey Extract. Melembabkan serta melindungi dari kekeringan dan bibir pecah-pecah.
  • Glycine Soja (Soybean) Oil. Melembutkan dan membuat produk terasa halus dan kaya antioksidan
  • Bisabolol. Mereduksi flaking dan menjaga suppleness dari kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat melindungi kulit dari bahaya lingkungan.
  • Calendula Officinalis Flower Extract yang kaya akan antioksidan dan bisa mendorong penyembuhan luka pada kulit. Sifat ini juga mengantarkannya menjadi skin-conditioning agent.
  • Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract sangat baik digunakan untuk bibir kering karena dapat memberikan kelembaban dan menenangkan.
  • Fucus Vesiculosus Extract dapat meningkatan elastisitas kulit, melawan radikal bebas hingga memberikan hidrasi.
  • Triticum Vulgare (Wheat) Bran Extract berfungsi sebagai skin-conditioning sekaligus skin-protecting agent.

Impresi

Apa yang kamu bayangkan ketika pertama kali mendengar nama Creamy Tint? Apakah produk lip tint dengan tekstur creamy? Atau produk lip cream dengan pigmentasi tinted seperti lip tint? Nah, saya akan memberitahu produk apa ini dalam penjelasan berikut. Jangan dulu berhenti, ya.

Tekstur

Review Emina Creamy Tint_Tekstur (Copy)

Bila kebanyakan produk lip tint bertekstur watery karena menggunakan campuran aqua yang cukup banyak dalam formulasinya, Emina Creamy Tint bertekstur lebih kental dan creamy. Bahkan at some point saya merasa tekstur ini mirip seperti mousse.

Aroma

Walau terdapat fragrance dan essential oil dalam formulasinya, saya tidak mencium aroma apapun selain artificial scent yang kurang bersahabat dengan hidung. Sangat disayangkan sekali Emina kurang menaruh effort dalam urusan scent dari produk ini.

Swatch

Review Emina Creamy Tint_Swatch (Copy)

Sejak pertama kali melihat isi dalam produk, saya tidak merasa produk ini menyirikan lip tint. Pasalnya, kebanyakan lip tint memiliki warna cairan yang opasitinya rendah alias agak transparan. Saya sama sekali tidak menemukan fakta bahwa Emina Creamy Tint memiliki karakteristik warna lip tint tersebut. Pasalnya, ketika saya coba ulaskan pada tangan, produk ini menghasilkan warna yang vivid.

Sejujurnya, saya senang sekaligus kebingungan mendapati fakta ini. Sebab, vivid color akan sangat baik dalam menutupi warna asli bibir. Hal yang membuat saya bingung adalah bahwa produk ini diklaim sebagai lip tint dengan tekstur creamy, bukan lip cream dengan tinted color. Mengerti kan maksud saya? Hehe.

Kalau bicara soal shade, karena saya sudah melakukan riset terlebih dahulu, Brick Town (01) sangat cocok dengan skintone sawo matang saya. Yeay! Warna yang pop up pada bibir merupakan warna merah bata dengan hint coklat yang sedikit lebih banyak. Produk ini juga sangat baik dalam menutupi kekurangan bibir. Bahkan saya hanya perlu menggunakan satu kali aplikasi saja untuk menutupi semua ketidakmerataan warna bibir.

Emina Creamy Tint ini sangat mudah meluncur pada bibir kering saya dan mudah mengering kurang dari 60 detik. Hasil akhir yang ditawarkan pun cenderung powdery matte yang terasa smooth ketika disentuh.

Performa dan Daya Tahan

Review Emina Creamy Tint_Performa (Copy)

Karena diklaim sebagai produk lip tint, saya memiliki ekspektasi tinggi soal performa dan daya tahan dari Emina Creamy Tint. Sebab sepanjang pengetahuan saya, lip tint memiliki ketahanan yang sangat baik dengan pigmentasi cukup tinggi.

Produk ini pun sebenarnya sudah cukup baik dari segi pigmentasi. Nah, dari segi longevity, saya cukup terkejut saat mendapati masih terdapat cukup stain pada bibir saya setelah pemakaian jam ke-8. Stain yang tertinggal memang tidak maksimal, karena sebagian besar mulai memperlihatkan warna bibir saya yang tidak merata. Akan tetapi, bila dilihat dari jauh, saya seperti masih menggunakan lip tint dengan warna yang sedikit memudar. Menarik sekali!

Bukan itu saja, ketika saya mencoba menggosok produk ini dengan tangan, tidak ada sama sekali warna yang messy. Sebenarnya ada sih, namun sangat sedikit. Produk tidak menunjukan perubahan yang siginifikan karena smudging. Saya juga terkesima dengan kemampuan Emina Creamy Tint yang tidak begitu terganggu saat terkena basuhan air.

Bila ditanya apakah produk transfer, saya dengan senang hati akan menjawab dengan anggukan kepala. Berkali-kali saya mengamati gelas yang saya gunakan untuk minum selama pemakaian Emina Creamy Tint ini, namun hanya sedikit saja noda lip tint yang menempel pada gelas. Jujur, ini adalah produk Emina pertama saya yang sangat long lasting dan powerful.

Selama pemakaian Emina Creamy Tint ini juga saya tidak merasa produk terasa kering yang mengganggu pada bibir. Karena produk cukup mempertahankan kelembaban bibir penggunanya. Saya bahkan tidak khawatir sekalipun tidak mengaplikasikan lip balm sebelumnya, karena Creamy Tint dari Emina ini tidak accentuated dry patches dan tetap terasa ringan sepanjang pemakaiannya. Cakep deh pokoknya!

Tips dan Trik

Bila kamu memiliki bibir kering dengan warna yang tidak merata, sebaiknya hindari mengaplikasikan produk dari tengah bibir. Mulai dengan lip framing dengan tip aplikator seperti menggunakan lip liner. Setelah itu, barulah isi bagian dalam bibir hingga penuh. Hindari pula mengatupkan kedua bagian bibir untuk menghindari patchy. Tunggu saja beberapa saat hingga produk mengering. And then, you are ready to go!

Harga dan Tempat Pembelian

Emina Creamy Tint Peach Crush

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bukan Emina namanya bila tidak memberikan kemudahan pada konsumen untuk mendapatkan produk yang diproduksi. Creamy Tint ini saja bisa cukup mudah kamu temukan baik di toko kosmetik offline maupun online. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemukannya di official store Emina pada website E-Commerce. Lip tint ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 33.000 -Rp. 36.000 Cukup affordable, bukan?

Kesimpulan

Review Emina Creamy Tint_1 (Copy)

Lagi-lagi Emina berhasil mengejutkan saya dengan produknya yang unik. Produk lip tint yang diklaim bertekstur creamy ini ternyata memiliki karakteristik seperti lip cream dibandingkan lip tint kebanyakan. Akan tetapi, bagi saya ini adalah sebuah keunggulan karena I am not a tint person. Sehingga saya akan sangat nyaman untuk menggunakan produk ini dengan warna vivid dan pigmented yang disuguhkan.

Pros

  • Mudah diaplikasikan dan cepat mengering
  • Warnanya vivid dan pigmented
  • Shade Brick Town (01) cocok untuk kulit sawo matang
  • Banyak kandungan bahan alami
  • Mudah mengering kurang dari 1 menit
  • Ketahanan 7-8 jam
  • Water-ressistant, transfer-proof, dan smudge-proof
  • Tidak memperjelas dry patches
  • Mempertahankan kelembaban
  • Ringan

Cons

  • Karakteristik cenderung seperti lip cream dibandingkan lip tint
  • Aromanya terlalu artificial

Sekian ulasan saya mengenai Emina Creamy Tint. Apakah kamu memiliki pengalaman serupa setelah menggunakan produk ini? Bila kamu sedang dalam petualangan mencari produk perona bibir, saya menyarankan agar kamu juga mencoba Emina Creamy Tint dan merasakan keunikannya. Jangan lupa share pengalamanmu di kolom komentar, ya. Selamat mencoba!

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram