kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Review MAC Cosmetics Studio Fix Fluid SPF 15 (shade NC25)

Review MAC Cosmetics Studio Fix Fluid SPF 15 (shade NC25)

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 24 Maret 2021

Setelah mengulas MAC Shot Of Colour Lip Oil, sekarang saya akan me-review alas bedaknya, yaitu MAC Cosmetics Studio Fix Fluid SPF 15 dalam shade NC25. Saya merasa sangat tertarik dengan foundation ini karena MAC menyediakan banyak sekali warna dan dibagi-bagi lagi dalam berbagai undertone!

Jadi, diharapkan setiap orang bisa menemukan shade yang 'diciptakan untuknya'. Saya juga telah menilik-nilik dan (semoga) shade NC25 ini yang paling tepat buat saya, ya. Kalau begitu, langsung saja kita telusuri lebih dalam tentang foundation ini, yuk! Tentu saja bersama saya Syuri dari Kamini!

Tentang Produk

MAC Cosmetics Studio Fix Fluid SPF 15 adalah alas bedak dengan hasil akhir matte yang terlihat alami. Dia ringan, memiliki coverage (cakupan) sedang ke penuh (tapi buildable—masih bisa dibangun).

MAC mengklaim kalau foundation ini akan tetap on walau dipakai selama 24 jam serta perlindungan dari kilap yang tidak diinginkan. Kerennya, foundation ini tersedia dalam 63 warna yang mencakup semua skintone orang di seluruh dunia. Salut!

Fun Fact!

Setiap produk kompleksi dari MAC hadir dengan nama shade yang unik, seperti NC20, NW60, N4.5, dll. Buat yang belum kenal dengan pelabelan shade ala MAC tentu akan dibuat bingung. Orang-orang menyebutnya "MAC colour system".

Jadi, MAC menggolongkan 4 kelompok warna skintone dalam foundation mereka yang diberi kode NW, N, NC, dan C. Itu semua merupakan singkatan dari Neutral Warm, Neutral, Neutral Cool, dan Cool. Dan, untuk mengetahui mana shade foundation MAC yang paling tepat untuk kamu cukup tricky karena kamu harus tahu undertone kulitmu sendiri, apakah itu Rosy (cerah) atau Golden (keemasan), menurut standarisasi MAC, ya.

Selain itu kamu juga harus tahu, apakah skintone kamu Light, Light to Medium, Medium, Medium to Dark, Dark, atau Deep Dark. Supaya mudah, kamu bisa mengunjungi Foundation Shade Finder di website resmi MAC dengan klik di sini. Atau, kamu juga bisa menggunakan M·A·C Virtual Try-On (klik di sini untuk ke website MAC Virtual Try-On all products, atau klik di sini untuk Virtual Try-On Foundation ini saja).

Ini adalah fitur baru dari MAC agar pelanggan bisa 'mencoba' produk secara virtual langsung ke wajah mereka. Mulai dari lipstik, concealer, foundation, semuanya bisa dicoba. Ini hanya membutuhkan handphone dan bare face kamu saja, nanti kamu tinggal cocok-cocokkan shade yang kamu rasa paling pas dengan kulit alamimu, baru beli foundation-nya.

Setiap produk MAC hadir dalam shade yang sangat banyak, dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan semua orang dengan keunikan skintone-nya masing-masing. Terus, kadang skintone kita juga bisa berubah, loh. Misalnya kamu habis tanning, maka warna kulit pun otomatis menggelap.

Makanya kamu nggak bisa terpatok dengan satu shade saja karena, bisa saja skintone kamu sudah berubah. Mencoba foundation-nya terlebih dahulu secara virtual akan memudahkan kamu memilih shade yang paling tepat untuk saat ini. Saya sendiri pakai NC25, kalau kamu?

Klaim & Benefit

Untuk MAC Cosmetics Studio Fix Fluid SPF 15, MAC mengklaim kalau foundation ini dapat bertahan hingga 24 jam! Tingkat coverage-nya medium to full, dan dia buildable. Ada SPF 15 spektrum luas untuk perlindungan terhadap sinar matahari.

Formulanya akan meminimalisir tampilan pori-pori, mengontrol kilau agar tidak berlebih (up to 6 jam), dia juga breathable, non-caking, dan tidak menyebabkan kulit jadi berjerawat. Sebenarnya foundation ini lebih dikhususkan untuk kulit berminyak, tapi semua tipe kulit bisa memakainya, kok.

Foundation ini juga akan memberikan kelembaban secara langsung dan bertahan lama hingga 8 jam (cocok nih buat dry skin kayak saya). Dia juga ada resistant akan sweat dan humidity, alias nggak akan luntur walau kena air, keringat, maupun cuaca panas/lembab.

Kemasan

Ini kemasan boksnya. Simpel banget dengan dominasi warna hitam dan tulisan putih. Sedangkan di sisi salah satu penutupnya dan beberapa tulisannya berwarna krem yang merupakan warna dari shade NC25 yang aku pilih.

Kalau shade kamu lebih terang atau gelap, warnanya juga akan berbeda menyesuaikan dengan shade kamu. Dari box-nya kita bisa tahu shade, klaim, dan manufacturer foundation ini. Oh, ya, ada segelnya juga di dua sisi penutup boks untuk memastikan keaslian barang.

Kalau ini penampakan kemasan dalamnya. MAC Cosmetics Studio Fix Fluid SPF 15 terbuat dari kaca, sedangkan tutupnya dari plastik tapi seperti ada lapisan beludru-nya, lembut. Tapi, yang saya nggak suka dari itu, tutupnya kalau kotor jadi susah dibersihkan. Untuk satu full size-nya berisi 30 ml. Fyi, foundation ini tidak memiliki pump.

Setelah mencari tahu, ternyata MAC menjual foundation pump-nya secara terpisah dengan harga $10.00 (sekitar Rp 145.000). Jadi kalau mau beli satu paket beserta pump-nya bisa merogoh kocek sekitar 500 ribuan. Karena foundation ini tidak ada pump-nya, jadi mungkin akan sulit mengambil sisa foundation di bagian bawah.

Ingredient List

  • Full Ingredients

Ingredients: Water\Aqua\Eau, Cyclopentasiloxane, Peg-10 Dimethicone, Butylene Glycol, Trimethylsiloxysilicate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Dimethicone, Magnesium Sulfate, Titanium Dioxide, Laminaria Saccharina Extract, Algae Extract, Tocopheryl Acetate, Sodium Hyaluronate, Tocopherol, Lecithin, Hydrogenated Lecithin, Xanthan Gum, Sorbitan Sesquioleate, Methoxy Amodimethicone/Silsesquioxane Copolymer, Laureth-7, Dipropylene Glycol, Dimethicone/Peg-10/15 Crosspolymer, Dimethicone/Peg-10 Crosspolymer, Peg/Ppg-18/18 Dimethicone, Disteardimonium Hectorite, Silica, Dimethicone Crosspolymer, Triethoxycaprylylsilane, Propylene Carbonate, Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butyl Hydroxyhydrocinnamate, Sorbic Acid, Chloroxylenol, Phenoxyethanol, [+/- Titanium Dioxide (Ci 77891), Iron Oxides (Ci 77491), Iron Oxides (Ci 77492), Iron Oxides (Ci 77499), Chromium Oxide Greens (Ci 77288)]

  • Key ingredients

Cyclopentasiloxane

Kamu mungkin belum mengenalnya, tapi, saya yakin kamu sudah pernah dengar silikon. Iya, kan? Nah, Cyclopentasiloxane adalah bentuk silikon yang lumayan umum digunakan akhir-akhir ini, khususnya dalam produk perawatan kulit a.k.a skincare dan perawatan rambut.

Fungsi bahan ini adalah sebagai emolien, pelumas, dan pelarut. Dia akan memberikan tekstur halus pada produk, mengunci hidrasi, dan melarutkan bahan (kandungan lain dalam produk) yang lebih berat. Menghasilkan produk yang lightweight dan aman digunakan setiap hari.

Karena berada diurutan ke-2 dalam daftar ingredients, berarti foundation MAC ini mengandung banyak Cyclopentasiloxane. Dan, memang benar, foundation ini kerasa ringan banget di kulit, seakan-akan nggak pakai apa-apa!

Ethylhexyl Methoxycinnamate

Sunscreen! Dia adalah cairan bening yang larut dalam minyak, dan ya, ini adalah tabir surya kimia yang paling umum digunakan. Dia bisa menyerap radiasi UVB (pada panjang gelombang: 280-320 nm) dengan perlindungan puncak pada 310nm.

Sayangnya, dia hanya mampu melindungi terhadap sinar UVB dan bukan UVA (kisaran 320-400 nm). Dan, dia juga akan hilang keefektifannya seiring waktu (kehilangan 10% kemampuan perlindungan SPF-nya setiap 35 menit). Jadi, kamu tetap harus pakai produk sunscreen tambahan, ya, yang broad-spectrum!

Xanthan Gum

Walaupun berada di urutan tengah-tengah, saya ingin membahas kandungan ini. Xanthan Gum dan Biosaccharide Gum-1 sama-sama polisakarida yang berasal dari fermentasi karbohidrat. Xanthan Gum biasanya diambil dari glukosa atau sirup jagung, bedanya dengan Biosaccharide Gum-1 adalah dia berasal dari sorbitol.

Xanthan Gum dan Biosaccharide Gum-1 digunakan dalam berbagai macam kosmetik dan produk skincare, termasuk produk-produk keperluan mandi, makeup, produk perawatan kulit dan rambut, serta pasta gigi. Dalam produk kosmetik dan skincare, Xanthan Gum dapat berfungsi sebagai pengikat, penstabil emulsi, zat pengkondisi kulit, surfaktan (zat pengemulsi), atau zat peningkat viskositas.

Impresi

Setelah mengetahui tentang bahan-bahannya, kini saatnya kita melihat impresinya berupa tekstur, swatch, dan wanginya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Tekstur & Swatch

Foundation ini kelihatan agak terlalu kuning dan sedikit gelap buat kulit (punggung tangan) saya. Tapi, kalau sudah di-blend di muka kelihatan sama, kok! Memang, warna kulit wajah dan tangan kita kan bisa berbeda. Anyway, dari 60 lebih shade yang ada, saya memutuskan untuk memilih MAC Cosmetics Studio Fix Fluid SPF 15 shade NC25.

Untuk teksturnya sendiri dia lebih ke liquid tapi nggak encer banget. Saat saya taruh di punggung tangan dan tangan saya bergerak pun foundation-nya nggak tumpah. Dia juga gampang banget di-blend, kayaknya kalaupun saya blend pakai jari, bakal tetep rapi!

Terus, sesuai klaimnya, dia sangat buildable. Saya bahkan timpa beberapa kali tapi tetap ringan di wajah. Saking ringannya dan dia bisa banget buat dibangun, mau kamu medium atau full coverage, semua bisa. Dan, dia tetap terasa ringan, seperti ketika menggunakan tinted moisturizer.

Wangi

Ya, foundation ini ada wanginya. Tapi wanginya agak mengganggu dan aneh. Wanginya seperti alkohol. Apakah berbahaya? Jawabannya tidak. Sejauh ini saya pakai foundation-nya baik-baik saja. Nggak perih, nggak bikin kulit kering, apalagi jerawatan.

Daya Tahan dan Performa

Oke, mari lanjutkan ke penjelasan berikutnya yaitu tentang daya tahan dan performa. Selain membahas dua hal tadi, kami juga akan memberikan tata cara pemakaiannya. Simak di bawah ini, ya!

Cara Pemakaian

  • Pertama-tama bersihkan wajah, lalu gunakan skincare sesuai rejimen yang kamu biasa lakukan.
  • Kedua, siapkan foundation brush, spons, atau jari kamu juga bisa (jangan lupa cuci tangan dulu).
  • Ketiga, oleskan foundation ke bagian tengah wajah lalu sebarkan ke area lainnya. Kamu bisa totol-totol foundation-nya lagi di area yang ingin lebih ter-cover.
  • And then, baurkan dengan alat yang kamu prefer gunakan tadi. Selesai, lanjutkan makeup-mu seperti biasa.

Tips

Ada tips juga dari Romero Jennings, director of makeup-nya MAC, untuk menggunakan Studio Fix Fluid SPF 15, nih. Jika kamu memiliki wajah berminyak, sapukan dulu bedak tabur atau bedak padat tipis-tipis. Lalu, jangan langsung pakai foundation, tapi pakai concealer dulu untuk menyembunyikan noda-noda dan dosa-dosa dari wajah. Taburkan lagi sedikit bedak untuk menge-set itu semua, baru deh aplikasikan foundation-nya.

Tapi, saya rasa tips ini bisa juga diaplikasikan buat kulit kering kayak saya. Soalnya, setelah mencoba pakai foundation ini hampir seharian, hasilnya lama-lama menjadi dewy. Kalau ingin riasan wajah lebih on banget sampai 24 jam ikutin saja tips di atas, ya.

Oh iya, kamu bisa menyampurkan pelembab atau serum dan aneka oil favorit kamu saat blending foundation agar hasilnya lebih flawless dan berkilau.

Hasil

Kita lihat penampilan wajah saat bare face terlebih dahulu, ya. Permasalahan wajah saya ada bintik-bintik, warna kulit tidak merata, bruntusan, beberapa jerawat mungil, dan kulit saya lagi beneran kering yang sampai kadang tiba-tiba perih.

Separuh-separuh dulu biar kelihatan bedanya. Warna foundation yang NC25 kelihatan kuning, tapi saat diaplikasikan ke wajah hasilnya putih. Kayak skintone saya tapi satu tingkat lebih cerah. Terus, dia lumayan bisa menutupi kekurangan di kulit.

Foundation-nya bisa meratakan warna kulit, pori-pori besar, terus area kulit yang menghitam di sudut hidung saya, itu tertutupi semua. Flek di area pipi saya juga tertutupi dengan baik, hanya saja tahi lalat Saya masih kelihatan.

Ternyata nggak cuma lipstik aja yang bisa MLBB, foundation juga ada yang begitu. Ini saya pakai dua kali lapis foundation-nya. Saya merasa seperti tidak pakai apa-apa dalam artian foundation ini sangat terlalu ringan, sampai-sampai seperti bukan pakai foundie.

Terus, dia udah cukup bagus untuk menutupi flaw di muka, hanya saja untuk jerawat, tahi lalat, beberapa flek hitam, dan mata panda yang nggak terlalu ketutup. Bisa diakali oleh concealer, kok.

Full makeup freshly applied, nih! Lingkar mata hitam masih bisa diakali dengan concealer. Oh, ya, saya di sini memang nggak nge-conceal flek hitam dan jerawat, ya, jadi memang hasil makeup-nya nggak dibuat perfect.

Setelah 8 jam pemakaian, saya merasa di wajah masih ada foundation-nya, walau sudah berkurang. Tapi, foundation-nya masih terlihat bagus dan segar. Jadi, Saya tinggal bedakan lagi saja. Yang saya salut nggak ada crease sama sekali di bawah maupun atas mata saya, yang mana sering banget saya alami dengan foundation dan alas bedak lainnya.

Dan, setelah 8 jam lebih ini dry patch di area hidung saya baru bermunculan, dan itu sedikit banget sampai-sampai tidak terlihat di foto. Biasanya kalau saya pakai cushion atau foundie maka dry patch-nya sudah banyak banget yang keluar.

Kesimpulan

Menurut saya, MAC Cosmetics Studio Fix Fluid SPF 15 ini keren. Saya sudah pakai selama 8 jam pun hasilnya masih nggak terlalu beda dengan ketika baru diaplikasikan. Tinggal touch-up pakai bedak juga sudah bagus lagi.

Produk ini juga nggak cakey sama sekali di bawah mata maupun di kelopak mata. Biasanya dua tempat itu yang paling sering kelihatan garis-garis foundation yang pecah karena kulit kita kan pasti 'bergerak' saat tersenyum dll. Tapi tidak untuk foundation MAC ini!

Shade NC25 cocok banget dengan skintone dan undertone saya, padahal kalau dilihat dari warna foundie-nya lebih condong terlalu kuning. Tapi saat di-blend ternyata masuk dengan warna kulit Saya.

Pros (+)

  • Coverage menengah ke tinggi, buildable
  • Sangat hydrating
  • Long wearing
  • Nggak cakey, clumpy, ataupun luntur seharian
  • Sangat ringan sampai-sampai nggak kerasa pake foundation
  • Tersedia dalam banyak sekali shade untuk berbagai skintone dan undertone
  • Kemasan mungil bisa dibawa ke mana-mana tanpa ganggu, tapi karena bahannya dari kaca perlu hati-hati ya

Cons (-)

  • Pump-nya dijual terpisah
  • Pricey
  • Agak kesulitan mengambil isi foundation karena tidak ada pump
  • Kemasan kaca rentan pecah

Harga & Tempat Membeli

MAC Cosmetics Studio Fix Fluid SPF 15 bisa kamu beli di toko resminya di Lazada Mall. Tapi, selain itu kamu bisa juga beli di toko kosmetik terpercaya di Shopee maupun Lazada. Overall, Saya suka sekali foundation ini. Repurchase? Maybe. Tapi saya masih ingin coba foundie lainnya. Bagaimana menurut kamu tentang foundation MAC ini?

Tag: ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram