Review Soulyu Skin Glow CC Cream shade Sand di Kulit Kering

Ditulis oleh Syuri

Dirilis pada September 2021, Soulyu cukup menggemparkan kancah dunia kosmetik Nusantara. Dari nama dan konsepnya, mungkin kamu mengira Soulyu datang dari Korea Selatan. Padahal, merek yang slogannya "So Pretty, So You" ini asli Indonesia, loh. Tapi, memang brand ini terinspirasi dari produk dan makeup look negeri ginseng tersebut.

Soulyu ingin orang-orang yang suka dengan K-beauty bisa menggunakan kosmetik asal negeri sendiri. Karena, selain mendukung produk lokal, produk-produk Soulyu telah disesuaikan dengan kondisi iklim dan skintone orang kita, juga sudah bersertifikasi halal.

Soulyu juga katanya hanya menggunakan bahan alami, seperti ada ekstrak ginseng dan minyak jojoba yang bakal bikin kulit kamu bening dan cantik seperti idol Korea. Dalam perilisan pertamanya, Soulyu memperkenalkan 4 basic makeup item yang menarik banget buat dicoba.

Mereka adalah Lip Flush (lipstik putar yang ada efek focus blurring-nya), Slick and Flick (eyeliner yang formulanya ringan), Magic Lash Styler (maskara anti luntur), dan terakhir Soulyu Skin Glow yang akan saya ulas sekarang.

Sebenarnya ada dua produk lagi dari Soulyu yang terbaru, yaitu Lip Maximizer dan Cheek Glimmer (3in1: blush on, bronzer, highlighter). Mungkin, jika berkesempatan, Kamini akan mengulasnya di lain waktu, ya!

Anyway, Soulyu sebenarnya misterius banget, karena setiap produknya jarang sekali ada penjelasannya. Kalau hanya dibaca sekilas, kita jadi bertanya-tanya "Ini produk apa?". Contohnya adalah Slick and Flick, kamu tahu produk apakah ini? Ternyata itu adalah eyeliner.

Soulyu Skin Glow juga sama, nggak ada penjelasan tentang isinya, yang penting bisa membuat kulit glowing. Barulah setelah dibaca lebih dalam, ini adalah sebuah CC cream! Karena Korean makeup look memang identik dengan ringan, dewy, tapi flawless maka memang sudah paling cocok kalau pakai base CC cream. Kita langsung saja kenalan sama produknya lebih dekat, yuk!

Tentang Produk

Soulyu Skin Glow CC Cream

Ingin memberikan instant glow pada wajahmu? Pakai Soulyu Skin Glow CC Cream! Produk ini diciptakan dengan formula yang ringan juga lembut. Dilengkapi dengan kandungan skincare seperti ekstrak ginseng, jojoba oil, dan vitamin E, produk ini bukan cuma sekedar makeup.

CC cream ini high coverage, sehingga akan membuat wajahmu tampak flawless dan warnanya merata. Soulyu juga mengklaim produknya tahan lama, so pengguna enggak perlu rajin touch up.

Klaim & Benefit

  • Dapat memberikan instant glow
  • Mempercantik sekaligus melembapkan kulit
  • Teksturnya ringan dan lembut
  • Mengandung anti-aging
  • Non-comedogenic
  • Ada UV Filter
  • Diinfus dengan manfaat perawatan kulit dari vitamin E, jojoba oil dan gingseng extract

Baca juga: Ini Dia 4 Fungsi CC Cream yang Perlu untuk Kamu Ketahui

Kemasan

Soulyu Skin Glow CC Cream

Soulyu Skin Glow CC Cream datang dengan boks berwarna ungu pastel dan tulisan logo hijau neon. Visual packaging-nya simpel dan cantik. Kemasan intinya pun sama warnanya seperti itu, tapi bodinya semi transparan, jadi isi CC cream-nya kelihatan dari luar. Di kemasan tube ini keterangannya simpel banget, cuma ada tanggal kadaluwarsa, berat, sama nama produk saja.

Soulyu Skin Glow CC Cream

Semua informasi produk yang lengkap ada di dus. Agak susah bacanya karena dusnya berwarna ungu muda, sedangkan tulisannya warna putih, font-nya kecil pula.

Kamu bisa melihat fotonya di bagian ingredients di bawah. Soulyu Skin Glow CC Cream menggunakan aplikator pump, jadi lebih higienis karena ada tutupnya. Saat mengeluarkan produk juga bisa lebih terukur. Bahannya terbuat dari plastik tebal, seperti produk dari harga middle-end pada umumnya.

Ingredient List

Soulyu mengklaim Skin Glow CC Cream dilengkapi dengan berbagai bahan yang baik untuk kulit. Pengguna pun bisa merasakan manfaat jangka panjangnya, enggak cuma cantik sesaat saja. Berikut adalah daftar kandungannya.

Full Ingredients

Soulyu Skin Glow CC Cream

Aqua, Phenyl trimethicone, Ethylhexyl-methoxycinnamate, Zinc oxide, Cyclopentasiloxane, Methylpropanediol, Titanium dioxide, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Caprylyl Methicone, Benzophenone-3, Polymethyl Methacrylate, Isododecane, Isononyl Isononanoate, Cyclohexasiloxane, Ethylene/​Propylene/​Styrene Copolymer, Trimethylsiloxysilicate, Lauryl Polyglyceryl-3 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Phenoxyethanol, Disteardimonium Hectorite, Hydrogenated Castor Oil, Sodium Chloride, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Niacinamide, Perfume, Triethoxycaprylylsilane, PEG-10 Dimethicone, Allantoin, Sorbitan Oleate, Propylene carbonate, Bis-PEG-15 Dimethicone/IPDI Copolymer, Propylene glycol, Panax Quinquefolium (Ginseng) Root Extract, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Isopropyl Titanium Triisostearate, Aluminum Hydroxide, BHT, Tocopheryl Acetate, Octocrylene, Butylene Glycol, PEG-2 Soyamine, Chlorphenesin, Glycerin, Phospholipids.

May contain: CI 77891 (Titanium Dioxide), CI 77492 (Iron Hydroxide Oxide), CI 77491 (Iron Oxide Red), CI 77499 (Iron Oxide Black).

Key ingredients

  • dl-Alpha Tocopheryl Acetate

Baca juga:

Ini adalah nama ilmiah untuk vitamin E. Kandungan ini dikenal dengan manfaatnya untuk mengurangi peradangan. Vitamin E juga dikenal sebagai anti-aging yang baik. Jika kamu ada masalah penuaan kulit seperti keriput, kandungan ini akan memperbaikinya secara berkala.

  • Isopropyl Titanium Triisostearate

Asam lemak sintetis sering dimasukkan ke dalam produk skincare maupun kosmetik. Fungsi utamanya adalah sebagai pewarna, membuat pigmen, dan membuat tekstur produk jadi smooth.

Selain kedua bahan itu, kamu juga bisa menemukan hero ingredients dari daftar di atas. Diantaranya niacinamide, allantoin, jojoba oil, dan masih banyak lagi.

Impresi

Makin penasaran dengan Soulyu Skin Glow? Simak ulasan selanjutnya, yaitu tentang tekstur, warna, dan performa. Kita mulai dari teksturnya dulu, ya.

Tekstur & Swatch

Soulyu Skin Glow CC Cream

Saya cukup jarang pakai CC cream, jadi saya kurang familiar dengan teksturnya. CC cream ini sangat cair jika dibandingkan dengan BB cream pada umumnya. Saya pikir kurang cocok kalau diaplikasikan pakai beauty blender atau spons, karena produk akan lebih banyak diserap oleh spons.

Tipsnya, gunakanlah foundation brush atau kamu bisa pakai jari tangan saja buat menggunakan Soulyu Skin Glow. Karena teksturnya mendekati cair, sehingga produk ini sangat mudah dibaurkan.

Untuk warna, produk ini hadir dalam empat shade saja. Mereka adalah Beige Nude, Sand, Cinnamon, dan Shell. Shade yang saya pakai ini warna Sand. Jujur agak bingung memilih shade karena pilihannya kurang banyak.

Saya pikir warna Sand-lah yang paling mendekati kulit kuning langsat saya. Tapi, setelah produknya datang, saya khawatir CC cream ini terlalu kuning di kulit saya. Tapi, coba kita lihat nanti.

Wangi

Produk ini tidak mengandung aroma apa pun.

Cara Pemakaian

Aplikasikan CC cream pada wajah yang telah dibersihkan dan setelah memakai skincare. Ratakan produk menggunakan brush atau jari untuk hasil terbaik.

Daya Tahan dan Performa

Soulyu Skin Glow CC Cream

Soulyu Skin Glow CC Cream warna Sand ternyata enggak terlalu kekuningan di kulit saya. Tapi, bagi saya yang prefer produk kompleksi satu tingkat lebih cerah dari skintone alami, warna ini kurang memberikan efek yang berbeda.

Pigmentasinya sheer-to-medium dan enggak langsung memberikan efek flawless pada kulit. Menurut saya produk ini enggak bisa di-build lagi, hanya berhenti di level medium. Yang saya rasakan dari pemakaian produk ini adalah kulit terasa lembap banget.

Soulyu Skin Glow CC Cream

Saya telah mengaplikasikan Soulyu Skin Glow CC Cream ke seluruh wajah, kulit saya terlihat lebih glowing. Padahal saya enggak pakai highlighter, loh. Tapi untuk menutupi kekurangan di wajah masih kurang banget, big pores, jerawat kecil, kemerahan, dan mata panda saya juga masih visible banget.

Hasil Pemakaian

Soulyu Skin Glow CC Cream

Setelah pakai concealer dan bedak tabur, saya jadi lebih suka dengan hasil makeup ini. Warna kuning dari Skin Glow disamarkan dengan bedak tabur yang kebetulan merupakan tone up powder.

Wajah saya juga jadi matte, kalau cuma pakai CC cream-nya, kulit saya terlalu dewy tapi yang mendekati kusam alih-alih glowing. Jadi, wajib banget dipadukan dengan bedak saat menggunakan produk ini.

Kesimpulan

Soulyu Skin Glow CC Cream

Setelah penggunaan selama 7 jam, Soulyu Skin Glow CC Cream kembali ke formulasi awalnya, yaitu dewy. Tapi, bukan dewy yang bagus, melainkan kusam seperti berminyak. Padahal saya memiliki tipe kulit kering, loh.

Selama pemakaian, saya memang enggak touch up bedak sama sekali. Saya juga wudhu, berkeringat, dan sempat tidur siang juga. Sisanya ya seperti ini kondisi kompleksi saya sekarang.

Blush on saya kelihatan sudah ikut pudar seperti alas bedaknya, yaitu CC Cream Soulyu. Area bawah mata juga mulai crack dan terlihat kompleksi yang luntur di area bibir. Yang paling jelas, pori-pori kulit saya seakan-akan 'merekah'. Tapi, sepertinya masih bisa diselamatkan oleh bedak tabur atau bedak padat kalau misalnya kamu mau lanjut beraktivitas lagi.

Overall, saya kurang puas dengan hasil CC cream ini. Bahkan di kulit kering saja bikin kelihatan kusam setelah beberapa jam pemakaian, bagaimana dengan jenis kulit lain seperti berminyak? Mungkin akan lebih kusam lagi karena bercampur dengan sebum.

Pros

  • Produk lokal, halal, BPOM : NA18210300273
  • Kemasan cantik dan ringkas
  • Tekstur CC cream lembut dan mudah dibaurkan
  • Bikin kulit jadi dewy (walau pada akhirnya berlebihan)

Cons

  • Shade produk kurang bervariasi
  • Membuat kulit tampak kusam seiring waktu karena terlalu dewy

Harga & Tempat Membeli

Soulyu Skin Glow CC Cream

Soulyu Skin Glow adalah produk yang menarik. Di luar kekurangannya, saya masih berpikir ini adalah produk yang bagus. Apa kamu tertarik mencobanya juga? Kalau masih mencari rekomendasi lainnya, jangan ragu mampir ke artikel Merk CC Cream yang bagus ini, ya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram